Perbedaan Pendapat


Perbedaan adalah suatu hal yang terkadang menjadi pemisah jarak diantara seseorang. Perbedaan mencakup hal yang luas, keyakinan, ras, suku bangsa, prinsip, pandangan hidup, serta pendapat mengenai hal tertentu.

Jika kita melihat dari satu sisi, mungkin kita akan berfikir bahwa perbedaan memang menjadi pembatas antar dua individu. Namun jika kita mencoba melihat dari sisi yang lain, apabila kita saling menghargai perbedaan yang ada, maka akan menciptakan sebuah keharmonisan. Dan hubungan yang harmonis akan melahirkan kenyamanan dalam segala hal.

Perbedaan bukanlah suatu masalah serius apabila kita bisa menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Namun ada satu perbedaan yang menurut gue seringkali menimbulkan perpecahan dalam suatu kelompok. Perbedaan ini tak terlihat secara nyata, perbedaan ini berupa prinsip dan gagasan yaitu perbedaan pendapat. Karena disini kita dituntut untuk bisa menciptakan keselarasan diantara pendapat-pendapat yang berbeda.

Menurut gue, ada dua cara dalam mengatasi perbedaan pendapat dalam menilai sebuah permasalahan. Yang pertama  adalah mencari jalan tengah, itu dapat terjadi apabila kedua pendapat memiliki kemungkinan untuk dipadukan. Dengan mengambil jalan tengah tentu tidak akan menimbulkan pertentangan diantara kelompok.

Yang kedua adalah dengan menekan ego diantara salah satu pihak, artinya ada satu pihak yang harus mengalah. Ini yang menurut gue paling sulit, ketika pendapat kita harus bertabrakan dengan pendapat yang lain, dan di satu pihak terlalu menekankan egonya agar pendapatnya berada paling tinggi diantara pendapat-pendapat yang lain. Kemungkinan terburuk jika tidak ada yang mau mengalah, artinya jalan terbaik adalah berjalan sesuai pilihan masing-masing.

Inilah yang bisa gue share kali ini, semoga bermanfaat. Thanks


EmoticonEmoticon