15 Rekomendasi Anime tentang Detektif yang Wajib Ditonton

Ketika kita mendengar kata detekif, kita pasti akan langsung terbayang cerita-cerita misteri tentang pembunuhan/tindak kriminal dan penyelidikan yang penuh teka-teki. Nggak hanya itu, cerita detektif memang termasuk salah satu genre cerita yang sangat diminati banyak kalangan. 

Buktinya, kita pasti sering membaca novel atau melihat film yang mengambil cerita detektif. Nggak terbatas di situ, beberapa anime juga mengusung tema detektif dan misteri sebagai cerita utama. 

Nah, kali ini MogiMogy bakal bahas 15 anime tentang detektif yang recommended banget buat kalian lihat di rumah. Apa sajakah anime-anime tersebut? Yuk, kita langsung ulik aja bersama berikut ini!

15. Kindaichi Shounen no Jikenbo

Hajime adalah seorang detektif SMA sekaligus cucu dari detektif terkenal bernama Kosuke Kindaichi. Bersama dengan teman masa kecilnya Miyuki, mereka menghadapi berbagai kasus pembunuhan yang mengerikan.

Contoh-contoh dari kasus yang dihadapi oleh Hajime adalah pembunuhan dalam kamar terkunci, kasus pembunuhan berantai, atau bahkan kejahatan yang tampak mustahil dilakukan. Dalam beraksi, Kindaichi bersumpah untuk menyelesaikan setiap kasus yang dia hadapi atas nama kakeknya.

14. Psycho-Pass

Di tahun 2013, Jepang menciptakan sistem Sybil yang memungkinkan untuk mengukur statistik mental dan kepribadian seseorang serta menetapkan Koefisien Kejahatan kepada mereka. Apabila Koefisien Kejahatan ini cukup tinggi, para penegak hukum memiliki hak untuk melacak dan menangkap individiu tersebut.

Namun, gimana ceritanya apabila penegak hukum yang terbukti memiliki mentalitas kriminal yang tinggi setelah kematian rekannya? Mungkinkah dia tetap dapat melakukan pekerjaannya dengan efisien atau akankah dia mulai meragukan status quo? Serial anime ini diceritakan melalui sudut pandang karakter utama Akane Tsunemori dengan karakter pendudkung Shinya Kogami. 

13. Ghost Hunt

Ghost Hunt adalah anime yang diadaptasi berdasarkan seri light novel. Cerita dari anime ini berpusat pada gadis bernama Mai Taniyama yang sangat suka dengan misteri dan cerita-cerita hantu. Suatu hari, dia tanpa sengaja merusak kamera milik klub Shibuya Psyichic Research (SPR). Setelah insiden itu, dia pun memutuskan untuk bergabung ke dalam klub tersebut.

Sepanjang cerita anime ini, klub SPR memecahka berbagai mister yang terdapat di dalam dan di luar sekolah mereka. Nggak hanya itu, mereka juga menemukan aktivitas paranormal yang terjadi dalam waktu singkat. Mereka pun berusaha untuk mengejar sosok hantu yang ada di sekitar sekolah mereka.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik yang Bisa Ditonton

12. The Millionaire Detective Balance: Unlimited

The Millionaire Detective Balance: Unlimited mungkin terdengar gila karena anime ini bercerita tentang seorang petugas polisi bernama Daisuke Kambe yang menggunakan seluruh kekayaannya untuk mendapatkan apapun yang dia inginkan. Sebaliknya, ada detektif Haru Katou yang tidak menyukai sikap Daisuke dan dia lebih memilih untuk memecahkan kasus tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Dua karakter tersebut memang memiliki dua sudut pandang yang berbeda dalam memecahkan kasus. Meskipun mereka juga kurang cocok jika bekerja bersama-sama, perbedaan perspektif mereka terhadap suatu kasus itulah yang membuat jalan cerita anime ini menjadi menarik.

11. B: The Beginning 5

Anime ini sangatlah unik karena memiliki dua jalan cerita yang berlangsung secara simultan/bersamaan. Cerita pertama adalah tentang seorang detektif yang mengemban tanggung jawab untuk menemukan pembunuh yang sangat berbahaya. Di satu sisi, cerita anime ini mengisahkan kekuatan supernatural dan superhuman sehingga orang-orang memiliki resiko yang sangat tinggi jika terlibat dengan kekuatan itu.

Dalam anime ini, penonton tidak disajikan terlalu banyak spoiler sehingga banyak kejutan-kejutan menarik saat kita menonton anime ini.  Nggak hanya itu, plot anime ini dipenuhi lika-liku dan beberapa alur ceritanya enggak mudah buat diprediksi. Hal itu membuat anime ini worth it banget buat ditonton.

10. Gosick

Anime yang satu ini berkisah tentang seorang gadis bernama Victorique de Blois yang sangat cerdesa dan selalu tahu cara memecahkan bebagai misteri. Selain itu, ada lagi sosok pemuda bernama Kazuya Kojo yang meninggalkan Jepang untuk menghadiri St. Marguerite.

Sepanjang anime ini, mereka berdua memecahkan berbagai kasus dan terlibat dengan romansa yang bermekaran di antara mereka. Sebagai contoh, kasus yang mereka hadapi adalah kasus pembunuhan di atas kapal hingga kasus pembunuhan berantai. Bagi para penggemar anime detektif, anime ini mampu menyajikan berbagai teka-teki yang menarik untuk dipecahkan.

9. Hyouka

Hyouka adalah anime yang menceritakan tentang sepotong kehidupan seorang detektif yang melibatkan empat anak SMA dengan dua pemeran utama, yakni Oreki yang gampang bosan dan Chitanda yang selalu serius dan gampang penasaran. Mereka berdua bersama teman mereka merupakan bagian dari Klub Klasik dan Oreki pun ikut terseret dalam memecahkan kasus dan misteri di sekolah mereka.

Jalan cerita anime ini cukup bikin refresh karena karakter di anime ini mampu mencairkan suasana cerita. Nggak hanya itu, masing-masing dari mereka juga membawa teka-teki yang harus dipecahkan sehingga mereka memiliki peran penting masing-masing di setiap episode.

Baca juga: 15 Musuh BatmanTerbaik dalam Serial DC Comics

8. Terror in Resonance

Anime yang satu ini bisa dibilang cukup unik karena mengambil setting waktu alternative dan berfokus pada dua orang penjahat bernama Twelve dan Nine. Mereka selalu membuat aksi kejahatan yang meresahkan warga demi mendapatkan perhatian public. Nggak hanya itu, mereka berdua memegang peran penting dalam membawa alur cerita.

Secara garis besar, cerita anime ini mirip permainan kucing dan tikus yang saling kejar-kejaran antara dua sosok penjahat itu dengan seorang detektif dari kepolisian yang bernama Shibazaku. Sepanjang cerita, ada banyak klu yang harus diberikan dan harus dipecahkan oleh sang detektif. Selain itu, kedua penjahat itu juga memiliki sisi rahasia yang menarik untuk diungkap.

7. Shinrei Tantei Yakumo

Anime ini berfokus pada seorang anak muda bernama Yakumo yang terlahir sebagai heterochromia. Ia memiliki mata terkutuk yang memungkinkan dia untuk berkomunikasi dengan roh atau makhluk halus. Ia sendiri memiliki keyakinan bahwa pasti ada suatu alasan mengapa roh masih terhubung di dunia.

Oleh sebab itulah, Yakumo menggunakan kemampuannya sebagai detektif psikis dan membantu para roh tersebut kembali ke akhirat dengan tenang. Alur cerita dari anime ini disusun dengan cukup bagus dengan tambahan musik yang mendukung suasana. Selain itu, anime ini cocok buat kalian yang suka dengan anime detektif gaya lama.

6. Boku Dake Ga Inai Michi

Anime ini lebih populer dengan nama Erased dalam bahasa Inggris. Selain itu, anime ini juga cukup menarik karena menggabungkan unsur time traveler dan detektif. Cerita dari anime berpusat pada seorang remaja bernama Satoru Fujinoma yang berusia 29 tahun. Dia sehari-hari bekerja sebagai pengantar pizza, tetapi dia memiliki kemampuan khusus yang dia sendiri tidak tahu, yaitu kemampuan Revival atau melakukan perjalanan ke masa lalu dalam waktu sekitar 5 menit.

Kemampuan ini akan muncul saat Satoru berada dalam bahaya. Saat membangkitkan kekuatan itu, Satoru berhasil melakukan perjalanan waktu ke belakang 11 tahun. Dia berada dalam tubuh seorang anak dan dia harus menemukan cara untuk menyelamatkan ibunya dan menemukan pembunuh yang sebenarnya.

5. Death Note

Mungkin, kalian sudah tidak asing lagi dengan anime ini yang sangat legendaris dan terkenal. Anime ini berkisah tentang seorang siswa SMA yang sangat jenius bernama Light Yagami. Suatu hari, ia tanpa sengaja menemukan Death Note yang mampu membunuh siapapun yang namanya tertulis di situ. Ia pun memutuskan untuk menguji kemampuan buku itu terhadap penjahat.

Setelah menyadari kekuatan luar biasa dari buku itu, Light pun berencana untuk membuat dunia baru tanpa adanya penjahat di dalamnya. Hal ini pun menarik perhatian pihak kepolisian hingga meminta L detektif terhebat di dunia untuk menghentkan ambisi Light tersebut. Dalam anime ini, kita akan disuguhkan permainan pikiran sekaligus konfrontasi yang sangat keren antara Light dan detektif L.

4. Bungo Stray Dogs

Selanjutnya, ada anime Bungo Stary Dogs yang bisa dibilang sebagai salah satu anime detektif terbaik yang pernah ada. Tokoh utama dalam anime ini adalah seorang pria bernama Atsushi Nakajima yang menemukan kemampuan spesial bernama Beast Beneath the Moonlight. Atsushi pun mampu bertransformasi menjadi seekor harimau.

Dalam anime ini diceritakan bahwa Atsushi juga seorang anak yatim piatu dan dia baru diusir dari panti asuhan. Setelah itu, dia berkeliling ke kota dan bertemu dengan dua orang asing dari Armed Detective Agency. Kehidupan Atsushi pun berubah setelah dia bertemu mereka dan bergabung dengan agensi tersebut.

3. UN-GO

Anime yang diciptakan oleh Studio BONES ini merupakan anime detektif yang berfokus pada seorang detektif bernama Shinjuurou Yuuki yang memiliki sikap sinis dan pesimis. Ia memiliki seorang asisten yang unik bernama Inga.

Keduanya hidup di garis waktu alternatif ketika Jepang saat itu sedang dalam masa pemulihan setelah perang. Yuuki dan Inga bersama-sama memecahkan kasus kriminal dengan cara-cara yang aneh dan tidak biasa. Selain itu, meskipun Inga memiliki kemampuan magis, sebagian besar adegan dalam cerita lebih menonjolkan alat-alat futuristik yang canggih dan keren.

2. Tantei Gakuen Q

Anime yang satu ini befokus pada seorang anak muda bernama Kyuu yang sangat unggul dalam deduksi dan penalaran. Karena kemampuan itulah, Ia pun memutuskan untuk mendaftar ke Dan Detective School yang sangat terkenal dengan detektif brilian. Di sana, dia berteman dengan orang-orang yang memiliki bakat berbeda.

Kyuu dan teman-temannya pun bekerja sama untuk memecahkan kasus-kasus penuh misteri yang harus mereka hadapi. Anime ini memiliki pembawaan cerita yang cukup santai dan tak terlalu serius. Selain itu, anime ini membutuhkan beberapa episode untuk memecahkan satu kasus tertentu karena perlu penalaran dan deduksi yang tepat.

1. Detective Conan: Case Closed

Kalau ngomongin anime tentang detektif, kita pasti akan langsung inget dengan anime Detective Conan yang sangat populer dan legendaris. Anime ini berkisah tentang seorang anak muda bernama Shinichi Kudo yang berubah menjadi anak kecil berumur 7 tahun setelah dia diracuni dengan obat misterius. Ia dijadikan kelinci percobaan oleh organisasi jubah hitam.

Dalam tubuh kecilnya itu, ia menyamar sebagai anak SD dengan nama Conan Edogawa dan tinggal bersama di rumah Ran dan Kogoro Mouri. Ia pun tetap bekerja sebagai detektif dan memecahkan berbagai macam kasus kriminal. Karena dia memiliki tubuh seorang anak kecil, polisi sama sekali tak memperhatikan keberadaan Conan sehingga membuatnya lebih leluasa dalam beraksi.

0 Response to "15 Rekomendasi Anime tentang Detektif yang Wajib Ditonton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel