Matematika

           
       
         
            

Pelajaran yang dibenci oleh kebanyakan siswa diseluruh Indonesia, dibanding dengan pelajaran yang lain. Alasannya simple bagi orang yang kurang suka sama matematika, susah memahami. Biasanya disebabkan karena kemampuannya dibawah rata-rata dalam hal berhitung eksak, tapi bukan berarti hal itu menjadi patokan bahwa orang itu tidak bisa matematika.

Kalau kita mau belajar pasti ada jalan. Kebanyakan orang ketika sulit memahami matematika ia menyerah ditengah jalan, itu yang keliru. Seharusnya hal yang patut diakukan adalah tekun belajar sampai paham, kalau gak paham-paham mungkin perlu bimbingan dan perlu ketekunan lebih sampai ke titik dimana ia akan paham. Matematika adalah dasar dari ilmu pengetahuan umum yang ada, kalau orang mampu memahami matematika dengan baik kemungkinan untuk memahami pelajaran lain juga akan mudah.
            
Guru matematika gue pernah berkata “Belajar itu sama halnya ketika seseorang janjian untuk bertemu disuatu tempat. Ada yang datang lebih awal dari waktu yang dijanjikan, ada juga yang datang beberapa menit sebelum waktu yang dijanjikan, bahkan ada yang datang terlambat. Meskipun begitu semua datang dalam satu tujuan, hanya saja waktunya yang berbeda”. Kesimpulan yang bisa gue ambil dari kata-kata itu yaitu semua orang punya peluang yang sama untuk bisa memahami suatu pelajaran, namun perlu waktu yang berbeda sesuai daya kemampuan masing-masing siswa.
            
Dulu, gue anak yang klop banget sama matematika. Lama kelamaan gue merasa untuk apa gunanya gue belajar matematika sampai ke tingkat yang rumit, toh nanti gak terlalu berguna di kehidupan. Darisitu gue merasa bosan kalau diajar matematika, gue gak terlalu respect sama pelajaran dan guru yang mengajar. Tapi belakangan ini gue merenung dan berfikir ulang, mungkin gue punya pemikiran yang salah.
           
Lalu gue cari referensi di internet tentang fungsi matematika dalam kehidupan. Gue baca satu persatu, ada yang inilah itulah tapi kalau gue lihat semuanya tadi merujuk pada satu garis lurus. Mempelajari matematika itu membuat manusia mau berfikir. Dengan mengerjakan soal-soal matematika yang rumit, meningkatkan kinerja otak. Selain itu, mengerjakan soal yang rumit itu melatih kesabaran dalam diri seseorang.
            
Kalau kita kaitkan permasalahan matematika dalam kehidupan, secara gak langsung matematika membuat manusia mau berfikir dan bersabar dalam menghadapi permasalahan dalam hidup serta dituntut untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Manfaat metematika secara nyata gak perlu dijelasin panjang lebar, lihat saja di bidang perekonomian, astronomi, arsitektur, teknologi semua memerlukan matematika.
            
Jadi kalau masih ada yang menganggap bahwa matematika itu gak terlalu penting coba difikir ulang dan renungkan apa peran matematika didalam kemajuan peradaban dunia. Coba lihat matematika dari sudut pandang yang lain bukan dari sudut pandang anda sendiri.


EmoticonEmoticon