12 Dojutsu yang Paling Menarik dalam Cerita Naruto & Boruto

 

Dojutsu merupakan kekuatan mata yang sangat menarik dalam cerita Naruto. Pada dasarnya, dojutsu adalah sebuah kekkei genkai yang dimiliki oleh klan tertentu dan diwariskan secara turun temurun melalui ikatan darah.

Setiap dojutsu mempunyai kemampuan spesial yang sangat menarik sekaligus berguna dalam pertempuran. Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin membahas daftar dojutsu menarik dalam cerita Naruto dan Boruto. Langsung aja yuk kita bahas berikut ini!

1. Byakugan

Byakugan merupakan dojutsu milik klan Hyuga yang sangat terkenal dalam cerita Naruto. Mata tersebut mempunyai berbagai kemampuan spesial, seperti penglihatan 360 derajat yang sangat berguna dalam pertempuran jarak dekat.

Selain itu, pengguna Byakugan mampu melihat menembus objek hingga melacak musuh dari jarak yang jauh. Keuntungan lain dari pengguna Byakugan adalah mereka mampu melihat aliran chakra pada diri seseorang. 

2. Sharingan

Sama seperti Byakugan, Sharingan adalah salah satu dojutsu utama dalam cerita. Mata ini hanya dimiliki oleh anggota klan Uchiha. Kemampuan mata ini bisa dibilang sangat menakutkan sehingga klan Uchiha ditakuti oleh banyak pihak.

Sharingan memungkinkan penggunanya untuk mengeluarkan teknik ilusi alias genjutsu yang bisa mengontrol kelima indera target. Selain itu, pengguna Sharingan yang terlatih mampu memprediksi pergerakan musuh hingga meniru jutsu kuat milik musuh. 

3. Rinnegan

Dibandingkan kedua dojutsu sebelumnya, Rinnegan adalah mata yang paling kuat sekaligus langka karena hanya orang-orang tertentu yang mampu mengaktifkan dojutsu ini. Contohnya adalah Nagato dan Sasuke.

Pengguna Rinnegan mungkin sangat cocok disebut sebagai dewa karena mereka mempunyai kekuatan yang sangat besar hingga menakutkan. Rinnegan mempunyai enam teknik spesial bernama Six Paths Technique

4. Mangekyo Sharingan

Mangekyo Sharingan merupakan evolusi dari Sharingan yang bangkit ketika seorang Uchiha kehilangan seseorang yang sangat berharga. Dalam cerita, hanya ada beberapa Uchiha yang mampu membangkitkan kekuatan ini.

Setiap Mangekyo Sharingan biasanya mempunyai kemampuan spesial, seperti teknik Kamui milik Obito dan Tsukuyomi milik Itachi. Selain itu, pengguna Mangekyo Sharingan bisa mengeluarkan jutsu kuat bernama Susanoo.

5. Rinne Sharingan

Rinne Sharingan termasuk salah satu dojutsu terkuat dalam semesta Naruto. Mata ini bisa dibilang sebagai nenek moyang dari Rinnegan dan Sharingan. Setelah memakan buah chakra dari God Tree, Kaguya Otsutsuki berhasil membangkitkan kekuatan mata ini.

Dengan Rinne Sharingan, Kaguya mampu mengaktifkan Mugen Tsukuyomi yang mampu menjebak orang-orang di seluruh dunia ke dalam ilusi tanpa batas. Selain itu, Kaguya masih mempunyai jutsu lain yang tak kalah menakutkan, seperti Amenominaka.

6. Tenseigan

Tenseigan merupakan evolusi dari Byakugan yang aktif ketika anggota Otsutsuki mendapatkan transplatasi mata Byakugan. Konon, Tenseigan memungkinkan penggunanya untuk mengontrol kekuatan atraktif dan repulsif.

Setelah menguasai Tenseigan secara penuh, Toneri mampu mengaktifkan Chakra Mode untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, hingga ketahanan fisiknya dalam pertempuran. Ia bahkan nyaris menghancurkan bulan dengan kekuatannya. 

7. Jogan

Jogan adalah dojutsu menarik milik Boruto yang diselimuti oleh misteri. Toneri sempat menuturkan bahwa mata ini terhubung dengan klan Otsutsuki. Meskipun Boruto belum menguasai kekuatan Jogan secara penuh, Jogan berpotensi untuk menjadi dojutsu terkuat dalam cerita.

Sejauh ini, Jogan memungkinkan Boruto untuk mendeteksi distrosi ruang-waktu. Mirip seperti Byakugan, Jogan juga memungkinkan Boruto untuk melihat aliran chakra pada seseorang. Dengan cara tersebut, Boruto bisa menemukan titik lemah lawannya dengan mudah. 

8. Ketsuryugan

Ketsuryugan merupakan dojutsu khas milik klan Chinoike. Konon, kekuatan Ketsuryugan bisa disandingkan dengan Sharingan dan Byakugan. Pengguna dari Ketsuryugan mampu mengaktifkan genjutsu melalui kontak mata atau fisik.

Dengan menghipnotis targetnya, pengguna bisa menggali informasi penting dari targetnya. Tak hanya itu, Ketsuryugan juga memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi zat besi pada darah yang mengalir pada tubuh pengguna atau tubuh lawan. 

9. Dojutsu Isshiki

Isshiki merupakan salah satu anggota klan Otsutsuki yang berbahaya dalam cerita Boruto: Naruto’s Next Generation. Ia mempunyai dojutsu menarik yang tidak diketahui namanya. Dojutsu tersebut mempunyai kemampuan spesial, seperti teknik Sakunahikona dan Daikokuten.

Dengan teknik tersebut, Isshiki mampu menyusutkan dirinya hingga benda apapun yang ada dalam pada dirinya. Selain itu, dia bisa menyimpan benda-benda tersebut kedalam sebuah dimensi khusus yang tidak terpengaruh oleh aliran waktu. 

10. Dojutsu Shion

Shion adalah karakter yang muncul secara eksklusif dalam cerita Naruto Shippuden The Movie. Shion berasal dari Land of Demon dan mempunyai dojutsu misterius yang tak diketahui namanya. Dojutsu tersebut memungkinkan dia untuk menentukan takdir seseorang.

Shion bisa menunjukkan cara kematian seseorang di masa depan. Selain itu, dia bisa mengontrol peristiwa di masa depan dengan dojutsu tersebut. Meskipun demikian, Shion menunjukkan kesalahan saat dia memprediksi kematian dari Naruto.  

11. Dojutsu Ranmaru 

Sama seperti kedua kasus sebelumnya, Ranmaru mempunyai dojutsu misterius yang tak disebutkan namanya. Kemampuan dojutsu tersebut bisa dibilang mirip dengan Byakugan karena penglihatan Ranmaru bisa bisa menembus sebuah objek.

Selain itu, Ranmaru bisa membaca pikiran lawan dengan dojutsu tersebut. Kemampuan mata tersebut juga mampu mengatasi teknik genjutsu dengan mudah. Dengan dojutsu itu, Ranmaru bisa mentransfer kekuatan hidupnya untuk menyelematkan orang yang sekarat.

12. Dojutsu Yome

Cara kerja dojutsu milik Yome juga hampir mirip dengan Byakugan milik klan Hyuga. Namun, kekuatan mata tersebut mampu menjangkau jarak yang lebih jauh karena pengguna bisa melihat target atau objek tertentu hingga mencapai beberapa kilometer.

Dengan mengembangkan pupilnya, Yome mampu melihat melalui refleksi dari tetesan air. Hal itu sangat berguna dalam pertarungan karena dia bisa menghindari serangan musuh dengan mudah. Sayangnya, mata tersebut sangat sensitif terhadap panas matahari.

0 Response to "12 Dojutsu yang Paling Menarik dalam Cerita Naruto & Boruto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel