16 Jutsu Katon yang Terkuat dalam Cerita Naruto


Katon/elemen api merupakan salah satu elemen dasar chakra yang menarik dalam cerita Naruto. Elemen tersebut mempunyai kemampuan ofensif yang sangat tinggi dan bisa membakar musuh dalam pertarungan. 

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut daftar jutsu katon alias elemen api yang terkuat. Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

16. Katon: Gōkakyū no Jutsu

Katon: Gōkakyū no Jutsu merupakan salah satu jutsu khas yang dikuasai oleh anggota klan Uchiha. Jutsu tersebut memungkinkan pengguna untuk menembakkan semburan bola api yang panas ke arah lawan.

Dampak dari serangan tersebut mampu membakar musuh dan area di sekeliling pertarungan. Semakin besar chakra yang digunakan, bola api tersebut akan semakin kuat. Karena itulah, kehebatan jutsu ini tetap bergantung pada penggunanya.

15. Katon: Ryūen Hōka no Jutsu

Jutsu api terkuat selanjutnya adalah Katon: Ryūen Hōka no Jutsu. Pengguna jutsu ini mampu mengeluarkan beberapa bola api yang berwujud kepala naga. Dia bisa menembakkan bola api itu secara bersamaan ke arah musuh. 

Bukan hanya panas, bola api kepala naga tersebut bergerak secara tidak menentu sehingga musuh akan kesulitan untuk menghindarinya. Dalam hal kekuatan, serangan bola api tersebu tentu saja bisa menghasilkan kerusakan yang parah. 

14. Katon: Kibaku Enjin

Selain terampil dalam menggunakan senjata, Hanzo juga mampu menggunakan elemen api. Dia mempunyai sebuah jutsu bernama Katon: Kibaku Enjin. Jutsu ini digunakan oleh Hanzo dengan memanfaatkan kertas peledak.

Hanzo akan menempatkan kertas peledak itu di bawah tanah. Setelah target berada di lokasi sasaran, kertas peledak itu akan menyelimuti dan menahan kaki target. Setelah itu, kertas peledak itu akan meledak dan membakar targetnya dengan api. 

13. Katon: Zukokku

Berbeda dengan jutsu sebelumnya, Katon: Zukokku merupakan salah satu jutsu andalan Kakuzu. Jutsu itu dikeluarkan oleh topeng Kakuzu yang mempunyai elemen api. Topeng tersebut akan menembakkan bola api berukuran kecil yang mempunyai daya ledak mengerikan.

Saat bola api itu menyentuh tanah, bola api tersebut akan menghancurkan area di sekelilingnya dengan api yang membara. Selain itu, Kakuzu bisa memperkuat serangan ini dengan jutsu Futon: Atsugai

12. Katon: Haisekishō

Katon: Haisekishō bisa dibilang sebagai jutsu Asuma yang sangat kompleks sekaligus rumit. Jutsu ini membutuhkan pengamatan yang detail tentang area pertarungan, seperti kondisi udara, pergerakan musuh, dan taktik yang tepat.

Saat mengeluarkan teknik ini, Asuma akan mengeluarkan bubuk mesiu dari mulutnya dan menyebarkannya ke area di sekitar target. Setelah persiapan selesai, dia akan memantik bubuk mesiu tersebut hingga menciptakan ledakan masif yang bisa membakar musuh. 

11. Katon: Bakufu Ranbu

Katon: Bakufu Ranbu merupakan jutsu api yang sangat khas milik Obito. Saat mengeluarkan teknik ini, Obito akan menyemburkan pusaran api berbentuk spiral yang sangat kuat. Selain itu, Obito bisa mengkombinasikan jutsu ini dengan bantuan dari Kamui

Pusaran api yang diciptakan Obito mampu mengunci pergerakan target. Setelah terjebak dalam pusaran api, lawan akan terbakar dan kesulitan untuk melarikan diri. Karena itulah, jutsu ini cukup sulit untuk dilawan.

Baca juga: 10 Jutsu Futon yang Paling Kuat dalam Cerita Naruto

10. Uchiha Kaenjin

Uchiha Kaenjin termasuk salah satu teknik pelindung yang sangat kuat dan terbukti mampu menahan serangan dari Hachibi. Untuk menggunakan teknik ini, Obito terlebih dahulu menciptakan api chakra di jari-jarinya.

Setelah itu, dia akan menaruh telapak tangannya ke permukaan tanah hingga menciptakan sebuah penghalang api berbentuk silinder. Jika musuh terkena kontak fisik dengan bagian luar penghalang itu, dia akan langsung terbakar oleh api.

9. Katon: Karyuu Endan

Meskipun elemen api sangat identik dengan klan Uchiha, Hiruzen Sarutobi termasuk salah satu ninja yang sangat terampil dalam menggunakan katon dalam pertempuran, contohnya adalah jutsu Katon: Karyuu Endan.

Ketika mengaktifkan jutsu ini, Hiruzen akan menembakkan api yang berwujud seekor naga dari mulutnya. Serangan dari teknik ini memang tidak menjangkau area yang luas, tetapi teknik ini lebih terfokus kepada target sehingga daya serangnya jadi lebih mematikan. 

7. Katon: Haijingakure no Jutsu

Katon: Haijingakure no Jutsu merupakan salah satu jutsu elemen api yang dikuasai oleh Madara Uchiha. Saat mengeluarkan teknik itu, dia akan mengeluarkan abu yang mengandung chakra ke area pertempuran.

Siapaun yang bersentuhan dengan abu tersebut akan terbakar. Selain berguna sebagai teknik ofensif, jutsu tersebut bisa menyembunyikan dirinya dari pandangan musuh dan mempersiapkan serangan kejutan kepada lawan.

6. Katon: Gamayu Endan

Jiraiya dan Gamabunta mempunyai jutsu gabungan yang sangat kuat, yaitu Katon: Gamayu Endan. Untuk mengeluarkan jutsu tersebut, Gamabunta akan menembakkan minyak katak dalam jumlah besar dan Jiraiya akan menggunakan jutsu api miliknya.

Kombinasi kedua serangan mereka mampu menciptakan semburan api yang sangat masif sehingga daya rusaknya jadi jauh lebih hebat. Meskipun begitu, mereka berdua membutuhkan kerja sama yang sinkron saat mengeluarkan jutsu ini.

Baca juga: 10 Jutsu Doton yang Terkuat dalam Cerita Naruto

5. Katon: Gōenka

Selanjutnya, ada jutsu elemen api bernama Katon: Gōenka yang diperlihatkan oleh Madara dalam Perang Dunia Shinobi Keempat. Jutsu tersebut sangat mirip seperti hujan api yang menyerang lawan secara bertubi-tubi.

Saat mengeluarkan jutsu itu, Madara akan menembakkan serangkaian bola api yang sangat panas dan menjangkau area luas. Bola api tersebut terbukti mampu menghancurkan pertahanan pengguna doton dan membuat pengguna suiton kerepotan.

4. Senpō: Goemon

Jiraiya masih mempunyai satu jurus api lagi yang sangat kuat, yaitu Senpō: Goemon. Jutsu tersebut dikeluarkan oleh Jiraiya dalam bentuk Sage bersama dengan Shima dan Fukasaku. Saat mengeluarkan teknik ini, Jiraiya akan mengeluarkan sejumlah besar minyak dari mulutnya. 

Kemudian, Fukasaku akan menembakkan angin dan Shima akan mengeluarkan api pada saat yang bersamaan. Kombinasi serangan mereka mampu menghasilkan serangan minyak bersuhu tinggi yang bisa membuat musuhnya menjadi gorengan crispy.

3. Katon: Gōka Messhitsu

Katon: Gōka Messhitsu merupakan salah satu jutsu elemen api terkuat Madara. Dia pernah menggunakan teknik ini bersamaan dengan Susanoo ketika dia bertarung melawan lima Kage dalam Perang Dunia Shinobi Keempat. 

Madara akan mengeluarkan semburan api yang menjangkau area luas. Semburan api itu mampu membakar area tersebut dan membuat target kesulitan untuk melarikan diri. Yang jelas, teknik ini sangat berbahaya.

2. Katon: Gōka Mekkyaku

Dari banyaknya jutsu elemen api yang dikuasai Madara, Katon: Gōka Mekkyaku merupakan yang paling kuat dan punya daya hancur mengerikan. Jutsu tersebut berwujud lautan api yang mampu membakar area luas.

Saking kuatnya serangan api tersebut, api tersebut sangat sulit dipadamkan. Butuh beberapa ninja pengguna elemen air untuk mengatasi jutsu api tersebut. Hal itu diperlihatkan jelas oleh Madara selama Perang Dunia Shinobi Keempat.

1. Amaterasu

Tak perlu diragukan lagi bahwa Amaterasu merupakan jutsu elemen api yang terkuat dan paling panas dalam cerita Naruto. Berbeda dengan api biasa, api Amaterasu berwarna hitam dan mampu membakar apapun sampai menjadi abu.

Sejauh ini, hanya ada dua ninja yang mampu menggunakan Amaterasu, yakni Itachi dan Sasuke Uchiha. Mereka mengeluarkan jutsu tersebut melalui Mangekyou Sharingan. Meskipun begitu, teknik tersebut sangat membebani pengguna hingga membuat mata mereka berdarah-darah.

Baca juga: 10 Jutsu Raiton yang Terkuat dalam Cerita Naruto

Previous Post Next Post

Contact Form