10 Jutsu Doton yang Terkuat dalam Cerita Naruto


Doton alias elemen tanah merupakan salah satu elemen chakra dasar dalam cerita Naruto. Elemen tersebut seringkali digunakan oleh para ninja dari Iwagakure. Mereka mampu mengeluarkan berbagai jutsu berelemen tanah yang kuat dan menarik.

Kira-kira, jutsu doton manakah yang paling kuat? Cek pembahasan dari MogiMogy berikut ini agar kalian tahu jawabannya!

10. Doton: Doryūheki

Sebagai permulaan, ada jutsu elemen tanah bernama Doton: Doryūheki. Pengguna jutsu tersebut mampu menciptakan dinding dari tanah yang bisa digunakan untuk pertahanan. Selain itu, dinding tersebut berguna untuk menjebak lawan.

Jutsu ini cukup sering diperlihatkan oleh Kakashi saat bertarung, seperti momen ketika dia melawan anggota Pain. Menariknya, dinding tanah yang dibuat oleh Kakhasi mempunyai ornamen empat kepala anjing.

9. Doton: Chidōkaku

Doton: Chidōkaku adalah sebuah jutsu yang memungkinkan penggunanya untuk menaikkan atau menurunkan tanah yang ada di sekelilingnya. Efek dari jutsu ini bisa menciptakan lubang besar atau elevasi tanah.

Selain itu, pengguna dari jutsu ini bisa mengatur cakupan atau luas area sesuai dengan keinginannya. Apabila waktu dan momentumnya tepat, jutsu ini sangat efektif untuk menghindari serangan dari lawan. 

8. Doton: Doryō Dango

Doton: Doryō Dango pernah diperlihatkan oleh Jirōbō dalam pertarungan. Teknik tersebut memungkinkan pengguna untuk mengangkat sejumlah besar bongkahan tanah dengan mengandalkan chakra dan kekuatan fisik super.

Bongkahan batu tersebut bisa dilemparkan ke arah lawan dengan kekuatan penuh. Efek tubrukan dari bongkahan batu itu bisa menghasilkan kerusakan yang parah kepada target atau area yang terdampak.

Baca juga: 12 Dojutsu yang Paling Menarik dalam Cerita Naruto

7. Doton: Kengan no Jutsu

Doton: Kengan no Jutsu termasuk jutsu elemen tanah yang praktis dan berguna dalam pertempuran jarak dekat. Jutsu tersebut memungkinkan pengguna akan melapisi tinjunya dengan batu yang keras sehingga pukulannya jadi lebih kuat.

Menariknya, pengguna jutsu ini bisa memanipulasi berat dari batu tersebut sesuka hatinya. Semakin berat batu tersebut, maka akan semakin destruktif pula efek pukulan pengguna. Jutsu ini seringkali diperlihatkan Ōnoki untuk bertarung.

6.Doton: Gōremu no Jutsu

Sesuai namanya, Doton: Gōremu no Jutsu memungkinkan pengguna untuk menciptakan golem alias makhluk humanoid raksasa dari batu. Salah satu ninja yang sangat terampil dalam menggunakan teknik ini adalah Ōnoki.  

Ōnoki bisa menciptakan golem tersebut secara instan.Golem tersebut bisa difungsikan sebagai pendukung dalam pertempuran karena kekuatan golem tersebut terbilang brutal. Selain itu, golem itu juga mempunyai daya tahan yang hebat dan mampu menahan ledakan. 

5. Doton: Domu

Doton: Domu merupakan jutsu elemen tanah yang sangat berguna untuk pertempuran jarak dekat. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengubah tubuhnya menjadi sekeras berlian. Kakuzu pernah memperlihatkannya dalam pertarungan.

Saat mengaktifkan jutsu ini, pengguna perlu mengalirkan chakra elemen tanah ke bagian tertentu atau seluruh tubuhnya. Setelah itu, tubuh pengguna akan terlihat jadi lebih gelap. Selain pertahanannya yang kuat, jutsu ini juga meningkatkan kekuatan pukulan pengguna.

4. Doton: Yomi Numa

Jutsu elemen tanah selanjutnya adalah Doton: Yomi Numa yang pernah digunakan oleh Jiraiya. Jutsu tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah tanah di sekitar pijakan lawan menjadi rawa berlumpur yang menghisap lawan.

Tingkat kedalaman dari rawa tersebut pada dasarnya tergantung dari jumlah chakra hingga keahlian dari pengguna jutsu tersebut. Namun, jutsu ini sangat efektif untuk menjebak lawan yang berukuran besar, seperti ular kuchiyose yang dipanggil Orochimaru.

Baca juga: 15 Fuinjutsu yang Terkuat dalam Cerita Naruto

3. Doton: Sando no Jutsu

Sando no Jutsu merupakan salah satu jutsu elemen tanah terkuat dari Iwagakure. Teknik tersebut berbentuk formasi dua batu raksasa yang mampu mengapit sekaligus menghancurkan target yang ada di tengah-tengahnya seperti sebuah sandwich.

Teknik tersebut pernah digunakan oleh Kitsuchi untuk menahan pergerakan Patung Gedō selama beberapa saat. Andai teknik tersebut ditujukan pada musuh biasa, mereka pasti hancur akibat tekanan kuat dari kedua batu tersebut.

2. Doton: Keijūgan no Jutsu/Chokeijūgan no Jutsu

Selanjutnya, ada salah satu jutsu pamungkas Ōnoki yang bernama Doton: Keijūgan no Jutsu. Jutsu itu memungkinkan dia untuk mengurangi tingkat gravitasi pada tubuhnya atau rekan-rekannya. Dampak jutsu itu membuat tubuh mereka menjadi lebih ringan sehingga mereka bisa terbang di udara.

Ōnoki bahkan mempunyai variasi yang lebih ekstrem dari jutsu ini, yaitu Doton: Chokeijūgan no Jutsu. Dia mampu mengurangi tingkat gravitasi pada targetnya secara drastis hingga dia mampu mengangkat benda berukuran besar, seperti sebuah pulau atau meteor yang jatuh dari langit. 

1. Doton: Kajūgan no Jutsu/Chōkajūgan no Jutsu

Seperti jutsu sebelumnya, Doton: Kajūgan no Jutsu juga termasuk teknik pamungkas Ōnoki. Jutsu tersebut memungkinkan dia untuk meningkatkan tingkat gravitasi pada targetnya. Efek dari jutsu ini membuat target menjadi lumpuh dan tidak bisa bergerak.

Bahkan, target bisa hancur pelan-pelan akibat tekanan gravitasi yang terlalu kuat. Ōnoki juga punya versi yang lebih kuat dari jutsu ini, yaitu Chōkajūgan no Jutsu. Karena dampak serangannya sangat fatal, jutsu ini sangat cocok disebut sebagai jutsu doton yang paling kuat.

Baca juga: 12 Kinjutsu yang Paling Hebat dalam Cerita Naruto

Previous Post Next Post

Contact Form