Tips-Tips untuk Mengajari Anak Usia Dini tentang Manfaat dan Pentingya Bekerja Sama


manfaat kerja sama
source: pixabay

Mengajarkan arti dan manfaat kerja sama kepada anak usia dini memang bukan perkara yang mudah. Anak-anak usia dini memang biasanya memiliki sikap yang egois dan suka asyik dengan dunianya sendiri. Oleh sebab itu, mengajari anak tentang kerja sama sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengapa penting mengajari anak cara bekerja sama?
Dilansir dari Theschoolrun, Claire Halsey psikolog dan konsultan parenting menjelaskan bahwa anak-anak perlu belajar untuk memberi dan menerima, berbagi kepada orang lain, dan berusaha memahami kekuatan mereka dan menghargai kekurangan orang lain. Hal ini merupakan skill utama yang harus dimiliki oleh anak dalam kehidupan social.

Kemampuan bekerja sama ini penting untuk dipelajari oleh anak karena skill ini akan sangat dibutuhkan ketika mereka dewasa nanti. Buat kalian yang saat ini memiliki anak usia dini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan di rumah untuk mengajari anak manfaat dan pentingnya bekerja sama.

1. Selalu libatkan anak dalam aktivitas di rumah
Rumah merupakan salah satu tempat yang sangat krusial dalam tumbuh kembang anak karena rumah adalah lingkungan pertama yang membentuk karakter dan kepribadian anak. Sebagai orang tua, kita sebaiknya memberikan suasana yang nyaman bagi anak dan tidak membuat anak tertekan.

Salah satu cara utama untuk mengajari cara bekerja sama kepada anak di rumah adalah dengan cara melibatkan mereka di setiap aktivitas, misalnya ketika kita memasak, bersih-bersih rumah, atau pada saat anak mengerjakan PR di rumah. Kita bisa menyuruh mereka untuk melakukan hal-hal kecil yang mampu dilakukan oleh mereka.

2. Biarkan anak bermain dengan teman sebaya di luar rumah
Di usia dini, anak paling suka yang namanya bermain, khususnya dengan teman sebaya mereka. Sebagai orang tua, kita jangan terlalu mengekang kebebasan mereka dan sesekali membiarkan mereka beraktivitas di luar rumah.

Beraktivitas dengan teman sebaya mereka akan mengajari mereka untuk bersosialiasi. Mereka juga akan belajar beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka. Contoh aktivitas di luar rumah yang baik untuk anak adalah olahraga ringan, seperti bermain bola, bermain masak-masakan, dan sejenisnya.

3. Berikan kata-kata nasihat kepada anak untuk selalu menghargai orang lain
Memberi nasihat adalah salah satu peran penting orang tua agar anaknya bisa tumbuh baik dan sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat. Jangan sampai kita larut dengan kesibukkan kita dan lupa mengajari anak kita tentang hal-hal yang penting untuk mereka ketahui!

Agar anak mau bekerja sama dan berempati kepada orang lain, kita bisa memberikan nasihat kepada mereka tentang sisi positif dari bekerja sama. Selain itu, kita juga harus memberikan contoh yang baik di depan anak karena mereka adalah peniru yang unggul.

4. Ajak anak menonton film tentang persahabatan dan arti kerja sama
Sebagai orang tua, kita harus jeli dalam menentukan tayangan bagi anak. Saat ini, ada banyak tayangan yang kurang mendidik baik itu di televise maupun di Youtube. Carilah tayangan anak-anak yang mampu memberikan pesan positif bagi anak, khususnya tentang bekerja sama! Contohnya adalah film mengenai superhero yang saling bekerja sama dalam menumpas kejahatan atau film-film edukasi lainnya, seperti Keluarga Cemara.

5. Sering-sering mendongengkan cerita anak-anak sebelum tidur
Salah satu aktivitas yang mungkin terlihat kuno dan saat ini mulai pudar adalah kebiasaan mendongeng sebelum tidur. Anak-anak sangat senang mendengarkan cerita apalagi ketika mereka mau tidur. Kalian bisa membacakan cerita-cerita anak yang mengandung pesan moral yang bagus. Ada banyak dongeng menarik di internet yang bisa kalian sampaikan ke anak.
***
Nah, mungkin itu saja tips-tips yang bisa dicoba untuk mengajarkan arti pentingnya bekerja sama. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kita dan membuat anak menyadari manfaat apabila mereka bisa bekerja sama dengan orang lain. Thanks atas kunjungannya.

0 Response to "Tips-Tips untuk Mengajari Anak Usia Dini tentang Manfaat dan Pentingya Bekerja Sama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel