Tips Memutuskan Hubungan

www.kompasiana.com


Nggak nyaman sama hubungan kamu yang sekarang atau emang kamu pengen mencari yang lain ? berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan kamu dengan dia.
1.Pertimbangan yang Matang
            Ini hal yang wajib kamu lakukan sebelum memutuskan sebuah hubungan. Kamu harus berfikir dan mempertimbangkan segala hal, apakah ini jalan terbaik untuk kalian berdua, atau mungkin itu hanya pikiran sesaat ketika kamu jenuh. Apabila kamu masih ragu-ragu, mending pertahankan aja hubungan kamu, cari beberapa hal yang mungkin bisa mempererat hubungan kalian. Kalau dengan cara apapun, kalian tetep nggak bisa sejalan, mungkin itulah saatnya hubungan kalan harus berakhir.
2.Jangan Memutuskan Seseorang Ketika Marah
            Marah, memang sifat dasar yang dimiliki manusia, dan itu bisa muncul sewaktu-waktu ketika seseorang tersinggung atau emosi. Ketika seseorang itu marah, akal sehatnya kadangkala hilang entah kemana, seseorang bisa memutuskan sesuatu seenaknya tanpa pertimbangan apapun. Namun yang terjadi, keputusan itu berujung penyesalan di kemudian hari. Maka dari itu jangan sampai kamu menyesal nanti setelah putus dari dia, hanya gara-gara kalian tidak bisa menahan amarah kalian.
3.Cari Moment yang Tepat
            Mencari moment yang tepat juga menjadi hal yang harus kamu pertimbangkan. Karena dengan itu kamu bisa lebih nyaman untuk mengungkapkan keputusanmu, terlebih untuk dia. Kalau kamu memutuskan seseorang diwaktu yang salah itu akan menjadi hal yang cukup fatal, misalkan ketika dia baru ulangtahun, atau dia lagi sayang-sayangnya sama kamu. Bayangkan saja jika pada saat itu kamu memutuskan dia, apa yang akan dia rasakan ? Sakit hati banget pastinya.
4.Ungkapkan secara Langsung dan dengan Bahasa yang Halus
            Sebenarnya bisa juga kalian memutuskan hubungan hanya lewat pesan atau telpon. Tapi itu akan menjadi kesan yang berbeda ketika kamu memutuskan dia secara langsung. Ketika kamu memutuskan dia lewat sms/telpon, biasanya menimbulkan kesan curiga dan dia pasti nggak bisa nerima gitu aja. Alangkah baiknya kalian bertemu langsung entah dimana aja, trus kalian bicara pelan-pelan. Ungkapan yang halus akan membuat suasana perpisahan kalian lebih tenang, jangan sampai terbawa emosi hingga kalian saling adu mulut.
5.Berikan Alasan yang Logis
Alasan juga hal yang nggak kalah penting. Itu juga menjadi syarat utama untuk memutuskan seseorang. Memangnya ada orang yang memutuskan seseorang tanpa suatu alasan, apakah ada juga orang yang rela diputuskan tanpa alasan yang jelas, padahal selama ini hubungan mereka fine-fine aja. Berikan alasan yang tepat dan jujur kalau kalian bisa, biar dia lebih mudah merelakan. Misalkan alasan kalian putus itu karena udah nggak cocok. Itu alasan paling mainstream yang ada, jelaskan lebih rinci, nggak cocok karena apa ? mungkin dia yang seringkali egois, dia yang overprotektif, dia yang nggak pernah perhatian. Kalau dia bersikeras nggak mau diputusin dengan alasan dia bisa berubah, jawab aja seperti ini “kalau memang kamu bisa berubah, aku nggak akan pernah ngambil keputusan ini”
6.Buat Perpisahan yang Termanis untuk Dia
            Siapa yang nggak pengen berpisah dengan cara yang manis. Kebanyakan perpisahan itu pahit, namun bukan hal yang nggak mungkin juga kok membuat hal yang pahit itu menjadi sesuatu yang manis. Coba saja sebelum kalian berpisah, kalian memberikan kado yang manis buat dia, misalkan kamu kasih dia kado terakhir dari kamu atau buat sebuah kencan terakhir yang romantis.
7.Tetaplah Berteman, Jangan saling Mencaci
            Berakhirnya sebuah hubungan bukan menjadi alasan untuk memutuskan ikatan secara total. Yang berubah hanyalah status kalian, dari pacar ke teman biasa. Jangan saling menjelek-jelekkan satu sama lain, yang lalu biarlah berlalu. Karena kadang memang sulit menganggap mantan itu seperti teman biasa, apalagi kalau didalam hati kita masih ada perasaan kepada dia atau bahkan ada rasa benci. Tapi jangan mudah menyerah, butuh waktu untuk diri kita sendiri dan dia agar semua kembali berjalan normal, seperti waktu kita belum berpacaran dengan dia. Tetap jalin komunikasi dengannya, dan jadikan dia sebagai kenangan yang dulu pernah hadir dalam hidup kita.

            Semoga artikel ini bermanfaat !


EmoticonEmoticon