Daftar Lengkap Form Kamen Rider Build Beserta Kekuatannya

 

Kamen Rider Build merupakan salah satu serial kamen rider di Era Heisei yang sangat populer. Selain menyuguhkan alur cerita yang sangat seru, kamen rider Build memiliki banyak form menarik yang dikenal dengan istilah Best Match.

Konsep dan desain form kamen rider Build sekilas terlihat mirip dengan kamen rider Double. Namun, Best Match milik Build tidak bisa digunakan secara acak karena memerlukan kombinasi yang sesuai agar bisa digunakan dalam pertempuran.

Karena form milik Build ada cukup banyak, kali ini MogiMogy ingin membahas daftar form utama dari kamen rider Build yang paling mencolok dalam cerita. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita bahas langsung!

1. RabbitTank Form

RabbitTank Form merupakan Best Match andalan sekaligus bentuk default milik kamen rider Build yang diakses dengan menggunakan Fullbottle Rabbit dan Tank. Form ini adalah bentuk Build yang punya sinergi paling tinggi dan bisa ditingkatkan ke dalam versi yang jauh lebih kuat.

Ketika menggunakan bentuk ini, Build dilengkapi dengan senjata berupa Drill Crusher yang bisa diubah ke dalam dua mode, yaitu Blade Mode dan Gun Mode. Teknik finisher dari RabbitTank adalah Vortex Break.

2. GorillaMond Form

Best Match kedua dari kamen rider Build adalah GorillaMond Form yang diakses melalui Fullbottle Gorilla dan Diamond. Dalam bentuk ini, Build dilengkapi dengan BLD Prism Glove yang terpasang di tangan kirinya.

Dari segi kekuatan, GorillaMond sangat unggul dalam hal pukulan jika dibandingkan RabbitTank. Pukulan dari GorillaMond memiliki daya rusak yang tinggi hingga mampu menghancurkan target dengan mudah. Selain itu, form ini memiliki variasi serangan Vortex Finish.

3. HawkGatling Form 

Bentuk utama kamen rider Build yang ketiga adalah HawkGatling Form yang tercipta dari hasil kombinasi Fullbottle Hawk dan Gorilla. Statistik kekuatan HawkGatling bisa dibilang lebih lemah dari RabbitTank.

Namun, HawkGatling memiliki keunggulan dalam pertempuran udara karena form ini dilengkapi dengan sayap Celestial Wings di bagian belakang. Selain itu, HawkGatling mampu mengeluarkan dua serangan finisher, yaitu Vortex Finish dan Full Bullet

4. NinninComic Form

Best Match berikutnya adalah NinninComic Form yang didapatkan oleh kamen rider Build dengan mengkombinasikan Fullbottle Ninjya dan Comic. Dari segi penampilan, form ini terlihat cukup nyentrik dan menarik.

Kemampuan bertarung NinninComic bisa dibilang sangat seimbang seperti RabbitTank. Namun, keunggulan dari form ini adalah kecepatan tingkat tinggi dalam pertempuran. Ketika menggunakan form ini, Build mampu mengeluarkan serangan finisher yang berbasis serangan ninja.

Baca juga: Daftar Lengkap Form Kamen Rider Kiva Beserta Kekuatannya

5. RocketPanda Form

Best Match yang satu ini adalah hasil kombinasi antara Fullbottle Rocket dan Panda. Ketika menggunakan bentuk ini, Build dilengkapi dengan Space Rider Arm yang bisa digunakan untuk terbang dalam jarak jauh.

RocketPanda meningkatkan kemampuan serangan dari Build, tetapi kecepatannya menurun ketika menggunakan form ini. Selain itu, RocketPanda mampu mengeluarkan teknik Vortex Finish sebagai serangan akhir dalam pertempuran.

6. FireHedgehog Form

FireHedgehog adalah Best Match yang dihasilkan dari gabungan Fullbottle Harinezumi dan Syoubousya. Form ini cukup menarik karena memiliki berbagai kemampuan, seperti menembakkan air, api, dan cairan pendingin yang sangat berguna untuk penyelamatan.

Kemampuan Build dalam bentuk ini juga bisa dibilang sangat balanced. Namun, FireHedgehog cukup payah dalam hal kecepatan. Terlepas dari hal itu, FireHedgehog mampu mengeluarkan serangan Vortex Finish yang sangat kuat.

7. LionCleaner Form

Best Match milik kamen rider Build selanjutnya adalah bentuk LionCleaner yang diakses melalui Fullbottle Lion dan Soujiki. Dalam bentuk ini, Build dilengkapi dengan Long Range Cleaner yang bisa menciptakan angin kuat.

Dari segi kemampuan tempur, LionCleaner mampu meningkatkan kekuatan Build dengan signifikan. Selain itu, form ini termasuk ke dalam bentuk Build yang paling cepat. Saat mengeluarkan Vortex Finish, LionCleaner akan menyedot musuh ke arahnya dan menghancurkannya dengan energi kuat.

8. KeyDragon Form

KeyDragon Form merupakan Best Match yang sangat menarik karena bentuk ini adalah hasil gabungan dari Fullbottle Lock dan Dragon milik Cross-Z. Bentuk ini juga meningkatkan kemampuan bertarung Build dengan signifikan.

Meskipun kekuatan dari KeyDragon cukup mengerikan, bentuk ini bagai pisau bermata dua karena bisa overload dengan sendirinya. Hal itu tidak mengherankan karena Dragon Fullbottle pada dasarnya bersinergi dengan kekuatan Cross-Z. 

Baca juga: 8 Fourth Rider yang Paling Keren dalam Cerita Kamen Rider

9. KaizokuRessya Form


KaizokuRessya Form termasuk bentuk Build yang memiliki tema menarik karena bentuk ini terinspirasi dari bajak laut dan kereta api. Bentuk ini diakses oleh Build dengan menggunakan Fullbottle Kaizoku dan Densya.

Karena form ini memiliki kekuatan kereta api, bentuk ini secara otomatis sangat unggul dalam hal kecepatan dan menyaingi NinninComic. Dalam bentuk ini, Build dilengkapi dengan senjata Kaizoku Hassyar yang bisa digunakan untuk mengeluarkan beberapa teknik finisher kuat. 

10. OctopusLight Form

OctopusLight Form adalah bentuk Best Match yang didapatkan oleh Build setelah bereksperimen dengan Fullbottle Octopus dan Light. Desain dari bentuk ini juga sangat unik karena bertemakan gurita dan bohlam.

Meskipun OctopusLight termasuk bentuk yang terlemah, form ini masih berpeluang memenangkan dengan kemampuan khusus. OctopusLight mampu menggunakan petir untuk menyerang musuhnya. Selain itu, teknik Vortex Finish dari form ini juga cukup menarik. 

11. PhoenixRobo Form

Best Match berikutnya adalah PhoenixRobo Form yang digunakan oleh Build dengan Fullbottle Phoenix dan Robo. Dalam bentuk ini, Build dilengkapi dengan senjata Demolition One yang bisa digunakan untuk menghancurkan target.

Dari segi kemampuan tempur, PhoenixRobo jauh lebih kuat dari Best Match sebelumnya. Ketika mengeluarkan teknik finisher, PhoenixRobo akan melapisi dirinya dengan api berbentuk burung dan terbang ke arah musuh lalu menghantamnya dengan serangan yang mengerikan.

12. SmaphoWolf Form

Form terbaik Build berikutnya adalah SmaphoWolf yang sangat unik karena bentuk ini adalah kombinasi dari Fullbottle Wolf dan Smapho. Ketika menggunakan bentuk ini, Build dilengkapi dengan Build Pad Shield yang memiliki banyak kegunaan.

Senjata itu bisa digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan. Selain itu, SmaphoWolf bisa menggunakan senjata itu untuk mengeluarkan beberapa serangan menarik. Saat menggunakan Vortex Finisher, SmaphoWolf akan diselimuti oleh cincin dari energi berbentuk ikon smartphone.

Baca juga: Daftar Lengkap Rider yang Muncul dalam Cerita Kamen Rider Agito

13. RoseCopter Form

Setelah bereksperimen dengan Fullbottle Rose dan Helicopter, Build mampu bertransformasi menjadi RoseCopter Form. Dalam bentuk ini, Build dilengkapi dengan Batrotor Blade yang bisa digunakan sebagai senjata atau alat untuk terbang.

Dalam bentuk ini, Build mampu memiliki fitur semacam A.I Pilot yang bisa diperintah melalui suara dan membawa Build ke berbagai tempat. Selain itu, Build mampu mengeluarkan dua variasi serangan finisher yang sangat menarik. 

14. RabbitTank Sparkling Form

RabbitTank Sparkling Form merupakan bentuk upgrade dari RabbitTank. Form ini didapatkan oleh Sento Kiryu setelah dia bereksperimen dengan Fullbottle Rabbit dan Tank hingga menghasilkan  RabbitTank Sparkling Fullbottle. 

Dari segi kekuatan tempur, RabbitTank Sparkling jauh lebih kuat dari versi sebelumnya. Selain itu, form ini memungkinkan Build untuk menggunakan beberapa senjata utama tanpa batasan dan mengeluarkan beberapa finisher yang sangat kuat.

15. RabbitTank Hazard Form

RabbitTank Hazard Form merupakan form Build yang sangat kuat dan sulit untuk dikendalikan. Bentuk ini diakses oleh Build dengan menggunakan Hazard Trigger yang mampu memperkuat RabbitTank Form.

Saat menggunakan Hazard Form, kekuatan Build berada di level yang benar-benar berbeda hingga dia sering lepas kendali dalam pertempuran. Serangan finisher terkuat dari form ini adalah teknik Over Flow yang menggunakan gas Nebula dan teknik Hazard Finish yang bisa menghancurkan lawan.

16. RabbitRabbit Form

Form Build yang terkuat berikutnya adalah RabbitRabbit Form yang didapatkan oleh Build dengan cara meningkatkan RabbitTank Hazard Form dengan FullFull RabbitTank Bottle. Setelah itu, Build mengaturnya ke dalam bentuk Rabbit Mode.

Dalam bentuk ini, Build tidak hanya mampu berlari dengan kecepatan supersonik. Selain itu, dia mampu melompat dengan kekuatan yang fantastis. Salah satu serangan terkuat yang dimiliki oleh form ini adalah RabbitRabbit Finish yang bisa menerbangkan lawan ke udara.

Baca juga: Daftar Lengkap Form Kamen Rider Den-O Beserta Kekuatannya

17. TankTank Form

Seperti halnya teknik sebelumnya, TankTank Form didapatkan oleh Build setelah dia meng-upgrade RabbitTank Hazard Form dengan FullFull RabbitTank Bottle. Kemudian, Build akan memasuki bentuk Tank secara penuh.

TankTank Form memiliki pertahanan yang sangat kuat layaknya tank tempur. Selain itu, form ini mampu mengeluarkan tendangan dan pukulan yang sangat kuat. TankTank Form mampu mengeluarkan beberapa teknik finisher, seperti TankTank Finish dan Fullbottle Break.

18. Genius Form


Genius Form adalah final form utama milik Build yang didapatkan dengan cara menggunakan Genius Fullbottle. Ketika menggunakan bentuk ini, kemampuan Build meningkat dengan sangat signifikan hingga mencapai tahap maksimum.

Salah satu keunggulan dari Genius Form adalah Build mampu menetralisir Gas Nebula yang ada di tubuh musuhnya. Dengan bentuk ini, Build mampu mengalahkan musuh tanpa takut menghilangkan nyawa musuhnya akibat efek Gas Nebula. 

Tubuh dari Genius Form dilengkapi dengan 60 GN Fullbottle. Selain itu, Build mampu mengeluarkan berbagai serangan finisher yang sangat kuat dan mengerikan. Meskipun demikian, kekuatan Genius Form masih belum cukup untuk mengalahkan Evolto yang sangat overpower hingga akhir seri.

19. RabbitDragon Form

RabbitDragon Form bisa dibilang sebagai alternatif form yang sangat cocok digunakan oleh Build dalam pertempuran. Dari segi kekuatan, form ini bisa dikatakan hampir setara dengan Genius Form, khususnya dalam hal pukulan dan tendangan.

Meskipun RabbitDragon adalah Trial Form, perasaan yang kuat antara Sento dan Ryuga menyebabkan Build Driver mampu menghasilkan Best Match antara kedua Fullbottle tersebut. Untuk mengakses bentuk ini, Build perlu menggunakan Gold Rabbit dan Silver Dragon Fullbottle.

RabbitDragon mampu mengeluarkan versi lain dari Vortex Finish milik RabbitTank dengan menggunakan energi berwarna emas bercampur silver. Kekuatan RabbitDragon terbukti mampu menghancurkan Evolto Ultimate State.

20. Cross-ZBuild Form

Form terakhir dari Build yang diulas dalam artikel ini adalah Cross-ZBuild Form yang muncul secara eksklusif dalam cerita Kamen Rider Build: Be The One dan Final Stage. Sesuai namanya, bentuk ini merupakan gabungan dari kekuatan Build dan Cross-Z.

Bentuk ini mirip banget dengan CycloneJokerXtreme milik kamen rider Double karena tubuh Sento dan Ryuga bergabung menjadi satu saat mengaktifkan bentuk ini. Untuk berubah, mereka perlu menggunakan alat khusus bernama Cross-ZBuild Can. 

Dari segi kekuatan, Cross-ZBuild Form melebih dari kekuatan Genius Form sehingga bentuk ini bisa dibilang sebagai bentuk terkuat dari kamen rider Build. Form ini memiliki teknik finisher bernama Love and Peace Finish yang sangat destruktif. 

Baca juga: 5 Riser Kuat yang Muncul dalam Cerita Genseishin Justiriser

0 Response to "Daftar Lengkap Form Kamen Rider Build Beserta Kekuatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel