15 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik yang Bisa Kalian Tonton

Mecha merupakan sebuah mesin/robot canggih yang keberadaannya sangat digemari di seluruh dunia, khususnya bagi anak laki-laki. Kepopuleran mecha pun merambah ke dunia anime terbukti dari banyaknya anime yang mengusung tema mecha. Anime yang mengusung tema mecha seringkali menyajikan pertarungan-pertarungan keren antar robot dengan senjata super canggih.

Nah, kali ini MogiMogy akan mengulas daftar anime mecha terbaik yang recommended buat kalian tonton di rumah. Yuk, kita langsung lihat aja daftarnya.

15. Suisei no Gargantia

Anime mecha yang satu ini mengambil setting di masa depan ketika manusia telah pindah ke bintang dan membentuk Aliansi Galaksi Manusia. Para manusia harus bertarung melawan spesies alien bernama Hideauze. Salah satu tentara manusia yang ikut melawan alien tersebut adalah Ensign Ledo yang menjadi tokoh utama cerita ini.

Ledo merupakan pilot dari Machine Caliber, artificial intelligence sekaligus mecha canggih, yang dia sebut sebagai Chamber. Suatu ketika, Ledo gagal dalam menjalankan misi dan dia terlempar ke lubang cacing. Saat dia tersadar, dia telah diselamatkan oleh sekelompok manusia primitive yang berada di atas Gargantia, sebuah kapal raksasa yang melintasi lautan.

Ledo pun sadar kalau dia terdampar di planet bernama bumi yang awalnya hanya dianggap sebagai mitos. Dia kemudian harus menyesuaikan dirinya dengan bahasa, kondisi, dan budaya yang ada di sana. Nggak hanya itu, Ledo juga menemukan tujuan baru saat tinggal di Gargantia.

14. Kakumeiki Valvrave

Sama seperti anime sebelumnya, Kakumeiki Valvrave pun mengambil setting di masa depan. Saat itu, dunia terbagi menjadi dua kekuatan besar, yaitu Dorssia Military Pact Federation dan the Atlantic Ring United Statess (ARUS). Selain itu, ada juga pihak netral bernama JIOR, yakni Japan and Islands of Oceanian Republic yang makmur secara ekonomi.

Saat itu, seorang pemuda bernama Haruto yang merupakan siswa di SMA Sakimori secara nggak sengaja menemukan mecha misterius dan kuat bernama Valvrave. Haruto lalu menggunakan Valvrave tersebut untuk menolong teman-temannya serta mempertahankan wilayah JIOR dari serangan Dorssia dan ARUS yang berniat untuk memiliki kekuatan Valvrave tersebut.

Yang menarik adalah beberapa Valvrave yang lain ditemukan oleh teman-teman Haruto. Mereka pun memutuskan ikut bertarung di pihak Haruto.

13. Armored Trooper Votoms

Dalam cerita anime ini, diceritakan bahwa negara Gilgamesh dan Balarant telah berperang selama ratusan tahun hingga mereka lupa pemicu perang tersebut. Namun, perang tersebut pun akhirnya berakhir. Pada peperangan itu, salah satu senjata utama yang memegang peran penting adalah Armored Trooper yang berupa mecha canggih dan diproduksi secara masal. Beserta pilotnya, mecha tersebut juga dikenal dengan istilah VOTOMS (Vertical One-man Tank for Offense & ManuverS).

Anime ini berfokus pada seorang pilot dari mecha itu, yaitu Chirico Cuvie pernah menjad anggota Red Shoulder Batalion, sebuah pasukan khusus dari Gilgamesh saat perang melawan Balarant. Suatu ketika, dia ditugaskan di sebuah tim khusus dalam sebuah misi yang mencurigakan. Ironisnya, Chirico dikhianati oleh rekannya dan dia hampir saja mati dalam misi itu.

Chirico untungnya mampu bertahan. Dia pun berusaha mengungkap kebenaran di balik misi tersebut sepanajang cerita. Dia juga harus bertahan hidup dari kejaran tentara-tentara lain yang hendak menghancurkannya.

Baca juga: 12 Anime Tentang Samurai yang Paling Keren

12. King of Braves Gaogaigar

Anime ini merupakan anime mecha lawas, tapi keren banget. Cerita dari anime ini adalah tentang pertarungan manusia melawan alien parasite bernama Zonderian yang berniat mengubah manusia menjadi robot.

Untuk mengatasi ancaman tersebut, pemerintah Jepang membentuk sebuah organisasi khusus bernama Gutsy Geoid Guard atau bisa disebut GGG yang mampu mengatasi serangan alien. Organisasi ini berbasi di G-Island City di Tokyo Bay.

Ada tiga kunci utama yang dimiliki GGG dalam melawan alien, yaitu mecha raksasa bernama Galeon, Mamoru Amami yang merupakan anak alien, dan seorang cyborg manusia bernama Guy Shishio yang pernah diselamatkan oleh Galeon. Uniknya, dia mampu bergabung dengan Galleon dan berubah menjadi mechanoid GaiGar. Kemampuan bertarung mereka juga didukung oleh mesin-mesin canggih ciptaan GGG.

11. Mobile Police Patlabor

Jika pada normalnya anime mecha bercerita tentang robot yang aktif dalam bertarung, mecha di anime ini cukup unik dan berbeda dibandingkan mecha yang lain. Mecha di dunia Patlabor tidak digunakan sebagai mesin tempur, tetapi mecha tersebut digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, seperti pembangunan kota, kepolisian, dan pekerjaan di industry lainnya.

Cerita dari anime ini mengambil setting tahun 1998-2002 yang cukup imajinatif. Selain itu, focus dari anime ini juga berpusat pada Kepolisian Tokyo yang memiliki Patrol Labor sendiri dan ditugaskan untuk bertarung melawan kriminal atau terorisme dan menangani kasus kecelakaan yang melibatkan para Labors. Selain itu, cerita anime ini sering melibatkan para anggota divisi 2 dari kepolisian, khususnya Noa Izumi yang merupakan tokoh utama dalam cerita Patlabor.

10. Big-O

Anime yang satu ini cukup beda nih guys karena anime ini merupakan hasil kerja sama dari studio anime Sunrise dan Cartoon Network. Oleh sebab itu, cerita dari anime ini mirip-mirip dengan cerita yang ada di kartun Amerika.

Cerita dari anime Big-O mengambil setting waktu 40 tahun setelah insiden misterius yang menimpa warga Paradigm City. Pada insiden tersebut, para warga kehilangan ingatan mereka. Tokoh utama dari anime ini meruupakan seorang negosiator bernama Roger Smith. Dia memiliki penampilan yang sangat elegean dengan jas hitam.

Dalam petualangannya, Roger dibantu oleh seorang perempuan bernama R. Dorothy Wayneright dan pelayannya yang bernma Norman Burg. Saat dia bertemu dengan musuh robot raksasa yang menghalangi jalannya, Roger akan memanggil Big-O yang merupakan robot peninggalan kota tersebut.

9. Aldnoah.Zero

Cerita dari Aldnoah.Zero bermula ketika para astronot bumi menemukan sebuah Hypergate yang mampu menghubungkan bulan dengan Mars. Berkat penemuan itu, para manusia pun mulai tinggak di planet Mars. Karena ada banyak manusia yang tinggal di Mars, maka mereka membentuk kekaisaran Vers di planet itu.

Di planet itu, manusia juga menemukan sebuah relik kuna berusia 30.000 tahun yang bernama Aldnoah. Setelah penemuan itu, terdapat banyak konflik yang terjadi. Pada tahun 1999, terjadi tragedy Heaven’s Fall saat para pasukan Vers mulai menyerang bumi hingga terjadi pertempuran yang tak terkendali. Pertempuran antara pasukan Vers dari Mars dan pasukan Terrans, kaum manusia di bumi pun berlangsung lama.

Setelah lima belas tahun berlalu, bumi dan mars akhirnya bisa berdamai. Namun, insiden penyerangan putri Vers Alleysium membuat perang kembali berkecamuk. Salah satu pemuda yang ikut dalam peperangan itu adalah Inoue yang sangat ahli dalam mengatur strategi dan mengendalikan robot kuno miliknya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Bajak Laut yang Paling Seru

8. Zoids

Anime ini pasti sudah nggak asing lagi buat kalian karena Zoids pernah ditayangkan di TV Indonesia saat itu. Uniknya, anime ini didasarkan pada model-kit permainan anak-anak. Zoids sendiri merupakan robot yang berbentuk hewan, seperti dinosaurus, serangga, dan model hewan lainnya. Selain itu, anime ini juga memiliki banyak series karena kepopulerannya.

Dalam series pertama Zoids, cerita anime ini mengambil tempat yang jauh dari BIma Sakti, tepatnya di planet Zi. Di sana, terdapat sebuah kekuatan tempur yang hebat bernama Zoids dan digunakan sebagai senjata perang oleh kerajaan Guyols dan Repubik Helic.

Tokoh utama dalam serial pertama Zoids adalah Van Flyheight yang merupakan seorang remaja. Dalam petualangannya, ia bertemu dengan gadis bernama Fiona yang misterius dan sebuah Zoids yang bernama Zeke. Dengan menggunakan kekuatan Zeke, Van pun bertarung melawan para musuh yang mengejarnya. Dia juga berniat menguak masa lalu Fiona. Cerita di seri-seri berikutnya pun juga tak kalah menarik.

7. Macross Series

Anime mecha yang satu ini juga tak kalah unik. Dalam cerita ini, kita bisa melihat adegan saat pesawat berubah menjadi mecha yang canggih dan keren. Judul dari anime ini pun diambil dari salah satu pesawat utama yang diciptakan berdasarkan teknologi canggih alien, yaitu Super Dimension Fortress Macross yang jatuh di kepulauan Ataria Selatan.

Dengan menggunakan teknologi alien itu, manusia dapat menciptakan Overtechnology yang memungkinkan mereka untuk menciptakan mecha dengan berbagai variasi, mesin pesawat luar angkasa, dan benda canggih lainnya.

Cerita dari series Macross biasanya berfokus pada tiga karakter utama yang terlibat cinta segitiga dan mengembangkan konsep rivalitas. Contoh dari series anime ini yang layak banget kalian tonton adalah Macross Plus dan Macross Frontier.

6. Fullmetal Panic!

Berbeda dengan anime sebelumnya, Fullmetal Panic nggak hanya mengusung genre mecha, tetapi ada unsur komedi yang lucu di sepanjang cerita. Cerita dari anime ini berpusat pada seorang tentara militer muda bernama Sousuke Sagara yang bergabung dengan organisasi Mithril.

Sousuke ditugaskan untuk melindungi gadis SMA bernama Kaname Chidori. Ia awalnya tidak tahu mengapa gadis itu dijadikan target penculikan. Hal itu juga mengharuskan Sousuke pura-pura menyamar menjadi anak SMA. Karena sejak kecil Sousuke dilatih sebagai tentara, ia pun memiliki sikap yang kaku dan menganggap sekolah seperti halnya medan tempur.

Setiap hari, Sousuke selalu menyiapkan granat dan pistol untuk berjaga. Ia juga selalu membuntuti Chidori hingga membuat gadis itu terganggu. Yang jelas, ada banyak kekonyolan dari Sousuke yang membuat jalan cerita menjadi lucu. Nggak hanya itu, cerita menjadi menegangkan saat Chidori diculik dan Sousuke harus menghadapi robot-robot besar.

5. Eureka Seven

Cerita dari anime ini berpusat pada seorang remaja bernama Renton Thurston yang tinggal bersama kakeknya karena ayahnya telah meninggal saat bekerja di institusi pemerintah Gekkostate. Kehidupan Renton mendadak berubah saat dia bertemu dengan seorang gadis bernama Eureka.

Eureka ialah seorang pilot yang tengah mengalami kecelakaan hingga menyebabkan Nirvash, robotnya rusak parah dan butuh perbaikan. Eureka pun meminta Renton untuk memperbaiki Nirvash. Dengan Memoto Drive milik ayahnya, Renton pun memperbaik Nirvash hingga berubah menjadi robot yang super canggih.

Cerita mereka nggak berhenti di situ karena petualangan Renton baru dimulai saat Eureka memohon kepada Renton untuk bergabung ke Gekkostate. Selain mengusung tema mecha yang keren, yang membuat anime ini menarik untuk diikuti adalah drama romantis yang terjalin antara tokoh utamanya, yaitu Renton dan Eureka.

Baca juga: 12 Rekomendasi Anime Tentang Memasak yang Paling Keren

4. Neon Genesis Evangelion

Selanjutnya, ada Evangelion yang termasuk salah satu anime mecha paling legendrais dan terkenal. Anime ini menceritakan sebuah dunia di masa depan. Saat itu, Jepang dan seisinya mengalami kehancuran yang membuat Jepang berganti nama menjadi Jepang III.

Cerita dari anime ini berpusat pada seorang remaja bernama Shinji yang direkrut oleh ayahnya untuk bergabung ke dalam organisasi misterius bernama NERV. Di dalam organisasi itu, dia diminta untuk mengendalikan mesin biologis yang dikenal dengan istilah Evangelion dalam pertempuran melawan makhluk bernama Angels demi mencegah bencana yang disebabkan oleh mereka.

Perpaduan tema esoteric, post-modernisme, genre remaja, dan mecha membuat anime ini menjadi lebih menarik untuk ditonton. Oleh sebab itulah, anime ini termasuk salah satu anime mecha terbaik pada tahun 90-an.

3. Code Geass

Di posisi ketiga, ada anime Code Geass yang tayang perdana pada tahun 2006 silam. Code Geass mengisahkan tentang kerajaan Inggris yang menjajah negara Jepang dengan robot mecha super kuat yang disebut sebgai Knightmares. Setelah dijajah, Jepang pun berganti nama menjadi Area 11.

Salah seorang penduduk Jepang dari Area 11 yang bernama Lelouch. Ia merupakan putra seorang pangeran Britania yang dibuang bersama dengan adiknya di Area 11. Seelah menjadi korban pengkhianatan, Lelouch lalu bertemu dengan seorang gadis misterius bernama C.C yang memberinya kekuatan Geass untuk mengendalikan robot canggih.

Dengan kekuatan yang dia miliki, Lelouch pun bertekad untuk membalas dendam pada negara yang telah menghianati dirinya. Perjuangan Lelouch dan pertempuran-pertempuran yang dia lewati untuk membalas dendam membuat jalan cerita anime ini sangat seru.

2. Gurren Lagan

Selanjutnya, ada anime Gurren Lagan yang menyajikan aksi pertempuran mecha yang keren dan gokil. Dalam anime ini diceritakan bahwa bumi telah dikuasai oleh King Spiral, Lordgenome yang menindas manusia dan memaksa mereka untuk hidup di bawah tanah.

Seorang remaja bernama Simon yang tinggal di sebuah desa bawah tanah tanpa sengaja menemukan sebuah mecha raksasa saat menggali tanah. Bersama dengan rekannya yang bernama Kamina, Simon pun menggunakan mecha tersebut untuk pergi ke permukaan dan memberontak kepada Lordgename.

Nggak hanya itu, Simon dan Kamina pun berhasil mengajak manusia lainnya untuk bertempur melawan pasukan Lordgenome. Anime ini sangat menarik untuk disaksikan karena terdapat cukup banyak adegan humor dan petualangan yang sangat seru dengan berbagai adegan pertarungan yang memukau.

1. Mobile Suit Gundam Series

Di posisi pertama, kita nggak perlu meragukan lagi kalau Mobile Suit Gundam adalah anime mecha terbaik sepanjang masa. Anime ini pertama kali yang pada tahun 1979 dan masih populer hingga saat ini. Ada banyak robot-robot canggih dengan desain yang keren dilengkapi berbagai alat tempur yang canggih dalam cerita Gundam. Saking populernya mecha ini, ada banyak penggemar yang rela membeli action figure Gundam untuk dikoleksi.

Cerita asli dari anime ini pada awalnya dimulai saat Raja Zeon mendeklarasikan peperangan terhadap federasi bumi. Zeon terus mengembangkan robot humanoid yang dikenal sebagai Mobile Suit untuk menyerang bumi. Untuk mengimbangi kekuatan Zeon, Bumi pun tak mau kalah dan para manusia di bumi mengembangkan robot tempur sendiri bernama Gundam. Dalam peperangan yang sengit tersebut, ada seorang remaja bernama Amuro Ray yang ikut bertempur melawan Raja Zeon.

Sampai saat ini, Gundam telah memiliki puluhan seri dengan ratusan episode. Melihat kepopuleran anime ini, tidak mengherankan bahwa Gundam sangat pantas menduduku peringkat pertama pada kategori anime mecha terbaik.

Baca juga: 10 Pilot Terbaik dalam Series Mobile Suit Gundam

0 Response to "15 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik yang Bisa Kalian Tonton"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel