10 Makanan Khas di Meja Ketika Lebaran

gambar: lintasresep.blogspot.co.id

Assalamu’alaikum gaes, mumpung suasananya masih di bulan Syawal saya ingin mengucapkan minal aidzin wal faidzin. Apabila selama ini saya ada salah baik dalam bertutur atau mungkin ada yang kurang berkenan bagi kalian para pembaca, mohon dimaafkan ya gaes hehe. Baiklah, selama lebaran ini ada sedikit survei kecil-kecilan terkait makanan yang disuguhkan di rumah saudara ataupun tetangga saya. Cek dimari yuk.

10. Aneka Keripik dan Kerupuk

tokopedia.com

Saya banyak menemukan jajanan keripik hampir di setiap rumah yang saya kunjungi. Ada beragam keripik yang disajikan mulai dari keripik ketela, mbothe, keripik pisang atau ceriping, ada juga keripik bayam, tapi buat saya yang paling enak adalah keripik mbote (talas) manis. Selain keripik, yang tak kalah eksis adalah aneka kerupuk. Contoh kerupuk yang populer adalah kerupuk rambak, kerupuk beras, kerupuk gadung, dan rempeyek.

9. Buah Segar


sumber: giziklinikku.blogspot.co.id

Berbagai macam buah juga kerap saya temui, karena serasa kurang lengkap kalau tidak ada buah di meja sebagai suguhan lebaran. Contoh buah yang disajikan ketika lebaran adalah pisang, anggur, kurma, kelengkeng, dsb.

8. Kue Nastar


sumber: www.resepkuekeringku.com

Kue Nastar merupakan jajanan yang juga sering disuguhkan di meja ketika lebaran. Rasanya yang gurih dan tersimpan selai manis di dalamnya membuat kue ini enak dan bikin ngangenin.

7. Puteri Salju


sumber: kuliner123.com

Cemilan ini juga tak kalah menarik dengan cemilan lainnya. Mendengar nama puteri salju jadi terdengar seperti cerita dari negeri dongeng hehe. Dinamakan puteri salju karena taburan gula di atas kue yang halus dan putih seperti salju.

6.Kacang Goreng dkk


sumber: masakanjempol.blogspot.co.id

Selanjutnya saya juga sering menemukan kacang goreng di dalam toples ketika lebaran. Entah itu digoreng biasa atau diolah dalam bentuk lain seperti kacang atom, kacang pedas, dsb. Akan tetapi, ada juga kacang yang masih tertidur pulas di dalam kulitnya, biasanya disajikan di atas piring.

5. Permen Warna-Warni


sumber: masakanjempol.blogspot.co.id

Cemilan yang satu ini juga tak mau kalah eksis dibanding jajanan yang lain. Permen manis membuat toples di atas meja terasa lebih berwarna dengan keberadaannya. Ada yang berbentuk permen cicak, tapi ada juga permen dengan merk tertentu yang kadang di oplos dengan merk lain. Namun yang cukup langka sekarang adalah permen jahe atau permen tape, padahal dulu permen itu sering di suguhkan di meja.

4. Biskuit dan Wafer

sumber: alliance7.com

Meja tanpa suguhan biskuit atau wafer rasanya kurang lengkap. Cemilan ini merupakan cemilan yang bersahabat karena disukai berbagai kalangan. Yah, saya juga lumayan suka makan biskuit tapi dalam kadar normal hehe.

3. Astor

sumber: www.foody.id

Untuk yang satu ini saya sendirikan saja karena cukup unik, meskipun pada dasarnya ia masih ada ikatan dengan para biskuit atau wafer hehe. Astor merupakan cemilan manis yang berbentuk seperti stick dan lumayan digemari oleh anak-anak kecil. Kalau saya dulu biasanya memainkan Astor ibarat orang menghisap rokok hehe.

2. Madumongso


sumber: makanandaerahindonesia.blogspot.co.id

Jajanan ini merupakan jajanan tradisional yang sampai sekarang masih kerap saya temui ketika lebaran. Madumongso merupakan jajanan yang berbahan dasar nanas yang dibentuk seperti bola-bola kecil lalu dibungkus dengan plastik kecil. Biasanya para ibu-ibu membuat jajanan khas ini mendekati lebaran.

1. Rengginang


sumber: www.kulinersehat.com

Makanan ini adalah yang paling khas dan menempati urutan utama ketika lebaran menurut saya dan mungkin sebagian orang. Rengginang merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar beras atau ketan yang dikeringkan lalu digoreng. Selain khas, makanan ini merupakan yang paling misterius karena kadang-kadang ia pintar menyamar. Orang-orang biasanya menaruh Rengginan di dalam toples transparan tapi kadang juga di taruh di toples Khong Guan hehe.

***

Oke, sekian dulu gaes. Daftar jajanan khas di atas hanyalah sekedar opini saya dan semata-mata untuk hiburan. Sampai jumpa lagi gaes di postingan selanjutnya. Sebagai penutup, semoga lebaran pada tahun ini memberikan berkah yang luar biasa bagi kita semua. Amin.


8 comments

Nastar yang paling suka gan, tapi sayang dirumah jarang suguhin nastar soalnya harga lumayan mahal.. Wkwk kalo kerupuk pasti ada dirumah (pagunpost. Com)

Mantap gan, ane suka rengginang wkwk

wahhh yang astor itu pasti saya sering menemukan kalo berkunjung ke rumah teman atau saudara, dan pastinya sellau habis sama saya haha :D

Saya juga suka astor gan wkwkwk enak soalnya

rengginang juaranya
tapi aku lebih suka puli (kerupuk dari nasi)

Oh aku pernah nyoba gan, renyah dan gurih rasanya

kue nastar itu yang paling selalu ada


EmoticonEmoticon