23 Rekomendasi Anime Penjelajahan Dungeon yang Menarik Buat Kamu Tonton


Dungeon alias ruang bawah tanah merupakan sebuah tempat menarik yang seringkali muncul dalam cerita-cerita anime fantasi tau isekai. Tempat tersebut biasanya dipenuhi oleh para monster ganas dan menyimpan banyak item atau harta karun yang berharga.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin merekomendasikan beberapa anime tentang penjelajahan dungeon yang menarik buat kamu tonton di rumah. Apa sajakah itu? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka (DanMachi)

Jika berbicara tentang penjelajahan dungeon, DanMachi merupakan anime yang paling tepat buat kamu tonton. Anime tersebut bercerita tentang seorang petualang bernama Bell Cranel yang biasa berburu monster di dungeon yang ada di Orario.

Bell pada awalnya sangat lemah dan sering diremehkan oleh petualang lain. Namun, dia tumbuh menjadi lebih kuat setelah dia diselamatkan oleh petualang cantik bernama Ais Wallenstein. Perasaannya kepada Ais memotivasi Bell untuk berkembang dalam waktu singkat.

2. Sword Art Online

Selanjutnya, ada Sword Art Online yang bercerita tentang petualangan seorang gamer bernama Kirigaya Kazuto alias Kirito. Dia bersama 10.000 pemain lain diceritakan terjebak di dalam dunia sebuah game MMORPG.

Kirito pun bertarung sebagai pemain solo dan mengalami berbagai petualangan berbahaya di dungeon bernama Aincrad. Dungeon tersebut terdiri dari beberapa lantai dengan bos monster yang sangat kuat dan sulit dikalahkan. 

3. Magi

Magi merupakan salah satu serial anime tentang sihir yang menarik buat ditonton. Anime tersebut bercerita tentang petualangan Alibaba Saluja bersama dengan seorang Magi bernama Aladdin yang bertujuan untuk mencegah kehancuran dunia.

Salah satu hal menarik dari anime ini adalah cerita eksplorasi dungeon. Ada beberapa dungeon berbahaya yang muncul dalam anime ini, seperti Amon dan Zagan. Mereka yang berhasil menaklukkan dungeon itu akan mendapatkan kekuatan dari seorang Djinn.

4. Log Horizon

Mirip seperti Sword Art Online, Log Horizon juga mengambil premis yang hampir mirip. Para karakter di anime tersebut terjebak dalam sebuah game bernama Elder Tale. MC utama dari anime tersebut adalah pemain jenius bernama Shiroe yang dikenal sebagai ahli strategi.

Melihat situasi mereka yang sedang kacau, Shiroe beserta teman-temannya mulai bekerja sama dan membuat tatanan baru, seperti sistem politik dan ekonomi. Selain itu, anime tersebut juga menghadirkan petualangan menarik di dungeon melawan monster kuat.

5. Hai to Gensou no Grimgar

Hai to Gensou no Grimgar mengambil sebuah latar dunia fantasi yang penuh dengan tantangan. Fokus anime tersebut bercerita tentang sekelompok petualang pemula yang terlempar ke negeri asing dengan ingatan yang samar-samar.

Mereka tidak mempunyai pilihan selain bertarung sebagai prajurit relawan. Mereka pun harus bertahan hidup melawan monster berbahaya seperti goblin di reruntuhan. Mereka pun berjuang keras dan berusaha melindungi satu sama lain.

6. Meikyuu Black Company

Selain mengeksplorasi tentang dungeon, Meikyuu Black Company juga menghadirkan alur cerita yang erat dengan bumbu komedi. Anime tersebut berfokus pada seorang NEET bernama Kinji Ninomiya yang sukses mengejar impiannya.

Suatu ketika, Kinji terlempar ke dunia lain melalui sebuah portal misterius. Dia terjebak di dungeon dan terpaksa bekerja untuk perusahaan tambang dengan upah yang sedikit. Dia pun menyusun rencana untuk menjadi kaya dalam waktu cepat agar dia bisa keluar dari perusahaan itu. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Dunia Kerja yang Menarik Buat Ditonton

7. KonoSuba

Buat kalian penggemar cerita sihir dan isekai, kalian pasti tidak asing lagi dengan anime berjudul Kono Subarashii Sekai no Shukufuku wo! alias KonoSuba. Anime tersebut bercerita tentang seorang NEET bernama Satou Kazuma yang bereinkarnasi di dunia lain.

Satou menerima tawaran dari seorang dewi bernama Aqua untuk mengalahkan sosok Demon King. Dia pun bertemu dengan teman baru seperti Megumin dan mengalami petualangan yang kocak, seperti menjelajahi dungeon.

8. Shachou, Battle no Jikan desu!

Dalam cerita Shachou Battle no Jikan desu!, ada sebuah dungeon menarik yang bisa diakses melalui portal bernama Gatepia. Dungeon itu dipenuhi dengan kristal energi bernama kirakuri yang sangat berguna untuk kemajuan umat manusia.

Demi mendapatkan energi tersebut, seluruh perusahaan berbondong-bondong dan saling bersaing satu sama lain. Salah satunya adalah Minato yang memimpin Kibo Company. Dia mempekerjakan para pemburu terbaik untuk menjadi karyawannya.

9. Druaga no Tou: The Aegis of Uruk

Druaga no Tou: The Aegis of Uruk bercerita tentang seorang petualang pemberani bernama Jil yang memutuskan untuk memanjat Menara Druaga untuk membunuh para monster. Menara tersebut telah meneror Kerajaan Urak dengan berbagai penyakit dan monster menakutkan.

Meskipun begitu, para monster tersebut melemah pada musim panas. Pada saat itulah, Jil dan para petualang bisa memburu monster tersebut. Namun, usaha mereka tidaklah mudah karena mereka harus menyelesaikan tantangan pada tiap lantai hingga mereka bisa mencapai lantai atas.

10. Ragnarok The Animation

Ragnarok The Animation merupakan sebuah anime lawas yang diadaptasi dari permainan MMORPG Ragnarok Online. Cerita dari anime tersebut berfokus pada petualangan Roan dan teman-temannya untuk mengalahkan makhluk jahat bernama Dark Lord.

Demi mewujudkan ambisi tersebut, Roan seringkali berpetualang melewati berbagai tempat berbahaya, seperti hutan hingga dungeon. Dia juga harus berhadapan dengan monster-monster menakutkan yang dikirim Dark Lord. 

11. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou mengisahkan tentang petualangan Hajime Nagumo yang terpanggil ke dunia fantasi. Dia nyaris mati di sebuah dungeon yang berbahaya setelah dia dikhianati oleh teman-temannya. 

Di tempat itu, Nagumo berhadapan dengan monster-monster yang sangat ganas. Ia melakukan apapun agar dia bisa bertahan hidup, termasuk mengorbankan bagian tubuhnya. Setelah melewati insiden itu, dia pun tumbuh menjadi sosok yang jauh lebih tangguh dan kuat. 

12. Goblin Slayer

Sesuai judulnya, Goblin Slayer bercerita tentang seorang petualang yang sangat terobsesi untuk memburu monster hijau goblin. Ia mempunyai masa lalu yang traumatis dengan para goblin. Karena itulah, dia bertujuan untuk menghabisi seluruh goblin dari muka bumi. 

Goblin Slayer akan menyusuri gua hingga dungeon atau penjara bawah tanah yang menjadi tempat persembunyian goblin. Dia mempersenjatai dirinya dengan peralatan yang lengkap. Selain itu, dia juga ditemani oleh teman-teman yang suportif. 

Baca juga: 16 Rekomendasi Anime yang Menggunakan Konsep Multiverse dan Dunia Paralel

13. BOFURI

BOFURI bercerita tentang petualangan gadis lugu bernama Kaede Honjou di sebuah dunia game bernama NewWorld Online. Di dalam permainan tersebut, Kaede dikenal dengan nama Maple. Dia menggunakan gaya bertarung yang unik dan berfokus pada pertahanan. 

Maple seringkali berpetualang di dungeon berbahaya tanpa dia sadari. Lucunya, dia mampu mengalahkan bos monster yang kuat. Dia pun mendapatkan kemampuan-kemampuan baru yang membuatnya jadi overpower.

14. Ore dake Haireru Kakushi Dungeon

Cerita dari Ore dake Haireru Kakushi Dungeon berfokus pada seorang anak bangsawan bernama Noir Starga yang diperlakukan seperti sampah karena dia tidak berguna. Meskipun demikian, dia punya kemampuan unik untuk berkomunikasi dengan sosok Great Sage.

Great Sage mampu memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Noir. Ketika Noir ingin memasuki Akademi Pahlawan, Great Sage malah mendukung Noir untuk mengeksplorasi sebuah dungeon. Noir pun mengikuti saran tersebut dan mengalami petualangan baru. 

15. Kumo desu ga, Nani ka?

Bagaimana kira-kira jika kamu bereinkarnasi kembali sebagai seekor laba-laba di dunia lain? Hal itulah yang dialami oleh Kumoko di Kumo desu ga, Nani ka?. Dia harus bertahan hidup di sebuah dungeon yang penuh dengan monster mengerikan.

Kumoko tidak mempunyai kekuatan yang overpower. Dia hanya mengandalkan kemampuan untuk membuat jaring laba-laba ditambah pengetahuannya saat masih menjadi manusia. Dengan kecerdikannya, dia mampu menaklukkan setiap bahaya yang dia temui.

16. Overlord

Buat penggemar cerita anime isekai, kalian pasti tidak asing lagi dengan anime berjudul Overlord. Anime tersebut menghadirkan seorang MC yang sangat overpower, yaitu Momonga alias Ainz Ooal Gown. Bukan cuman kuat, dia mempunya penampilan tengkorak yang menyeramkan.

Ainz Ooal Gown pun mempunyai para bawahan yang sangat kuat dan loyal terhadapnya. Markas mereka berada di sebuah dungeon yang dikenal dengan sebutan Great Tomb of Nazarick. Tempat tersebut dipenuhi oleh perangkap dan juga monster.

17. Tatoeba Last Dungeon Mae no Mura no Shounen ga Joban no Machi de Kurasu Youna Monogatari

Serial anime ini berkisah tentang seorang anak bernama Llyoid yang mempunyai jiwa petualang. Dia punya mimpi besar untuk menemukan kekuatan sejati di ibukota yang dia kagumi. Namun, dia berasal dari lingkungan yang menganggap dirinya lemah.

Llyoid pun memutuskan untuk pergi menuju ke ibukota. Dalam perjalanan tersebut dia harus melewati sebuah dungeon yang paling berbahaya di dunia. Dia pun menyadari perbedaan kemampuannya dengan petualang lain.

18. Isekai Meikyuu de Harem wo

Sesuai judulnya, Isekai Meikyuu de Harem wo memadukan cerita petualangan yang dibumbui dengan nuansa harem penuh fan service. Anime tersebut bercerita tentang seorang pemuda bernama Michio yang terlempar ke dunia fantasi mirip game yang pernah dia mainkan.

Michio pun melalui petualangan menarik dan menjelajahi berbagai labirin yang berbahaya untuk mendapatkan uang. Dengan uang itu, dia bisa membeli budak cantik dan aduhai yang membuat perjalanannya jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Idol yang Menarik Buat Ditonton

19. Made in Abyss

Sesuai judulnya, Made in Abyss berfokus pada petulangan gadis muda bernama Riko di sebuah tempat berbahaya bernama Abyss. Tempat tersebut dipenuhi oleh harta karun tersembunyi dan berbagai misteri.

Riko memutuskan untuk menjelajahi tempat tersebut karena dia ingin mengikuti jejak sang ibu. Di awal perjalanannya, dia bertemu degan sebuah robot bernama Reg yang berwujud seperti manusia. Mereka pun menjadi rekan yang berharga.

20. .hack/SIGN

.hack/SIGN merupakan salah satu anime lawas yang menarik. Anime tersebut berfokus pada seorang wavemaster muda bernama Tsukasa. Suatu ketika, dia terbangun di sebuah game MMORPG bernama The World dengan ingatan yang samar. 

Anehnya, Tsukasa tidak bisa log out dari permainan tersebut. Demi mencari jawaban atas keraguannya, Tsukasa berpetualang dan mengeksplorasi dunia di game tersebut. Dia juga dibantu oleh kelompok Crimson Knight yang dipimpin oleh Subaru.  

21. Level 1 dakedo Unique Skill de Saikyou desu

Level 1 dakedo Unique Skill de Saikyou desu bercerita tentang petualangan Ryouta Satou yang bereinkarnasi ke sebuah dunia RPG dalam keadaan yang sangat sulit. Apapun yang dilakukan oleh Ryouta, dia tetap berada di level 1 dan tidak mengalami peningkatan sama sekali. 

Meskipun begitu, dia mempunyai kemampuan unik bernama Drop Skill: All S yang bisa membantunya untuk bertahan. Dia pun sering melakukan penjelajahan di dungeon melawan monster lucu untuk mendapatkan item sayuran, seperti wortel dan kubis.

22. Jidou Hanbaiki ni Umarekawatta Ore wa Meikyuu wo Samayou

Jidou Hanbaiki ni Umarekawatta Ore wa Meikyuu wo Samayou merupakan salah satu anime isekai terbaru dengan konsep yang terbilang absurd. MC utama dalam anime tersebut bereinkarnasi di dunia lain sebagai mesin penjual otomatis bernama Hakkon.

Hakkon lucunya tidak bisa bergerak secara mandiri. Dia juga tidak bisa berbicara di luar kalimat yang telah diprogram di mesinnya. Untungnya, dia ditemukan oleh petualang lain hingga dia mengalami petualangan luar biasa, seperti mengeksplorasi dungeon.

23. Solo Leveling

Meskipun belum tayang pada saat ini, Solo Leveling merupakan anime tentang penjelajahan dungeon yang wajib buat ditonton. Anime tersebut diadaptasi dari manhwa dengan judul yang sama dan bercerita tentang seorang hunter alias pemburu bernama Sung Jin-Woo.

Setelah berada dalam situasi hidup dan mati di double dungeon, Sung Jin-Woo mendapatkan kekuatan baru. Dia bisa meningkatkan levelnya secara mandiri melalui quest yang harus dia selesaikan setiap hari.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Yokai yang Paling Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form