10 Versi Alternatif dari Batman yang Paling Gila dan Keren

Selama bertahun-tahun, Bruce Wayne telah menjadi salah satu karakter yang ikonik dalam dunia komik, acara TV, atau film berkat aksinya yang keren sebagai Batman yang selalu melindungi kota Gotham. Ia memiliki kemampuan detektif yang sangat hebat dan tangguh.

Namun, pernah enggak kalian melihat versi lain dari Batman yang punya karakteristik berbeda dari Batman yang asli?

Sejujurnya, ada banyak versi alternatif Batman yang telah dibuat oleh DC Comics, khususnya versi Elseworlds dan Dark Multiverse yang selalu populer. Nah, berikut ini saya ingin sharing tentang versi alternatif Batman yang paling gila dan keren. Langsung aja yuk kita bahas!

10. Batman Beyond

Sebagai awalan dalam daftar ini, ada sosok Batman dari masa depan. Di masa futuristic Neo-Gotham, Bruce Wayne telah melepaskan mantel Batman miliknya. Akan tetapi, ketika Terry McGuinness menemukan Batcave, Bruce pun melatih bocah itu untuk menjadi Batman berikutnya.

Batman Beyond akhirnya menjadi serial animasi yang luar biasa. Hal itupun memberi Terry waktu untuk tumbuh dan ia pun mampu menggunakan berbagai macam gadget sekaligus Batsuit futuristik. Ia pun bertarung melawan penjahat yang luar biasa aneh, seperti Blight, Inque, dan Joker masa depan.

9. Jean-Paul Valley

Mungkin banyak penggemar yang mengetahui insiden cerita Knightfall, salah satu komik terbaik Batman. Setelah Bane mematahkan punggung Batman, seorang mahasiswa bernama Jean-Paul Valley menyadari bahwa Bruce sebagai Batman sudah beubah dan tidak seganas dulu.

Karena itulah, Valley kemudian mengambil mantel Batman. Dengan persenjataan canggih Batman, Ia kemudian bertarung dengan brutal untuk mengalahkan Bane. Ia pun berhasil mengambil kembali kota Gotham. Setelah Batman sembuh dari cidera, ia kemudian bertarung dan mengalahkan Valley.

8. Jason Todd

Fans mungkin hanya familiar dengan Terry atau Jean-Paul yang berubah jadi Batman. Akan tetapi, enggak banyak yang ingat bahwa Jason Todd sempat menjadi Batman untuk sementara waktu. Pada saat Batman dianggap tewas setelah insiden Final Crisis, Jason Todd sempat mengambil alih posisi Batman.

Ia memang masih menggunakan pistol untuk bertarung seperti saat ia masih menjadi Red Hood. Kekuatan Todd tak kalah brutal dengan Jean-Paul ketika ia membunuh para kriminal tanpa ampun. Meskipun perannya sebagai Batman cukup singkat, aksinya sangatlah keren dan patut diapresiasi.

7. Vampire Batman

Selalu ada rumor gila di komik tentang Batman yang tiba-tiba berubah jadi vampire atau iblis. Tentu saja, hal itu tidak berlaku pada dunia atau earth utama Batman. Akan tetapi, hal itu menjadi berbeda di Red Rain Earth yang menceritakan perubahan Batman menjadi vampire setelah ia melawan Count Dracula.

Bahkan setelah Dracula mati, Batman tetap saja bertarung melindungi kota Gotham hingga ia akhirnya tak kuasa menahan rasa haus darahnya dan membunuh Joker. Setelah itu, Batman pun menjadi mayat hidup yang suka membunuh orang lain tanpa rasa bersalah dan perlahan ia diselimuti kegelapan.

6. Lovecraftian Bat

Banyak fans yang beranggapan bahwa versi vampire dari Batman sama gilanya dengan Elseworld. Namun, masih ada versi lain yang lebih gila. The Doom That Came to Gotham adalah sebuah komik yang ditulis dengan gaya Lovecraftian.

Dalam komik itu, Batman yang biasa dianggap sebagai legenda urban berubah menjadi makhluk supernatural. Saat iblis Ra’s Al Ghul bangkit dari kubur, banyak warga yang perlah bermutasi menjadi makhluk buas, termasuk Batman. Di akhir cerita, Batman berhasil mengalahkan Ra’s Al Ghul, tetapi sayngnya ia masih tetap dalam bentuk buasnya.

5. Elliot Ness: Batman

Menggabungkan fiksi dan sejarah merupakan sebuah ide yang menyenangkan, tetapi hal itu kadang juga tampak aneh. Di edisi Elseword yang lain, Bruce Wayne tidak berubah menjadi Batman. Sebaliknya, karakter bernama Elliot Ness menggunakan kostum Batman untuk menghadapi Al Capone.

Lucunya, Elliot Ness memiliki gaya bertarung yang sangat aneh ketika menggunakan kostum kelelawar tersebut. JIka Batman normalnya menggunakan alat yang canggih, Elliot Ness justru menggunakan tongkat baseball untuk melawan pasukan Capone. Dengan gaya bertarung Batman yang baru sekaligus aneh itu, Capone tak memiliki satu kesempatan untuk menghindar.

4. The Batman Who Laughs

Selain dunia Elseworld yang khas dan anti-mainstream, masih ada Dark Multiverse yang tak kalah gila. Dibandingkan versi Batman lain seperti Devastator atau Red Death, sosok Batman Who Laughs rasanya lebih layak untuk dimasukkan ke dalam daftar ini.

Banyak fans yang merasa bahwa sosok ini merupakan Batman yang terinfeksi kegilaan dari Joker dan menjadi versi yang lebih gelap dari dirinya. Terlepas dari hal tersebut, sosok Batman Who Laugh ini memiliki sisi yang sangat menakutkan dan cukup menarik dalam komik.

3. The Drowned

Sekali lagi, ada banyak versi gelap dari Batman di sepanjang cerita. Namun, yang tak kalah menarik adalah Batman dari Earth-11: Bryce Wayne, versi wanita dari Batman yang menjadi penjahat dengan nama The Drowned.

Setelah membunuh pemimpin Atlantis, Aquawoman, dunia dari Batwoman dihancurkan oleh tsunami. Bryce kemudian terpaksa melakukan terhadap dirinya agar ia bisa menjadi Batman yang bisa bernafas dalam air. Dengan cara itulah, ia dapat menghancurkan apapun dengan serangan Dead Water miliknya, termasuk membasi para metahuman.

2. Dark Claw

Konsep crossover memang sangat seru buat dinikmati dan punya peluang untuk dikembangkan lebih jauh. Ketika Marvel dan DC menggabungkan kekuatan untuk menciptakan universe baru bernama Amalgam, kegilaan pun mulai bermunculan, khususnya ketika karakter Dark Claw diperkenalkan.

Karakter ini merupakan kombo dari Batman dan Wolverine. Setelah menyaksikan keluarganya tewas, Logan Wayne perlahan melepaskan kekuatan mutannya dan berubah menjadi pahlawan bernama Dark Claw. Dengan cakar yang kuat ala Wolverine ditambah kemampuan detektif Batman, superhero ini bertarung melawan musuh seperti Hyena hingga karakter ini pun menjadi sangat populer.

1. Zur En Arrh

Tidak seperti Batman lain, sosok Zur En Arrh berasal dari pikiran Bruce Wayne. Pada aslinya, karakter ini merupakan alien dari planet Tiano yang muncul dalam cerita Batman The Brave and The Bold. Kemudian, karakter ini diperbarui dalam komik modern dengan tampilan yang lebih flamboyant.

Asal usul Zur En Arrh nyatanya jauh lebih gila dan gelap dari aslinya. Beberapa saat sebelum ditembak mati, Thomas Wayne mengatakan kepada putranya bahwa Zorro akan dikurung di Arkham. Kata-kata itupun jadi disalahartikan oleh Bruce muda hingga terlahirlah sosok Zur En Arrh. Uniknya, sosok ini juga diperkenalkan dalam game Arkham.

Previous Post Next Post

Contact Form