10 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Perkembangan Karir di Dunia Kerja

source: pixabay

Halo sobat sekalian! Pada kesempatan kali ini, saya pengen sharing seputar beberapa soft skill yang perlu kita miliki di era modern saat ini, khususnya buat kita yang udah memasuki dunia kerja. Selain mengandalkan hard skill yang kita miliki, penguasaan soft skill memiliki peranan penting bagi perkembangan karier kita.

Nah, langsung saja yuk kita kupas tuntas bareng-bareng macam-macam soft skill yang penting banget buat kita kuasai biar kita nanti bisa survive pas udah kerja.

1. Berpikir kritis

Skill pertama yang harus kita kuasai di dunia kerja adalah kemampuan berpikir kritis. Dengan berpikir kritis, kita dapat menelaah dan memfilter setiap informasi yang kita terima. Selain itu, kita akan mampu menafsirkan sebuah data atau informasi.

Jangan sampai kita menerima informasi yang salah atau hoax dan menyebarkannya ke rekan kerja karena itu akan membuat kinerja kita terlihat buruk! Kita dapat melatih daya kritis kita dengan banyak-banyak membaca buku dan informasi dari sumber terpercaya serta berdiskusi dengan teman kita.

2. Kemampuan memecahkan masalah

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah adalah salah satu soft skill yang sangat penting untuk kita miliki, khususnya di era millennial ini. Dengan kemampuan ini, kita akan lebih mudah mengambil tindakan ketika kita dihadapkan sebuah permasalahan tertentu.

Kita bisa lebih aktif dalam mencari atas permasalahan-permasalahan yang kita miliki selama bekerja. Selain itu, kita juga bisa menawarkan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Dengan memiliki kemampuan ini, kita akan dikenal sebagai sosok yang solutif di mata rekan kerja kita yang bagus untuk perkembangan karir kita.

3. Komunikasi yang baik

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam pergaulan sosial, khususnya di dunia kerja. Komunikasi yang baik adalah kunci suksesnya hubungan dengan orang lain. Selain itu, komunikasi yang baik membuat kita lebih akrab dengan rekan kerja kita. Apabila skill komunikasi kita buruk, bisa jadi hal itu akan memicu terjadinya kesalahpahaman.

Kita bisa melatih skill komunikasi dengan belajar mendengarkan orang lain. Selain itu, kita bisa belajar mengungkapkan sesuatu dengan jelas kepada orang lain agar kata-kata bisa dipahami dengan baik oleh orang lain. Kemampuan komunikasi di sini tidak hanya terbatas pada percakapan lisan, tetapi juga komunikasi secara tertulis, melalui e-mail atau chat. Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ini, kita bisa mengikuti workshop public speaking agar kita bisa belajar lebih baik.

4. Kerja sama dan kolaborasi

Kerja sama merupakan skill yang penting untuk dikuasai dalam dunia kerja. Kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya ditentukan oleh kinerja individu, tetapi merupakan hasil dari kerja sama tim yang solid. Oleh sebab itu, kita perlu melatih kemampuan kerja sama kita dengan orang lain.

Adakalanya kita akan ditempatkan di sebuah tim dalam sebuah proyek tertentu dan kita harus berkolaborasi dengan baik untuk menyukseskan proyek tersebut.. Dalam sebuah tim, kita biasanya akan bertemu dengan orang yang berbeda-beda. Kita harus mampu belajar menghargai orang lain dan menerima kritikan dari orang lain. Selain itu, kita harus bekerja secara maksimal dan memberikan yang terbaik untuk tim kita.

5. Manajemen waktu

Buat kita yang masih suka telat atau nunda-nunda pekerjaan, kita harus intropeksi diri dan mulai melatih memanajemen waktu yang kita miliki. Hal ini penting untuk kita kuasai ketika bekerja. Apabila kita memiliki manajemen waktu yang baik, kita dapat menyelesaikan tugas-tugas kita sesuai deadline.

Kita dapat membuat catatan kecil yang berisi timeline dan tugas yang tengah kita kerjakan. Dengan cara itu, kita akan selalu ingat kapan kita harus menyelesaikan sebuah pekerjaan. Jangan sampai kita telat mengirim tugas kita karena hal itu akan membuat kinerja kita terlihat buruk di mata perusahaan!

6. Mampu beradaptasi

Ketika kita baru diterima bekerja, otomatis kita akan bertemu dengan orang-orang baru. Kita harus mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja kita dan membaur dengan rekan kerja kita demi kenyamanan kita dalam bekerja.

Selain itu, adakalanya kita dihadapkan pada situasi yang tidak terduga, seperti pekerjaan tambahan, lembur, dan sejenisnya. Dengan kemampuan ini, kita bisa menjadi pribadi yang fleksibel dan mampu menyesuaikan diri terhadap situasi apapun. Selain itu, kita akan mampu bekerja di bawah tekanan jika kita bisa beradptasi dengan baik.

7. Leadership

Leadership atau skill kepemimpinan merupakan sebuah nilai plus di dunia kerja. Skill ini penting untuk kita miliki demi perkembangan karir kita. Setiap perusahaan biasanya mencari sosok-sosok pemimpin yang mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

Dengan skill ini, kita bisa melatih tanggung jawab kita dalam menjalan tugas. Selain itu, kita bisa membantu rekan kerja kita yang mengalami kesulitan dan memberikan support terhadap rekan kerja kita. Jika kita memiliki kemampuan leadership yang baik, ada kemungkinan kita akan dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

8. Kreatif dan inovatif

Skill berikutnya yang penting untuk kita miliki di dunia kerja adalah kemampuan berpikir kreatif dan inoatif. Salah satu cara untuk mengasah skill ini adalah dengan memancing rasa keingintahuan kita. Selain itu, kita dapat mencoba berpikir out of the box yang jarang dipikirkan oleh orang lain.

Perusahaan biasanya selalu menawarkan hal-hal baru kepada konsumen. Kita dapat menawarkan ide-ide baru dan segar kita yang dapat mendukung kemajuan perusahaan. Dengan berpikir kreatif dan inovatif, itu artinya kita juga berani mengambil resiko saat mencoba hal-hal baru.

9. Networking

Di dunia kerja, membangun relasi dengan pihak lain itu penting untuk kemajuan sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, kita perlu memiliki kemampuan networking atau kemampuan memperluas relasi dengan orang-orang, baik itu dengan mitra bisnis maupun dengan pelanggan.

Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan mengikuti event-event yang memberikan kita peluang untuk memperluas relasi kita. Jangan sampai kita melewatkannya hanya karena bosan atau malas! Siapa tahu, relasi baru yang kita miliki akan membawa kita ke jenjang karir yang lebih tinggi.

10. Etika kerja yang positif

Skill terakhir yang penting untuk kita miliki adalah attitude yang baik dan positif. Sebagus apapun pekerjaan kita, kalau kita memiliki sikap yang tidak baik, kita pasti akan dibenci oleh rekan kerja sekitar kita.

Upayakan selalu bersikap sopan dan ramah terhadap setiap orang di lingkungan kerja tidak peduli apa jabatan mereka! Dengan bersikap positif, kita akan dikenal memiliki citra yang bagus di lingkungan kerja kita.

0 Response to "10 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Perkembangan Karir di Dunia Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel