10 Rekomendasi Anime Menarik yang Mengeskplorasi Dunia Sains


Meskipun cerita anime rata-rata hanya berfungsi sebagai hiburan belaka, ada beberapa anime yang mengandung nilai edukasi dan menambah wawasan penonton. Contohnya adalah anime yang membahas sains atau bidang keilmuan tertentu.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin merekomendasikan beberapa anime menarik yang mengeskplorasi dunia sains. Yuk, langsung kita bahas aja berikut ini!

10. Space Brothers

Buat kalian yang tertarik dengan kehidupan astronot dan luar angkasa, Space Brothers adalah anime yang cocok buat kalian tonton. Anime ini bercerita tentang Mutta dan Hibito yang berteman sejak kecil dan bercita-cita menjadi seorang astronot.

Ketika mereka beranjak dewasa, Hibito mampu meraih impiannya sebagai astronot. Namun, Mutta harus stuck dengan kehidupannya sebagai pegawai. Suatu ketika, Mutta mendapatkan nasib bagus karena dia berkesempatan untuk menjalankan misi bersama Hibito sebagai astronot.

9. Moyashimon

Berbeda dengan anime sebelumnya, Moyashimon bercerita tentang seorang pemuda bernama Tadayasu Sawaki yang mempunyai kemampuan ajaib. Ia mampu melihat berbagai jenis mikroba, seperti bakteri, virus, jamur, dan sejenisnya.

Kemampuan tersebut sangat membantu kariernya sebagai mahasiswa di jurusan agrikultural. Ia jadi lebih mudah dalam memahami ilmu yang dia pelajari melalui mikroba yang ia lihat sehari-hari. Tak hanya belajar teori, dia juga mampu mempraktekkannya di dunia nyata.

8. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist termasuk salah satu anime terkenal yang menyuguhkan alur cerita menarik. Anime ini memang tidak murni membahas sains. Akan tetapi, proses alkimia yang diperlihatkan dalam anime ini membutuhkan pendekatan saintifik dan kalkulasi yang tepat.

Cerita dari anime ini berfokus pada kakak adik bernama Edwad dan Alphonse Elric yang sangat ahli menggunakan alkimia. Namun, mereka membuat kesalahan besar di masa lalu. Mereka mencoba membangkitkan ibunya yang telah mati. Hal itupun pada akhirnya berujung tragedi.

7. Comical Psychosomatic Medicine

Comical Psychosomatic Medicine merupakan anime menarik yang membahas isu kesehatan mental. Anime ini berfokus pada kehidupan seorang psikiater yang lucu sekaligus cerdas. Ia mempunyai wawasan yang luas tentang hal-hal yang berkaitan dengan mental seseorang.

Pada setiap episode, psikiater tersebut akan membahas topik yang berbeda-beda. Dia akan menjelaskan berbagai gejala beserta penanganan yang tepat tentang isu-isu kesehatan mental. Yang jelas, anime ini sangat mengedukasi para penonton. 

6. Science Fell In Love, So I Tried To Prove It

Sesuai judulnya, anime ini menggabungkan unsur sains dengan kehidupan percintaan yang menarik untuk ditonton. Selain mengeksplorasi sains, anime ini menghadirkan kisah-kisah manis antara Ayame Himura dan Shinya Yukimuro.

Mereka berdua adalah peneliti di Universitas Saitama. Suatu ketika, Ayame jatuh cinta kepada Shinya. Ia pun berusaha untuk membuktikan bahwa perasaan itu benar-benar cinta melalui serangkaian eksperimen yang seru untuk ditonton. 

5. Silver Spoon

Mirip seperti Moyashimon, Silver Spoon juga bercerita tentang kehidupan seorang mahasiswa yang mengambil jurusan agrikultural. Bedanya, karakter utama dalam anime ini hanyalah manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan spesial.

Setelah memasuki Ooeze Agricultural High School, Yuugo Hachiken harus mempelajari cara mengelola sebuah lahan pertanian. Ia juga belajar untuk memaksimalkan produksi bahan pangan melalui metode-metode saintifik. 

4. Steamboy

Steamboy adalah film animasi yang keren karya sutradara legendaris bernama Katsuhiro Otomo. Anime ini bercerita tentang seorang inventor muda yang bernama Ray. Ia tinggal di wilayah Victorian England.

Ray menemukan sebuah alat uap yang mampu memberikan sumber daya terhadap berbagai mesin dengan menggunakan uap. Karena penemuan itu sangat berharga, dia harus melindungi alat tersebut dari tangan pencuri yang ingin merenggut karya ciptaannya.

3. Cells At Work 

Jika kalian sangat suka dengan pelajaran biologi, kalian wajib banget buat nonton Cells At Work. Sesuai judulnya, anime ini bercerita tentang keseharian sel yang ada pada tubuh manusia. Mereka digambarkan dengan penampilan mirip seperti manusia.

Dalam anime ini, kita bisa melihat setiap sel bertugas sesuai dengan peran mereka masing-masing, mulai dari membawa oksigen hingga bertarung melawan patogen. Tentu saja, anime ini dibuat dengan visual dan alur cerita yang menarik sehingga penonton tidak akan bosan.

2. Steins: Gate

Steins; Gate merupakan salah satu anime tentang sains yang mengeksplorasi konsep perjalanan waktu. Cerita dari anime ini berfokus pada seorang ilmuwan nyentrik bernama Rintaro Okabe yang suka melakukan eksperimen liar bersama temannya.

Suatu ketika, Rintaro tanpa sengaja berhasil menciptakan perjalanan waktu melalui microwave. Ia dan timnya mampu mengirim pesan ke masa lalu. Namun, hal itu mempunyai dampak yang serius hingga mengubah garis waktu.

1. Dr. Stone

Dr. Stone mungkin bisa dikatakan sebagai anime terbaik yang mengeksplorasi dunia sains. Dalam anime ini, sebuah peristiwa misterius membuat seluruh orang di dunia berubah menjadi batu selama 3700 tahun.

Peristiwa itupun membuat dunia jadi berubah dan kembali ke alam liar tanpa adanya teknologi. Berbekal pengetahuannya yang luas tentang sains, Senku beserta teman-temannya pun mulai membangun kembali peradaban dan menciptakan penemuan-penemuan baru.

0 Response to "10 Rekomendasi Anime Menarik yang Mengeskplorasi Dunia Sains"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel