13 Teknik Pernapasan Matahari dalam Cerita Kimetsu no Yaiba


Hinokami Kagura atau Pernapasan Matahari merupakan Pernapasan pertama yang menjadi cikal bakal dari cabang Pernapasan yang lain. Gaya Pernapasan ini diciptakan oleh seorang pemburu iblis bernama Yoriichi Tsukiguni.

Yoriichi mewariskan Pernapasan Matahari beserta anting Hanafuda kepada keluarga Kamado. Setiap tahun, keluarga Kamado menggunakan Pernapasan Matahari untuk mempersembahkan sebuah tarian dalam praktik ritual penghormatan Dewa Api.

Secara keseluruhan, Pernapasan Matahari mempunyai 13 teknik yang sangat kuat dan berguna dalam pertarungan. Ketiga belas teknik itu sangatlah kuat sekaligus efektif dalam membunuh iblis, khususnya Muzan.

Untuk informasi lebih jelasnya, kali ini MogiMogy ingin mengulas daftar lengkap teknik Pernapasan Matahari yang muncul dalam cerita Kimetsu no Yaiba. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

1. Enbu (Dance)

Tanjiro pertama kali membangkitkan teknik ini saat dia terlibat pertarungan hidup dan mati melawan Rui. Dalam situasi yang kritis, dia mengingat kembali tarian khusus yang dilakukan oleh ayahnya dalam ritual yang diadakan setiap tahun.

Enbu terbilang sangat sederhana sekaligus mematikan. Pengguna akan mengeluarkan tebasan secara vertikal dari atas ke bawah. Saat dikombinasikan dengan teknik Pernapasan Petir, Tanjiro mampu mengeluarkan variasi baru yang disebut Enbu Issen

2. Heki-ra no Ten

Heki-ra no Ten pertama kali diperlihatkan oleh Tanjiro selama alur pertempuran di Kereta Mugen. Ketika menggunakan teknik ini, dia akan memutar tubuhnya dan mengeluarkan tebasan 360 derajat dengan kekuatan penuh. 

Momen saat Tanjiro mengeluarkan jurus ini terlihat sangat keren. Meskipun dia masih baru mempelajarinya, teknik ini memungkinkan dia untuk menebas leher Enmu yang menyatu dengan Kereta Mugen. 

3. Retsujitsu Kōkyō

Selanjutnya, ada sebuah teknik menarik bernama Retsujitsu Kōkyō yang sangat ganas. Saat mengeluarkan teknik ini, pengguna akan melepaskan dua tebasan sekaligus ke arah lawan dengan kekuatan penuh. 

Tanjiro mengeluarkan jurus ini saat dia bertarung sengit melawan Daki. Sembari mengingat kata-kata dari Rengoku, dia pun menyerang Daki dengan semangatnya yang panas dan membara layaknya matahari.

Baca juga: 11 Teknik Pernapasan Binatang Buas dalam Cerita Kimetsu no Yaiba

4. Shakkotsu En’yō

Saat melepaskan teknik Shakkotsu En’yō, pengguna akan mengeluarkan tebasan tunggal dalam sebuah gerakan spiral. Selain untuk menyerang, teknik ini bisa digunakan untuk menangkis serangan musuh.

Tanjiro pertama kali mengeluarkan serangan ini setelah dia memaksakan tubuhnya sampai mencapai batas. Meskipun hanya sementara waktu, teknik terbukti efektif untuk melukai Daki dan membuatnya merasa terbakar.

5. Shayō Tenshin

Shayō Tenshin pertama kali diperlihatkan Tanjiro pada chapter 152 saat dia dan Giyu bertarung melawan Akaza. Pertarungan tersebut sangatlah sengit dan menguras energi mereka berdua karena Akaza adalah iblis yang sangat sulit dikalahkan.

Ketika menggunakan teknik ini, pengguna akan melakukan lompatan untuk menciptakan momentum yang tepat. Setelah itu, pengguna akan mengeluarkan tebasan tunggal secara horizontal untuk memotong target.

6. Hirin Kagerō

Seperti teknik sebelumnya, Hirin Kagerō juga ditunjukkan oleh Tanjiro saat dia menghadapi Akaza dalam pertempuran penentuan. Selain mematikan, teknik ini mempunyai efek khusus yang bisa mengecoh musuh.

Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan serangan yang diselimuti oleh semacam kabut panas. Setelah itu, pengguna akan menebas musuh dengan serangan kejutan yang sulit untuk diprediksi.

7. Kiki Onkō

Saat mengeluarkan teknik Kiki Onkō, pengguna akan melompat ke udara dengan gerakan spiral. Pada saat yang bersamaan, dia akan mengeluarkan tebasan yang mirip api yang mengamuk ke arah musuhnya. 

Tanjiro menunjukkan teknik ini untuk pertama kalinya saat dia bertempur melawan Muzan. Teknik ini mungkin bisa menghanguskan iblis lain dengan mudah. Akan tetapi, teknik ini belum mampu mengalahkan Muzan yang terlalu overpower.

Baca juga: 11 Teknik Pernapasan Air dalam Cerita Kimetsu no Yaiba

8. Yōkatotsu

Yōkatotsu diperlihatkan oleh Tanjiro saat dia bertarung melawan Hantengu dalam pertempuran final. Ketika mengeluarkan teknik ini, pengguna akan menggunakan ujung pedangnya untuk menusuk musuh dengan kekuatan penuh.

Meskipun cara kerja teknik ini cukup sederhana, teknik ini bisa menimbulkan kerusakan yang cukup fatal apabila teknik ini berhasil mengenai lawan.

9. Nichiun no Ryū Kaburimai

Nichiun no Ryū Kaburimai termasuk salah satu teknik Pernapasan Matahari yang sangat agresif dan bisa menjangkau banyak musuh. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan serangkaian tebasan secara terus menerus dan terlihat seperti naga.

Tanjiro pertama kali memperlihatkan teknik ini saat dia terlibat pertarungan melawan Hantengu. Mereka adalah iblis yang sangat merepotkan karena mereka mampu membelah diri dan memperbanyak jumlah mereka. 

10. Kasha

Saat mengeluarkan teknik ini, pengguna akan melompat tepat ke belakang musuh. Setelah itu, dia akan mengeluarkan tebasan horizontal untuk menyerang target dengan gerakan yang terlihat seperti roda api.

Dalam pertempuran melawan Daki, Tanjiro sempat mengeluarkan teknik ini dengan niat untuk mengakhiri pertempuran. Akan tetapi, pergerakannya masih begitu lambat sehingga Daki bisa menangkis serangan ini dengan mudah. 

11. Gen’nichi Kō

Gen’nichi Kō adalah sebuah teknik yang cukup unik dan sangat berguna untuk menghindari serangan musuh. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk bergerak sangat cepat hingga menciptakan efek ilusi pada musuh.

Tanjiro memperlihatkan jurus ini saat dia menghindari serangan obi dari Daki. Dia berhasil membuat Daki kebingungan untuk sesaat. Dia kemudian memanfaatkan celah tersebut untuk menyerang Daki dengan serangan lain. 

12. Enbu (Flame Dance)

Meskipun mirip dengan teknik yang pertama, teknik ini adalah serangan ganda yang diarahkan kepada musuh. Pertama-tama, pengguna akan melepaskan tebasan secara horizontal. Kemudian, dia akan melepaskan serangan berikutnya secara vertikal.

Saat bertarung melawan Daki, Tanjiro sempat mengeluarkan teknik ini untuk sesaat. Sebelum dia melancarkan teknik ini secara penuh, Daki berhasil menangkis serangan Tanjiro dengan teknik darah iblisnya.

13. Jūsan no kata

Jūsan no kata pada dasarnya adalah gabungan kedua belas teknik sebelumnya yang dilakukan secara repetitif alias berulang-ulang. Bisa dibilang, teknik ini adalah teknik pamungkas dari Pernapasan Matahari yang memiliki kekuatan untuk menghancurkan Muzan.

Gerakan repetitif dari teknik ini mampu meningkatkan tingkat akurasi serangan beserta kelincahan pengguna. Selain itu, teknik ini mampu menghilangkan rasa lelah pengguna sehingga dia bisa terus menerus melakukan serangan tanpa henti.

Baca juga: 15 Pedang Nichirin yang Paling Unik dan Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form