Tips-Tips yang Dapat Kita Lakukan Agar Senantiasa Bersyukur


pixabay.com

Bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup kita. Dengan bersyukur, hati kita akan terasa lapang dan kita akan merasa bahagia atas semua hal yang Tuhan berikan dalam hidup kita. Tuhan pun sudah berjanji bahwa siapa yang bersyukur, maka Tuhan akan menambah nikmat terhadapnya. 

Nah, kali ini saya ingin mengajak kalian semua untuk belajar bersyukur dan merenungi makna syukur. Rasa syukur itu memang tidak mudah kita hadirkan dalam hidup jika kita tidak membiasakan diri untuk senantiasa melatihnya. Kita sebagai manusia seringkali lupa untuk bersyukur dan lalai atas semua yang Tuhan berikan dalam hidup kita.

Oleh sebab itulah, saya ingin membagikan beberapa tips yang dapat kita lakukan agar terbiasa untuk bersyukur.

1. Selalu Mengucapkan Terima Kasih Atas Semua Nikmat dan Pemberian Tuhan

Jika kita renungkan, ada banyak nikmat Tuhan yang ada dalam hidup kita. Semisal, kita diberikan badan yang sehat, mata yang sehat, dan kita masih bisa bernafas dengan lega dan menghirup oksigen secara gratis. Kita tidak akan pernah bisa menghitung seberapa banyak nikmat yang Tuhan berikan dalam hidup kita. Tuhan itu Maha Baik. Oleh sebab itulah, kita sudah sepatutnya mengucapkan pujian atas semua nikmat-Nya setiap hari.

Caranya sangat simple dan gampang banget untuk dilakukan. Kita hanya perlu mengucapkan kata terima kasih kepada Tuhan sesuai dengan agama kita masing-masing. Buat kita yang muslim, kita dapat mengucapkan alhamdulillah setiap saat, kapanpun dan dimanapun tanpa harus menunggu momen ketika kita mendapat sebuah nikmat yang luar biasa. Cara ini bisa membuat kita terbiasa untuk bersyukur setiap waktu.

2. Selalu Memandang ke Bawah dalam Urusan Dunia

Hidup di zaman sekarang memang tidaklah mudah. Ada banyak godaan yang datang dari luar sehingga membuat kita seringkali lupa untuk bersyukur. Kita seringkali melihat kehidupan orang lain yang lebih baik dari kita. Misalkan, kita iri melihat teman-teman kita sudah punya pekerjaan, sudah punya mobil dan ini atau itulah. Sadar atau tidak, rasa iri itu membuat hidup kita tidak tenteram dan hati kita tidak tenang.

Untuk menghindari tersebut, kita sebaiknya selalu memandang ke bawah dalam urusan dunia. Kita perlu merenung lebih dalam bahwa masih ada banyak orang yang hidupnya jauh dari kata berkecukupan. Masih ada banyak orang di luar sana yang kelaparan, tidak memiliki tempat tinggal, atau mungkin diberikan penyakit yang parah. Apabila kita masih bisa makan dengan enak, tidur dengan nyenyak, dan tubuh masih sehat-sehat saja, lantas mengapa kita masih merasa kurang dan enggan bersyukur? Kita sepatutnya belajar lebih banyak bersyukur.
3. Fokus pada Apa yang Kita Miliki

Salah satu penyebab kita lupa bersyukur adalah kita jarang menghitung hal-hal apa yang kita miliki. Kita lebih cenderung berharap pada sesuatu yang belum kita miliki sehingga kita merasa hidup kita serba kekurangan. Apabila kita bisa mengubah sudut pandang kita terhadap sesuatu, kita akan lebih mudah untuk bersyukur dan menikmati hidup. Kita juga tidak akan merasa sedih apabila kita belum mampu memiliki sesuatu yang kita inginkan. Oleh sebab itu, kita perlu menghitung kembali apa yang sudah kita miliki dan belajar mensyukuri hal tersebut.

4.  Jangan Terlalu Banyak Mengeluh

Mengeluh memang seringkali kita lakukan ketika kita mendapat masalah atau ketika kenyataan tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Kita perlu ingat, mengeluh tidak menyelesaikan solusi. Di samping itu, mengeluh juga membuat emosi kita menjadi negatif. Untuk mengatasi hal itu, kita perlu mengurangi porsi kita dalam mengeluh ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan hidup. Kita perlu memandang hal itu secara positif karena selalu ada hikmah di setiap permasalahan.

5. Hidup dengan Sederhana

Belajar hidup sederhana bisa membuat kita lebih bersyukur atas harta yang kita punya. Kita tidak perlu hidup mewah dan menuruti gengsi yang ada pada diri kita. Sebisa mungkin, kita mengeluarkan uang kita untuk hal-hal yang memang penting, seperti pendidikan anak, biaya makan, bensin, pulsa, dsb. Jangan sampai kita hidup boros dan konsumtif dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita perlukan, seperti baju mahal, sepatu bermerk, dan sejenisnya!

6. Rajin Bersedekah

Cara selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk senantiasa bersyukur adalah dengan cara memberi harta kita yang lebih kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Bersedekah tidak akan membuat kita miskin, tetapi justru akan membuat harta kita tambah subur dan barokah. Selain itu, ketika kita memberikan sesuatu kepada orang lain, kita juga akan merasakan emosi yang positif dan hidup lebih tenang.

7. Belajar Menerima Segala Sesuatu dengan Lapang Dada

Tips terakhir yang bisa kita lakukan agar kita bisa senantiasa bersyukur adalah dengan cara memahami makna dan esensi dari rasa syukur tersebut. Selain memiliki makna ungkapan terima kasih, rasa syukur juga berarti kita menerima semua kondisi yang ada dalam hidup kita.

Kita akan lebih mudah bersyukur jika kita bisa menerima segala kekurangan kita, menerima penolakan-penolakan yang pernah terjadi dalam hidup kita, atau bahkan menerima semua kenangan pahit yang ada dalam ingatan kita. Awalnya memang sulit, tetapi kita mau tidak mau harus menerima hal itu dengan dada yang lapang. Segala sesuatu terjadi bukan tanpa alasan, melainkan semua sudah menjadi ketetapan Tuhan. Jika kita sudah mampu menerima semua itu, itu menandakan bahwa sejatinya kita sudah bersyukur.
***
Nah, mungkin itu saja beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian untuk belajar bersyukur. Saya berharap artikel ini bisa bermanfaat dan mampu menginspirasi teman-teman sekalian. Selain itu, saya juga meminta maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan artikel kali ini. Sekian dari saya. Terima kasih.


EmoticonEmoticon