Perubahan

www.youtube.com

Sebuah kata yang tak pernah bisa disangkal, yang slalu kita lihat dan bahkan kita rasakan sendiri yaitu perubahan. Siang berubah menjadi malam, pagi berubah menjadi sore, semuanya butuh perubahan. Hari ini kita makan ikan, besok kadang berubah menjadi ayam, esok lusa berubah menjadi daging. Dimanapun kita berada, selalu kita jumpai perubahan. Disaat kita disekolah dari hari ke hari pelajaran yang kita pelajari juga berubah, bulan pun juga berubah-ubah dari cembung, sabit , sampai ke bulan purnama.

Semua yang didunia ini pasti mengalami perubahan, hutan yang dulu lebat dan rindang berubah menjadi gundul dan gersang akibat ulah dari keserakahan manusia. Sungai yang airnya bening kini menjadi keruh, akibat limbah yang terbuang disepanjang sungai. Udara yang dulunya sejuk kini menjadi panas dan pengap ditengah industri besar-besaran dunia demi mencapai kemakmuran yang semu yang tiada memperdulikan resiko yang ditimbulkan oleh hal tersebut.

Langit yang biasanya cerah kadang berubah menjadi mendung pertanda akan turunnya hujan. Tumbuhan yang tadinya kecil, setelah beberapa bulan mulai berubah menjadi lebih besar dan besar. Kita yang tadinya seorang bayi, berubah menjadi seorang anak kecil, berubah lagi menjadi remaja, berubah lagi menjadi dewasa , lalu tua hingga tutup usia.

Perubahan tidak hanya terjadi pada fisik dan tubuh seseorang, terkadang mental dan sikap seseorang juga mengalami perubahan. Orang yang dulunya baik bisa juga berubah jadi orang buruk akibat pergaulan yang buruk. Sebaliknya orang jahat yang bergaul dengan orang baik, ia bisa merubah sikapnya menjadi orang yang lebih baik lagi.

Anak bodoh yang mau berusaha dan rajin belajar, dia menjadi anak yang cerdas bukan hanya pintar. Sebaliknya juga, anak pintar yang sombong yang tidak mau belajar dan malas berusaha, akan menjadi seorang pemalas dan mungkin bisa jadi orang yang bodoh.

Namun hal yang sering kita lalaikan adalah apa yang terjadi dalam diri kita sendiri. Tanpa kita tahu atau kita sadari kita sudah bukan diri kita sendiri lagi, kita sudah menjadi orang lain sehingga orang lain yang tadinya mengenal kita menjadi tidak kenal sama sekali. Kita kadang tidak peka terhadap keadaan. Sadar atau tidak perubahan itu juga terjadi dalam diri kita.


EmoticonEmoticon