Mood


Bagi para penulis mood merupakan salah satu faktor terpenting bagaimana ia mampu menghasilkan tulisan yang tetap bagus sesuai konsep mereka. Karena mood adalah suatu hal yang sering naik turun kayak kurs dolar terhadap rupiah, yang makin hari makin naik tanpa kita sadari.

Yang paling menyebalkan tentunya, ketika kita tidak ada mood sama sekali untuk menulis. Kalau kita hanya berdiam diri ketika tak ada mood sama sekali, itu akan menjadi sebuah hambatan untuk kita tetap berkarya. Kita mungkin perlu memaksa diri untuk memulihkan mood kita agar kembali seperti biasa. Menurut gue ada banyak hal yang bisa membuat mood kita hilang, dari faktor internal dan eksternal.

Pertama dari faktor internal, mungkin cara kita yang berlebihan dalam menjalani sesuatu. Misalkan hari ini kita seneng banget makan mie instan, saking senengnya kita bisa makan mie lima kali sehari. Yang terjadi keesokan harinya kita udah bosen makan mie lagi. Selang beberapa hari, rasa pengen makan mie balik lagi seperti semula. Mungkin analogi diatas bisa menggambarkan mood pada umumnya.

Kedua, pengaruh eksternal, entah karena kita banyak fikiran, atau kita kecewa sama orang lain. Secara langsung atau tidak langsung itu juga mempengaruhi mood kita. Oleh sebab itu, semua tergantung bagaimana cara kita menjaga mood agar tetap stabil dan tak mudah turun. Meskipun itu sulit.

Yah kawan, sebenernya banyak banget ide yang terngiang dikepala gue. Pengen gue tulis satu persatu, tapi karena mood gue yang turun, hanya segini aja yang bisa gue tulis hari ini.


EmoticonEmoticon