Tips-Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Agar Tepat dan Nyaman Digunakan di Rumah



Pada saat ini, mencuci tangan secara rutin adalah salah satu langkah efektif dalam mencegah persebaran virus Corona, selain menggunakan masker dan jaga jarak. Riset membuktikan bahwa sabun cuci tangan memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dalam membunuh virus dibandingkan dengan penggunaan hand sanitizer.

Namun, dalam memilih sabun cuci tangan yang hendak kita gunakan, sebaiknya sobat perlu mempertimbangkan beberapa hal agar sobat bisa merasa nyaman ketika menggunakannya. Nah, kali ini saya ingin memberikan beberapa tips yang bisa sobat lakukan dalam memilih sabun cuci tangan. Yuk, kita lihat bersama-sama.

1. Tentukan jenis sabun cuci tangan yang ingin digunakan
Hal pertama yang harus sobat pertimbangkan adalah jenis sabun cuci tangan yang ingin sobat gunakan. Ada tiga jenis sabun cuci tangan dengan karakteristik masing-masing, yaitu jenis cair, jenis foam, dan botol dengan sensor otomatis.

Sabun jenis cair cenderung memiliki konsentrasi detergen yang tinggi karena lebih kental dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, sabun jenis ini lebih cocok digunakan didapur, khususnya setelah sobat memasak ikan yang amis.

Berbeda dengan sabun jenis cair, sabun cuci tangan jenis foam lebih praktis dan hemat waktu karena sobat tidak perlu menggosok tangan berkali-kali untuk menimbulkan busa. Selain itu, sabun jenis ini juga cocok digunakan untuk anak-anak yang baru belajar mencuci tangan.

Jenis yang ketiga adalah botol dengan sensor otomatis. Keuntungan dari penggunaan sabun jenis ini adalah sobat dapat menggunakan sabun ini tanpa perlu menyentuhnya terlebih dulu sehingga lebih higienis. Namun,  sobat perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk menggunakan sabun jenis ini.

2. Bacalah komposisi dari sabun cuci tangan dengan teliti
Tips yang kedua, bacalah komposisi atau kandungan yang terdapat dalam sabun cuci yang hendak sobat gunakan. Sabun cuci tangan pada umumnya memiliki kandungan surfaktan yang dapat mengangkat kuman, virus, dan bakter lalu membuangnya bersama bilasan air ketika mencuci tangan.

Sobat bisa melihat jenis bahan surfaktan yang digunakan, contohnya adalah Sodium Lauryl Sulfat (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (Sodium Laureth Sulfate). Selain itu, beberapa produk sabun cuci tangan juga dilengkapi dengan zat anti bakteri yang lebih ampuh dalam membunuh virus dan kuman. Dengan mengetahui komposisi sabun, sobat bisa lebih bijak dalam menentukan produk yang hendak dibeli. Utamakan produk yang sudah teruji secara klinis untuk menjaga kesehatan keluarga sobat.

3. Pertimbangkan kemungkinan timbulnya alergi dan iritasi pada kulit, khususnya pada anak-anak
Salah satu manfaat mengetahui komposisi produk sabun adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti alergi atau iritasi kulit. Sebagian orang biasanya memiliki kulit yang sensitif terhadap zat-zat atau kandungan kimia yang terdapat pada produk sabun.

Buat sobat yang memiliki keluarga atau anak kecil yang memiliki alergi kulit, sobat tentu harus lebih berhati-hati dalam memilih produk sabun cuci tangan. Jika ada kendala seperti ini, sebaiknya sobat berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran dan rekomendasi agar sobat tahu secara spesifik terkait zat yang menyebabkan alergi.

4. Pilih warna dan aroma yang sesuai dengan selera
Meskipun tidak terlalu signifikan, pemilihan warna juga perlu sobat pertimbangkan sesuai dengan selera sobat. Selain itu, sabun cuci tangan biasanya memiliki berbagai macam pilihan aroma. Pilihlah aroma yang harum, segar, dan wangi. Selain tangan kita menjadi bersih dan harum, sobat juga akan merasa nyaman ketika mencuci tangan.
***
Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam artikel kali ini. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu sobat dalam memilih sabun cuci tangan yang tepat untuk digunakan di rumah. Sekian dari saya. Thanks.

Previous Post Next Post

Contact Form