Hero (Pahlawan)


Pahlawan, sebutan untuk sosok yang memiliki jasa tertentu, terutama untuk negara. Sebenarnya definisi pahlawan itu banyak banget. Terlebih setiap orang memiliki pahlawan masing-masing. Beda orang beda penafsiran tentang sosok pahlawan.
            
Untuk seorang yang berjiwa nasionalis, pahlawan adalah mereka yang berjuang mengusir penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Soekarno, Bung Hatta, Muh. Yamin, serta pahlawan-pahlawan lain di lingkup kedaerahan seperti Tn Imam Bonjol, Diponergoro, Pattimura. Mereka sosok yang dihormati, dan jasanya akan dikenang diseluruh Indonesia, karena tanpa mereka negeri ini akan tetap dijajah oleh kaki tangan bangsa Eropa. Belum lagi para veteran, para pahlawan tanpa identitas yang diabaikan keberadaannya oleh pemerintah tanpa ada bantuan penghidupan yang layak. Seharusnya mereka mendapatkan perlakuan yang lebih baik dimasyarakat.




            
Bagi anak kecil yang masih terjebak didunia fantasi akan menganggap pahlawan adalah mereka yang mempunyai kekuatan super dan bertugas memberantas kejahatan dimuka bumi. Lebih tepat disebut super hero. Spiderman, Superman, dan Batman, ketiga sosok itulah yang seringkali diidolakan oleh anak-anak zaman dahulu. Darisanalah anak kecil mendamba-dambakan sosok pahlawan, mereka berangan-angan untuk bisa menjadi seperti mereka. Belum lagi di Jepang, ada anime dimana karakter utama selalu mengajarkan bagaimana cara membantu yang lemah ketika tertindas. Di Indonesia sendiri ada juga superhero, seperti saras, gatotkaca, wirosableng. Sosok khayalan itulah yang mengajarkan arti pahlawan kepada anak-anak kecil.

            
Dikalangan umat beragama ada juga sosok pahlawan, sosok yang dijunjung tinggi dan dijadikan panutan. Dalam Islam, nabi Muhammad adalah sosok yang begitu dipuja dan dijadikan suri tauladan yang baik bagi setiap muslim. Bagi umat Nasrani ada Isa Al Masih, bagi umat Budha ada sosok Sidarta Gaotama, dalam agama Hindu ada juga sosok Ramayana (maaf ini bukan bermaksud SARA).

            
Kembali ke realita, sosok pahlawan yang bergitu berjasa dalam kehidupan kita saat ini. Sosok yang jarang sekali kita perhatikan dan kita hormati, seringkali kita lalai akan jasa mereka yang begitu besar untuk kita. Orang tua, pahlawan hebat yang mampu membuat kita menjadi sosok hebat. Guru, pahlawan tanda jasa yang berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa.
            
Pahlawan, mereka adalah orang-orang yang berjuang tanpa lelah, yang dengan ikhlas berjuang demi sesuatu tanpa berharap imbalan dari orang lain. Namun saat ini sosok pahlawan mulai pudar dari kehidupan orang-orang. Hanya sebagian kecil yang masih menghormati keberadaan mereka. Maka dari itu, sebisa mungkin hargailah jasa mereka karena tanpa mereka dunia kita tak akan bisa jadi seperti ini.


EmoticonEmoticon