5 Tahap yang Harus Dilalui Seorang Penulis dalam Proses Menulis


source: pixabay.com

Menulis merupakan salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya itu, menulis dapat menjadi passion yang menyenangkan karena dengan menulis kita dapat menyalurkan perasaan kita yang terperangkap dalam diri kita. Di samping itu, kita juga dapat berbagi inspirasi serta membagikan pengetahuan kita kepada orang lain.

Namun, menulis terkadang bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika kita dituntut untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Untuk itu, seorang penulis perlu melakukan serangkaian tahap atau fase yang dilalui.
Nah, kira-kira fase apa saja kah itu? Langsung saja yuk kita bahas bersama berikut ini.

1. Persiapan
Sebelum menulis, kita perlu mempersiapkan banyak hal. Hal ini yang mungkin jarang kita sadari. Persiapan dalam menulis itu sama pentingnya dengan kita menulis. Dalam tahap ini, kita mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menulis.

Kalau kata Raditya Dika, menulis itu sama halnya dengan memasak. Sebelum kita memasak, kita perlu menyiapkan bahan-bahan apa saja yang kita perlukan. Selain itu, kita juga perlu mengetahui resep masakan agar enak dan nikmat di lidah. Jangan sampai kita memakai bumbu rawon jika hendak memasak gulai kambing! Nanti rasanya kan tidak enak.

Menulis juga semacam itu. Kita juga perlu menyiapkan bahan-bahan yang sesuai dengan apa yang kita tulis. Mulai dari pematangan ide dasar tulisan, riset dan berbagai macam bahan referensi, serta penyusunan kerangka tulisan agar runtut dan enak dibaca. Jika dalam tahap ini kita sudah melakukan dengan baik, selanjutnya kita bisa memasuki tahap selanjutnya.

2. Eksekusi
Tahap ekseskusi adalah tahap penulisan. Dalam proses ini, kita mulai menulis dan menuangkan segala hal yang ada di kepala kita sesuai dengan ide dasar dan kerangka tulisan yang kita buat. Selain itu, kita juga harus pintar-pintar dalam memilih diksi serta merangkai kata-kata sesuai dengan gaya bercerita kita.

Yang perlu diingat adalah selama menulis jangan terlalu memikirkan hal-hal yang nanti justru membenani pikiran. Misalkan, pemikiran-pemikiran apakah tulisan kita nanti jelek dan dikritik banyak orang atau mungkin tata penulisan yang kadang mengganggu konsentrasi kita. Abaikan hal itu terlebih dahulu, tuangkan segala pemikiran dan hal-hal yang ada di kepala kita daripada hal itu malah menjadi belenggu yang membuat kita terbebani dalam menulis.

Setelah proses ini selesai, kita berarti telah menyelesaikan sebuah tulisan. Namun, kita perlu ingat bahwa tulisan yang kita hasilkan masih setengah matang karena tentu masih ada banyak kekurangan dan celah yang mungkin tidak kita sadari.

3. Proof Reading & Revisi
Pasca kita menyelesaikan sebuah tulisan, tahap selanjutnya adalah kita membaca ulang tulisan kita atau istilahnya proof reading. Dalam tahap ini, kita sebaiknya membaca tulisan kita dari sudut pandang sebagai seorang pembaca dan bersikap netral. Dengan itu, kita akan mengetahui kekurangan dari tulisan kita. Barangkali, ada kata, kalimat, atau bahkan konten yang kurang sesuai dan perlu diperbaiki. Setelah kita mengetahui apa yang kurang dari tulisan kita, kita perlu merevisi hal tersebut agar tulisan kita sesuai dan tepat ketika dibaca oleh pembaca.

4. Editing
Tahap keempat ialah tahap editing. Pada tahap ini, kita juga bisa menyebutnya sebagai tahap finishing yang merupakan sentuhan akhir tulisan kita agar layak untuk dipublikasikan. Lalu, apa saja yang diedit pada tahap ini? Pada tahap ini, kita bisa mengedit kembali pemilihan diksi dan juga tanda baca serta tata penulisan yang mungkin masih kurang tepat.

5. Publikasi
Tahap terakhir ialah publikasi tulisan. Sebagus apapun karya kita, kalau itu hanya menjadi draf dan tidak dipublikasikan, tentu karya itu tidaklah sempurna. Karya tulisan kita membutuhkan pembaca agar kita mendapatkan apresiasi dari orang lain. Kita tentu akan senang, apabila ada orang lain yang mengapresiasi karya kita secara positif. Jika apresiasi itu berupa kritikan, hal itu juga bagus untuk perkembangan tulisan kita ke depan.

So, buat kalian yang masih malu-malu untuk mempublikasikan karya kalian, jangan sungkan-sungkan ya mempublikasikan karya kalian. Ada banyak situs atau platform yang mewadahi tulisan orang-orang di dunia maya.
****
Nah, mungkin itu saja ya sobat beberapa tahap yang dilalui seorang penulis untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bagus dan layak dibaca. Tahap ini berlaku untuk semua penulis, baik yang suka menulis fiksi atau mungkin karya ilmiah.

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga apa yang saya tulis di sini bermanfaat dan menginspirasi sobat-sobat sekalian. Thanks.


Tips-Tips yang Ampuh Melawan Rasa Malas


source: jojonomic.com

Halo, sobat semua. Gimana kabar kalian? Pada kali ini, saya pengen membagikan beberapa tips yang bisa sobat coba untuk melawan rasa malas yang mungkin sering menyerang kita setiap hari. Jujur saja, kita mungkin suka malas beraktivitas dan mager di kasur pada momen-momen tertentu. Penyakit malas ini jika kita biarkan tentu tidak baik untuk diri kita sobat. Kita jadi kurang produktif dan tidak memanfaatkan waktu kita dengan baik. Oleh sebab itu, rasa malas itu harus kita lawan.

Sekarang permasalahannya, gimana sih cara kita melawan rasa malas? Nah, sobat mungkin seringkali gagal dan takluk oleh rasa malas kalian sendiri. Tenang saja, saya sudah menyiapkan beberapa tips nih yang bisa membantu kalian melawan rasa malas. Langsung saja yuk kita ulas bersama tips-tips berikut ini.

1. Memotivasi Diri Sendiri
Hal yang pertama kali sobat lakukan untuk melawan rasa malas ialah memotivasi diri kita sendiri. Seringkali, kita malas melakukan sesuatu karena kita tidak punya motivasi dan kurang bersemangat. Oleh sebab itu, memotivasi diri sendiri sangat perlu kita perlukan agar diri kita tetap positif kapanpun dan dimanapun. Cara memotivasi diri sendiri sebenarnya cukup sederhana, semisal mengucapkan kata-kata positif kepada diri kita sendiri, seperti kamu bisa, kamu luar biasa, dan kata-kata positif serupa lainnya.

2. Buatlah Target dan Jadwal Kegiatan Setiap Hari
Selanjutnya, kita harus membuat target dan juga jadwal kegiatan sehar-hari kita. Catat hal itu baik-baik di kertas atau mungkin di ingatan kalian kalau malas nulis. Dengan mengetahui target serta aktivitas yang akan kita lakukan pada hari itu, paling tidak kita akan tergerak untuk melakukan hal tersebut. Berbeda ceritanya jika kita tidak punya rencana apapun dalam satu hari, ya pasti kita akan mager dan lebih memilih rebahan di kasur atau sofa.

3. Bangkit dari Tempat Tidur atau Sofa
Sadar atau tidak, tempat tidur atau sofa kadang menjadi penyebab kita merasa malas. Jujur saja, ketika kita sudah rebahan di atas kedua benda tersebut, kita akan malas bergerak dan membiarkan diri kita tiduran sampai berjam-jam. Apalagi jika ditambah dengan bermain game atau media sosial, pasti kita akan malas-malasan. Nah, untuk melawan hal itu, langkah penting yang kamu lakukan adalah bangkit dari tempat tidur dan bergeraklah.

Baca juga: Tips Menemukan Passion Buat Kamu yang Masih dalam Proses Pencarian
4. Selalu Ingat Prioritas
Tips selanjutnya adalah selalu ingat hal apa yang menjadi prioritasmu, Hal ini penting untuk kita lakukan agar kita tidak bermalas-malasan. Coba kita bayangkan, misalkan prioritas kita adalah sesuatu yang berkaitan dengan mimpi kita, akan seperti apa nantinya jika kita bermalas-malasan? Pasti tujuan kita untuk menggapai mimpi kita akan terasa sangat jauh karena dengan kita bermalas-malasan, itu artinya kita tidak bergerak satu inchi-pun dari posisi kita. Jika kita tahu prioritas kita dalam hidup, dijamin deh rasa malas kita akan berkurang.

5. Jangan Menunda-Nunda Sesuatu
Kebiasaan buruk yang sering ada pada diri kita ialah sering menunda-nunda sesuatu. Hal ini dapat membuat kita malas. Pasti kita sering demikian, ketika kita sedang ada deadline atau tugas kita merasa punya banyak waktu. Alangkah lebih baiknya jika kita memiliki tugas atau kewajiban yang harus dikerjakan, kerjakan saat itu juga. Jangan kebanyakan menunda!

6. Kurangi Bermain Medsos
Sadar atau tidak, terlalu banyak memegang gawai dan bermain medsos membuat kita lupa waktu dan malas melakukan aktivitas lain. Kita seringkali terlena ketika terlalu asyik membuka instagram atau chatting-an dengan teman kita di medsos. Kita harus pandai-pandai membatasi diri kita dalam bermain medos. Jangan sampai waktu kita terlalu banyak kita habiskan untuk bermain medsos dibandingkan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat untuk kita!

7. Aturan 5 Detik
Tips selanjutnya untuk menangkal rasa malas ialah aturan 5 detik yang dapat kita coba. Tips ini saya dapatkan dari salah satu akun motivasi di Instagram. Caranya gampang banget. Ketika kamu malas melakukan sesuatu, kamu berhitung satu sampai lima, setelah itu beraktivitaslah. Tips ini bisa kamu coba, barangkali bisa membantu mengurangi rasa malasmu.

8. Paksa Diri Kita untuk Melawan Rasa Malas
Langkah terakhir yang perlu kita lakukan untuk melawan rasa malas adalah dengan memaksa diri kita. Tips ini memang sangat sulit dilakukan. Seringkali kita gagal memaksa diri kita untuk tidak malas. Namun, ketika rasa malas mulai menyerang diri kita, hanya ada dua kata yang harus kita lakukan, yaitu paksa dan lawan. Ketika kita sudah melakukan aktivitas tertentu selama beberapa menit, rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya. So, paksa dirimu, Sobat.
***
Nah, mungkin itu saja ya Kawan beberapa tips yang dapat kita coba untuk melawan rasa malas yang ada pada diri kita. Saya yakin sobat semua pasti bisa melawan rasa malas tersebut selama sobat berusaha,

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan artikel ini. Saya berharap, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Thanks.

15 Gambar Kocak yang Menunjukkan Strategi Marketing Level Dewa

Dalam berwirausaha, seseorang perlu menerapkan berbagai macam strategi untuk memikat pelanggan agar membeli produk atau menggunakan jasanya. Strategi marketing yang menarik pastinya akan membuat pelanggan penasaran dan berminat untuk membeli produk kita.

Nah, contohnya gambar-gambar berikut ini. Meskipun terlihat kocak, gambar-gambar berikut ini membuktikan betapa jeniusnya strategi marketing yang digunakan hingga membuat orang tertarik. Bisa dikatakan juga bahwa strategi marketing pada gambar-gambar ini levelnya sudah tingkat dewa. Langsung saja yuk kita lihat sama-sama. Bersiap-siaplah ngakak dan terpukau.

1. Dijamin murah, sikat deh

2. Budayakan malas masak biar beli di luar terus

3. Semoga rencana buka cabangnya sukses

4. Susu sapi loh ya, jangan mikir macam-macam

5. Trus cari apaan ya?

6. Menunya unik-unik, yang buat pasti orang jenius haha

7. Hidup cuma mampir minum dan beli oleh-oleh haha

8. Sakit nih karena diduain

9. Anjay, brosur dilipet-lipet biar dikira duit yak

10. Dari kejauhan terlihat murah, pas dari dekat ah sudahlah

11. Strategi ibu penjual pecel dengan berposes layaknya calon DPR

12. Promosi via pawai

13.  Anjay, sampai diangkat nih galonnya buat properti iklan

14. Agak puitis boleh juga

15. Sisi manakah yang berkaitan dengan nasi goreng wkwk

source pic: 1cak.com, pulsk.com, brillio.net

10 Lagu Barasuara yang Paling Keren



source pic: kumparan.com

Barasuara merupakan grup musik indie rock asal Jakarta yang beranggotakan Iga Massardi (vokal/gitar), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Marco Steffiano (drum), Asteriska (vokal), dan Puti Chitara (vokal). Grup musik ini saat ini telah mengeluarkan album, yaitu Taifun pada tahun 2015 dan Pikiran & Perjalanan pada tahun 2019.

Lagu-lagu Barasuara biasanya penuh semangat dan menggebu-gebu sesuai dengan aliran grup musik mereka yang mengusung rock. Di samping itu, lirik yang terdapat pada lagu Barasuara menyimpan makna yang dalam yang mengangkat tentang kehidupan serta lingkungan sosial.

Nah, langsung saja kita bahas yuk lagu-lagu Barasuara yang paling keren dan enak didengarkan.

1. Sendu Melagu


Lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya. Pesan dari lagu ini adalah kita harus selalu menghargai apa yang ada dalam hidup kita, jika tidak mungkin kita akan menyesal karena menyia-nyiakan hal yang berharga dalam hidup. Lagu ini pas banget kamu dengarkan ketika suntuk dan merasa bahwa kamu ingin menyerah. Jangan sampai pilihanmu untuk menyerah membuat menyesal di kemudian hari.

2. Pikiran dan Perjalanan


Lagu ini menceritakan sebuah ambisi serta kegundahan seseorang dalam menata langkah menuju masa depan. Memang, perjalanan itu tidak mudah. Kadangkala kita terjebak dalam ketidakpastian. Kadang kita marah dengan diri kita sendiri karena apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun, yang paling penting adalah kita sendirilah yang dapat menentukn masa depan kita. Jangan sampai orang lain yang menentukan masa depanmu ya!

3. Taifun


Lagu ini terdengar sangat sederhana dan tidak terlalu nge-beat jika dibandingkan lagu Barasuara yang lain. Melalui lagu ini, Barasuara mengingatkan kepada kita bahwa dalam hidup kita harus tahu, kapan saatnya kita berlari atau berhenti atau berdamai dengan diri sendiri. Di samping itu, kita juga harus selalu berhati-hati menjalani kehidupan agar kita tidak salah mengambil keputusan.

4. Mengunci Ingatan


Lagu ini bercerita tentang seseorang yang terjebak dengan luka dan kesedihan di masa lalu. Ia tidak merasakan kedamaian baik di pagi hari atau malam hari. Semakin ia mengingat kesedihan itu, kesedihan itu malah semakin nyata. Melalui lagu ini, Barasuara mengajak kita untuk menyembuhkan luka yang membiru itu. Jangan sampai hidup kita stuck dan ingatan kita terkunci pada hal-hal yang sudah berlalu.

5. Hagia


Judul lagu ini diambil dari sebuah bangunan di Turki, Hagia Sopia yang merupakan bersejarah karena pernah dijadikan gereja dan juga masjid. Inti dari lagu ini mengajarkan kita untuk saling menghormati antar umat beragama. Jangan sampai ada pertengkaran hanya karena cara beribadah kita berbeda. Semua orang punya kepercayaan masing-masing dan kita harus saling menghargai satu sama lain.

6. Bahas Bahasa


Lagu ini bercerita tentang cara berkomunikasi. Saat ini, cara orang berkomunikasi sudah bertransformasi. Dulu, orang harus bertemu secara langsung untuk berkomunikasi. Sekarang, orang bisa mengirim pesan ke banyak orang dalam satu waktu. Di samping itu, lagu ini menurut saya juga berpesan agar kita selalu berhati-hati dalam berbahasa serta memandang situasi siapa lawan bicara kita.

7. Api dan Lentera


Melalui lagu ini, Barasuara berpesan agar kita melepas segala belenggu yang mengikat diri kita. Kita tidak boleh membiarkan bara semangat yang ada dalam diri kita redup atau bahkan padam. Kita harus melepas segala keraguan dan melakukan apa yang kita yakini. Lagu ini pas banget buat kamu yang saat ini tengah ragu dengan apa yang kamu jalani.

8. Guna Manusia


Lagu ini berisi sebuah sindiran terhadap guna seorang manusia. Memang, terkadang setiap langkah yang dibuat oleh manusia itu menimbulkan kerusakan, seperti pencemaran lingkungan, perusakan ekosistem laut, atau penebangan hutan ilegal, dan masih ada banyak lagi kelakuan manusia yang merusak alam. Lagu ini seoalah memaksa kita untuk merenungkan kembali apa sejatinya guna manusia hidup di bumi ini.

9. Menunggang Badai


Isi dari lagu ini bercerita tentang seseorang yang hidupnya dipenuhi dengan kebencian. Dia menyimpan dendam dan luka hati yang dia simpan sendirian. Intinya, seseorang yang diceritakan dalam lagu ini selalu memandang sesuatu yang sangat negatif. Melalui lagu ini, Barasuara mengingatkan bahwa orang yang hidup dengan kebencian pasti sangat menderita ibarat menunggang sebuah badai.

10. Nyala Suara



Lagu ini memiliki pesan untuk kita agar selalu mengeluarkan ide, tujuan, dan pemikiran yang ada dalam kepala kita selama ide itu masih menyala dan panas ibarat bara. Jangan sampai ide itu hanya menjadi bara di dalam sekam yang nantinya meredup pelan-pelan. Oleh sebab itu, buat kamu yang saat ini punya ide atau tujuan keluarkan dan eksekusi ide itu agar menjadi kenyataan.
****
Nah, mungkin itu saja sob beberapa lagu Barasuara yang keren menurut saya. Sejujurnya, lirik lagu Barasuara agak susah ditafsirkan karena penuh kiasan dan metafora. Saya mengambil referensi dari medcom.id serta menambahkan opini saya sendiri dalam menafsirkan lagu-lagu Barasuara yang saya sebutkan di atas.

Mungkin, itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini menginspirasi sobat sekalian. Thanks.

10 Lagu Fourtwnty Terbaik yang Dapat Kamu Dengarkan


source: riaria.com

Selamat sore, gan. Jumpa lagi bersama saya MogiMogy di sini. Pada kesempatan kali ini, saya pengen mengulas sepuluh lagu terbaik Fourtwnty. Nah, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan grup musik indie yang satu ini.

Fourtwnty berasal dari Jakarta dan digawangi oleh Ari Lesmana, Nuwi dan juga Roots. Grup  musik yang bergenre Folk ini sudah aktif bermusik sejak tahun 2010 hingga sekarang dan sudah menciptakan dua album, yaitu Lelaku dan Ego & Fungsi Otak.

Nah, langsung saja yuk kita bahas bersama lagu-lagu Fourtwnty yang terbaik.

1. Zona Nyaman


Menurut saya, lagu Zona Nyaman merupakan lagu terbaik Fourtwnty. Lagu yang menjadi salah satu OST. film Filosofi Kopi 2 ini memiliki makna yang sangat dalam dan berisi semangat untuk berkarya. Ketika kamu bosan dan merasa stuck di zona nyaman, dengarkanlah lagu ini. Kamu pasti akan merasak ingin bergerak dan keluar dari zona nyamanmu. Di samping itu, lagu ini juga mengajarkan kepada kita untuk selalu bekerja dan berkarya bersama hati.

2. Aku Tenang


Lagu “Aku Tenang” juga merupakan lagu Fourtwnty yang dijadikan OST. film Filosofi Kopi 2. Cerita dari lagu ini merupakan sebuah ungkapan dari seseorang yang merasa tenang ketika berada di dekat orang yang disayanginya. Ia merasa bahwa kekasihnya mampu membuatnya lupa dengan segala hal dan permasalahan. Ia merasakan ketenangan dan juga hidup yang tenteram seperti apa yang diimpikannya.

3. Fana Merah Jambu


Lagu ini sangat asik didengarkan ketika kamu dan pasanganmu tengah bersantai sambil berdiskusi di sore hari. Sore memang waktu yang spesial, apalagi ketika senja telah hadir dan menawarkan pesona yang rupawan. Ditambah lagi secangkir kopi yang menambah kehangatan saat bercerita. Nada dari lagu ini sangat easy listening dan membuatmu serasa ingin berdansa dengan pasanganmu.

4. Hitam Putih


Lagu ini bercerita tentang sebuah perbedaan yang sangat terlihat antara sepasang kekasih. Mereka sudah tidak cocok satu sama lain, ibarat hitam dan putih yang tak pernah sewarna. Karena perbedaan itulah, seseorang di lagu ini berusaha untuk melepaskan seseorang yang disayanginya, walaupun hal itu sangat sulit dilakukan. Nada dari lagu ini sangat sederhana dan pas banget untuk kamu dengarkan ketika hubunganmu berada di ujung tanduk.

5. Kita Pasti Tua


Melalui lagu ini, Fourtwnty ingin berpesan kepada kita bahwa kita suatu saat nanti pasti tua. Semakin hari kita semakin tumbuh dan juga semakin dewasa. Kita akan mulai lemah dan tak bertenaga. Wajah kita nanti pun akan keriput dan tak sesegar  dulu. Ketika kita tua nanti, yang ada hanyalah kenangan serta cerita-cerita masa muda. Oleh sebab itu, manfaat waktumu selagi masih muda dengan sebaik mungkin sehingga itu bisa menjadi sebuah cerita yang luar biasa ketika nanti kalian tua.

6. Puisi Alam



Berbeda dengan lagu sebelumnya, lagu Fourtwnty yang satu ini mengajarkan kepada kita bahwa bahagia itu sangat sederhana, yaitu ketika kita bisa berkumpul dengan sahabat kita dan bisa menikmati alam yang luar biasa indahnya. Kebahagiaan itu bahkan tak bisa dibeli dengan harta. Lagu ini sebenarnya sangat cocok buat kamu dan teman-temanmu yang hobi mendaki gunung atau berpetualang bebas di alam.

7. Kusut


Lagu ini bercerita tentang seseorang yang bersusah payah untuk melepaskan kekasihnya. Ia mencoba menjauh dari pasangannya karena ia sendiri merasa sakit dan terjebak di ruang yang sempit. Ia sudah bukan dirinya yang dulu dan ia merasa dirinya terlihat palsu tanpa kehadiran kekasihnya di sisinya. Sesuai judulnya, lagu ini pas banget kamu dengarkan ketika kamu tengah kusut.

8. Diskusi Senja


Sama seperti lagu Fana Merah Jambu, lagu Fourwnty yang satu ini menceritakan tentang senja dan cerita yang ada ketika senja. Penggambaran senja di sini sangat kuat, apalagi ketika kita bisa berdiskusi dengan seseorang yang spesial bagi kita ketika senja. Nada dari lagu ini juga terlihat lebih santai dan agak mellow. Pas banget kamu dengarkan ketika menikmati kopi di sore hari.

9. Aku Bukan Binatang


Berbeda dengan lagu sebelumnya, lagu Fourtwnty yang satu ini cukup ngenes dan bercerita tentang seseorang yang usahanya tak pernah dihargai oleh seseorang yang disukainya. Ia memiliki niat yang tulus serta mencoba berbagai usaha. Namun, hal itu tidak pernah dilihat dan dihargai, malah ia mendapatkan kata-kata yang menyakitkan dari orang yang disukainya.

10. Diam Diam Kubawa Satu


Lagu terakhir yang menurut saya sangat enak ialah lagu Fourtwnty yang berjudul Diam Diam Kubawa Satu. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang suntuk dan lelah karena melalui hari-hari yang padat dan membosankan selama setahun penuh. Ia butuh liburan dan juga me-refresh dirinya. Lagu ini pas banget buat kamu yang sumpek mikirin pekerjaan atau tugas-tugas kuliah.
****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa lagu Fourtwnty yang terbaik menurut saya. Mungkin sobat ada pendapat lain, silahkan tulis di kolom komentar ya. Sekian dari saya. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga menginspirasi thanks.

Baca juga: 10 Lagu yang Pas Buat Lamaran & Pernikahan

Harga Honda Jazz 2019 Masih Terjangkau





Honda Jazz sekarang bisa diklaim sebagai hatchback yang banyak peminatnya di Indonesia. Dari awal kemunculannya pada 2002 di negara asalnya, Honda Jazz sukses memikat minat kalangan muda. Nama Honda Jazz sebenarnya bukan nama asli. Jazz digunakan untuk pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika, Australia, dan sebagian besar wilayah Asia. Di Jepang, China, dan Amerika Serikat Honda Jazz dilabeli dengan sebutan Honda Fit.

Honda Jazz sudah diakui sebagai pelopor hatchback berkualitas di Indonesia sejak kemunculan perdananya pada 2003. Harga Honda Jazz memang ada di atas adiknya, Brio yang baru muncul sekitaran 2013. Bahkan sebelum sekarang ini, harga Honda Jazz memang sudah mahal di awal penjualannya. Hal tersebut karena Honda Jazz masuk ke pasar Indonesia dalam status Completely Built Up (CBU) alias impor utuh dari Jepang. Harga Honda Jazz yang terlampau tinggi pun membuat kecewa para calon konsumen di Tanah Air. Ini yang kemudian menjadi pertimbangan pihak pabrikan yang setelahnya mengimpor Honda Jazz dari Thailand. Alhasil, harga Jazz pun bisa di-press hingga lebih terjangkau.

Honda Jazz dibekali mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin ini banyak dirasa para konsumen sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga. Basis mesin Honda Jazz sendiri memiliki performa yang sudah sangat teruji karena kerap turun di trek balap maupun slalom. Selain sanggup memberikan performa unggul, mesin Honda Jazz juga terkenal irit konsumsi bahan bakar. Hal ini karena penerapan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi. Honda Jazz punya konfigurasi penggerak penggerak roda depan. Sistem penggerak ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Spesifikasi mesin yang demikian, membuat Honda Jazz memiliki semangat fun to drive, sangat mudah dikendarai. Ini sangat cocok untuk anak muda, meskipun harga Honda Jazz perlu merogoh kocek agak dalam. Dimensi mobilnya pun tidak terlalu besar, sangat cocok untuk pengendara mobil di jalanan kota besar yang padat kendaraan.

Kendati akan kerap digeber oleh pengendara muda, Honda Jazz dibekali sasis yang kuat dan rigid. Melihatnya, banderol harga Honda Jazz pun disebut layak. Ketambahan lagi fitur keselamatan Dual SRS Front Airbags sudah disematkan di hatchback ini. Harga Honda Jazz semakin layak saat kenyamanan berkendaranya didukung suspensi MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam di depan dan belakang. Ukuran ban 176/65 R15 dan 185/55 R16 untuk varian RS (tipe tertinggi) pun dianggap mampu membantu pengemudi bermanuver cantik dan bergaya-gayaan ganteng.


Memasuki kuartal terakhir tahun 2019, harga Honda Jazz terpantau agak sedikit berubah. Harga Jazz tipe terendah dibanderol dengan harga Rp 244,8 jutaan. Sementara itu, untuk harga Jazz tipe tertinggi dijual dengan nilai Rp286,6 jutaan.

Daftar Harga Honda Jazz Oktober 2019
        Honda Jazz (M/T)             Rp244.800.000
        Honda Jazz (CVT)             Rp255.100.000
        Honda Jazz RS (M/T)       Rp276.400.000
        Honda Jazz RS (CTV)       Rp286.600.000

Untuk mengetahui lebih jelas tentang  daftar harga Honda disertai kredit cicilan dari Honda Jazz bisa di cek di carmudi.co.id

25 Kata Bijak Robert T. Kiyosaki yang Dapat Memotivasimu Untuk Sukses

Robert Toru Kiyosaki merupakan seorang pengusaha, investor, motivator, sekaligus penulis. Dia dikenal berkat bukunya yang fenomenal yang berjudul Rich Dad & Poor Dad yang berisi motivasi khususnya terkait kunci sukses dari segi finansial, yang mungkin tidak diajarkan di bangku sekolah. Buku tersebut juga merupakan bagian dari seri-seri buku lainnya, seperti buku Rich's Dad Cashflow dan Rich's Dad Guide to Investing

Nah, berikut ini ada beberapa quotes atau kata-kata Robert T. Kiyosaki yang mungkin mampu membangkitkan semangatmu untuk menggapai kesuksesan dan mencapai hidup yang matang secara finansial. Langsung saja yuk kita lihat bersama.

1. Berinvestasi mungkin memang beresiko, tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu finansial pun juga beresiko.


2.  Kamu tidak akan belajar hal baru, apabila kamu merasa tahu segalanya. 


3.  Ketika kamu gagal, berarti kamu sudah melakukan sesuatu. Ketika kamu melakukan sesuatu, kamu memiliki kesempatan. 


4.  Di dunia keuangan dan investasi, kamu harus belajar untuk mengontrol emosimu. 


5.  Tekadmu untuk menaklukkan tantangan menentukan kesuksesanmu.



6.  Orang kaya selalu membeli barang mewah di akhir, sedangkan kelas bawah dan menengah cenderung untuk membeli barang mewah di awal.



7.  Di dalam setiap masalah selalu terdapat peluang.



8.  Uang merupakan skill kehidupan. Fakta tentang hal itu tidak diajarkan di sekolah hari ini, membuatmu tahu sesuatu tentang bagaimana sekolah mengecewakan anak-anak kita.


9.  Pecundang berhenti ketika mereka gagal. Pemenang gagal hingga mereka telah sukses.



10.  Dalam bisnis, sukses seringkali tergantung pada tingkat kematangan ide-idemu.



11.  Seseorang yang memiliki mindset karyawan merespon rasa takut tidak memiliki uang dengan mencari cara aman dalam bentuk pekerjaan yang aman dan terjamin.


11.  Pikiran yang terlatih adalah pikiran yang kaya.


12.  Hadapi ketakutan dan keraguanmu dan dunia baru akan terbuka untukmu.
  

 13.  Jika kamu ingin jadi pemenang dalam hidup, kamu harus melampaui yang terbaik darimu secara konsisten.


 14.  Kebebasan finansial itu terdapat pada orang-orang yang belajar mengenai hal itu dan bekerja demi hal itu.


 15.  Orang sukses tidak takut kegagalan, tetapi memahami bahwa kegagalan itu diperlukan untuk belajar sekaligus tumbuh dari hal itu.


 16.  Apabila menjadi seorang entrepeneur itu mudah, semua orang akan melakukan hal itu.


 17.  Masa depan itu tercipta dari apa yang kamu lakukan hari ini, bukan besok.


 18. Memulai bisnis itu seperti melompat dari pesawat tanpa parasut. Di tengah udara, para enterpreneur mulai membangun parasut dan berharap parasut itu terbuka sebelum menabrak tanah.


 19.  Pendidikan adalah apa yang kamu pelajari setelah kamu meninggalkan sekolah.



 20.  Jangan biarkan ketakutan akan kegagalan lebih dominan dibandingkan kesenangan akan kemenangan.



 21.  Kebebasan berarti memiliki pendapatan pasif yang teratur untuk menghabiskan waktu dan uangmu sesukamu tanpa perlu bekerja atau rasa khawatir .




 22.  Mulailah membuka bisnis paruh waktu dan membuat beberapa kesalahan sebisa mungkin pada saat kamu masih memiliki pekerjaan penuh.


 23.  Jangan meghabiskan waktumu untuk khawatir tentang uang, tetapi lebih baik habiskan waktumu untuk menumbuhkan pengetahuan.


 24.  Aku menolak untuk menjadi seseorang yang kurang sukses.


 25.  Jika kamu ingin menjadi seorang profesional, mulailah dengan membangun mindset.


source picture: Instagram