16 Rekomendasi Anime yang Menggunakan Konsep Multiverse dan Dunia Paralel


Multiverse merupakan sebuah topik sains fiksi yang sangat populer dan seringkali diangkat dalam film-film ilmiah Hollywood. Sesuai namanya, konsep tentang multiverse bisa mengacu pada dunia paralel, dimensi, atau semesta yang jumlahnya lebih dari satu hingga tidak terbatas.

Konsep multiverse uniknya juga muncul dalam beberapa serial anime Jepang yang populer. Jika kalian penasaran, cek pembahasan selengkapnya dari MogiMogy berikut ini! 

1. Space Dandy

Sesuai judulnya, Space Dandy bercerita tentang seorang pemburu hadiah nyentrik bernama Dandy. Dia seringkali menjelajahi luar angkasa untuk menemukan alien langka. Selain itu, dia ditemani oleh rekan-rekan yang lucu, seperti QT dan Meow.

Selain menyuguhkan alur cerita yang penuh komedi, Space Dandy menghadirkan konsep multiverse dengan adanya dunia paralel. Ada banyak versi alternatif Dandy dari dunia lain dengan karakteristik yang berbeda-beda, tetapi sifat mereka sama-sama kocak.

2. Mobile Suit Gundam

Mobile Suit Gundam merupakan salah satu anime tentang mecha yang paling ikonik sepanjang masa. Serial original anime tersebut bercerita tentang pertempuran antara Earth Federation melawan Principality of Zeon yang berlangsung dalam garis waktu utama Universal Century.

Menariknya, Mobile Suit Gundam juga menghadirkan alur cerita alternatif dengan sebuah semesta yang benar-benar berbeda. Ada banyak serial-serial yang menarik, seperti Gundam Wing, Gundam 00, Gundam Build Fighters, atau SD Gundam Force.

3. Dragon Ball Super

Dragon Ball Super merupakan serial Dragon Ball yang sangat menarik dan mengangkat tema multiverse. Dalam serial tersebut, ada 18 universe atau semesta yang dipimpin oleh entitas supreme bernama Zeno yang sangat overpower.

Zeno ingin mengurangi jumlah semesta tersebut hingga para petarung dari masing-masing semesta harus bertempur dalam sebuah kompetisi bernama Tournament of Power. Goku beserta petarung Z yang lain mewakili Universe 7 dalam turnamen tersebut.

4. Tenchi Muyo!

Tenchi Muyo! termasuk salah satu anime lawas tentang harem yang mempunyai semesta khusus bernama Tenchiverse. Di semesta tersebut, ada banyak kemungkinan dunia paralel yang mempunyai banyak kemiripan tapi punya ciri khas yang membedakan satu sama lain.

Contohnya adalah cerita spin-off berjudul Pretty Sammy yang menempatkan Tenchi Masaki dalam sebuah dunia tentang gadis sihir. Meskipun ada banyak versi Tenchi Muyo!, Masaki Kajishima selaku penciptanya menjelaskan bahwa versi OVA dan sekuelnya adalah cerita canon yang asli.  

5. Space Patrol Luluco

Studio Trigger terkenal karena visualnya yang khas dan sering menghadirkan cameo di tengah cerita. Awalnya, anime-anime buatan Studio Trigger tidak berhubungan satu sama lain. Namun, hal tersebut berubah setelah kemunculan Space Patrol Luluco.

Luluco sebagai MC utama dalam serial tersebut mempunyai kemampuan untuk menjelahi dimensi lain. Dia mengeksplorasi dunia-dunia anime buatan Trigger, seperti Kill La Kill dan Panty & Stocking With Garterbelt

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Menarik yang Mengeskplorasi Dunia Sains

6. Tsubasa – RESERVOir CHRoNiCLE

Tsubasa – RESERVOir CHRoNiCLE merupakan salah satu anime CLAMP menarik yang menghadirkan konsep multiverse. Selain itu, plot beserta karakter serial tersebut bersinggungan dengan serial-serial CLAMP yang lain, seperti Cardcaptor Sakura, Angelic Layer, Tokyo Babylon, dan xxxHOLIC.

Serial tersebut mengambil latar Kerajaan Clow, sebuah versi fantasi dari serial Cardcaptor Sakura. Di dunia tersebut, Sakura Kinomoto berperan sebagai putri dan Syaoran Li adalah seorang arkeolog. Mereka melakukan perjalanan untuk mendapatkan fragmen jiwa Sakura yang hilang. 

7. Fate/Stay Night

Jika berbicara tentang anime yang berkaitan dengan multiverse, rasanya kurang lengkap apabila kita tidak memasukkan Fate/Stay Night. Serial tersebut diadaptasi dari novel ringan yang ditulis oleh Kiyoko Nasu.

Nasu seringkali membuat berbagai cerita Fate dengan alur dan tokoh yang berbeda-beda. Orang-orang pun seringkali menyebut dunia Fate dengan istilah Nasuverse. Selain itu, dunia Fate juga terhubung dengan anime lain, seperti Carnival Phantasm, The Garden of Sinners, dan Tsukihime.

8. To Every You I’ve Loved Before & To The Solitary Me That Loved You

To Every You I’ve Loved Before dan To The Solitary Me That Loved You merupakan dua buah film romantis yang dibuat secara terpisah. Akan tetapi, kedua cerita anime tersebut saling berkaitan dan bersinggungan satu sama lain.

To Every You I’ve Loved Before bercerita tentang kisah cinta Koyomi Takasaki yang jatuh cinta dengan perempuan bernama Kazune Takigawa. Menariknya, Kazune mengaku bahwa dia berasal dari semesta yang berbeda.

Sementara itu, To The Solitary Me That Loved You berkisah tentang Koyomi Hidaka yang dekat dengan Shiori Satou. Namun, mereka tidak bisa bersama karena faktor masalah keluarga. Mereka pun berharap untuk membawa kisah cinta mereka ke dunia lain.

9. Higurashi: When They Cry

Higurashi: When They Cry berfokus pada Keiichi Maebara mengalami kejadian penuh misteri di kota Hinamizawa. Dia lambat laun menyadari sejarah gelap di kota tersebut. Selain itu, dia mengalami fenomena aneh dan terjebak dalam peristiwa yang terjadi berulang-ulang di tahun 1983.

Meskipun fenomena itu mirip time loop, fenomena itu dijelaskan dengan istilah Sea of Fragments atau lautan fragmen. Setiap fragmen di dimensi itu bersinggungan dengan versi alternatif dari bencana besar Hinamizawa. Selain itu, setiap fragmen punya aturan spesifik yang sama.

10. Bokurano

Bokurano pada awalnya terlihat seperti anime pertempuran mecha biasa. Namun, anime tersebut menggunakan konsep multiverse dengan total 32.000 dunia paralel yang masing-masing dihuni oleh umat manusia.

Namun, selurhu dunia tersebut harus bertarung satu sama lain dalam sebuah turnamen inter-dimensi untuk bertahan hidup. Apabila dunia mereka kalah dalam turnamen tersebut, dunia beserta eksistensi mereka akan terhapus. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Yokai yang Paling Menarik

11. Isekai Quartet

Isekai Quartet merupakan sebuah film crossover yang melibatkan para karakter dari empat dunia anime isekai, yaitu KonoSuba, Re: Zero, Overlord, dan The Saga of Tanya the Evil. Suatu ketika, mereka semua menemukan sebuah tombol ajaib.

Setelah menekan tombol tersebut, mereka semua terlempar ke sebuah dunia alternatif yang dikuasai oleh golem raksasa. Mereka pun harus bertarung melawan makhluk itu dan mencari jalan untuk pulang ke dunia mereka masing-masing.

12. The Rising of the Shield Hero

The Rising of The Shield Hero merupakan sebuah anime isekai yang bercerita tentang petualangan pemuda bernama Naofumi Iwatani. Selama di dunia lain, dia harus bertarung sebagai Shield Hero untuk membasmi ancaman dari monster bernama Wave.

Seiring berjalannya cerita, dunia lain tersebut ternyata mempunyai banyak dimensi yang berbeda-beda. Namun, dimensi tersebut digambarkan berada dalam bahaya dan berpotensi untuk bergabung menjadi satu. Insiden itu memicu pertempuran lintas dimensi yang melibatkan para pahlawan. 

13. Fairy Tail

Fairy Tail adalah salah satu anime sihir yang sangat populer di sepanjang masa. Anime tersebut bercerita tentang petualangan Natsu beserta teman-temannya di guild Fairy Tail melawan para penyihir jahat yang mengancam keselamatan orang-orang.

Dalam cerita Fairy Tail, ada sebuah dunia paralel bernama Edolas. Para penghuni Edolas mempunyai penampilan yang mirip dengan penduduk bumi, tetapi sifat mereka berbeda-beda. Para anggota Fairy Tail sempat terlempar ke Edolas dan terlibat konflik dengan tentara Edolas. 

14. Abenobashi Mahou Shoutengai

Abenobashi Mahou Shoutengai bercerita tentang petualangan Satoshi Imamiya beserta Arumi Asahina yang menjelajahi berbagai dunia, mulai dari dunia sains fiksi, peperangan, dunia sihir, hingga dunia yang penuh dengan alien.

Satoshi dan Asahina kemudian menyadari bahwa setiap dunia yang mereka jelajahi adalah versi imajinasi dari kampung halaman mereka. Mereka pun berusaha mencari cara agar mereka bisa pulang ke dunia asli mereka.

15. Gunslinger Stratos The Animation

Rekomendasi selanjutnya adalah Gunslinger Stratos The Animation. Dalam serial tersebut, umat manusia diceritakan mengalami wabah penyakit mematikan yang bisa mengubah tubuh manusia menjadi pasir.

Selain itu, konflik semakin rumit karena permasalahan itu berujung pada pertempuran melawan pasukan dari dunia paralel yang disebut Frontier S (Stratos). Tohru Kazasumi turut terlibat dalam pertarungan itu dan terpaksa melawan versi lain dari dirinya.

16. Yu-Gi-Oh! Arc-V

Yu-Gi-Oh! merupakan anime permainan kartu yang sangat populer. Cerita dari anime tersebut seringkali melibatkan duel kartu antar dimensi. Dari sekian banyaknya serial, Yu-Gi-Oh! Arc-V menghadirkan konsep multiverse yang begitu kuat.

Dalam cerita Arc-V, ada banyak dimensi yang saling terhubung satu sama lain, yakni Original Dimension, Fusion Dimension, Xyz Dimension, dan Synchro Dimension. Yuya Sakaki harus berhadapan dengan versi alternatif dirinya beserta duelist kuat dari dimensi lain.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime tentang Balapan yang Paling Keren

Previous Post Next Post

Contact Form