Tips Belajar Bermain Gitar

Ilustrasi : dhikacang.blogspot.com

Oke kali ini gue pengen memberikan beberapa tips asli buatan gue sendiri buat kalian yang pengen belajar dan pengen bisa bermain gitar. Gue gak bilang kalian bakal ahli, tapi hanya sebatas bisa bermain gitar. Untuk selanjutnya setelah kalian tahu bagaimana memainkannya, selanjutnya tinggal kalian kembangkan sendiri.
            Ini dia tips-tips belajar bermain gitar:
1.Siapkan sebuah gitar
            Yaelah, itu syarat utama yang harus disiapkan kalau pengen belajar gitar. Usahakan kalian punya gitar sendiri, sehingga kalian punya waktu yang lebih leluasa untu belajar. Soalnya kalau punya temen, kalian gak bisa total dalam belajar, sehingga butuh waktu lama nantinya. Atau paling enggak, kalau ada temen kalian yang punya gitar nganggur dirumahnya, bisa kalian pinjem. Dan tips dari gue, kalau bisa cari gitar yang ukurannya medium dan senarnya jangan terlalu kaku, itu akan lebih mudah untuk latihan.
2.Strumming
            Istilah umumnya menggenjreng. Sebelum masuk ke kunci-kunci dasar, cobalah belajar strumming, untuk melemaskan tangan-tangan kalian yang masih kaku. Dan coba terus, ke atas satu kali, kebawah dua kali, atau pola terserah semau kalian. Ulangi beberapa kali, sampai nanti kalian udah mulai terbiasa. Jangan lupa rasakan, apakah genjrengan kalian masih kasar atau udah lumayan halus. Cirinya kalau masih kasar, ada beberapa senar yang gak ikut kegenjreng, kesannya suaranya gak terdengar nyaring. Kalau suara genjrengan udah lebih halus, lanjut ke step berikutnya.
3.Kunci-kunci dasar
            Kalian bisa browsing di internet untuk melihat kunci-kunci dasar. Kunci dasar yang biasanya dipakai untuk belajar adalah Am, A, D, Dm, Em, C, G, E. Coba kunci-kunci itulah. Letakkan jari-jari kalian, sesuai dengan gambar kunci-kunci yang telah kalian browsing di internet. Setelah posisinya sesuai, tekan dengan kuat, karena kalau ada satu senar yang tidak tertekan, nadanya akan sumbang. Kemudian genjreng, kalau suaranya nyaring, selamat anda selangkah lebih bisa. Kalau masih kurang nyaring coba lagi, barangkali ada senar yang belum tertekan. Ulangi terus sampai terbiasa, kalau bosen dengan kunci dasar itu bisa ganti dengan kunci dasar yang ini,  caranya sama.
4. Pindah kunci
            Jika step ketiga tadi kalian sudah bisa, sekarang saatnya kalian harus belajar pindah kunci. Ini menurut gue lumayan sulit, karena kita harus hafal letak dimana kita harus menempatkan posisi jari kita ketika pindah kunci, misal dari A ke G, atau dari C ke D. Coba genjreng, dengan start awal di C, nikmati lalu pindah ke G, genjreng lagi terus pindah kunci satu ke kunci yang lainnya.
5.Masuk ke Lagu
            Nah setelah step ke empat kalian udah bisa, sekarang kita saatnya masuk ke lagu. Jangan cari lagu jauh-jauh, cari yang paling mudah terlebih dahulu. Nih gue rekomendasikan, yaitu Mimpi Yang Sempurna, dan Anugrah Terindah. Coba kedua lagu itu, bagi yang belum tahu, bisa downl0ad lagu itu di internet. Dengarkan dan bayangkan bagaimana permainan gitar dari lagu itu.
6.Sabar
            Setiap kita melakukan sesuatu dari kata tidak bisa menjadi bisa, kita harus memiliki satu faktor penting yang bisa kita sebut dengan kesabaran. Karena tanpa kesabaran, jangan harap kalian mampu berjalan menuju ke Z, karena sebelum sampai ke B kalian udah berhenti.
7.Tanya Teman yang sudah Mahir
            Jika kalian masih kesulitan dengan tips diatas, kalian bisa tanya temen kalian yang udah lihai memainkan gitar. Jangan memaksa, karena itu akan mengganggu kenyamanan dia.
8. Cari Referensi di Internet dan Kembangkan Skill
            Ketika kalian udah tahu caranya bermain gitar, ini saatnya kalian mengembangkan kemampuan kalian. Kalau kalian dulu hanya bisa bermain kunci dasar, coba beralih ke kunci kres (berdiri), pertama memang sangat sulit, tapi jangan mudah menyerah. downl0ad video-video di Youtube biar lebih ngerti dalam memainkan gitar. Dan eksplore lagu-lagu yang ada didunia ini. Dengarkan, rasakan, dan mainkan, biarkan nada itu terdengar sampai ke seluruh penjuru dunia.

            Sekian dulu kawan, tips dari gue kali ini. Semoga mudah dimengerti dan selamat mencoba!

Relasi Antara Cinta dengan Hukum Demand and Supply

Ilustrasi: ingrimayne.com


Kali ini saya pengen berbagi teori tentang cinta. Teori ini terinspirasi dari kata-kata mutiara guru ekonomi saya. Ketika beliau mengajar bab keseimbangan pasar, beliau memaparkan hukum dari permintaan (demand) dan penawaran (supply). Entah beliau dengan sengaja atau tanpa sengaja, mengaitkan permasalahan tersebut dengan cinta.
            
Oke, kita kulik satu persatu bunyi dari hukum permintaan dan penawaran dan relasinya dengan cinta.

a.Hukum permintaan (The law of demand)

“Ketika harga barang naik maka permintaan akan turun, sebaliknya ketika harga turun maka permintaan akan naik” ini berkaitan dengan konsumen dalam kegiatan jual beli. Hukum ini berkonotasi negatif, karena premis pertama berbanding terbalik dengan premis ke dua.  Relasi dengan cinta:

1.Ketika harga barang naik maka permintaan akan turun.


Pernyataan ini menjelaskan suatu keadaan, ketika kamu begitu mencintai seseorang namun orang yang kamu cintai tidak mencintai kamu sama sekali. Akan ada dua kemungkinan yang perlu dilakukan, kamu harus berhenti mencintainya atau kamu harus berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan cintanya.

2. Ketika harga turun maka permintaan akan naik.

Pernyataan ini menjelaskan suatu keadaan dimana ada orang yang begitu mencintaimu namun kamu tidak pernah merasakannya atau bahkan kamu tidak pernah mencintainya sama sekali. Mungkin hal yang perlu dilakukan, kamu harus belajar membuka hatimu untuknya atau jika kamu tidak bisa melakukan itu kamu harus mencoba menghargai perasaan dari orang itu.

R: (kita=harga barang, permintaan=dia/orang lain, naik=cinta, turun=tidak cinta)

b.Hukum Penawaran (The Law of supply)
            
“Ketika harga barang naik maka penawaran akan ikut naik, jika harga barang turun maka penawaran juga akan turun” hukum ini menggambarkan perilaku produsen dalam menawarkan produknya ke konsumen. Berbeda dengan hukum permintaan, hukum ini berbanding lurus antara satu premis dengan premis yang lain.

1.Ketika harga barang naik maka penawaran akan ikut naik

Pernyataan ini menggambarkan suatu kondisi dimana kamu mencintai seseorang, disatu sisi orang itu juga mencintai kamu. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mempertahankan kondisi ini agar tetap terjaga, jangan sampai rusak dan berantakan.

2. Ketika harga barang turun maka penawaran juga akan turun              

Pernyataan ini menggambarkan keadaan dimana kedua orang tidak saling mencintai, mungkin dikarenakan mereka belum saling mengenal atau mungkin mereka hanya sebatas teman. Hal yang perlu diperhatikan, mungkin aja keadaan ini akan berubah menjadi berbagai keadaan diatas. Mungkin aja berubah menjadi a1, a2, b1, atau bahkan tetap seperti ini.

R: (kita=harga barang, penawaran=dia/orang lain, naik=cinta, turun=tidak cinta)

Lelaki & Diary

Ilustrasi: www.dakwatuna.com

Menulis diary identik dengan sisi feminim seorang perempuan, sehingga banyak orang yang beranggapan sebelah mata ketika seorang lelaki memiliki hobi menulis diary. Makanya banyak lelaki yang enggan menulis diary karena takut dicap kayak perempuan.

Buat gue, okelah fine-fine aja mereka bilang seperti itu. Tapi menulis diary itu adalah hal yang umum, yang bisa dilakukan oleh lelaki ataupun perempuan. Mungkin aja dengan menulis diary, seseorang lelaki bisa mengekspresikan dirinya sendiri. Atau paling enggak ketika ia suka menulis diary, dia belajar bagaimana memahami dirinya sendiri.
            
Seorang lelaki yang hobi menulis diary, dia tidak akan melewatkan satupun hal-hal yang pernah terjadi dalam hidupnya. Disaat orang lain mengukir peristiwa kemudian berlalu begitu saja, penulis diary mengabadikan peristiwa itu dalam buku diary-nya. Anggap tulisan itu adalah cerita untuk masa depan, untuk anak-anaknya kelak atau bahkan cucunya kelak.
            
Entah ini akan jadi realita atau enggak, tapi gue yakin berpuluh-puluh tahun mendatang, ketika lelaki itu sudah renta, tak ada satupun kegiatan yang bisa dilakukan seperti halnya diusianya waktu masih muda. Hanya buku kecil usang yang menemaninya, lembar demi lembar ia buka lalu ia baca, mungkin hatinya akan terharu membaca catatan-catatan kenangannya dimasa lampau.
            
Kalau kita lihat saat ini, banyak juga novelis-novelis lelaki ternama di Indonesia. Mereka juga mengawali karir mereka dari hal terkecil, yaitu menulis kisah hidupnya dalam sebuah diary. Contoh Andrea Hirata, semua buku-bukunya terinspirasi dari cerita kehidupannya di Balitong disaat ia kecil, menceritakan laskar-laskar pelangi yang tiada henti meraih mimpi.
            
So, buat kita para lelaki yang senang menulis diary, fine-fine aja kok. Gak ada salahnya lelaki dan diary memiliki hubungan khusus, biarlah orang berpendapat apa tentang kita. Jalani aja, mereka gak tahu apa yang kita rasakan dan gue yakin orang punya passionnya masing-masing. Thanks

Tentang Kata "Hai"

sumber: www.textgiraffe.com

Kata itu cukup simple, sederhana, namun darisitulah semuanya berawal. Cinta, pertemanan, persahabatan, kata itulah yang pertama kali terucap disaat kita bertemu dengan orang lain. Tanpa kita sadari, seiring berjalannya waktu ikatan mulai terjalin antara kita dan seseorang.

Kadang ketika orang bilang “Hai” kepada kita, entah secara langsung atau enggak langsung disitu mungkin ada makna tersendiri untuk kita. Atau juga sebaliknya, ketika kita menyapa seseorang, bagi kita itu hal yang biasa namun untuk dia yang kita sapa barangkali ada makna tersendiri.

Dibalik kata hai, tersimpan kenangan tentang kapan, dimana, dan bagaimana awal kita bertemu dengan seseorang. Sekian

8 Lagu Yang Cocok Ketika Jomblo


gaulfresh.com
Kali ini gue pengen memberikan beberapa lagu yang cukup asik dan nadanya enak didengerin terutama ketika kita lagi jomblo atau masih single (kerenan dikit). Langsung saja let see that!


1. Ezperanza – Jones (Jomblo Ngenes)






Lagu yang menurut gue sendiri coeg banget, dimana liriknya ngejlep abis. Nadanya terkesan biasa, dan ketika gue denger lagu ini bawaannya pengen ketawa mulu.

2. Ovi Andaresta – Im Single And Very Happy




Berbeda dari lagu yang pertama, lagu ini lebih enak nadanya. Temponya sedikit up to beat, isi dari lagu ini bercerita tentang seseorang yang begitu menikmati status singlenya.

3. She – Jomblowati




Sesuai dengan judulnya, lagu ini tentang seorang wanita yang belum dapet pasangan. Lagunya enak didengerin, cocok buat cewek-cewek terutama bagi penggemar she.

4.Ello – Masih Ada




Ini lagu yang cukup hits pada eranya, lagunya tentang seorang cowok yang begitu bebas menikmati kehidupannya meskipun ia tidak punya pasangan. Intinya bahagia itu gak harus sama pasangan.

5. Wali – Cari Jodoh




Buat gue diantara sekian banyak lagu jomblo, ini yang paling parah liriknnya. Soalnya pengen dapet jodoh tapi belum laku-laku, hadeh. Tapi, lagu ini cukup fenomenal ketika gue SD, setiap hari diputer di TV. Dari anak-anak hingga orang dewasa pada kesemsem sama lagu ini, karena enak didengerin.

6. Kunto Aji – Terlalu Lama Sendiri




Di tahun 2015, lagu ini sangat fenomenal dikalangan anak remaja. Dan pertama kali gue denger lagu ini, liriknya nusuk banget bro. Dan yang paling bikin para jomblo di Indonesia iri, penyanyi lagu ini baru aja nikah, kapan nih para jomblo nyusul ?

7. Koes Plus – Bujangan




Buat kita anak 98 mungkin belum lahir ketika Koes Plus baru menciptakan lagu ini. Lagu yang cukup lama, mungkin dulu orangtua kita ketika jomblo sering mendengarkan lagu ini. Kalau dulu istilah jomblo mungkin belum cukup familiar, mereka lebih akrab menyebutnya dengan sebutan bujangan.

8. Nike Ardilla – Bintang Kehidupan




Ini adalah lagu yang paling berkelas yang mengisahkan tentang kehidupan seorang jomblo. Sekilas mungkin kagak begitu jelas dimana letak kata-kata jomblonya, tapi kalau dicermati lebih dalam ada kok dibagian tertentu dari lagu ini.



Baca juga: 8 Lagu Rhoma Irama Yang Patut Didengarkan Generasi Muda

Tips Mengatasi Insomnia


Buat elu-elu semua yang punya problem tidur atau bisa dibilang insomnia, gue punya beberapa tips yang bisa dicoba. Insomnia adalah sebutan untuk gejala dimana orang susah tidur dimalam hari. Faktornya macem-macem, karena stress, banyak tugas, atau emang udah hobi.
         
Langsung aja, ini dia tips yang bisa elu lakuin:

1.     Kurangi Tidur Siang

Hindari tidur berlama-lama disiang hari, karena itu akan memperlama daya tahan mata kita untuk bekerja dimalam hari. Analoginya, cara kerja mata kita itu seperti handphone, jika baterainya habis harus isi ulang. Ketika lelah dan ngantuk, tidur solusinya. Jadi ketika kita tidur disiang hari, itu sama saja kita mengisi ulang supaya mata kita untuk bekerja dimalam hari lebih lama.

2.    Hindari Kopi dan Teh

Dalam kopi dan teh itu mengandung kafein. Fungsi dari kafein itu sendiri, meningkatkan fokus seseorang. Dan kebanyakan efek dari kafein ini menghilangkan kantuk seseorang, sehingga orang itu bisa beraktivitas lebih dijam-jam orang istirahat.

3.    Olahraga Ringan

Rasa letih pada tubuh manusia kadang juga mempengaruhi tidur seseorang. Jika tubuh merasa lelah, itu secara naluriah tubuh menginginkan istirahat dengan sendirinya. So, orang akan lebih mudah terlelap ketika lelah.

4.   Kurangi Pekerjaan di Malam Hari

Pekerjaan disini dalam artian tuntutan profesi kita. Misalkan untuk guru, harus menyusun ini itu, materi dan macem-macem. Untuk siswa/mahasiswa, harus menyelesaikan tugas dari guru/dosen. Mending tugas itu dicicil sedikit demi sedikit, sehingga ketika malam kita tinggal istirahat tanpa memikirkan tugas-tugas yang belum kelar.

5.    Hilangkan Stress

Salah satunya dengan cara menarik nafas dalam-dalam, tahan semampunya, jangan dikeluarkan (sorry bercanda). Keluarkan perlahan, ulangi terus hingga fikiran kita rileks dan tidak ada keresahan didalam diri kita.

6.   Cari Posisi Tidur yang Ternyaman

Posisi tidur yang nyaman juga akan membuat orang mudah terlelap. Bisa dengan telentang, menghadap kearah kanan (kalau kekiri tidak dianjurkan, bisa mengganggu kesehatan).

7.    Jauhi Gadget

Dampak negatif gadget itu yang paling parah adalah membuat pengguna kecanduan. Apalagi ada kuota internet, rasanya orang gak bisa lepas dari gadget, ada rantai tersembunyi sepertinya. Ini juga bisa mempengaruhi tidur seseorang, bisa jadi dia insomnia karena keasikan main gadget.

8.   Berdoa Sebelum Tidur

Ini salah satu faktor terpenting, berdoa sebelum tidur akan membuat tidur seseorang lebih nyaman. Dari kecil, insyaallah kita udah diajarkan oleh orangtua kita untuk berdoa sebelum tidur. Hampir tiap malem, anak kecil disuruh berdoa sebelum tidur, tapi ketika udah gede mungkin udah pada jarang.

9.   Solusi Terakhir

Nih tips gue yang terakhir, buat elu yang udah mengidap insomnia akut, cara-cara diatas udah kagak ampuh pakai cara yang satu ini. Minum obat tidur, biasanya bentuknya seperti pil. Jangan salah minum, entar pil KB yang elu telen. Tapi ada efek sampingnya, kemungkinan elu susah bangun. Dan kalau toh ini cara terakhir yang bisa dilakukan, pakai obat tidur sesuai dosisnya. Kalau kelebihan, emang elu bisa tidur nyenyak tapi kagak bangun-bangun nanti. Sekian dari gue, thanks.

Tips Ketika Jomblo

ilustrasi : jownes.com

Kali ini gue pengen memberikan beberapa tips untuk kalian yang sedang jomblo. Oke tanpa basa-basi let see that!

1.      Sediakan Kuota Internet

Zaman sekarang kebahagiaan kagak harus selalu sama pacar, buat para jomblo internet bisa jadi hiburan nomer satu. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah kuota. So, ketika elu punya kuota internet, elu bisa eksplor macem-macem yang ada diinternet. Dan sejenak elu bisa melupakan status elu sebagai seorang jomblo.

2.     Cari sesuatu yang lucu

Ketawa itu salah satu obat penangkal stress, asal jangan sampai keliwat batas. Orang ketawa pasti karena ada sesuatu yang lucu, oleh sebab itu buat elu yang jomblo, terkadang elu harus bisa menutupi kesedihan elu karena gak punya pacar dengan tertawa. Banyak hal yang bisa elu cari untuk dijadikan bahan tertawaan, misalkan meme, stand up comedy, dll.

3.     Jangan Kebanyakan Drama

Keseringan nonton film romantis kadang membuat hati kita itu cengeng, apalagi kalau kita juga sering denger lagu-lagu melancholis. Maka dari itu buat elu jomblo akut yang rentan sekali galau, jauhi yang namanya drama korea dan lagu galau.

4.     Tingkatkan Potensi Diri

Ceilah, bahasa gue. Tapi ini serius kok, jomblo tak selalu negatif kadangkala hal itu bisa diubah menjadi energi positif. Ketika kita punya pacar, mungkin akan ada banyak waktu yang terbuang cuma-cuma. Akan lebih baik kalau kita meningkatkan kreatifitas atau kemampuan yang kita miliki, tentunya sesuai minat masing-masing. Buat yang masih sekolah, belajarnya ditingkatkan, good job.

5.     Belajar Bersabar

Ini yang paling penting, kalau kita enggak punya kesabaran kita sendiri yang akan rugi. Ketika temen kita punya pacar, sedangkan kita masih sendiri, kalau kita gak sabar ya mungkin aja kita bisa depresi atau pesimis. Terutama ketika diejek temen atau dijadikan bulan-bulanan atas status jomblo kita.

6.     Cari Pertimbangan

Dari sekian malam minggu yang kita lewati, saatnya kita harus menentukan pilihan. Akankah kita harus bertindak atau berdiam diri ditempat ? so, its your choice brother. Pilih yang terbaik untuk kita saat ini, cari pacar atau jomblo aja lebih enak.

7.     Pasrah dan Tawakal

Tips terakhir dari gue, sebagai makhluk Tuhan yang lemah kita hanya bisa pasrah dan berdoa saja. Karena yakinlah status jomblo itu hanya sementara kok, jodoh udah ada yang ngatur. Kalau udah ketemu, langsung aja ke KUA. Wkwkwkwkwk

Analogi Kesuksesan



Siapa didunia ini yang gak ingin sukses, pasti hampir semua orang ingin sukses dalam hidupnya. Tapi tak banyak orang yang berani mengambil resiko, mereka berhenti setelah berusaha cukup lama namun tak kunjung membuahkan hasil, terlebih ada juga yang berhenti diawal memulai. Nobody knows
            
Kesuksesan bukan jalan yang mudah, bukan dengan cara instan semua itu bisa diraih. Perlu adanya usaha dan kerja keras, setiap detik itu pelajaran untuk pertimbangan dimasa depan. Konsistensi dalam pekerjaan juga penting untuk memperoleh hasil yang maksimal. Peribahasa sederhana “Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit,” ungkapan itu dapat kita jadikan motivasi jika kita ingin sukses.
            
Analogi ringan, bagaimanakah kesuksesan itu ? pernahkah kalian melihat pohon mangga (misalkan, buah apapun boleh). Apakah kalian berfikir pohon itu langsung ada, tanpa melalui fase-fase tertentu. Apakah pohon itu bisa berbuah dengan sendirinya ? tentu tidak, coba kita renungkan lebih dalam.
            
Pohon berasal dari sebuah benih yang kita tanam, sama halnya niat yang ada dalam diri kita untuk mencapai kesuksesan. Niat yang telah kita tekadkan, kita realisasikan kedalam sebuah usaha dan pengorbanan, ibarat air dan pupuk yang akan membuat benih tadi tumbuh dan berkembang. Teruslah berusaha dan berusaha, biarkan pohon itu terus tumbuh dan tumbuh perlahan. Jangan mudah menyerah, karena ketika kita menyerah, pohon itu juga ikut layu dan tak mau tumbuh lagi.
            
Selain itu, pohon juga tidak akan bisa hidup tanpa adanya cahaya dari matahari. Sama halnya dengan doa dan ketaatan terhadap Tuhan, faktor itu juga penting ketika kita ingin menggapai kesuksesan. Dengan berdoa, kita memiliki cahaya dalam hidup. Doa juga memunculkan sikap kehambaan seorang manusia kepada Tuhan. Yakinlah, jika hubungan kita dengan Tuhan itu baik, maka Tuhan tidak akan menyia-nyiakan kita.
            
Setelah  melewati proses yang cukup lama, akan ada saatnya pohon itu akan berbuah. Walaupun pohon itu tidak berbuah lebat, namun buah itulah hasil kerja keras kita yang bisa kita nikmati. Buah itulah kesuksesan yang selama ini kita perjuangkan. Maka, syukurilah hasil yang telah kita dapatkan, barangkali didepan sana masih ada buah-buah yang tak terhitung jumlahnya sedang menanti kita.