Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos, Bos Amazon dan Orang Terkaya di Dunia



Jeff Bezos adalah pemilik dari marketplace terbesar di dunia, yakni Amazon sekaligus merupakan orang terkaya di dunia saat ini dengan total kekayaan sejumlah 197,8 millyar USD atau sekitar 2,5 ribu trilliun jika dikurskan ke dalam rupiah. Selain itu, dia juga merupakan pendiri dari Blue Origin, sebuah program penjelajahan luar angkasa bagi orang awam.

Kita mungkin sering bertanya-tanya, gimana sih Jeff Bezos bisa sukses dengan Amazon dan memiliki kekayaan yang sangat fantastis?

Kesuksesan bukanlah hal yang mudah untuk digapai karena kita perlu perjuangan yang tinggi. Dulu, Jeff Bezos pun pernah bekerja sebagai karyawan di McDonald sebelum dia bisa sukses seperti sekarang. Namun, Jeff Bezos memiliki beberapa tips dan rahasia yang membuat dia bisa sukses dalam menjalankan Amazon.

Berikut ini ada beberapa tips dan rahasia dari Jeff Bezos yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber dan bisa kita terapkan dalam berbisnis. Yuk, kita langsung lihat saja berikut ini.

1. Hidup tanpa penyesalan
Salah satu nasihat penting dari Jeff Bezos agar kita bisa sukses adalah tidak memiliki penyesalan dalam hidup. Kebanyakan dari kita mungkin menyesal ketika mengalami kejadian buruk, seperti bisnis yang gagal, diputus pacar, dan lain-lain. Terlalu menyesali masa lalu membuat kita tidak bisa bangkit dan menatap masa depan.

2. Ikuti kata hati, bukan kata pikiran
Mengikuti kata hati adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan jika kita ingin sukses karena kata hati tidak pernah bohong. Insting yang kuat dan tajam akan menuntun kita pada tujuan kita, berbeda dengan kata pikiran yang seringkali berubah-ubah. Untuk itulah,  coba dengarkan kata hati kita mulai saat ini untuk menggapai kesuksesan kita.

3. Fokus pada passion
Jeff Bezos selalu menekankan pentingnya passion dalam hal pekerjaan. Dengan passion, seseorang bisa merasa nyaman dan bersemangat dalam bekerja, khususnya apabila passion tersebut mampu menghasilkan uang. Nah, buat kita yang sudah memiliki passion,vselalu kembangkan passion tersebut karena itu akan menuntun kita menunju kesuksesan.

4. Selalu mementingkan pelanggan
Salah satu rahasia utama kesuksesan Jeff Bezos dalam hal berbisnis adalah dia selalu menempatkan customer atau pelanggan sebagai raja. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang terpenting dalam hal berbisnis karena tanpa pelanggan bisnis kita bukanlah apa-apa. Selalu dengarkan kritik, saran, dan keluhan dari pelanggan demi kelancaran berwirausaha.

5. Selalu menjunjung tinggi kesederhanaan
Ketika memulai Amazon, Jeff Bezos bersama rekannya bekerja di sebuah rumah kecil dan tidak sebesar sekarang. Melihat hal itulah, Jeff selalu menjunjung tinggi kesederhanaan. Dibandingkan mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang bersifat mewah, lebih baik biaya tersebut dialokasikan demi kemajuan bisnis dan inovasi.

Baca juga: 10 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghasilkan Uang dari Game

6. Memiliki tim yang terbaik
Dalam menjalankan bisnis, Jeff Bezos menyarankan untuk membentuk tim yang terbaik sebisa mungkin. Bisnis akan berjalan baik apabila kita memiliki tim yang sefrekuensi dan sevisi serta dapat dipercaya. Selain itu, kita juga harus selalu mengevaluasi kinerja tim dari waktu ke waktu demi perkembangan yang lebih baik di masa depan.

7. Belajar dari kesalahan
Selama menjalankan Amazon, Jeff Bezos seringkali mengalami kegagalan. Berkat kegagalan-kegagalan itulah, Jeff bisa membuat keputusan yang tepat untuk kemajuan Amazon. Selain itu, kegagalan juga membuat Jeff mampu menciptakan beragam inovasi-inovasi baru dalam bisnisnya. Tanpa kegagalan, mustahil kesuksesan dapat dicapai.

8. Berani mengambil resiko
Salah satu kunci kesuksesan Jeff Bezos dalam menjalankan Amazon adalah sikap berani mengambil resiko. Sebelum mendirikan Amazon, Jeff memiliki pekerjaan tetap. Namun, dia memilih keluar dari pekerjaan itu dan mulai merintis bisnisnya yang kemudian sukses. Bagi Jeff Bezos, mengambil resiko itu lebih baik daripada takut untuk bertindak sama sekali.

9. Berpikir besar dan visioner
Jeff Bezos merupakan seseorang yang berpikir besar dan visioner. Dia selalu memikirkan kemajuan bisnisnya dalam jangka panjang. Resep itulah yang selalu dia pegang sehingga membuat Amazon bisa besar seperti sekarang ini. Meskipun dulu Amazon hanya berfokus pada penjualan buku atau e-book pada saat pendiriannya, kini Amazon telah menjadi marketplace besar yang menjual berbagai macam produk.

10. Menjual barang premium dengan harga non premium
Resep sukses dari Jeff Bezos yang terakhir adalah Jeff mampu menjual barang premium dengan harga non premium atau harga yang mampu dijangkau oleh para pembeli dan bisa bersaing di pasaran. Bayangkan jika kita memiliki sebuah produk berkualitas tinggi tetapi harganya bersahabat? Pasti banyak yang berminat dengan produk kita. Resep inilah yang mampu membuat Jeff Bezos sukses dan kaya raya.


0 Response to "Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos, Bos Amazon dan Orang Terkaya di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel