Tips-Tips Buat yang Pengen Belajar Nge-Blog

sumber: google image

Nge-blog adalah kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang kita atau mungkin menyalurkan minat kita dalam bidang menulis. Mengelola sebuah blog terkadang bisa memberikan keuntungan tersendiri, misalkan kita bisa memperoleh penghasilan sendiri dari blog apabila kita memasang iklan diblog tentunya didukung trafik yang memadai (banyak pengunjung). Buat yang pengen belajar Nge-Blog ini tips yang bisa saya berikan kepada kalian:

1.Pilih Penyedia Layanan Blog

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah memilih layanan penyedia blog. Ada banyak situs yang menyediakan layanan tersebut, tapi yang cukup terkenal adalah Blogger, wordpress, mywapblog. Ketiga situs itulah yang bisa kalian buat untuk memulai perjalanan kalian di dunia blog. Kalau saran saya kalian bisa memanfaatkan blogger, karena fitur-fiturnya yang lengkap dan mudah.

2.Pikirkan Apa yang Akan Anda Tulis
            
Langkah kedua adalah dengan memikirkan isi dari blog kalian. Kalau kalian buat blog buat seru-seruan dan curhat ya nggak apa-apa, its fine. Kalian bisa isi dengan cerita kehidupan kalian sehari-hari, curhatan pas lagi patah hati atau pas seneng. Tapi jangan harap dapat pengunjung banyak kalau blog kalian isinya hanya curhatan kalian, memangnya apa untungnya orang lain membaca curhatan kalian. Tapi kalau kalian mengemas cerita pribadi kalian menjadi lebih manis seperti cerpen dan cerita bersambung itu bisa menjadi nilai plus dan kemungkinan bisa dapet banyak pengunjung.
            
Nah kalau niat kalian ngeblog pengen dapet penghasilan, kalian perlu berfikir lebih untuk sampai kesitu. Konten yang kalian buat harusnya nggak main-main, harus ada nilai jual yang menarik dibaca uleh orang lain, tentunya juga harus ada manfaatnya. Tapi untuk awalan nggak perlu sampai kesitu dulu.

3.Mulai Memposting
            
Kalau bahan blog udah terfikirkan, nggak perlu banyak pertimbangan lagi. Lets write yout content, tulis dengan gaya bahasamu sendiri nggak perlu berfikir itu jelek atau bagus, karena ini adalah bagian dari proses. Hal yang perlu dicatat disini, jangan suka copas dari blog lain kalau kamu pengen blog kamu itu bagus. Lebih baik menulis sendiri daripada harus copas. Entar kalau kamu udah rutin nulis dan nge-posting, kamu akan selangkah lebih berkembang dari start awal kamu memulai. Semua butuh proses.

4.Design Template
            
Untuk template blog, usahaka jangan terlalu rame. Cari design yang simple dan nggak butuh waktu lama untuk loading. Gunakan gadget-gadget yang disediakan seperlunya saja semisal label, arsip blog, page viewer, popular post. Kalau blog kamu loadingnya lambat, bisa dipastikan pengunjung akan males berkunjung ke blog kamu lagi.

5.Promosi Blog
            
Fungsi promosi disini supaya orang-orang tahu blog yang kamu kelola saat ini. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan blog kamu, misalkan lewat google plus, facebook, twitter, blogwalking, situs bookmark, dll. Minimal dengan kamu mempromosikan blog kamu orang akan tertarik untuk menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog kalian. Kalau konten kamu menarik tentunya mereka akan datang lagi lain waktu ke blogmu.

6.Sering Up Date
            
Topik pembahasan sudah, design template sudah, promosi udah, tapi kalau kamunya jarang up date nggak bakalan ada gunanya. Sering up date itu juga penting bagi kelangsungan sebuah blog. Nggak harus sehari sekali, minimal seminggu kamu nge-pos satu atau dua postingan, suguhkan postingan yang terbaik.

7.Perbanyak Referensi
            
Kalau kalian udah melakukan hal-hal diatas, memperbanyak referensi juga penting karena itu akan membantumu untuk mendapatkan ide-ide baru. Cari topik tertentu di google, lalu kalian baca satu persatu dari situs-situs yang menyediakan topik yang kalian cari. Kumpulkan poin-poin penting untuk kamu tulis ulang dengan gaya bahasamu sendiri.

Mungkin beberapa tips itulah yang bisa saya kasih untuk kalian yang pengen belajar nge-blog. Jangan terlalu banyak berfikir dalam memulai, bergerak dan jalani. Kita butuh proses untuk menghasilkan yang terbaik. Selamat mencoba kawan !


EmoticonEmoticon