10 Makanan Khas di Meja Ketika Lebaran

gambar: lintasresep.blogspot.co.id

Assalamu’alaikum gaes, mumpung suasananya masih di bulan Syawal saya ingin mengucapkan minal aidzin wal faidzin. Apabila selama ini saya ada salah baik dalam bertutur atau mungkin ada yang kurang berkenan bagi kalian para pembaca, mohon dimaafkan ya gaes hehe. Baiklah, selama lebaran ini ada sedikit survei kecil-kecilan terkait makanan yang disuguhkan di rumah saudara ataupun tetangga saya. Cek dimari yuk.

10. Aneka Keripik dan Kerupuk

tokopedia.com

Saya banyak menemukan jajanan keripik hampir di setiap rumah yang saya kunjungi. Ada beragam keripik yang disajikan mulai dari keripik ketela, mbothe, keripik pisang atau ceriping, ada juga keripik bayam, tapi buat saya yang paling enak adalah keripik mbote (talas) manis. Selain keripik, yang tak kalah eksis adalah aneka kerupuk. Contoh kerupuk yang populer adalah kerupuk rambak, kerupuk beras, kerupuk gadung, dan rempeyek.

9. Buah Segar


sumber: giziklinikku.blogspot.co.id

Berbagai macam buah juga kerap saya temui, karena serasa kurang lengkap kalau tidak ada buah di meja sebagai suguhan lebaran. Contoh buah yang disajikan ketika lebaran adalah pisang, anggur, kurma, kelengkeng, dsb.

8. Kue Nastar


sumber: www.resepkuekeringku.com

Kue Nastar merupakan jajanan yang juga sering disuguhkan di meja ketika lebaran. Rasanya yang gurih dan tersimpan selai manis di dalamnya membuat kue ini enak dan bikin ngangenin.

7. Puteri Salju


sumber: kuliner123.com

Cemilan ini juga tak kalah menarik dengan cemilan lainnya. Mendengar nama puteri salju jadi terdengar seperti cerita dari negeri dongeng hehe. Dinamakan puteri salju karena taburan gula di atas kue yang halus dan putih seperti salju.

6.Kacang Goreng dkk


sumber: masakanjempol.blogspot.co.id

Selanjutnya saya juga sering menemukan kacang goreng di dalam toples ketika lebaran. Entah itu digoreng biasa atau diolah dalam bentuk lain seperti kacang atom, kacang pedas, dsb. Akan tetapi, ada juga kacang yang masih tertidur pulas di dalam kulitnya, biasanya disajikan di atas piring.

5. Permen Warna-Warni


sumber: masakanjempol.blogspot.co.id

Cemilan yang satu ini juga tak mau kalah eksis dibanding jajanan yang lain. Permen manis membuat toples di atas meja terasa lebih berwarna dengan keberadaannya. Ada yang berbentuk permen cicak, tapi ada juga permen dengan merk tertentu yang kadang di oplos dengan merk lain. Namun yang cukup langka sekarang adalah permen jahe atau permen tape, padahal dulu permen itu sering di suguhkan di meja.

4. Biskuit dan Wafer

sumber: alliance7.com

Meja tanpa suguhan biskuit atau wafer rasanya kurang lengkap. Cemilan ini merupakan cemilan yang bersahabat karena disukai berbagai kalangan. Yah, saya juga lumayan suka makan biskuit tapi dalam kadar normal hehe.

3. Astor

sumber: www.foody.id

Untuk yang satu ini saya sendirikan saja karena cukup unik, meskipun pada dasarnya ia masih ada ikatan dengan para biskuit atau wafer hehe. Astor merupakan cemilan manis yang berbentuk seperti stick dan lumayan digemari oleh anak-anak kecil. Kalau saya dulu biasanya memainkan Astor ibarat orang menghisap rokok hehe.

2. Madumongso


sumber: makanandaerahindonesia.blogspot.co.id

Jajanan ini merupakan jajanan tradisional yang sampai sekarang masih kerap saya temui ketika lebaran. Madumongso merupakan jajanan yang berbahan dasar nanas yang dibentuk seperti bola-bola kecil lalu dibungkus dengan plastik kecil. Biasanya para ibu-ibu membuat jajanan khas ini mendekati lebaran.

1. Rengginang


sumber: www.kulinersehat.com

Makanan ini adalah yang paling khas dan menempati urutan utama ketika lebaran menurut saya dan mungkin sebagian orang. Rengginang merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar beras atau ketan yang dikeringkan lalu digoreng. Selain khas, makanan ini merupakan yang paling misterius karena kadang-kadang ia pintar menyamar. Orang-orang biasanya menaruh Rengginan di dalam toples transparan tapi kadang juga di taruh di toples Khong Guan hehe.

***

Oke, sekian dulu gaes. Daftar jajanan khas di atas hanyalah sekedar opini saya dan semata-mata untuk hiburan. Sampai jumpa lagi gaes di postingan selanjutnya. Sebagai penutup, semoga lebaran pada tahun ini memberikan berkah yang luar biasa bagi kita semua. Amin.


Meme Bijak Karakter-Karakter One Piece - 4












- Terimakasih atas kunjungannya -
Baca juga: 30 Quotes Bijak dan Keren Karakter Anime Fairy Tail

Kumpulan Kata-Kata Bijak Sujiwo Tejo

Halo gaes, pada postingan kali ini saya ingin berbagi beberapa kata-kata Sujiwo Tejo yang bijak terutama tentang cinta dan kehidupan. Beliau merupakan seorang budayawan dan juga telah menulis beberapa buku yang sangat diminati masyarakat. Salah satu bukunya yang terkenal adalah Tuhan Maha Asyik. Beliau juga sering menelurkan kata-kata romantis yang khas dan kadang bikin baper hehe. Baik inilah dia kata-kata dari Sujiwo Tejo.

1. Salah satu nasihat yang pas terkait mencari rejeki

2. Mungkin ini alasan orang enggan berdebat

3. Logis dan ngena, dapat dijadikan renungan

4. Mantap mbah kata-katamu

5. Mungkin aku yang terlalu jancuk untuk kamu

6. Begitulah cinta, tiada batas

7. Karena cinta tak akan mampu dijelaskan lewat teori fisika

8. Buat laki-laki, pas nih yang setiap Jumat ke masjid

9. Para lelaki seharusnya mengerti

10. Nasihat mbah tentang menata masa depan

11. Semar pun juga punya kisah cinta, jare mbah.

12. Karena sekuat apapun mempertahankan, jika bukan tempatnya ia akan pergi

13. Sama-sama berjuang, meski itu melelahkan

14. Filosofi kehidupan yang seperti sandiwara pementasan

15. Jangan terlalu senang dipuji, lebih baik intropeksi diri

16.Percayalah pada kebaikan Tuhan

17. Hujan selalu punya cerita manis. Mbah Tejo pun percaya hal itu

18. Karena Tuhan tidak suka kepada orang yang sombong

19. Memang, susah kalau ngomong sama orang yang lagi kasmaran

20. Sederhananya, aku mencintaimu...



Sumber gambar: Instagram

43 Perubahan Super Sentai dan Power Rangers dari Masa ke Masa


Sore gaes, siapa yang nggak tahu apa itu super sentai atau power ranger? yups, mereka adalah superhero yang bertarung melawan para monster. Ketika kecil mereka selalu ada menemani kita khususnya di hari Minggu, jadi nostalgia ceritanya hehe. Baiklah, mungkin kalian penasaran bagaimana sih perkembangan super sentai atau power ranger dari masa ke masa.


1.Himitsu Sentai Goranger/Fiverangers (1975)


2. J.A.K.Q Dengekitai/ JAKQ (1977)


3. Battle Fever J (1979)


4.Denshi Sentai Denjiman/Denziman (1980)


5.Taiyou Sentai Sun Vulcan (1981)


6. Dai Sentai Google Five/Google V (1982)


7. Kagaku Sentai Dynaman/Dynaman (1983)


8. Choudenshi Bioman/ Bioman (1984)


9. Dengeki Sentai Changeman (1985)


10. Choushinsei Flashman (1986)


11.Hikari Sentai Maskman/ Maskman (1987)



12. Choujuu Sentai Liveman/ Liveman (1988)


13. Kousoku Sentai Turboranger (1989)


14. Chikyuu Sentai Fiveman/ Fiveman (1990)


15. Choujin Sentai Jetman/Jetman (1991)


16. Kyouryuu Sentai Zyuranger (JPN) - Mighty Morphin Power Rangers (USA)


17. Gosei Sentai Dairanger (JPN) - Star Ranger (INA)


18. Ninja Sentai Kakuranger (JPN) - Mighty Morphin Power Alien Rangers (USA) - Ninja Ranger (INA)


19. Choriki Sentai Ohranger (JPN)- Power Rangers Zeo (USA) - Oh Ranger (INA)


20. Gekisou Sentai Carranger (JPN)- Power Rangers Turbo (USA)


21. Denji Sentai Megaranger (JPN) - Power Rangers In Space (USA)


22. Seijuu Sentai Gingaman (JPN)- Power Rangers Lost Galaxy (USA)


23. KyuKyu Sentai GoGo V (JPN) - Power Rangers Lightspeed Rescue (USA)


24. Mirai Sentai Time Ranger (JPN) - Power Rangers Time Force (USA)


25.Hyaku Juu Sentai Gaoranger (JPN) - Power Rangers Wild Force (USA)


26.Ninpu Sentai Hurricanger (JPN) - Power Rangers Ninja Storm (USA)


27. BakuRyuu Sentai Abaranger (JPN) - Power Rangers Dino Thunder


28. Tokusou Sentai Dekaranger (JPN) - Power Rangers S.P.D (USA)


29. Mahou Sentai Magiranger (JPN) - Power Rangers Mystic Force (USA)


30. Gougou Sentai Boukenger (JPN) - Power Rangers Operation Overdrive (USA)

31. Juken Sentai Gekiranger (JPN) - Power Rangers Jungle Fury (USA)


32. Engine Sentai Go-Onger (JPN) - Power Rangers RPM (USA)


33. Samurai Sentai Shinkenger (JPN) - Power Rangers Samurai (USA)



34. Tensou Sentai Goseiger (2010)(JPN) - Power Rangers Megaforce (2013)(USA)


35. Kaizoku Sentai Gokaiger (2011)


36.Tokumei Sentai Go-Busters (2012) (JPN) - Power Rangers Beast Morpher (2019) (USA)


37. Zyuden Sentai Kyoryuger (2013)


38. Ressha Sentai Tokkyuger (2014)


39. Shuriken Sentai Ninninger (2015) (JPN) - Power Rangers Ninja Steel (2017) (USA)


40. Doubutsu Sentai Zyuohger (2016)


41. Uchuu Sentai Kyuuranger (2017)


42. Lupinranger vs Patranger (2018)


43. Kishiryu Sentai Ryusoulger (2019)


Itu tadi adalah perubahan super sentai dari masa ke masa. Kalian suka yang mana gaes?


Baca juga: Review Singkat Kamen Rider Era Heisei (Kuuga-Ghost)
sumber gambar: google image