Tips Mengatasi Insomnia


Buat elu-elu semua yang punya problem tidur atau bisa dibilang insomnia, gue punya beberapa tips yang bisa dicoba. Insomnia adalah sebutan untuk gejala dimana orang susah tidur dimalam hari. Faktornya macem-macem, karena stress, banyak tugas, atau emang udah hobi.
         
Langsung aja, ini dia tips yang bisa elu lakuin:

1.     Kurangi Tidur Siang

Hindari tidur berlama-lama disiang hari, karena itu akan memperlama daya tahan mata kita untuk bekerja dimalam hari. Analoginya, cara kerja mata kita itu seperti handphone, jika baterainya habis harus isi ulang. Ketika lelah dan ngantuk, tidur solusinya. Jadi ketika kita tidur disiang hari, itu sama saja kita mengisi ulang supaya mata kita untuk bekerja dimalam hari lebih lama.

2.    Hindari Kopi dan Teh

Dalam kopi dan teh itu mengandung kafein. Fungsi dari kafein itu sendiri, meningkatkan fokus seseorang. Dan kebanyakan efek dari kafein ini menghilangkan kantuk seseorang, sehingga orang itu bisa beraktivitas lebih dijam-jam orang istirahat.

3.    Olahraga Ringan

Rasa letih pada tubuh manusia kadang juga mempengaruhi tidur seseorang. Jika tubuh merasa lelah, itu secara naluriah tubuh menginginkan istirahat dengan sendirinya. So, orang akan lebih mudah terlelap ketika lelah.

4.   Kurangi Pekerjaan di Malam Hari

Pekerjaan disini dalam artian tuntutan profesi kita. Misalkan untuk guru, harus menyusun ini itu, materi dan macem-macem. Untuk siswa/mahasiswa, harus menyelesaikan tugas dari guru/dosen. Mending tugas itu dicicil sedikit demi sedikit, sehingga ketika malam kita tinggal istirahat tanpa memikirkan tugas-tugas yang belum kelar.

5.    Hilangkan Stress

Salah satunya dengan cara menarik nafas dalam-dalam, tahan semampunya, jangan dikeluarkan (sorry bercanda). Keluarkan perlahan, ulangi terus hingga fikiran kita rileks dan tidak ada keresahan didalam diri kita.

6.   Cari Posisi Tidur yang Ternyaman

Posisi tidur yang nyaman juga akan membuat orang mudah terlelap. Bisa dengan telentang, menghadap kearah kanan (kalau kekiri tidak dianjurkan, bisa mengganggu kesehatan).

7.    Jauhi Gadget

Dampak negatif gadget itu yang paling parah adalah membuat pengguna kecanduan. Apalagi ada kuota internet, rasanya orang gak bisa lepas dari gadget, ada rantai tersembunyi sepertinya. Ini juga bisa mempengaruhi tidur seseorang, bisa jadi dia insomnia karena keasikan main gadget.

8.   Berdoa Sebelum Tidur

Ini salah satu faktor terpenting, berdoa sebelum tidur akan membuat tidur seseorang lebih nyaman. Dari kecil, insyaallah kita udah diajarkan oleh orangtua kita untuk berdoa sebelum tidur. Hampir tiap malem, anak kecil disuruh berdoa sebelum tidur, tapi ketika udah gede mungkin udah pada jarang.

9.   Solusi Terakhir

Nih tips gue yang terakhir, buat elu yang udah mengidap insomnia akut, cara-cara diatas udah kagak ampuh pakai cara yang satu ini. Minum obat tidur, biasanya bentuknya seperti pil. Jangan salah minum, entar pil KB yang elu telen. Tapi ada efek sampingnya, kemungkinan elu susah bangun. Dan kalau toh ini cara terakhir yang bisa dilakukan, pakai obat tidur sesuai dosisnya. Kalau kelebihan, emang elu bisa tidur nyenyak tapi kagak bangun-bangun nanti. Sekian dari gue, thanks.


EmoticonEmoticon