10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia


source: pixabay

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer dan dicintai banyak orang. Selain itu, kopi juga menjadi komoditas penting di beberapa negara dalam perdagangan dunia untuk meningkatkan devisa negara. Saat ini, kopi banyak dicari di seluruh dunia untuk keperluan coffe shop, kafe, dan juga industri terkait produk yang berbahasan dasar kopi.

Nah, kali ini MogiMogy ingin sharing seputar sepuluh negara penghasil kopi terbesar di dunia pada tahun 2020 berdasarkan informasi dari elevencoffes yang disajikan sebagai berikut. Langsung kita lihat bersama yuk.

1. Brazil

Brazil merupakan negara penghasil kopi terbaik dan terbesar dunia dengan jumlah produksi hingga mencapai 3.558.000 metrik ton. Brazil memang sudah dikenal sebagai pemasok kopi terbesar di dunia sejak tahun 1830. Karena besarnya jumlah produksi kopi di sana, 30% kopi yang dijual di dunia saat ini berasal dari Brazil.  

Jenis kopi yang paling dominan diproduksi adalah Arabika dengan presentase 69% dan Robusta dengan presentase 31%. Perkebunan kopi di Brazil terpusat di beberapa wilayah utama, seperti Sao Paulo, Bahia, Rio de Janeiro,

2. Vietnam

Negara kedua yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia adalah Vietnam. Negara tetangga Indonesia ini mampu memproduksi kopi sejumlah 1.830.000 metrik ton. Selain itu, Vietnam juga menguasai 17% pasar kopi dunia. Di masa lalu, Vietnam pernah menjadi penghasil kopi terbesar di dunia, tetapi negara ini sempat vakum karena imbas dari perang Vietnam.

Berbeda dengan Brazil yang unggul dengan kopi Arabika, mayoritas kopi yang diproduksi di Vietnam berjenis Robusta dengan presentase 95%, sisanya Arabika yaitu 5%. Wilayah perkebunan kopi di Vietnam hampir tersebar di berbagai daerah, khususnya di Central Highland dan Vietnam bagian selatan.

3. Kolombia

Di posisi ketiga, ada Kolombia yang memproduksi kopi dengan total 858.000 ton. Kopi dari negara ini menguasai sekitar 8% di pasar kopi dunia. Berbeda dengan Vietnam yang dominan menghasilkan kopi berjenis Robusta, negara Kolombia hanya memproduksi kopi Arabika dan bisa dikatakan sebagai negara penghasil Arabika terbesar kedua di dunia.

Karena itulah, kopi Arabika dari Kolombia sangat digemari oleh penikmat kopi dan dipercaya sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Wilayah penghasil kopi di Kolombia tersebar di berbagai daerah, seperti Antioquia, Caldas, Cauca, Cundinamarca, dan beberapa daerah lainnya.

4. Indonesia

Negara kita yang tercinta ini menduduki peringkat keempat sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Total produksi kopi yang dihasilkan dalam satu tahun di Indonesia mencapai 642.000 metrik ton. Selain itu, Indonesia juga menguasai 6% dalam perdagangan kopi di dunia.

Jenis kopi yang paling banyak diproduksi di Indonesia adalah kopi Robusta dengan presentase 91% dan sisaya adalah kopi Arabika. Uniknya, kopi di Indonesia pun juga sangat bervariasi dan memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu varian kopi Indonesia yang digemari di seluruh Indonesia adalah kopi luwak yang terkenal sangat enak. Beberapa wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Aceh, Toraja, Ijen, Kintamani, dan Mandailing.

5. Ethiopia

Sejak dulu, Ethiopia dikenal sebagai negara di benua Afrika yang pertama kali memproduksi kopi. Selain itu, banyak warga Ethiopia yang menggantungkan hidup dengan cara membudidayakan kopi sebagai penghasilan utama. Di samping itu, pemerintah setempat juga mendukung penuh para petani kopi di negara tersebut.

Ethiopia menghasilkan produksi kopi sejumlah 441.000 metrik ton dan menguasai 4% di pasar kopi dunia. Jenis kopi yang dihasilkan di Ethiopia mayoritas adalah kopi Arabika dengan berbagai varian. Wilayah di Ethiopia yang menghasilkan kopi contohnya adalah Addis Ababa, GImbi, Harrar, Jima, dan wilayah lainnya.

6. Honduras

Di posisi keenam, ada negara yang merupakan bagian dari Amerika Tengah, yakni Honduras. Letak negara ini tidak jauh dari garis khatulistiwa sehingga sangat cocok  untuk budidaya kopi. Honduras memproduksi kopi dengan total yang mencapai 390.000 metrik ton. Selain itu, negara ini juga menguasai 3% dari jumla kopi yang beredar di seluruh dunia.

Jenis kopi yang diproduksi di negara ini adalah kopi jenis Arabika. Namun, salah satu yang menarik adalah pemerintah Honduras kurang gencar dalam mem-branding kopi yang diproduksi terlepas dari fakta bahwa negara ini termasuk bagian dari penghasil kopi terbesar di dunia. Beberapa wilayah di Honduras yang memiliki kebun kopi adalah Agalta, Coamayga, Copan, dan El Paraiso.

7. India

Setelah Honduras, negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah India. Negara yang terkenal dengan film Bollywood ini memproduksi kopi dengan total 329.000 metrik ton dan memegang 3% di pasar kopi dunia. Hampir 98% petani kopi di India merupakan petani kecil. Selain itu, tanaman kopi juga ditanam bersama dengan kapulaga dan kayu manis karena keterbatasan lahan. Hal ini membuat kopi India memiliki aroma yang lebih pedas.

Di India, jenis kopi Robusta lebih mendominasi dengan presentase 73% dibandingkan Arabika yang hanya 27%. Selain itu, kopi di India rata-rata diekspor ke luar negeri karena kopi tidak terlalu populer di negara ini. Beberapa daerah di India yang menghasilkan kopi adalah Andhra Pradesh, Bababudangiri, Chimagalur, dan beberapa daerah lainnya.

8. Mexico

Mexico adalah satu-satunya negara di Amerika Utara yang menempati 25 negara terbesar dalam hal penghasil kopi. Total produksi kopi di negara ini adalah 273.000 metrik ton dan memegang sekitar 2,5% pasar kopi dunia.

Yang menarik adalah produksi kopi di Mexico pada tahun 1990 sempat turun drastis karena perjanjian perdagangan kopi internasional tidak lagi dijadikan sebagai acuan penetapan harga dan kuota ekspor. Jenis kopi yang paling banyak dihasilkan di Mexico adalah kopi Arabika dengan presentase 96% dan 4% sisanya adalah kopi Robusta. Beberapa wilayah penghasil kopi di Mexico adalah Chiapas, Oaxaca, dan Veracruz.

9. Peru

Peru menduduki posisi kesembilan sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Negara ini memproduksi kopi dengan total sebesar 270.000 metrik ton dan memegang 2,4% di pasar kopi dunia. Jenis kopi yang diproduksi di Peru seluruhnya adalah kopi dengan varian Arabika.

Uniknya, Peru merupakan salah satu negara baru dalam hal produksi kopi, tetapi Peru berhasil memperbaik tata cara penanaman dan perawatan pada tanaman kopi. Selain itu, produksi kopi di negara ini tidak semua diekspor, tetapi sebagian juga dikonsumsi masyarakat Peru yang mencintai minuman kopi. Daerah di Peru yang menghasilkan kopi adalah Cajamarca, Cusco, Juni, dan San Martin.

10. Uganda

Di peringkat sepuluh, ada Uganda yang merupakan negara Afrika setelah Ethiopia yang menjadi penghasil kopi terbesar di dunia. Negara ini mampu menghasilkan produksi kopi sejumlah 255.000 metrik ton dan memegang 2,4% dari total kopi yang beredar di dunia.

Jenis kopi yang paling dominan di Uganda adalah kopi Robusta dengan presentase 82% dan kopi Arabika dengan presentase 18%. Beberapa wilayah di Uganda yang menghasilkan kopi adalah Bugisu, Cental Lowlands, dan Uganda bagian barat.

References: elevencoffes, nibble.id, misterexportir.com

0 Response to "10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel