12 Rekomendasi Anime Tentang Memasak yang Paling Keren

Memasak merupakan salah satu tema yang cukup menarik untuk diangkat ke dalam media hiburan. Seperti yang kita tahu, ada banyak acara televise yang mengusung tema kuliner, seperti acara Master Chef yang sangat terkenal.

Tema memasak ini pun juga diangkat sebagai sebuah genre dalam cerita anime. Ada banyak anime tentang memasak yang bisa kita tonton dan aerikut ini ada beberapa rekomendasi anime memasak terbaik dari MogiMogy. Yuk, kita lihat aja langsung!

12. Dagashi Kashi

Kebanyakan bisnis di Jepang dijalankan oleh anggota keluarga dan selalu diwariskan turun temurun ke generasi berikutnya. Hal ini pun juga terjadi pada seorang otaku bernama Kokonotsu Shikada. Dia memiliki mimpi untuk menjadi seorang mangaka, tetapi dia tidak beruntung karena dia memiliki talenta dalam menjalankan bisnis keluarganya, toko kue Dagashi.

Nggak hanya itu, ayah Kokonotsu telah membuat perjanjian dengan Hotaru Shidare, pewaris perusahaan permen. Apabila Hotaru mampu menyakinkan Kokonotsu, ayah Kokonotsu akan kembali bekerja untuk Shidare. Selain membahas tentang dunia bisnis antar korporasi, anime ini banyak menyimpan adegan lucu dan mengandung ecchi.

11, Kofuku Graffiti

Selanjutnya, ada anime Kofuku Graffiti yang berkisah tentang seorang siswi SMP bernama Ryou Machiko. Meskipun dia kerap ditinggal pergi kedua orang tuanya ke luar negeri, dia sangat senang tinggal dengan neneknya dan ia sangat menyukai masakan neneknya. Namun, semua berubah ketika neneknya meninggal. Ryou merasa masakannya tidak enak, padahal dia telah mengikuti intruksi dari resep neneknya.

Ryou pun berusaha mencari solusi atas permasalahannya hingga dia bertemu dengan sepupunya, Morino Kirin yang hendak mengikuti persiapan sebelum ujian masuk ke sekolah seni. Dengan kehadiran sepupunya, Ryou pun jadi mengerti bahwa masakan akan menjadi enak saat disantap bersama-sama. Ryou dan Kirin pun seringkali makan bareng di apartemennya setiap akhir pekan.

Baca juga: 10 Villain Terbaik dalam Anime Boku no Hero Academia

10. Muteki Kanban Musume

Buat kalian yang suka dengan genre komedi, kalian wajib banget nih nonton anime ini. Cerita dari Muteki Kanban Musume berpusat pada seorang gadis bernama Miki Onimaru. Sehari-hari, dia bekerja di restoran ramen China milik ibunya. Ia terlihat seperti gadis normal pada umumnya, tetapi dia bisa jadi sangat sensitif apabila dia tersinggung.

Hampir setiap hari, Miki bertengkar dengan ibunya beserta kenalannya yang menyebabkan serangkaian masalah yang mengganggu kehidupan normal mereka. Selain itu, Miki pun memiliki saingan berat bernama Megumi yang bekerja di toko roti tepat di seberang jalan restorannya. Mereka berdua pun saling bersaing secara kompetitif dan berdedikasi penuh terhadap pekerjaan mereka.

9. Mister Ajikko



Anime yang satu ini bercerita tentang seorang anak muda bernama Youichi Ajiyoshi. Dia selalu membantu ibunya untuk menyiapkan menu-menu super lezat di restoran. Suatu ketika, ada salah satu kritikus makanan terkenal di Jepang yang tertarik dengan kemampuan memasaknya. Kritikus itu bernama Murata Genjiro.

Hal itu membuat Ajiyoshi diundang ke sebuah kompetisi memasak dan bersaing untuk memperebutkan posisi sebagai koki terbaik yang bertempat di gedung Aji-oh. Di sana, dia bertarung dengan koki dari Italia dan berhasil mengalahkannya. Ia pun kemudian bersaing dengan koki-koki lain demi menyajikan hidangan dengan cita rasa terbaik. Dalam anime ini, kalian akan disajikan keterampilan memasak professional yang sangat seru.

8. Ristorante Paradiso

Anime yang satu ini berkisah tentang seorang gadis bernama Nicoletta. Dia memiliki dendam terhadap ibunya karena telah meninggalkannya. Ibunya lebih memilih menikah dengan pria lain dan pergi ke Roma. Setelah dia dewasa, dia pun memutuskan untuk menyusul ibunya. Akan tetapi, dia mengubah rencananya saat ia datang ke restoran yang megah dan mewah di Roma. Restoran itu bernama Caseta dell’Orso.

Di restoran itu, ada banyak pelayan professional yang melayani para pelanggan dengan baik dan elegan. Nicoletta pun terpikat dengan kehidupan orang Italia dan ia memutuskan untuk belajar memasak. Anime ini pas banget buat kalian yang suka dengan masakan mewah yang disajikan dengan cara elegan dan berkelas.

7. Ben-To (Bento)

Dalam bahasa Jepang, bento merupakan bekal makanan Jepang yang berisi nasi dengan lauk pauk yang disusun dengan sangat cantik dan juga praktis. Nah, coba bayangkan jika bento tersebut dibuat kompetisi? Dalam anime ini, kalian akan melihat perang antar bento yang sangat seru dan juga kocak.

Tokoh utama dalam anime ini adalah seorang pemuda bernama Satou You. Dia adalah pemuda normal yang hobi banget main game. Suatu hari, dia lewat di sebuah toko dan dia menyadari bahwa di toko itu terdapat pertarungan antara murid yang memperbutkan bento dengan separuh harga. Hal itu membuat Satou tertarik dan dia ingin menjadi top fighter dalam pertarungan bento itu hehe. Saat menonton anime ini, kalian akan disuguhkan berbagai macam bento dengan konsep yang menarik dan out-of-the-box.

Baca juga: Profil dan Kekuatan Sepuluh Espada dalam Cerita Bleach

6. Chuuka Ichiban!

Selanjutnya, ada anime Chuuka Ichiban yang mengambil tema dan setting di China pada abad ke-19. Masa itu adalah Era Perang Makanan. Karakter utama dalam anime ini adalah Liu Mao Hsing yang memiliki mimpi untuk menjadi Master Chef di restoran almarhum ibunya. Nggak hanya itu, dia juga ingin dikenang sebagai koki yang melegenda.

Untuk mewujudkan impiannya, Liu berkelana ke seluruh tempat di China dan mempelajari berbagai cara dan teknik dalam memasak. Dengan cara itu, Liu mampu mengembangkan pengetahuan memasaknya. Petualangan Liu dalam anime ini sangat menarik untuk diikuti dan sayang banget untuk dilewatkan oleh kalian yang suka memasak.

5. Amaama to Inazuma

Anime ini termasuk salah satu rekomendasi anime memasak yang terbaik. Cerita dari anime ini adalah tentang seorang ayah yang bernama Inuzuka dan anak perempuan semata wayangnya. Istrinya telah meninggal dunia dan dia harus mengurus anaknya sendirian.

Karena Inuzuka tidak bisa memasak, ia pun setiap hari harus membelikan makanan untuknya. Suatu hari, dia bertemu dengan muridnya yang bernama Kotori Ida. Gadis itu sangat suka memasak dan keluarganya pun memiliki bisnis restoran yang dikelolanya sendiri. Kotori pun menawarkan diri untuk membuat makanan bagi putri Inuzuka.

4. Yakitate!! Japan

Berikutnya, ada anime Yakitate!! Japan yang bercerita tentang seorang pemuda yang sangat terobsesi dengan roti. Pemuda itu bernama Kazuma Azuma dan dia memiliki kekuatan spesial bernama “Solar Hands” yang membuat dia mampu memproduksi panas alami dari kedua tangannya dan membantu mempercepat proses pembuatan adonan roti.

Azuma memiliki mimpi untk menjadikan roti Ja-Pan buatannya menjadi roti nasional di Jepang. Nggak hanya itu, dia juga memiliki tuuan untuk bisa bekerja di Pantasia, toko roti yang paling bergengsi. Selain bercerita tentang petualangan Azuma, ada banyak kompetisi menarik yang dipertandingkan dalam anime ini.

3. Toriko

Anime yang satu ini cukup unik karena cerita dari anime ini tidak hanya berfokus pada masak memasak juga, tetapi terdapat petualangan seru dan aksi-aksi pertempuran yang sangat keren. Tokoh utama dalam anime ini adalah Toriko yang merupakan seorang Gourmet Hunter yang dikenal telah menemukan 2% dari total bahan-bahan makanan yang ada di dunia.

Dunia di anime Toriko sangat unik. Kita bisa menjumpai sebuah Hamburger yang muncul dari dalam tanah, gunung dengan  lapisan es krim yang menggiurkan, dan keju yang tersembunyi di balik kawah gunung berapi. Bersama dengan rekannya Komatsu, Toriko bertualang ke berbagai tempat untuk menemukan bahan-bahan masakan terbaik. Namun, untuk mendapatkan bahan tersebut, Toriko harus bertempur melawan para monster-monster raksasa.

2. Yume-iro Pâtissière

Di posisi kedua, ada anime Yume-iro Pâtissière yang bercerita tentang Ichigo Amano yang sangat menyukai makanan manis. Dia tidak berbakat dalam hal apapun, kecuali keinginannya yang kuat terhadap kue. Setelah bertemu dengan Henri Lucas, seorang pembuat kue professional, dia pun diundang ke St. Marie Academy karena dia berpotensi menjadi seorang patissiere.

Ichigo memiliki bakat dalam hal mencicipi kue. Bakat itu pun disadari oleh Henri Lucas. Meskipun Ichigo masihlah pemula dan tidak tahu apapun tentang membuat kue, dia pun berhasil ditempatkan di grup teratas berkat rekomendasi dari Henri. Di grup itu, Ichigo bekerja sama dengan tiga siswa terbaik di sana, yaitu Makoto Kashino, Satsuki Hanabusa, dan Sennosuke Andou.

1. Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma adalah anime memasak yang terbaik dan paling keren buat ditonton. Anime ini berpusat pada seorang pemuda bernama Souma Yukihira yang sangat suka memasak. Sejak kecil, dia selalu membantu ayahnya dalam mengelola restoran. Namun, restoran itu ditutup agar Souma mampu mengembangkan kemampuan memasaknya.

Souma kemudian bersekolah di Akademi Kuliner Tootsuki sesuai perintah ayahnya. Sekolah itu terkenal karena lulusannya yang menjadi koki hebat di seluruh negara. Yang terkenal dari sekolah itu adalah perang memasak yang terjadi antar siswa. Hal ini membuat Souma bertemu dengan rival-rival kuat yang memaksanya untuk mengeluarkan skill terbaiknya dalam hal memasak. Selain itu, Souma pun bertujuan untuk menjadi murid terbaik di sekolah tersebut.

***

Nah, itu dia informasi mengenai anime memasak terbaik yang bisa kalian tonton di rumah. Semoga artikel ini bisa menghibur dan menambah referensi kalian seputar anime. Sekian dari saya. Thanks atas kunjungannya!

Baca juga: Daftar Kapten Squad Sihir Black Clover

Previous Post Next Post

Contact Form