Pengertian Laktosa dan Pentingnya dalam Pertumbuhan Si Buah Hati

source: timkraaijvanger on Pixabay

Laktosa adalah salah satu zat yang terdapat dalam kandungan susu. Zat ini merupakan jenis disakarida dari karborhidrat yang terdiri dari glukosa dan galaktosa yang merupakan molekul gula alami, sehingga membuat laktosa bisa disebut sebagai gula alami.

Kandungan laktosa biasanya sering kita jumpai pada ASI, keju, yoghurt, dan beberapa produk makanan lain, seperti roti dan biskuit. Kandungan laktosa pada produk juga berbeda-beda, contohnya ASI yang mengandung 6,4 – 7,2% laktosa dan susu yang mengandung hampir 5%.

Perlu sobat ketahui, keberadaan laktosa ini sangat penting bagi pertumbuhan si buah hati yang memasuki usia Toddler (12-36). Selain mengandalkan ASI, penggunaan susu pertumbahan yang mengandung laktosa juga sangat penting dalam menunjang pertumbuhan si buah hati untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjaga kesehatan si buah hati.

Nah, kali ini saya ulas beberapa manfaat laktosa dalam pertumbuhan si Buah Hati. Yuk, mari kita lihat ulasannya berikut ini, Bun!

1. Mengandung karbohidrat dan sumber energi

Karbohidrat adalah zat yang penting sebagai bahan bakar dan cadangan makanan yang berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh. Laktosa sendiri merupakan bagian dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Laktosa dapat membantu memenuhi asupan karbohidrat bagi si Buah Hati sebagai sumber energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apabila asupan karbohidrat bagi si Buah Hati terpenuhi, ia pasti nggak mudah lesu dan lebih aktif beraktivitas.

2. Menjaga kesehatan sistem percenaan si Buah Hati

Keberadaan laktosa juga penting bagi tumbuh kembang pencernaan si Buah Hati. Laktosa dapat membantu proses alami yang terjadi pada usus untuk melawan organisme yang terdapat dalam perut si Buah Hati.

Saat laktosa tidak tercerna di usus halus, laktosa akan dimanfaatkan oleh usus besar sebagai prebiotik. Zat prebiotik itulah yang nantinya akan mendorong pertumbuhan bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan si Buah Hati.

3. Meningkatkan penyerapan kalsium dan zat besi

Karena laktosa mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, maka sistem pencernaan ini akan bekerja dengan lebih baik dalam menyerap kalsium dan zat besi yang masuk ke dalam tubuh si Buah Hati. Keberadaan kalsium dan mineral lainnya sangat penting untuk memperkuat pertumbuhan tulang.  

4. Membantuk perkembangan otak dan saraf

Di dalam laktosa, terdapat sebuah zat yang bernama galaktosa. Zat ini bisa juga disebut sebagai “brain sugar” yang sangat penting dalam pembentukan galaktolipid. Keberadaan galaktolipid ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan jaringan sistem saraf. Selain itu, mengonsumsi laktosa dengan sembang akan membantu si Buah Hati agar tumbuh lebih pintar.

5. Pemanis alami

Dibandingkan dengan pemanis lain seperti gula  atau sirup, laktosa bisa dikatakan sebagai zat gula alami dan sangat cocok bagi si buah hati. Rasa manis yang terdapat pada zat ini lebih bersih sehingga sangat cocok dengan langit-langit mulut si Buah Hati.

***

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa laktosa sangat penting bagi tumbuh kembang si Buah Hati. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua yang baik harus pintar-pintar dalam memilih produk susu yang cocok untuk menunjang perkembangan si Buah Hati.

Usahakan, cari produk susu yang lebih banyak mengandung laktosa dan tidak mengandung sukrosa karena gula sukrosa kurang baik saat dikonsumsi oleh si Buah Hati.

Salah satu rekomendasi produk susu yang sangat cocok dan memang dirancang khusus untuk si Buah Hati usia 1-3 tahun adalah susu DANCOW 1+ Nutritods yang mengandung lebih banyak laktosa dan mampu mencukupi kebutuhan gizi si Buah Hati.

Nah, mungkin itu aja ya informasi yang bisa saya sampaikan terkait laktosa dan pentingnya bagi si Buah Hati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Bun!

 

 

Previous Post Next Post

Contact Form