Keyakinan dan Prinsip


Kita hidup dengan keyakinan yang terdapat didalam diri kita masing-masing. Tanpa keyakinan kita tak akan mampu berdiri sendiri, kita akan terombang-ambing searah dengan hembusan angin dan hanya akan pasrah kemanakah kita akan berhenti.
Keyakinan adalah dasar dari diri kita sendiri, alasan untuk kita melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Memang keyakinan tak dapat dilihat namun tergambar jelas oleh seluruh tingkah laku dan pola kehidupan seseorang. Tinggal bagaimana kita mampu membaca keyakinan seseorang itu.

Jika orang itu memiliki keyakinan yang cukup kuat, orang itu tak akan mudah tergoda dengan hal-hal yang bersimpangan dengan keyakinannya. Misalkan ia yakin bahwa pacaran itu haram, dengan segenap hatinya ia menyakini hal tersebut. Apabila ada orang lain yang berpendapat bahwa pacaran itu hal wajar, ia tidak akan terpengaruh oleh hal tersebut. Sebaliknya orang yang berkeyakinan lemah, dia akan mudah berubah arah sesuai arus gelombang kehidupan. Itu bukanlah keyakinan tapi hanyalah anggapan semu yang datang karena suatu hal yang terjadi di kehidupan kita. 

Keyakinan yang tertanam kuat didalam diri seseorang, tidak akan mudah untuk dihilangkan. Keyakinan juga berkaitan dengan prinsip seseorang dalam menjalani kehidupan. Prinsip terbuat dari keyakinan seseorang, jika orang itu menyakini sesuatu orang itu akan membuat prinsip agar keyakinan itu tidak hilang.

Misalkan kita yakin bahwa suatu hari nanti kita akan sukses. Kita akan berfikir ulang bagaimana cara kita meraih kesuksesan tersebut. Cepat atau lambat kita akan menemukan sebuah jawaban atas pertanyaan tersebut. Kita akan membuat prinsip untuk diri kita sendiri agar itu semua tercapai. Prinsip agar kita sukses misalkan disiplin, bekerja keras, dan juga tekun dalam hal apapun.

Selanjutnya kita akan menentukan langkah yang sesuai dengan prinsip kita. Kita berusaha untuk datang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, berusaha semaksimal mungkin agar mencapai hasil yang maksimal.

Kesimpulan, keyakinan dan prinsip yang telah dibuat oleh seseorang mempengaruhi cara seseorang untuk menjalani kehidupannya. Begitupun juga orang yang tidak memiliki kedua hal tersebut, ia akan berbuat seenaknya saja tanpa aturan dan tanpa tujuan.


Oleh sebab itu, marilah kita yakinkan diri kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Dengan keyakinan itu kita tentukan prinsip untuk diri kita sendiri, dan kita gapai tujuan-tujuan kita dalam hidup. Semoga tulisan ini mampu memotivasi diri kita sendiri dan orang lain. Thanks


EmoticonEmoticon