12 Ras yang Muncul di Dunia One Piece



Dunia One Piece merupakan dunia yang sangat luas meliputi berbagai macam pulau di berbagai wilayah lautan. Selain dari ras manusia. terdapat banyak karakter-karakter dari berbagai macam ras yang muncul di sepanjang cerita. Sebagian dari ras tersebut memiliki keunggulan, contohnya Fish-men yang dapat berenang bebas di dalam air dan kekuatan mereka meningkat ketika berada di dalam air.

Nah, mungkin sebagian dari kalian sudah bisa menebak ras-ras apa sajakah itu. Saya sudah membuat daftar ras yang muncul di dunia One Piece berikut ini. Langsung saja kuy kita bahas.

1. Manusia (Humans)
Manusia adalah ras yang paling mendominasi di dunia One Piece. Mereka memiliki karakter masing-masing. Ada yang jahat dan juga buruk. Karakter dari ras ini seperti manusia normal pada umumnya dan tidak memiliki kemampuan khusus dibandingkan dengan ras lainnya. Meskipun demikian, tinggi dan karakteristik tubuh manusia normal itu bervariasi, antara dua hingga delapan meter.

Mereka juga aktif di bidang politik, pengembangan, serta menguasai dunia One Piece. Ras ini juga terbagi lagi menjadi beberapa suku yang diperlihatkan dalam cerita, seperti suku Kumate, suku Kuja, suku Torino, dan Tenryuubito yang memiliki hak dan kewenangan khusus karena mereka keturunan pencipta dunia.

2. Manusia Ikan (Fish-Men)
Manusia ikan merupakan salah satu ras yang memiliki ciri-ciri seperti ikan dan juga hewan chepalopod, seperti gurita dan cumi-cumi. Mereka tinggal di pulau manusia ikan yang terletak dengan kedalaman 10.000 meter bawah laut. Meskipun mereka minoritas dan mendapatkan diskriminasi dari manusia yang hidup di atas, manusia ikan memiliki kekuatan 10 kali lipat dibandingkan manusia biasa. Mereka juga memiliki keunggulan ketika bertarung di air dan di darat.

Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan khusus sesuai dengan jenis spesies ikan mereka. Contohnya, Arlong yang berasal dari spesias ikan hiu, ia dapat menumbuhkan gigi taring dengan sangat cepat juga Hachi sang gurita yang dapat mengeluarkan tinta hitam seperti gurita pada umumnya. Tak hanya itu, para manusia ikan juga memiliki teknik Martial Arts khusus yang bernama Fish-men Karate.

3. Duyung (Merfolk)
Duyung masih memiliki keterikatan dengan Fish-men, hanya saja bentuk fisik duyung adalah setengah manusia dan setengah ikan yang memiliki ekor. Keunggulan utama seekor duyung adalah mereka dapat berenang dengan sangat cepat di dalam air melebihi manusia ikan. Di samping itu, duyung juga memiliki harga yang sangat mahal di pelelangan manusia ikan, khususnya duyung-duyung muda yang masih cantik. Contoh duyung/merfolk yang muncul di dunia One Piece adalah Chamie, Aladdin, Praline, Madam Sharly.

4. Raksasa (Giant)
Raksasa merupakan salah satu ras yang muncul di dunia One Piece. Dilihat dari segi fisik, mereka hampir mirip seperti manusia normal pada umumnya. Hanya saja, tinggi dan besar mereka yang dapat mencapai puluhan meter. Di samping itu, mereka juga memiliki umur yang sangat panjang dibandingkan manusia biasa, yaitu bisa sampai 300 tahun.
Para raksasa ini mayoritas berasal dan pulau Elbaf, pulau para ksatria yang menjunjung tinggi kehormatan diri. Bagi para raksasa Elbaf, kehormatan itu lebih penting dibandingkan nyawa mereka. Selain raksasa dari Elbaf, ada juga raksasa kuno yang asal-usulnya masih misterius, seperti Oars dan Oars Junior.

5. Penduduk Langit (Skypieans People)
Penduduk langit ini tinggal di pulau Skypiea yang berada di atas ketinggian 10.000 meter dari permukaan laut. Salah satu ciri utama dari penduduk langit yang membedakan mereka dengan manusia biasa adalah sayap.

Yup, para penduduk langit memiliki sepasang sayap di balik punggung mereka. Hanya saja, mereka terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu suku Shandia, penduduk Skypiea, dan suku Birca. Mereka sama-sama memiliki sayap, tetapi karakteristik sayap mereka berbeda-beda. Sayap suku Shandia dan Skypiea hampir mirip dan sama-sama mengarah ke atas, sedangkan sayap suku Birca menghadap ke bawah.

6. Kurcaci (Dwarfs)
Kurcaci merupakan salah satu ras langka di dunia One Piece. Mereka memiliki tubuh yang sangat mungil dan mini serta hampir tidak bisa dilihat manusia karena mereka mampu bergerak dengan sangat cepat. Sejauh ini, ras kurcaci yang diperlihatkan di dalam cerita One Piece adalah suku Tontatta yang tinggal di Green Bit, pulau terpencil di dekat Dressrosa.

Selain dapat bergerak dengan cepat, suku Tontatta ini memiliki kekuatan super. Terbukti, ketika Wicka memukul dada Zoro dengan sangat keras dan membuat Zoro berkata bahwa tulang-tulangnya hampir remuk karena pukulan itu. Selain itu, karakteristik lain dari suku ini adalah mereka memiliki ekor.

7. Suku Mink
Suku Mink adalah ras yang memiliki karakteristik seperti hewan berbulu, contohnya adalah kambing, kucing, anjing, dan mamalia lainnya. Mereka tinggal di sebuah pulau bernama Zou yang merupakan gajah raksasa yang terus berjalan di lautan secara misterius. Suku ini merupakan petarung yang sudah dilatih sejak kecil. Mereka sangat kuat sekaligus memiliki kekuatan khusus yaitu menciptakan sebuah elektrifikasi yang dapat digunakan untuk menyengat musuhnya dengan listrik. Kekuatan mereka akan meningkat berkali-kali lipat ketika mereka berubah ke dalam mode Sulong saat bulan purnama.

Suku Mink juga berafiliasi dengan keluarga Kouzuki dari Wanokuni. Raja mereka, Inuarashi dan Nekomamushi merupakan salah satu anggota dari Red Scabbard yang menjadi pengikut setia Kouzuki Oden.

8.Suku Tangan Panjang (Longarm Tribe)                                                                             
Suku tangan panjang merupakan suku yang memiliki dua siku. Mereka memiliki tangan yang abnormal karena panjangnya yang tidak seperti manusia normal pada umumnya. Mereka pernah diperlihatkan melakukan penyerangan di sebuah negara bernama Harahettania di pulau Namakura. Penampilan mereka terlihat seperti menggunakan pakaian bermotif china. Selain itu, mereka juga mengalami konflik dengan suku kaki panjang sejak ribuan tahun. Contoh karakter dari suku tangan panjang ialah Ideo dan Schratchmen Apoo.

9. Suku Kaki Panjang
Seperti suku tangan panjang, suku ini mirip seperti manusia, tetapi mereka memiliki kaki yang sangat panjang dan abnormal sehingga mereka terlihat sangat tinggi. Meskipun mereka memiliki kekuatan yang sangat kuat di kaki mereka, tetapi kaki mereka juga bisa menjadi titik kelemahan mereka. Seperti penjelasan sebelumnya, suku ini mengalami konflik sejak ribuan tahun yang lalu dengan suku tangan panjang. Beberapa karakter dari suku kaki panjang adalah Tamago dan Blue Gills.

10. Suku Leher Ular
Suku leher ular merupakan suku yang memiliki leher yang sangat panjang. Bentuk fisik mereka yang lain juga kurang lebih sama dengan manusia normal pada umumnya. Mereka biasanya memiliki tubuh yang ramping. Suku ini pertama kali disebutkan pada saat Shabaody Arc ketika Duval memberikan daftar harga bisnis perbudakan kepada Sanji dan pertama kali diperlihatkan di Whole Cake Island.

11. Suku Mata Tiga
Suku mata tiga merupakan salah satu ras di dunia One Piece yang memiliki mata tiga. Sejauh ini, hanya Pudding yang termasuk ke dalam suku ini. Konon, apabila kekuatan dari mata ketiga ini sudah bangkit, dia akan mampu mendengar segala macam suara, seperti Poneglyph dsb.

12. Campuran (Hybrid)
Selain ras yang telah disebutkan di atas, adalagi ras hybrid yang muncul di One Piece. Ras ini merupakan campuran dari dua ras, contohnya Wotan yang merupakan keturunan campuran raksasa dan manusia ikan. Pencampuran dua ras ini akan menghasilkan karakter yang memiliki ciri khas dari kedua ras tersebut.
****
Nah, mungkin itu saja ya gaes beberapa ras yang muncul di dunia One Piece. Sebenarnya ada beberapa ras lain yang masih misterius, seperti Morgans yang memiliki bentuk fisik seperti burung dan Kawamatsu seekor Kappa. Namun, paling tidak kita mengetahui ras yang paling sering muncul di dunia One Piece secara umum.

Baik, sekian dulu yang bisa saya share kali ini. Terima kasih atas perhatian dari kalian. Thanks.


EmoticonEmoticon