10 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghasilkan Uang dari Game


source: pixabay.com

Bermain game merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk melepas stress dan mengisi waktu luang. Namun, selain menjadi media hiburan, game juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis atau media penghasil uang, apalagi saat ini perkembangan game sangatlah cepat dan banyak peminatnya.

Nah, buat kalian yang hobi nge-game, kalian bisa mencoba beberapa alternatif atau cara berikut ini untuk menghasilkan uang dari dunia game. Jika cara ini berhasil, kan lumayan? Selain mendapatkan hiburan, kalian juga bisa menambah pemasukan kalian. Daripada kita berlama-lama, yuk kita bahas bersama berikut ini.

1. Jual item atau karakter dalam game
Selain mengandalkan skill, Item dan karakter merupakan hal yang penting dalam memainkan game untuk mendukung jalannya permainan. Dengan item dan character yang memadai ditambah skill bermain yang terlatih, kita bisa lebih mudah menuntaskan misi atau mengalahkan lawan, apalagi jika yang kalian gunakan itu item langka.

Tidak semua orang bisa berkesempatan mendapatkan item yang langka. Nah, kalian bisa menjual kembali item langka yang kalian dapatkan semisal item itu tidak kalian butuhkan. Ketika kalian menjual item tersebut, pasti banyak yang minat. Selain itu, ada juga kasus lain ketika pemain malas mengumpulkan item. Alhasil, mereka lebih memilih untuk membeli item tersebut daripada susah-susah mencarinya.

2. Menjadi joki akun game
Cara kedua yang bisa kalian coba untuk mempertebal dompet kalian adalah menjadi joki game. Kalian yang udah ahli dan punya skill tinggi bisa menawarkan jasa kalian ke orang lain yang ingin menaikkan ranking dengan cepat dan mudah. Selain itu, kalian juga sebaiknya memiliki waktu luang yang lebih dan tidak mengganggu pekerjaan atau kesibukan kalian.

Biasanya, orang yang menyewa joki game tidak memiliki waktu luang untuk bermain dan juga kadang tidak punya skill yang mumpuni dalam bermain. Oleh sebab itu, mereka memilih menggunakan joki untuk meningkatkan rangking mereka dengan cepat dan mudah.

3. Jasa top-up uang virtual game
Cara ini bisa kalian coba jika kalian memiliki tabungan lebih yang bisa kalian gunakan sebagai modal awal. Kalian nanti bisa menggunakan uang tersebut untuk membuka bisnis jasa top up uang game, seperti Diamond Mobile Legend dan sejenisnya.

Usahakan, fokuskan ke game-game yang laris di pasaran. Untuk menjalankan usaha ini, kalian bisa membuat online store di platform-platform penyedia jasa semacam ini, seperti di itemku.com dan sejenisnya. Selain itu, kalian juga bisa mempromosikan usaha kalian di medsos, seperti Instagram dan Facebook.

4. Game tester
Salah satu profesi yang jarang diketahui oleh orang-orang adalah game tester. Seorang game tester bertugas untuk menguji sebuah game yang sedang dikembangkan oleh developer. Namun, pekerjaan ini tidaklah mudah karena game tester dituntut memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam dunia game.

Game tester bertugas menemukan celah atau bug yang ada di dalam game, selain memberikan review atau komentar terkait game yang sedang dicoba. Semakin banyak bug atau celah yang ditemukan, hal itu akan semakin bagus dan meningkatkan kredibilitas game tester. Selanjutnya, dia akan memberi masukan dan nasihat kepada developer agar game tersebut bisa lebih baik nantinya.

Baca juga: Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis dari Jeff Bezos, Bos Amazon

5. Youtuber game
Menjadi youtuber adalah salah satu pekerjaan yang sedang menjamur saat ini. Ada banyak ide konten popular yang bisa diangkat, salah satunya adalah game. Saat ini, sudah banyak Youtuber game yang sukses, seperti Jess no limit, Reza Arap, dan masih banyak lagi. Selain mereka, masih ada youtuber game lain yang mulai merintis karier mereka di Youtube.

Nah, buat kalian yang tertarik, kalian bisa membuat konten-konten game dan mengunggahnya di Youtube. Kalian bisa mengeksplorasi game yang kalian suka dan tentunya menarik untuk dilihat, bisa game online atau game-game lawas, seperti game PS1 atau game NES. Yang jelas, jika channel Youtube kalian rame, kalian bisa memonetisasi channel Youtube kalian dan mendapatkan penghasilan dari Adsense.

6. Streamer
Salah satu pekerjaan yang tak kalah ngetren bagi gamer saat ini adalah streamer atau orang yang merekam aktivitas nge-game mereka dan menayangkannya secara live di platform streamer, seperti Twitch yang sudah sangat terkenal di kalangan gamer.

Berbeda dengan konten kreator di Youtube yang perlu melalui proses editing, seorang streamer menayangkan aktivitas ngegamenya secara langsung kepada audiens. Di Twitch, seorang streamer akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang dilihat oleh audiens, dari subscribe ke channel streamer tersebut, dan donasi sukarela dari audiens kepada streamer.

7. Pro Gamer
Next, menjadi pro gamer juga merupakan salah satu cara terbaik dalam menghasilkan uang melalui game. Namun, perjuangan untuk menjadi pro gamer tidaklah mudah karena seorang pro gamer harus memiliki skill bermain game tingkat dewa dan di atas rata-rata gamer biasa pada umumnya. Oleh sebab itu, kalian yang berminat menjadi pro gamer perlu latihan ekstra agar menjadi expert.

Jika kalian sudah berhasil menjadi pro gamer, kalian bisa bergabung ke dalam sebuah tim dan mengikuti turnamen game eSports dengan hadiah yang fantastis. Contoh tim eSports yang sukses kariernya sebut saja Evos, RRQ, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengikuti jejak-jejak kesuksesan mereka dengan bersungguh-sungguh dalam nge-game.

8. Game developer
Buat kalian yang punya background programmer dan punya dedikasi serta kecintaan tinggi terhadap dunia game, kalian bisa menjadi bagian dari tim game developer. Kalian diharuskan memiliki kreativitas yang tinggi, khususnya dalam hal desain game yang menarik.

Selain itu, kalian juga perlu memiliki skill komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan partner kalian. Kalian nanti bisa bekerja sama dengan publisher untuk merilis game yang kalian buat atau bisa juga kalian merilis game kalian sendiri jika kalian memiliki dana yang cukup. Jika game kalian laris dan banyak peminatnya, secara otomatis kalian akan mendapatkan income dari orang-orang yang membayar lisensi game kalian.

Baca juga: Tips-Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Agar Tepat dan Nyaman Digunakan di Rumah

9. Jualan franchise dari game
Buat kalian yang suka ngegame dan punya jiwa-jiwa pebisnis, kalian bisa membuka usaha franchise dari game yang populer, seperti kaos custom, casing HP custom, topi custom, gantungan kunci, atau produk lain yang berpotensi laku di masyarakat.

Kalian bisa membuka toko online di Toped, Shopee, Bukalapak, atau jualan mandiri di Instagram. Jika kalian pintar-pintar memasarkan produk kalian dan menggaet banyak pelanggan, hasilnya pasti akan lumayan dan skill berbisnis kalian juga akan meningkat.

10. Buat website seputar info game
Tips terakhir yang bisa kalian coba untuk menghasilkan uang dari game adalah kalian membuat situs website yang fokus membahas dunia game, seperti info tentang game terbaru, tutorial bermain game, dan artikel menarik lainnya yang bisa kalian kulik dan bahas dengan menarik.  Sejauh ini, website yang khusus membahas game masih belum banyak di Indonesia. Yang terkenal dan banyak dikunjungi saat ini mungkin hanyalah gamebrott dan gimbot.

Hal ini tentu menjadi peluang bagus buat kalian yang suka ngegame dan punya skill nulis. Jika website kalian rame, kalian nanti bisa memasang iklan, baik itu dari Adsense maupun penyedia iklan lain, seperti MGID, Adnow, dan sejenisnya. Selain itu, kalian juga bisa membuat penawaran content placement bagi siapapun yang tertarik untuk beriklan di website kalian.
***
Nah, mungkin ini saja beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menghasilkan uang dari game. Kalian tentu akan merasa senang jika hobi yang kalian tekuni bisa menghasilkan uang karena seperti kata pepatah “Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia ini adalah hobi yang dibayar”.

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat. Thanks atas kunjungannya.

0 Response to "10 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghasilkan Uang dari Game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel