Info Lengkap Mengenai Nen dan Jenis-Jenisnya dalam Cerita Hunter x Hunter



source: gritdaily

Di dunia Hunter x Hunter, terdapat sebuah kekuatan khusus yang disebut Nen atau biasa dikenal dengan istilah aura. Kemampuan Nen ini memungkinan penggunanya untuk memanipulasi energi yang terdapat dalam dirinya.

Berdasarkan penuturan dari Wing, setiap individu terlahir dengan kekuatan Nen mereka masing-masing. Pada artikel ini, MogiMogy pengen mengulas seluk beluk mengenai Nen dalam anime Hunter x Hunter secara lengkap. Yuk, kita kupas tuntas bareng-bareng.

Teknik-Teknik Dasar Nen
Untuk menguasai Nen, seseorang harus terlebih dahulu menguasai teknik-teknik dasar Nen. Teknik dasar tersebut antara lain adalah sebagai berikut

source: hxh-lands
1) Ten
Teknik yang digunakan untuk mempertahankan aura di sekitar tubuhnya dan mengendalikan aliran aura yang keluar agar tidak cepat habis. Teknik ini juga merupakan pertahanan paling dasar untuk menahan serangan fisik dan emosional dari pengguna Nen lain.

2)  Zetsu
Teknik untuk menghentikan aliran aura yang keluar dari tubuh secara serentak. Orang yang mahir menggunakan Zetsu dapat dengan mudah mengenali aura atau keberadaan orang lain karena dia tidak dalam kondisi dikelilingi oleh Nen miliknya sendiri.
3) Ren
Teknik ini hampir mirip dengan teknik Ten, tetapi teknik ini lebih kuat dan tebal. Ketika seseorang mampu menguasai Ren, orang tersebut mampu mengeluarkan aura dalam jumlah besar dan mengontrolnya. 

4) Hatsu
Teknik terakhir yang harus dicapai sebelum menguasai Nen adalah Hatsu. Ketika telah menguasai Hatsu, orang tersebut akan mampu memproyeksikan aura secara spesifik. Hatsu yang baik dapat mencerminkan pengguna Nen tersebut.

Tipe-Tipe Nen

source: hunterxhunter

Setelah menguasai keempat teknik dasar tersebut, seseorang dapat menggunakan Nen dengan baik dalam pertempuran. Nen sendiri memiliki berbagai macam tipe. Ada enam tipe Nen yang ada dalam cerita Hunter x Hunter, yaitu sebagai berikut.

a. Kyoka (Enhancement)

source: cbr

Kyoka merupakan tipe Nen yang memiliki serangan dan pertahanan yang seimbang. Pada dasarnya, pengguna Kyoka merupakan pengguna Nen tipe fisik. Mereka dapat memperkuat diri sendiri atau objek tertentu dengan memanipulasi aura mereka.

Pada tes air dengan selembar daun di atasnya, orang yang memiliki tipe Nen ini akan membuat air yang ada di dalam gelas bertambah volume-nya. Contoh kasus adalah Gon yang membuat menyebabkan air di gelas meluap hingga gelas tersebut retak. Pengguna Nen tipe ini biasanya memiliki sifat yang jujur dan memiliki tekad yagn besar. Beberapa karakter HxH yang menggunakan tipe Nen ini adalah Gon, Netero, Uvogin, Phinx, dan Nobunaga.

b. Emission (Hoshutsu)

source: hunterxhunter

Pemilik Nen ini membuat penggunanya mampu mengendalikan auranya saat terpisah dari tubuh. Pengguna Nen tipe ini mampu memisahkan aura dari tubuhnya dalam jangka waktu yang lama. Dalam praktiknya, pengguna Nen ini mampu menciptakan tembakan energi. Uniknya, serangan pengguna Nen ini sangat berbahaya bagi orang yang belum pernah belajar Nen.

Ketika di tes di air, pengguna Emission biasanya akan membuat warna air di dalam gelas berubah. Menurut Hisoka, sifat dari pengguna Nen ini adalah orang yang tidak sabaran dan meledak-ledak. Contoh dari pengguna Nen ini adalah Razor, Leorio, dan Franklin.

c. Transmutation (Henka)

source: asapland

Kemampuan utama dari pemilik Nen tipe ini adalah dia mampu meniru benda atau objek lain. Pengguna Transmutation dapat mengatur unsur yang ingin mereka tiru. Sebagai contoh, Killua dapat mengubah Nen miliknya menjadi listrik atau Hisoka yang bisa memanipulasi aura miliknya menjadi Bungee Gum yang elastis seperti permen karet.

Pada tes air, pengguna Nen tipe ini akan membuat rasa air tersebut berubah. Contohnya Killua yang membuat rasa air itu menjadi manis ketika mengetes tipe Nen miliknya. Menurut Hisoka, karakter dengan tipe Nen ini memiliki karakteristik yang eksentrik, cenderung penuh tipu daya, dan mood-nya gampan berubah. Contoh dari pengguna Nen tipe ini adalah Killua, Hisoka, Machi.

Baca juga: Info Lengkap Daftar Karakter Utama Samurai 7

d. Manipulation (Sosa)


Tipe Nen yang satu ini cukup unik karena pengguna Nen ini mampu mengendalikan benda lain, baik itu benda hidup maupun benda mati. Akan tetapi, untuk mengaktifkan kekuatan tersebut biasanya diperlukan syarat tertentu. Jika yang dikendalikan adalah objek hidup, mereka hanya bisa mengontrol tubuhnya saja, tidak dengan pikirannya.

Ketika di tes, pengguna Nen tipe ini akan menyebabkan daun di atas gelas bergerak. Menurut Hisoka, pengguna tipe Nen yang satu ini memiliki sifat yang logis dan pintar. Contoh dari pengguna Nen ini adalah Shalnark, Zushi, Morel, dan Illumi.

e. Gugenka (Conjuration)


Pengguna Nen tipe ini mampu menciptakan suatu benda dari aura miliknya. Benda yang diciptakan normalnya berupa sejata yang biasa digunakan untuk bertarung. Uniknya, senjata yang diciptakan oleh pengguna Gugenka memiliki efek kekuatan khusus yang bisa digunakan dengan syarat tertentu. Sebagai contoh adalah Kurapika dengan rantai miliknya Shizuku dengan penyedot debu spesialnya, Kite dengan senjata sabitnya.

Pada tes air, pengguna Nen tipe ini akan menyebabkan munculnya partikel semacam kristal di air tersebut. Pengguna Nen tipe ini memiliki sikap dengan emosi datar, serius atau mudah gugup. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengguna dari tipe Nen ini contohnya adalah Kurapika, Shizuku, dan Kite.

f. Specialization (Tokushitsu)


Dibanding kelima tipe Nen yang lain, Nen yang satu ini sangatlah spesial dan hanya orang-orang tertentu yang bisa memilikinya. Pengguna Nen ini berpotensi untuk menguasai kelima Nen lainnya. Beberapa contoh uniknya dari tipe Nen ini adalah kemampuan Chrollo yang dapat mencuri kemampuan lawan atau teknik Chain Judgement milik Kurapika.

Ketika dites menggunakan air, Nen ini akan memiliki reaksi yang berbeda dan tidak bisa ditebak, misalnya air tes menjadi mendidih dan berbau tidak enak. Selain itu, pemilik dari Nen ini biasanya memiliki sikap yang karismatik dan independen. Contoh dari pemilik Nen ini adalah Chrollo, Knuckle, Kurapika, dan Neon Nostrade, dan Pakunoda.
***
Nah, mungkin itu saja ya gaes informasi seputar Nen dalam cerita Hunter x Hunter yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga menghibur dan menambah wawasan kalian ya. Thanks atas kunjungannya.

Baca juga: 12 Bankai Paling Berbahaya dalam Cerita Bleach

0 Response to "Info Lengkap Mengenai Nen dan Jenis-Jenisnya dalam Cerita Hunter x Hunter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel