12 Anime Tentang Samurai yang Paling Keren


Halo, sobat sekalian! Pada kesempatan kali ini, saya pengen sharing seputar anime yang bercerita tentang kehidupan samurai dengan jalan cerita yang seru dan menarik. Kebanyakan anime tentang samurai di bawah ini sedikit banyak menyinggung latar dan sejarah Jepang pada masa-masa kekaisaran Jepang di masa lalu. Nah, langsung saja yuk kita bahas bersama daftar anime samurai berikut ini.

1. Rurouni Kenshin


Rurouni Kenshin atau juga dikenal dengan Samurai X merupakan salah satu anime samurai yang sangat legendaris dan terkenal. Kesuksesan dari anime ini juga membuat anime ini diangkat menjadi film live action yang keren. Anime yang diadaptasi dari manga karya Nobuhiro Watsuki ini mengambil latar di Jepang pada tahun 1870, tepatnya pada Restorasi Meiji yang menjadi awal modernitas di Jepang.  Serial ini bercerita tentang seorang samurai yang dulunya pembunuh bayaran bernama Himura Kenshin.

Dulu, Kenshin merupakan seorang pembunuh yang kejam dari kelompok Chosu hingga dia dijuliki sebagai Hitokiri Battosai. Namun, dia berkelana ke seluruh Jepang untuk menebus dosa-dosanya dan ia juga bertekad untuk tidak membunuh lagi. Selain itu, dia juga memiliki sebuah pedang tumpul yang unik bernama Sakabato. Kehidupan Kenshin berubah menjadi petualangan hebat setelah bertemu dengan sahabatnya, yakni Kaoru Kamiya, Sanosuke Sagara, dan Megumi Takani. Dia pun bertarung dengan tekad untuk melindungi teman-temannya dari musuh yang mengincarnya. Salah satu musuh kuat dari Kenshin adalah Makoto Shisio.

2. Gintama


Selanjutnya, ada anime komedi yang diadaptasi dari manga karya Hideaki Sorachi yang berjudul Gintama. Serial anime ini pertama kali tayang di Jepang pada tahun 2003. Anime ini memiliki popularitas yang tinggi dan bahkan sudah dibuat versi live action. Cerita dari anime ini berpusat pada seorang samurai pemalas yang bernama Sakata Gintoki dan mengambil latar zaman Edo yang telah diinvasi oleh alien.

Sehari-hari, Gintoki bekerja serabutan dalam sebuah kelompok bernama Yorozuya yang beranggotakan Kenpachi, Kagura, dan Sadaharu. Yorozuya menerima pekerjaan apapun, seperti mencari kucing hilang, dan sejenisnya. Dalam anime ini, ada banyak komedi dan adegan lucu yang disajikan oleh Gintoki dan karakter-karakter lainnya. Terkadang, anime ini juga sering memparodikan anime-anime lainnya. Meskipun demikian, adakalanya anime ini memasuki cerita yang serius dan mengharuskan Gintoki untuk bertarung melawan musuh yang tangguh, seperti cerita pertarungan Gintoki melawan Housen, Takasugi, dan Utsuro.

3. Samurai Champloo


Berikutnya, ada anime Samurai Champloo yang tayang di Jepang pada tahun 2004 dengan jumlah 26 episode. Anime yang diproduksi oleh studio Manglobe ini bercerita tentang seorang gadis bernama Fuu Kasumi yang bertemu dengan dua samurai kuat bernama Mugen dan Jin.

Fuu awalnya merupakan seorang pelayan biasa di sebuah kedai kecil. Ia kemudian bertemu dengan Mugen dan Jin di tempat kerjanya yang terlibat pertempuran sengit. Mugen adalah seorang pria yang bebas dan tidak terikat aturan, sedangkan Jin merupakan ronin yang memiliki masa lalu kelam. Pertarungan keduanya berakibat fatal yang membuat keduanya terlibat dengan pihak berwajib hingga mereka nyaris dieksekusi. Akan tetapi, Fuu menyelamatkan mereka berdua. Sebagai bentuk balas budi, Fuu meminta Mugen dan Jin untuk membantunya menemukan samura yang memiliki aroma bunga matahari.

Baca juga: 15 Penyihir Terkuat dalam Guild Fairy Tail

4. Afro Samurai


Afro Samurai adalah anime tentang samurai yang diproduksi oleh studio Gonzo yang tayang di Jepang pada tahun 2007 dengan jumlah 5 episode. Anime ini bercerita tentang perjalanan seorang samurai bernama Afro yang bertekad untuk membalaskan dendamnya. Selain itu, anime ini juga menggambarkan persaingan hebat para samurai.

Dalam anime ini diceritakan bahwa pemilik ikat kepala no.1 akan dianggap sebagai samurai terkuat dan terhebat. Siapapun dapat menantang pemilik ikat kepala tersebut dengan syarat si penantang harus memiliki ikat kepala no.2 terlebih dulu. Ayah Afro dulu merupakan pemilik ikat kepala no. 1, tetapi dia dibunuh oleh pemiliki ikat kepala no.2 dan Afro bertujuan untuk membalas dendam ayahnya dengan cara berlatih menjadi samurai yang kuat. Cerita dari anime ini terbilang cukup gelap dan lumayan sadis.

5. Sengoku Basara


Berbeda dengan anime lain yang biasanya diangkat dari manga, anime Sengoku Basara terinspirasi dari video game dengan judul yang sama. Anime ini berlatar di Jepang tepatnya di zaman Sengoku yang pada saat itu peperangan terjadi dimana-mana. Uniknya, karakter-karakter dalam anime ini juga terinspirasi dari tokoh Jepang pada masa itu.

Konflik cerita dalam anime ini dimulai ketika sosok Oda Nobunaga mengklaim dirinya sebagai orang terkuat dan paling berkuasa. Dia juga berniat untuk menaklukkan seluruh Jepang dengan semua kekuatannya. Namun, rencananya tsb dihentikan oleh dua orang samurai dari klan berbeda, yakni Date Masamune dan Sanada Yukimura. Meskipun mereka berdua adalah musuh sekaligus rival, mereka berdua sama-sama bersatu demi menghentikan ambisi dari Nobunaga.

6. Samurai 7


Selanjutnya, ada anime yang diadaptasi dari film klasik karya Akira Kurosawa yang berjudul Seven Samurai. Namun, anime ini mengambil setting di masa depan yang pada saat itu teknologi dan mesin-mesin canggih sudah ada di mana-mana. Pada masa itu, manusia berada diambang kepunahan karena desa-desa dan kota mereka diancam oleh para bandit bekas tentara samurai yang dilengkapi dengan senjata modern.

Salah satu desa yang menjadi korban adalah desa Kanna. Desa tersebut awalnya pasrah ketika ditindas oleh kelompok Nobuseri, tetapi mereka pun mencoba melawan dengan menyewa para samurai yang bersedia melindungi mereka. Namun, usaha mereka tidaklah mudah karena desa mereka itu sangat miskin dan mereka hanya mampu memberikan bayaran berupa beras. Meskipun demikian, ada beberapa samurai yang rela dan bersedia untuk melindungi desa tersebut. Kemudian, mereka mempersiapkan pertahanan dan strategi untuk melawan kelompok Nobuseri.

7. Samurai Deeper Kyo


Berikutnya, ada anime yang diadaptasi dari manga karya Akimine Kamijiyo yang berjudul Samurai Deeper Kyo. Anime yang diproduksi oleh Studio Deen ini memadukan antara genre aksi dan juga supranatural. Cerita dari anime ini berpusat pada seorang samurai yang bernama Kyo si Mata Iblis. Ia dikenal sebagai buronan dengan harga yang sangat mahal karena dia tercatat telah membunuh 1000 orang.

Suatu ketika karena suatu alasan, roh Kyo terjebak di tubuh seorang pedangang bernama Kyoshiro Mibu. Uniknya, Kyoshiro memiliki sikap yang ramah dan lugu dan berbanding terbalik dengan Kyo yang kejam. Mereka berdua pun saling berbagi tubuh sehingga orang seringkali memandang Kyoshiro memiliki kepribadian ganda. Mereka kemudian bertemu dengan gadis cantik bernama Yuya yang berprofesi sebagai pemburu hadiah dan bertualang bersama-sama dengan tujuan mereka masing-masing.

Baca juga: Peringkat Kekuatan Ketujuh Hokage dalam Cerita Naruto

8. Sword of Stranger


Selanjutnya, ada anime berjudul Sword of The Stranger yang diproduksi oleh Bone Studios pada tahun 2007. Setting dari anime ini berlatar di Jepang dan pada saat itu daratan China dikuasai oleh dinasti Ming. Cerita dari anime ini dimulai ketika seorang anak bernama Kotaro diburu oleh sekelompok orang utusan kaisar dinasti Ming.

Dalam perjalanannya melarikan diri, Kotaro bersama anjingnya Tobimaru bertemu dengan samurai petualang yang menyelamatkannya dari kejaran utusan kaisar Ming. Akhirnya, samurai tanpa nama itupun disewa oleh Kotaro untuk mengantarkannya ke kuil tujuannya hingga selamat. Salah satu hal yang cukup mengejutkan dalam anime ini adalah samurai tanpa nama tersebut bukanlah samurai Jepang, tetapi dia merupakan orang asing dengan masa lalu yang gelap. Selain itu, banyak kejutan-kejutan lain yang ada dalam anime ini.

9. Saraiya Goyou


Saraiya Goyou merupakan anime yang diproduksi oleh Studio Manglobe dengan jumlah 12 episode. Anime samurai yang satu ini cukup unik. Cerita dari ini berpusat pada seorang pria bernama Akitsu yang ingin menjadi seorang samura. Akan tetapi, dia memiliki sifat yang naif dan pemalu. Akitsu memiliki kemampuan berpedang yang cukup baik. Namun, sifatnya yang pemalu itu malah membuat Akitsu kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Kehidupan Akitsu berubah setelah ia bertemu dengan laki-laki bernama Yaichi. Dia kemudian dipekerjakan oleh Yaichi sebagai bodyguard dalam kelompoknya. Yaichi sendiri merupakan pemimpin dari kelompok pencuri bernama Goyou. Meskipun pada awalnya Akitsu merasa risih dengan perbuatan kelompok itu, dia kemudian bisa beradaptasi dan malah mengagumi sosok Yaichi yang karismatik.

10. Hakuoki


Hakuoki merupakan anime samurai yang digarap oleh studio DEEN dan ditayangkan di Jepang pada tahun 2010 dengan total 12 episode. Anime ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Chizuru yang berkelana untuk mencari ayahnya yang menghilang tiba-tiba. Sama seperti Sengoku Basara, anime ini juga diadaptasi dari sebuah video game.

Di tengah perjalanan, dia kemudian diserang oleh sekelompok penjahat yang mengancam nyawanya. Akan tetapi, dia berhasil diselamatkan oleh anggota Shinsegumi. Setelah mengetahui bahwa Chizuru dan Shinsegumi memiliki tujuan yang sama untuk menemukan ayahnya, dia pun memutuskan untuk bertualang bersama Shinsegumi. Di samping itu, Shinsegumi juga berusaha untuk melindungi Chizuru dari serangan musuh-musuhnya.

11. Blade of The Immortal


Selanjutnya, ada anime yang berjudul Blade of The Immortal yang diadaptasi dari manga karya Kenji Takigawa. Anime ini diproduksi oleh studio Bee Train dengan total 13 episode. Tema yang diangkat dalam anime ini sangat menarik karena anime ini mengisahkan tentang seorang samurai bernama Manji yang mendapatkan kutukan keabadian.

Di masa lalu, Manji merupakan samurai yang sangat bengis karena telah menghabisi nyawa 100 samurai lainnya. Hal itu membuat dia dikutuk oleh biarawati bernama Yaobikuni untuk hidup abadi. Hal itu membuat Manji tidak dapat terluka dan dia juga tidak bisa dibunuh, kecuali dengan racun yang langka. Kutukan itu membuat Manji tersadar dengan kejahatannya dan dia bertualang dengan tujuan untuk menghilangkan kutukan itu.

12. Brave 10


Anime tentang samurai yang terakhir, sekaligus menjadi penutup dari artikel ini adalah Brave 10 yang diadaptasi dari serial manga ciptaan Kairi Shimotsuki. Anime ini diproduksi oleh Studio Sakimakura dengan jumlah 12 episode. Anime ini mengambil latar masa-masa perang, tepatnya setahun sebelum perang Sekigahara.

Cerita dari anime ini berpusat dari seorang samurai tanpa tuan bernama Saizou yang bertujuan untuk mencari jalan hidupnya. Dalam petualangannya, dia bertemu dengan perempuan bernama Izanami yang hendak diserang oleh pembunuh. Mereka berdua kemudian bertemu dengan tuan Sanada Yukimura yang tengah mencari 10 pendekar kuat. Secara tidak langsung, Saizou pun menjadi salah satu dari pendekar tersebut.

Baca juga: Profil dan Kekuatan Sepuluh Espada dalam Cerita Bleach


EmoticonEmoticon