Klasifikasi Departemen Pembelajaran SMA U.A dalam Cerita Boku no Hero Academia


SMA U.A. merupakan sekolah pahlawan yang paling top di Jepang. Sekolah tersebut berfokus untuk mendidik para murid-murid berbakat yang ingin menjadi Pro Hero. Meskipun demikian, sekolah itu juga mempunyai jurusan di luar dunia kepahlawanan.

Ada empat jurusan atau departemen di SMA U.A. yang berfokus pada satu bidang studi. Penasaran? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Departemen Pahlawan

Departemen Pahlawan terbagi menjadi dua kelas, yaitu Kelas A dan B. Mereka yang berada di kelas tersebut mempunyai fokus utama untuk belajar tentang seluk beluk dunia kepahlawanan, seperti penggunaan Quirk, cara penyelamatan, dan hal-hal yang relevan lainnya. 

Dibandingkan belajar teori di kelas, mereka lebih sering melakukan praktik secara langsung di lapangan. Mereka biasa melakukan simulasi atau sesi latihan pertarungan yang melibatkan kerja sama tim atau kekuatan individu.

Meskipun kegiatan mereka berfokus pada pembelajaran untuk menjadi pahlawan, mereka juga dibekali dengan mata pelajaran lain, seperti Bahasa Inggris. 

2. Departemen Pendidikan Umum

Sesuai namanya, Departemen Pendidikan Umum berfokus pada proses pembelajaran secara umum yang mencakup Kelas C, D, dan E. Tujuan dari departemen itu adalah untuk mendukung para murid yang ingin pergi ke universitas atau tujuan lain yang sejenis.

Meskipun begitu, mereka yang berada di kelas tersebut bisa jadi adalah murid yang tidak lolos kualifikasi untuk menjadi pahlawan, seperti Shinso. Apabila ada murid yang punya potensi, dia bisa dipindah ke Departemen Pahlawan.

3. Departemen Pendukung

Departemen Pendukung mencakup Kelas F, G, dan H. Fokus utama departemen tersebut adalah menciptakan alat-alat pendukung yang canggih dan bisa meningkatkan performa pahlawan dalam pertempuran.

Karena itulah, para murid di departemen tersebut rata-rata adalah seorang teknisi atau mekanik yang jenius dan kreatif. Salah satu contohnya adalah Mai Hatsume yang sering membuatkan peralatan untuk Deku.

4. Departemen Manajemen

Departemen yang terakhir di SMA U.A. adalah Departemen Manajemen. Sesuai namanya, departemen tersebut berfokus pada dunia bisnis yang berkaitan dengan dunia kepahlawanan, seperti mengurus agensi pahlawan hingga promosi ke publik.

Departemen tersebut mencakup Kelas I, J, dan K. Para murid di kelas tersebut rata-rata punya mental pebisnis dan pintar melihat peluang. Mereka bisa mempelajari tata cara pengelolaan uang hingga investasi. 

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan tentang pembagian departemen pembalajaran dalam sistem pendidikan di SMA U.A. Sekian penjelasan dari penulis. Jangan lupa bagikan artikel ini sebagai bentuk dukungan kalian!

Previous Post Next Post

Contact Form