Belajar Jadi Penulis

www.kompasiana.com
Menulis bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang, karena terkadang setiap orang bingung apa yang harus ditulis. Sebenarnya itu bukanlah hal yang sulit dilakukan bila orang itu mau berusaha dan terus mencoba. Sehingga hal itu menjadi sebuah kebiasaan. Tangan yang tadinya kaku, otak yang awalnya beku, apabila perlahan digunakan untuk menulis rangkaian kata demi kata meski hanya satu baris akan menjadi mudah lama kelamaan. 

Dengan menulis kita juga bisa menyalurkan segala isi hati baik itu sedih,senang,bahagia, atau macem-macem asik juga lho kalau udah biasa. Gak perlu takut kalau tulisan kita jelek atau basi, biarin aja orang berfikiran kayak gitu yang jelas kita seneng ama tulisan kita. Kalau kita aja gak suka ama tulisan kita mana mungkin orang lain bisa menyukai tulisan kita. Bila seorang itu cermat, aktivitas sehari-hari bisa jadi hal yang seru kalau dibuat cerita. 10 lembar mungkin enggak cukup kalau dituangkan keadalam sebuah tulisan, namun 10 lembar itu kadang hanya bisa menjasi 2 lembar atau bahkan satu lembar. Kenapa? Karena seseorang terkadang sulit merangkai kata-kata secara runtut dan menarik padahal mudah kok sebenarnya, tapi gua juga belum bisa merealisasikanya. 

Tapi menurut gue, hal yang paling mendasar agar cerita bisa panjang menarik yaitu kita harus tahu moment penting yang akan diceritain, jadi kalau misalnya hari ini ada kejadian menarik bisa kiya ambil buat bahan tulisan. Nah untuk selanjutnya kita berfikir kreatif, disinilah otak kita bekerja. Kita rangkai kata demi kata dengan cara berfikir kita sendiri, boleh juga ditambahin kata-kata yang gak nyambung atau gak sesuai dengan kisah nyata, tujuanya sebagai pemanis cerita. Pertama memang sulit tapi kalau dilatih hari demi hari bisa jadi hobi tau bahkan menjadi profesi.

            Gak terasa udah 5 bulan ini gue belajar menulis yah walaupun gak begitu banyak yang bisa gue tulis tapi gue tetep seneng. Hal yang sering kutulis mungkin tetang pengalaman gue, kadang juga nyeritain pacar, mantan, temen, atau orang-orang yang ada disekitar gue. Harapan gue, bisa jadi penulis yang hebat dan karya gue bisa disukai oleh banyak orang apalagi bisa nerbitin buku sendiri lengkap sudah.  Namun untuk mencapai semua itu mungkin butuh waktu yang cukup lama, tergantung usaha gue juga sih. Salah satu fungsi menulis menurut gue yaitu sebagai memori dari segala kenangan masa lalu, otak manusia hanya mampu mengingat beberapa kejadian yang paling berkesan didalam diri manusia sehingga hal-hal kecil yang berharga mudah terlupakan. Sayang banget kalau hal kecil itu terbuang sia-sia lebih baik diabadikan dalam sebuah karya tulis. Yang gak kalah seru juga yaitu ngeblog, jadi tulisan kita di upload dalam sebuah situs web jadi gak bakalan bisa kehapus asalkan kita masih inget sama alamatnya. Mungkin itu aja kali ini yang bisa gue share.....makasih !!!! 


EmoticonEmoticon