Tips Belajar Bermain Gitar

Ilustrasi : dhikacang.blogspot.com

Oke kali ini gue pengen memberikan beberapa tips asli buatan gue sendiri buat kalian yang pengen belajar dan pengen bisa bermain gitar. Gue gak bilang kalian bakal ahli, tapi hanya sebatas bisa bermain gitar. Untuk selanjutnya setelah kalian tahu bagaimana memainkannya, selanjutnya tinggal kalian kembangkan sendiri.
            Ini dia tips-tips belajar bermain gitar:
1.Siapkan sebuah gitar
            Yaelah, itu syarat utama yang harus disiapkan kalau pengen belajar gitar. Usahakan kalian punya gitar sendiri, sehingga kalian punya waktu yang lebih leluasa untu belajar. Soalnya kalau punya temen, kalian gak bisa total dalam belajar, sehingga butuh waktu lama nantinya. Atau paling enggak, kalau ada temen kalian yang punya gitar nganggur dirumahnya, bisa kalian pinjem. Dan tips dari gue, kalau bisa cari gitar yang ukurannya medium dan senarnya jangan terlalu kaku, itu akan lebih mudah untuk latihan.
2.Strumming
            Istilah umumnya menggenjreng. Sebelum masuk ke kunci-kunci dasar, cobalah belajar strumming, untuk melemaskan tangan-tangan kalian yang masih kaku. Dan coba terus, ke atas satu kali, kebawah dua kali, atau pola terserah semau kalian. Ulangi beberapa kali, sampai nanti kalian udah mulai terbiasa. Jangan lupa rasakan, apakah genjrengan kalian masih kasar atau udah lumayan halus. Cirinya kalau masih kasar, ada beberapa senar yang gak ikut kegenjreng, kesannya suaranya gak terdengar nyaring. Kalau suara genjrengan udah lebih halus, lanjut ke step berikutnya.
3.Kunci-kunci dasar
            Kalian bisa browsing di internet untuk melihat kunci-kunci dasar. Kunci dasar yang biasanya dipakai untuk belajar adalah Am, A, D, Dm, Em, C, G, E. Coba kunci-kunci itulah. Letakkan jari-jari kalian, sesuai dengan gambar kunci-kunci yang telah kalian browsing di internet. Setelah posisinya sesuai, tekan dengan kuat, karena kalau ada satu senar yang tidak tertekan, nadanya akan sumbang. Kemudian genjreng, kalau suaranya nyaring, selamat anda selangkah lebih bisa. Kalau masih kurang nyaring coba lagi, barangkali ada senar yang belum tertekan. Ulangi terus sampai terbiasa, kalau bosen dengan kunci dasar itu bisa ganti dengan kunci dasar yang ini,  caranya sama.
4. Pindah kunci
            Jika step ketiga tadi kalian sudah bisa, sekarang saatnya kalian harus belajar pindah kunci. Ini menurut gue lumayan sulit, karena kita harus hafal letak dimana kita harus menempatkan posisi jari kita ketika pindah kunci, misal dari A ke G, atau dari C ke D. Coba genjreng, dengan start awal di C, nikmati lalu pindah ke G, genjreng lagi terus pindah kunci satu ke kunci yang lainnya.
5.Masuk ke Lagu
            Nah setelah step ke empat kalian udah bisa, sekarang kita saatnya masuk ke lagu. Jangan cari lagu jauh-jauh, cari yang paling mudah terlebih dahulu. Nih gue rekomendasikan, yaitu Mimpi Yang Sempurna, dan Anugrah Terindah. Coba kedua lagu itu, bagi yang belum tahu, bisa downl0ad lagu itu di internet. Dengarkan dan bayangkan bagaimana permainan gitar dari lagu itu.
6.Sabar
            Setiap kita melakukan sesuatu dari kata tidak bisa menjadi bisa, kita harus memiliki satu faktor penting yang bisa kita sebut dengan kesabaran. Karena tanpa kesabaran, jangan harap kalian mampu berjalan menuju ke Z, karena sebelum sampai ke B kalian udah berhenti.
7.Tanya Teman yang sudah Mahir
            Jika kalian masih kesulitan dengan tips diatas, kalian bisa tanya temen kalian yang udah lihai memainkan gitar. Jangan memaksa, karena itu akan mengganggu kenyamanan dia.
8. Cari Referensi di Internet dan Kembangkan Skill
            Ketika kalian udah tahu caranya bermain gitar, ini saatnya kalian mengembangkan kemampuan kalian. Kalau kalian dulu hanya bisa bermain kunci dasar, coba beralih ke kunci kres (berdiri), pertama memang sangat sulit, tapi jangan mudah menyerah. downl0ad video-video di Youtube biar lebih ngerti dalam memainkan gitar. Dan eksplore lagu-lagu yang ada didunia ini. Dengarkan, rasakan, dan mainkan, biarkan nada itu terdengar sampai ke seluruh penjuru dunia.

            Sekian dulu kawan, tips dari gue kali ini. Semoga mudah dimengerti dan selamat mencoba!


EmoticonEmoticon