5 Super Sentai yang Bertemakan Hewan Buas


Halo, gaes. Kali ini, MogiMogy pengen mengulas salah satu serial Tokusatsu Jepang yang sangat populer, yaitu Super Sentai. Mungkin, kalian sudah tidak terlalu asing dengan serial ini karena dulu waktu masih kecil serial ini seringkali ditayangkan di televisi.

Nah, dalam perjalanannya, Super Sentai sering mengangkat tema-tema yang beragam. Salah satu tema yang sering diangkat dan menjadi kekuatan para sentai ialah kekuatan hewan buas yang hidup di alam liar. Daripada kita berbasa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas bersama.

1. Hyakuju Sentai Gaoranger


Hyakuju Sentai Gaoranger ialah serial Super Sentai kedua puluh lima yang diproduksi oleh Toei Company dan ditayangkan di Jepang pada tahun 2001 hingga tahun 2002. Serial ini juga diadaptasi menjadi Power Rangers di Amerika, yaitu Power Rangers Wild Force.

Cerita dari Super Sentai ini adalah pertarungan antara Gaoranger melawan para Org. Pertarungan antara manusia dan para Org ini pernah terjadi seribu tahun yang lalu. Dengan bantuan dari The Power Animals, para ksatria Gao kuno berhasil mengalahkan pemimpin Org, Hyakkimaru dan berhasil menyegelnya. Namun, Org bangkit kembali dan berbuat kerusakan di bumi. Kelima ksatria telah dipilih oleh The Power Animal dan menjadi generasi baru dari Gaoranger untuk melindungi kehidupan di bumi.

Para Gaoranger tersebut ialah Kakeru sebagai GaoRed dengan kekuatan singa, Gaku sebagai GaoYellow dengan kekuatan Elang, Kai sebagai GaoBlue dengan kekuatan Hiu, Sotaro sebaga GaoBlack dengan kekuatan Bison, dan Sae sebagai GaoWhite dengan kekuatan Harimau. Selain kelima orang tersebut, adalagi yaitu Ogami sebagai GaoSilver yang berkekuatan Serigala. Untuk berubah menjadi Gaoranger, mereka menggunakan sebuah telepon yang bernama G-Phone.

Dalam series ini, terdapat banyak Mecha yang dapat bergabung dan membentuk robot yang bervariasi. Beberapa mecha tersebut antara lain ialah GaoLion, GaoEagle, GaoShark, GaoBison, GaoTiger, GaoElephant, GaoBear, GaoPolar, GaoWolf, GaoAlligator, dan lain-lain.

2. Choujuu Sentai Liveman


Chouju Sentai Liveman ialah serial Super Sentai kedua belas yang diproduksi oleh Toei Company dan ditayangkan di Jepang pada tahun 1988 hingga tahun 1989. Serial ini juga merupakan Super Sentai pertama yang mengusung tema hewan.

Cerita dari Liveman berlokasi di sebuah pulau Academia yang merupakan tempat sekaligus sekolah dari para ilmuwan. Namun, suatu hari murid terbaik di sekolah tersebut, yaitu Tsugikata, Senda, dan Omura meninggalkan sekolah tersebut dan bergabung dengan Volt, musuh yang ingin membunuh manusia.

Untuk mengantisipasi serangan tersebut, Yusuke, Joh, dan Megumi yang merupakan teman dari ketiga pengkhianat tersebut, membuat sebuah proyek untuk mengeksplorasi luar angkasa. Mereka pun juga berubah menjadi Liveman untuk melawan ketiga mantan  temannya dan juga pasukan Volt. Beberapa waktu kemudian, Tetsuya dan Junichi yang merupakan adik dari Takuji dan Mari yang dibunuh oleh Tsugikata ikut bergabung dan berubah menjadi Liveman.

Berikut ini adalah formasi dari Liveman, yaitu Yusuku sebagai Red Falcon, Joh sebagai Yellow Lion, Megumi sebagai Blue Dolphin, Tetsuya sebagai Black Bison, dan Junichi sebagai Green Sai. Mereka juga memiliki beberapa robot yang merupakan gabungan dari mecha mereka yang terdiri dari Jet Falcon, Land Lion, Aqua Dolphin, Bison Liner, dan Sai Fire.

3. Seijuu Sentai Gingaman


Seijuu Sentai Gingaman adalah Super Sentai keduapuluhdua yang diproduksi oleh Toei dan ditayangkan di Jepang pada tahun 1998 hingga tahun 1999. Super Sentai ini juga diadaptasi menjadi Power Rangers Lost Galaxy.

Cerita dari Super Sentai ini ialah pertarungan melawan Barban, bajak laut luar angkasa. The Starbeast (hewan buas luar angkasa) dan juga Gingaman generasi pertama dapat menyegel pasukan Barban dengan kekuatan Bumi. Kemudian, orang-orang Ginga hidup di hutan mereka yang tersembunyi dari kehidupan luar dan mengemban kewajiban sebagai ksatria Ginga dari generasi ke generasi.

Namun, sebuah gempa bumi raksasa telah membangkitkan segel dari Barban tersebut. Para ksatria pengguna pedang Starbeast yang telah dipilih pun diminta untuk mengambil gelang Ginga yang tersembunyi dibalik gunung Roaring. Sayangnya, Hyuga salah satu dari mereka jatuh ke jurang karena serangan Barban dan akhirnya digantikan oleh Ryuma, adiknya. Ryuma dan kawan-kawannya pun berubah menjadi Gingaman dengan gelang tersebut. Para Gingaman bertarung bersama melawan Barban untuk mencegah kebangkitan monster raksasa yang bernama Daitanix.

Formasi dari Super Sentai ini ialah Ryouma sebagai GingaRed dengan kekuatan GingaLeon, Hayate sebagai GingaGreen dengan kekuatan Gingalcon, Gouki sebagai GingaBlue dengan kekuatan Gingarilla, Hikaru sebagai GingaYellow dengan kekuatan GingaVerick, dan Saya sebagai GingaPink dengan kekuatan Gingat. Selain itu, mereka juga dibantu oleh Hyuuga yang berubah menjadi Black Bull (ksatria banteng hitam).  

4. Juken Sentai Gekiranger


Juken Sentai Gekiranger merupakan serial Super Sentai ketiga puluh satu yang diproduksi oleh Toei dan ditayangkan pertama kali di Jepang pada tahun 2006 sampai 2007. Serial ini kemudian diadaptasi menjadi Power Rangers Jungle Fury. Super Sentai ini menggabungkan antara Kung Fu dengan motif Wild Cat (kucing liar).

Dalam serial ini diceritakan bahwa empat ribu tahun yang lalu terdapat sebuah bela diri di Tiongkok yang bernama Beast-Fist. Seni bela diri ini diciptakan oleh sepuluh orang. Seni bela diri ini meniru kemampuan dair binatang dan dapat mencapai kedamaian spiritual. Akan tetapi, terjadi perselisihan pendapat. Tiga di antara mereka percaya bahwa mereka harus mengunakan kebencian dan penderitaan untuk meningkatkan kemampuan mereka dan menggunakan kemampuan itu untuk mengambil bentuk monster mereka, The Three Demons. Tujuh yang lain berpendapat bahwa kekuatan itu berasal dari dalam diri mereka dan digunakan untuk kebaikan.

Mereka pun akhirnya bertempur dan ketujuh orang itu menggunakan teknik terlarang untuk menyegel ketiga mantan temannya dan akhirnya kehilangan bentuk manusia dan menjadi Fist Sage. Pengikut dari Fist Sage tersebut kemudian mendirikan the Fierce Beast-Fist Beast Arts School yang mengajarkan keadilan dan meningkatkan disiplin kekuatan diri sesuai ajaran Master Sha-Fu. Sementara itu, pengikut dari Three Fist Demons berlatih bela diri iblis Beast-Fist dan bernama Confrontation Beast-Fist Akugata. Untuk melawan Cronfrontation Beast-Fist Akugata tersebut, Master Sha-Fu telah melatih dua muridnya yang masih muda, yaitu Ran Uzaki dan Retsu Fukami. Bersama dengan Jan Kandou yang tumbuh dan dibesarkan oleh harimau, mereka membentuk tim Gekiranger untuk menyelamatkan dunia.

Formasi dari Gekiranger adalah sebagai berikut: Jan Kandou sebagai GekiRed dengan kekuatan harimau, Ran Uzaki sebagai GekiYellow dengan kekuatan Cheetah, Retsu Fukami sebagai GekiBlue dengan kekuatan Jaguar. Selain mereka, ada juga Gou Fukami sebagai GekiViolet dengan kekuatan serigala dan Ken Hisatsu sebagai GekiChopper dengan kekuatan serigala.

5. Doubutsu Sentai Zyuohger


Doubutsu Sentai Zyuohger adalah serial Super Sentai keempat puluh yang diproduksi oleh Toei Animation dan ditayangkan di Jepang pada tahun 2016 hingga 2017.

Awal cerita dari serial ini adalah tentang seorang ahli zoologi yang bernama Yamato Kazakiri. Ia tersesat di Zyuland, dunia lain yang terletak di bumi. Di sana, dia bertemu dengan empat Zyuman – hewan antropomorfik sapient.

Sementara itu, dunia manusia tengah diserang oleh kelompok penjahat ruang angkasa yang bernama Deathgalien di bawah pimpinan Ginis, pencipta permainan Blood Game yang ganas. Dengan kapalnya Sagittari Ark, Deathgaliens mengirim monster untuk menyerang bumi. Hal itu membuat Yamato dan para Zyuman geram. Mereka tidak dapat memaafkan perbuatan Deathgalians. Atas dasar kebanggaan sebagai makhluk bumi, insting kelima orang ini pun bangkit dan mereka berubah menjadi Zyuohger. Dengan King’s Credentials di tangan mereka, manusia dan Zyuman akhirnya bergabung bersama untuk melindungi rumah mereka.

Formasi dari Zyuohger adalah sebagai berikut: Yamato sebagai Zyuoh Eagle, Sela sebagai ZyuohShark, Leo sebagai Zyuoh Lion, Tusk sebagai Zyuoh Elephant, Amu sebagai Zyuoh Tiger. Selain itu, ada juga Misao yang berubah menjadi Zyuoh The World dan Bud yang berubah menjadi Zyuoh Bird.
*****
Nah, mungkin itu saja ya gaes beberapa Super Sentai yang mengangkat tema hewan buas. Semoga artikel ini menghibur dan menambah referensi kalian mengenai Super Sentai ya gaes. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon