Penjelasan Tentang Tao, Sumber Kekuatan Utama dalam Cerita Jigokuraku


Buat kalian yang mengikuti alur cerita Jigokuraku, kalian pasti tidak asing lagi dengan sebuah energi atau kekuatan bernama Tao. Energi tersebut dapat ditemukan di setiap makhluk hidup dan benda mati yang ada di dunia.

Tao mampu meningkatkan kemampuan bertarung seseorang. Apabila seseorang bisa menguasai kekuatan tersebut, kekuatan mereka akan berada di level yang berbeda hingga mereka bisa menandingi kekuatan para Tensen.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas informasi tentang Tao secara garis besar. Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Aliran Tao di Tubuh Makhluk Hidup

Aliran energi Tao yang terdapat pada makhluk hidup terpusat pada bagian yang disebut dengan istilah tanden yang lokasinya berada di area pusar. Area itulah yang menjadi kelemahan utama dari para Tensen.

Apabila area tersebut terkena serangan dari musuh, para Tensen akan melemah dan tidak mampu melakukan regenerasi. Jika serangan tersebut sangat parah, serangan tersebut berpotensi untuk membunuh nyawa Tensen, seperti kasus Mu Dan yang ditebas oleh Shion.

Berbasis Yin-Yang

Tao mempunyai komponen dasar yang berbasis Yin-Yang. Karena itulah, energi itu hanya bisa dimanifestasikan dan digunakan oleh seseorang apabila mereka mampu mencapai titik keseimbangan pada jiwa mereka.

Pengguna Tao harus mampu menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri mereka. Meskipun hal tersebut terdengar sulit, mereka bisa menguasainya setelah mereka melewati latihan yang intens.

Metode Pelatihan Tao

Berdasarkan penuturan dari Dōshi yang melawan Gabimaru, metode pelatihan Tao mempunyai lima tahap yang harus dikuasai oleh seseorang. Kelima tahap tersebut adalah Do’in, Taisoku, Shu’itsu, Shūten, dan Bōchū Jutsu.

Do’in melibatkan pelatihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi Tao. Taisoku berhubungan dengan teknik pernapasan. Shu’itsu dilakukan melalui meditasi. Shūten melibatkan pola anatomi tubuh dan organ dan Bōchū Jutsu yang melibatkan hubungan intim.

Tahap yang kelima alias Bōchū Jutsu dianggap sebagai pelatihan yang paling penting. Seseorang membutuhkan pasangan dari lawan jenis mereka agar mereka bisa menggabungkan aliran Tao mereka sehingga mereka mencapai keseimbangan Yin dan Yang

Baca juga: 10 Penjahat yang Berbahaya dalam Cerita Jigokuraku

Terbagi Menjadi Lima Elemen 

Mirip seperti konsep chakra dalam cerita Naruto, Tao juga mempunyai atribut tertentu yang dikategorikan menjadi lima elemen, yaitu elemen kayu, api, bumi, metal, dan air. Kelima elemen tersebut terhubung dalam siklus restorasi dan bisa mempengaruhi satu sama lain.

Pengguna Tao bisa menjadi lebih kuat apabila mereka terhubung atau melakukan kontak fisik dengan seseorang yang cocok dengan elemen Tao mereka. Sebagai contoh, pengguna elemen kayu bisa meningkatkan kekuatan pengguna elemen api.

Namun, hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Pengguna Tao bisa melemah dan kehilangan energi apabila mereka bertarung melawan pemilik elemen yang menjadi musuh alami mereka. Sebagai contoh, pengguna elemen api sangat lemah terhadap pengguna elemen air.

Flower Tao

Sesuai namanya, Flower Tao merupakan Tao yang berasal dari bunga yang mempunyai sifat unik. Jenis Tao tersebut memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kekuatan regenerasi super. Tao itulah yang menjadi salah satu sumber kekuatan Tensen.

Normalnya, manusia biasa tidak akan bisa menggunakan Flower Tao karena mereka akan terkena efek atau reaksi yang disebut Arborification/Kika. Tubuh mereka akan bertransformasi dan dipenuhi oleh bunga yang berkemaran.

Akan tetapi, ada juga manusia yang bisa menggunakan kekuatan dari Flower Tao. Contohnya adalah Aza Chōbei. Dia mampu menahan efek arborifikasi dan menggunakan Flower Tao untuk memulihkan luka yang dia terima saat bertarung.

Penggunaan Tao dalam Pertarungan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Tao mempunyai peran yang sangat krusial dalam pertempuran. Penguasaan Tao bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu level dasar dan level sennin alias petapa.

Pada level dasar, Tao mempunyai beberapa kegunaan. Sebagai contoh, pengguna bisa merasakan kehadiran orang lain dan memprediksi pergerakan orang tersebut. Selain itu, Tao bisa digunakan untuk meningkatan fisik atau menyembunyikan kehadiran seseorang.

Bagi para sennin atau pengguna Tao tingkat tinggi, mereka bisa mengembangkan jurus-jurus yang jauh lebih kuat dengan memanipulasi Tao mereka. Contohnya adalah serangan peluru udara dari Tao yang dikeluarkan oleh Tensen.

Dalam kasus lain, ada juga pengguna Tao yang bisa mengubah energi mereka menjadi serangan petir yang sangat kuat. Hal itu diperlihatkan oleh Zhu Jin saat dia bertarung melawan Gabimaru dalam wujud Kishikai.

***

Sejujurnya, informasi tentang Tao sangatlah banyak dan terbilang cukup rumit untuk dijelaskan. Jadi, penulis hanya menyampaikan poin-poin pentingnya saja. Semoga artikel ini bisa memudahkan kalian untuk memahami konsep kekuatan Tao dalam cerita Jigokuraku.

Baca juga: 10 Film Dragon Ball yang Terbaik dan Terpopuler

Previous Post Next Post

Contact Form