20 Sistem Kekuatan Terbaik yang Ada di Dunia Anime

Dalam cerita manga atau anime, ada banyak kekuatan menarik yang muncul dengan keunikan sekaligus keunggulan masing-masing. Selain itu, setiap anime atau manga memiliki konsep atau sistem kekuatan yang berbeda-beda.

Sebagai perbandingan, kita bisa melihat cerita Naruto yang menggunakan konsep chakra dan One Piece yang mengusung kekuatan dari buah iblis. Selain kedua anime populer tersebut, masih ada beberapa sistem kekuatan dari anime yang tak kalah menarik.

Oleh karena itulah, MogiMogy kali ini ingin mengulas daftar sistem kekuatan yang paling menarik di dunia anime. Tanpa berbasa-basi panjang lebar, kita langsung bahas aja yuk berikut ini!

20. Spiral Power – Tengen Toppa Gurren Lagann

Spiral Power merupakan sumber kekuatan utama dari seluruh makhluk Spiral dalam cerita Tengen Toppa Gurren Lagann. Energi tersebut digambarkan sebagai kekuatan evolusi. Selain itu, energi itu merepresentasikan filosofi dari model fisika.

Spiral Power dikatakan mempunyai potensi yang tidak terbatas dalam penggunaannya. Kekuatan itu bisa meningkatkan daya serang sebuah senjata. Selain itu, kekuatan tersebut konon mampu menciptakan lubang pada ruang waktu.

19. Rukh/Magoi – Magi

Dalam cerita Magi, Rukh bisa dibilang sebagai perwujudan dari jiwa seseorang. Rukh mampu menghasilkan energi murni yang dikenal dengan sebutan Magoi. Jika dikonsentrasikan dengan fokus, energi tersebut bisa ditembakkan ke arah musuh dalam pertarungan.

Meskipun semua makhluk hidup mempunyai Magoi di tubuh mereka, hanya ada beberapa orang yang bisa mengakses Magoi dengan maksimal. Contohnya adalah para penyihir dan pengguna Wadah Raja yang mendapatkan kekuatan dari Djinn.

Ada beberapa Wadah Raja yang sangat kuat dalam cerita Magi, seperti Sinbad dan Koumei Ren. Saat bertarung, mereka biasanya mengaktifkan Masou terlebih dahulu hingga tubuh mereka diselimuti oleh armor atau outfit yang keren.

18. Cosmo – Saint Seiya

Dalam cerita Saint Saiya, ada sebuah energi mistis yang bernama Cosmo. Jika ditelusuri kembali, energi ini berasal dari ledakan Big Bang dan setiap makhluk hidup memiliki energi Cosmo jauh di dalam dirinya. Akan tetapi, tidak semua makhluk mampu memaksimalkan potensi dari energi ini.

Kemampuan dari energi ini sangat terlihat jelas pada diri ksatria yang disebut Saints. Dengan energi ini, para Saints tersebut dapat mengeluarkan serangan ledakan Cosmo atau mengubahnya menjadi atribut lain, seperti api dan air.

Yang tak kalah menarik dari energi ini adalah semakin kuat seseorang, ia akan mampu mengakses kekuatan Cosmo yang jauh lebih besar.

17. Soul Wavelength – Soul Eater 

Soul Wavelength merupakan konsep kekuatan sangat unik dalam cerita Soul Eater. Kekuatan tersebut merupakan bagian dari jiwa seseorang yang mempunyai peran penting dalam hubungan seorang Meister beserta senjatanya yang disebut Demon Weapon.

Ketika jiwa seorang Meister terhubung dan beresonansi dengan senjatanya, dia akan mendapatkan tambahan kekuatan yang luar biasa. Meskipun demikian, resonansi tersebut bisa saja gagal apabila meister dan senjatanya tidak selaras dalam pertarungan.

Salah satu contoh Meister dan Demon Weapon yang terkenal adalah Maka Albarn dan Soul Evans. Mereka berdua mempunyai tingkat kecocokan yang tinggi sehingga mereka sangatlah solid ketika bertarung bersama.

16. Titan – Attack on Titan

Dalam cerita Attack on Titan, ada sekelompok orang yang mempunyai kekuatan untuk berubah menjadi Titan. Meskipun demikian, kemampuan tersebut bersifat eksklusif karena hanya ada sembilan jenis Titan.

Kesembilan Titan tersebut adalah Founding Titan, Armored Titan, Attack Titan, Beast Titan, Cart Titan, Colossus Titan, Female Titan, Jaw Titan, dan War Hammer Titan. Masing-masing Titan punya kekuatan khusus dan keunggulan masing-masing.

Meskipun demikian, mereka yang bisa berubah menjadi Titan adalah orang-orang yang kuat dan bisa menghancurkan sebuah wilayah dengan mudah. Mereka bahkan digunakan sebagai senjata militer dalam perang. 

15. Magic/Sihir – Fairy Tail

Fairy Tail merupakan salah satu anime tentang sihir yang sangat populer. Dalam anime tersebut, sihir terbagi ke dalam dua klasifikasi utama, yaitu Caster Magic dan Holder Magic. Selain itu, ada pula sihir dari zaman kuno yang disebut Ancient Spell dan Lost Magic.

Ada banyak sihir-sihir menarik yang diperkenalkan dalam cerita Fairy Tail, seperti Sihir Roh Bintang, Requip, Dragon Slayer, Ice-Make, dan masih banyak lagi. Masing-masing sihir mempunyai keunikan dan keunggulan masing-masing.

Selain berfokus pada para penyihir, anime ini juga menghadirkan sosok iblis yang diciptakan oleh penyihir hitam Zeref. Mereka tidak menggunakan sihir dalam pertarungan, tetapi mereka menggunakan kutukan yang jauh lebih kuat dibandingkan sihir biasa.

14. Charyeok – God of Highschool

Charyeok merupakan sebuah kekuatan menarik yang muncul dalam cerita God of Highschool. Kekuatan ini berasal dari entitas spiritual yang dianggap sebagai dewa. Kekuatan ini bisa dipinjam dan dimiliki oleh orang-orang tertentu untuk meningkatkan kekuatan bertarung mereka.

Pengguna Charyeok bisa memanggil entitas spiritual tersebut secara langsung atau menggunakan sebagian besar kekuatan mereka. Selain itu, mereka rata-rata adalah petarung yang sangat kuat dan sulit untuk dikalahkan dalam pertempuran.

Contohnya adalah Yoo Mira yang bisa memanggil Lu Bu Fengxian, prajurit legendaris dari Dinasti Han. Charyeok tersebut digambarkan sebagai prajurit berkuda dengan armor yang terlihat sangat keren.

13. Pyrokinesis – Fire Force

Dalam cerita Fire Force, terdapat sekelompok orang yang mempunyai kekuatan mengendalikan api alias pyrokinesis. Mereka terbagi ke dalam berbagai generasi, mulai dari Generasi Pertama, Kedua, Ketiga, dan Keempat.

Generasi Pertama merupakan orang-orang yang mengalami pembakaran spontan dan berubah menjadi monster api bernama Infernal. Generasi Kedua adalah mereka yang bisa memanipulasi api, sedangkan Generasi Ketiga adalah yang mampu memproduksi api dari tubuh mereka. Generasi Keempat adalah sebutan bagi mereka yang punya kekuatan unik bernama Adolla Burst.

Meskipun semua kekuatan berbasis api, mereka mampu menggunakan kekuatan itu dalam berbagai cara. Bahkan, ada karakter yang bisa mengubah energi panas dari api tersebut menjadi es yang bisa membekukan lawan.

12. Kagune – Tokyo Ghoul

Kagune merupakan organ predator yang berfungsi sebagai senjata yang bisa mereka gunakan untuk bertarung. Kagune terbentuk dari RC Cells yang diproduksi oleh tubuh Ghoul. RC Cells juga menentukan karakteristik sekaligus kekuatan dari kagune seorang Ghoul.

Secara umum, kagune terbagi menjadi empat tipe, yaitu ukaku, kokako, rinkaku, dan bikaku. Selain keempat tipe tersebut, ada dua tipe lagi yang bisa dibilang sebagai kasus langka, yaitu chimera dan kakuja.

Selain digunakan oleh para ghoul, kagune juga bisa digunakan sebagai senjata oleh pasukan pemburu ghoul bernama CCG. Hal itulah yang membuat kagune termasuk sistem kekuatan yang menarik dalam dunia anime.

11. Energi Kutukan – Jujutsu Kaisen

Energi Kutukan merupakan sumber kekuatan para penyihir jujutsu beserta para roh kutukan yang jahat. Energi tersebut terlahir dari emosi negatif manusia, seperti dendam dan kemarahan. Energi tersebut biasa digunakan oleh pengguna jujutsu dalam bertarung.

Pengguna jujutsu biasa menggunakan teknik kutukan untuk bertarung, seperti teknik Black Flash, Limitless, dan Ten Shadows Technique. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan senjata yang telah diperkuat dengan energi kutukan.

Lebih jauh lagi, para penyihir jujutsu dan roh kutukan mampu mengeluarkan sebuah teknik bernama Domain Expansion. Teknik tersebut merupakan sebuah teknik penghalang tingkat tinggi yang memanifestasikan domain miliki pengguna dalam bentuk ruang/dimensi spesial.

10. Gaya Pernapasan – Kimetsu no Yaiba

Untuk melawan para iblis yang sangat kuat, para pemburu iblis dalam cerita Kimetsu no Yaiba menggunakan sebuah pedang khusus bernama Nichirin beserta gaya pernapasan yang mereka kuasai.

Ada banyak gaya pernapasan yang muncul dalam cerita, seperti pernapasan air, pernapasan api, pernapasan petir, pernapasan angin, hingga pernapasan matahari. Setiap gaya pernapasan mempunyai beberapa bentuk atau teknik.

Contohnya adalah Pernapasan Air yang mempunyai sepuluh teknik utama. Selain itu, ada lagi Pernapasan Matahari yang terdiri dari 13 teknik yang saling berkesinambungan dan punya efek mematikan terhadap iblis.

9. Reiatsu – Bleach

Reiatsu merupakan salah satu sistem kekuatan yang digunakan dalam cerita Bleach. Reiatsu bisa didefinisikan sebagai tekanan roh yang tercipta dari Reiryoku (energi spiritual) milik seseorang. Kekuatan Reiatsu ini biasa dimiliki oleh orang-orang kuat seperti Shinigami, Quincy, Arrancar, dan Bount.

Semakin besar energi spiritual yang disimpan oleh seseorang, ia akan mampu memberikan tekanan Reiatsu yang lebih kuat. Hal ini sangat berguna untuk mengintimidasi lawan yang lebih lemah dalam pertarungan.

Reiatsu bisa dibilang sebagai kekuatan dasar dari para karakter Bleach karena masih ada sistem kekuatan lain yang digunakan dalam cerita, contohnya Zanpakuto yang memiliki mode Shikai dan Bankai atau Quincy yang memiliki senjata khusus untuk memusnahkan Hollow.

8. Stand – JoJo Bizzare Adventure

Stand adalah sistem kekuatan utama dalam cerita Jojo. Pada dasarnya, kekuatan ini adalah manifestasi dari energi kehidupan seseorang. Selain itu, setiap Stand memiliki keunikan masing-masing yang membuat kekuatan ini terlihat menarik dalam pertarungan.

Ada banyak Stand yang menarik dalam cerita Jojo dengan berbagai kekuatan yang super. Sebagai contoh, Star Platinom dan Silver Chariot yang dapat bergerak dengan sangat cepat. Selain itu, ada lagi yang kekuatan Stand yang mampu meniadakan keberuntungan lawan.

Sosok Stand biasanya terlihat di belakang penggunanya. Kemampuan dari Stand bisa dimanfaatkan untuk kebaikan atau kejahatan tergantung dari niat seseorang. Selain itu, wujud Stand juga tergantung dari imajinasi sekaligus pikiran penggunanya. Karena itulah, konsep Stand tak kalah menarik dibanding daftar sebelumnya.

Baca juga: 10 Keluarga yang Paling Kuat dalam Cerita Anime

7. Ki – Dragon Ball

Buat kalian penggemar Dragon Ball, pasti sudah tidak asing lagi dengan energi dalam yang bernama Ki. Energi ini merupakan sumber kekuatan dari para karakter Dragon Ball. Dengan menarik Ki dari dalam tubuh, pengguna dapat memanipulasi Ki dan memanfaatkannya dalam pertempuran.

Ki dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan tempur penggunanya. Enggak hanya itu, pengguna Ki tingkat lanjut dapat mengubah energi ini menjadi serangan dalam bentuk lain, seperti tembakan cahaya, pedang, atau bahkan ledakan.

Ki setidaknya dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis yang memiliki ciri khas masing-masing. Jumlah Ki dalam diri seseorang biasanya tergantung dari proses latihan yang dilaluinya. Semakin sering ia berlatih, jumlah Ki dalam dirinya akan semakin besar.

Selain menggunakan konsep Ki, yang tak kalah menarik dari cerita Dragon Ball adalah konsep kekuatan Saiyan yang badass dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai macam transformasi. Sayangnya, hanya orang-orang tertentu yang memiliki sel Saiyan dalam dirinya, seperti Goku dan Vegeta.

6. Alkimia – Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Di dunia ini memang enggak yang gratis. Hal itulah yang diusung dalam cerita Fullmetal Alchemist. Konsep dasar dari kekuatan alkimia adalah equivalent exchange atau pertukaran setara.

Untuk menguasai kekuatan alkimia, seseorang harus mengorbankan sesuatu yang berharga. Selain itu, ada beberapa kasus yang membutuhkan proses tawar menawar untuk melakukan alkimia. Kekuatan alkemi ini mungkin bisa dikatakan sebagai kombinasi antara sains dan unsur mistis.

Seseorang perlu mempelajari mekanisme dari alkimia untuk menggunakan kekuatan ini. Selain itu, mayoritas karakter dari anime ini membutuhkan lingkaran transmutasi untuk menyalurkan kekuatan alkimia mereka.

Namun, ada beberapa pengecualian seperti Edward dan Alphonse yang mampu menggunakan kekuatan alkimia tanpa lingkaran transmutasi.

5. Quirks – Boku no Hero Academia

Berikutnya, ada kekuatan unik dari cerita BNHA yang disebut dengan Quirks. Kekuatan ini merupakan kekuatan atau bakat spesial yang dibawa oleh seseorang sejak lahir. Kekuatan ini mulai terlihat pada diri manusia memasuki akhir abad 21 dan hampir 80% dari populasi manusia memilikinya.

Kemampuan dari Quirks ini sangatlah unik dan beragam. Meskipun kemampuan itu terlihat biasa aja, kemampuan Quirks akan menjadi senjata yang berguna dalam pertarungan jika dilatih dengan serius. Oleh karena itulah, banyak para Pro Hero yang hebat dalam memberantas kejahatan.

Quirks sendiri juga diklasifikan ke dalam tiga jenis utama, yaitu Emiiter, Transmutation, dan Mutant. Selain itu, ada banyak kemampuan Quirks yang unik dan aneh dalam cerita BNHA sehingga membuat sistem kekuatan ini menempati posisi kelima.

Baca juga: 15 Ninja Konoha Terhebat Sepanjang Cerita Naruto

4. Sihir & Grimoire – Black Clover

Mungkin ada banyak anime atau manga Shonen yang mengusung konsep sihir. Namun, Black Clover memiliki sistem kekuatan sihir yang unik dan bisa dibilang terstruktur. Dalam cerita Black Clover, setiap ksatria sihir memiliki Grimoire atau buku yang menyimpan mantra sihir.

Uniknya, setiap kerajaan memiliki karakteristik tersendiri dalam menghitung tingkat kekuatan para ksatria sihir. Sebagai contoh, kerajaan Clover menggunakan konsep daun semanggi untuk mengukur kekuatan para ksatria sihir. Rata-rata para ksatria sihir memiliki Grimoire berdaun tiga dan hanya orang-orang tertentu yang memiliki Grimoire berdaun empat, seperti kapten skuat sihir atau kalangan bangsawan.

Berbeda dengan kerajaan Clover, kerajaan Heart menggunakan sistem tingkatan sihir dengan skala 1-10 untuk mengukur kekuatan ksatria sihir. Semakin kecil tingkatan seorang ksatria sihir, itu artinya kekuatannya akan semakin hebat. Konsep kekuatan dari kerajaan Heart ini kemudian juga diadaptasi oleh kerajaan Clover.

Namun, ada beberapa ksatria sihir yang dikategorikan dalam tingkat Arcane karena sihir mereka sangat unik dan kekuatannya berpotensi untuk mengalahkan iblis, contohnya Asta dan Secre. Oleh karena itulah, sistem kekuatan di Black Clover menurut saya sangat menarik dan beda dari anime lain.

3. Buah Iblis & Haki – One Piece

Dalam cerita One Piece, buah iblis merupakan buah spesial yang mampu memberikan seseorang kekuatan yang hebat. Ada tiga jenis dari buah iblis yang ada dalam cerita, yaitu tipe Paramecia, Zoan, dan Logia yang dianggap sebagai tipe yang terkuat. Ketiga tipe buah iblis tersebut memiliki ciri khas sekaligus keunggulan masing-masing.

Sepanjang cerita, ada banyak karakter One Piece yang memiliki kemampuan buah iblis ini. Meskipun kekuata dari pengguna buah iblis itu hebat, mereka memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak bisa berenang di air, rentan terhadap batu laut, dan dapat diserang oleh pengguna haki.

Selain itu, pengguna dari buah iblis dapat memaksimalkan kekuatannya hingga mencapai tahap awakening, seperti pada kasus Doflamingo dan Katakuri yang bisa menggunakan kekuatannya pada lingkungan di medan pertempuran.

Kekuatan yang tak kalah menarik dalam One Piece adalah kemampuan Haki yang sangat berguna dalam pertarungan. Haki terbagi menjadi tiga jenis, yaitu haki observasi, haki pertahanan, dan haki raja. Dengan melatih kemampuan Haki, seseorang akan sangat unggul dalam pertarungan dan tidak kesulitan melawan para pengguna buah iblis.

2. Chakra – Naruto

Konsep Chakra dalam anime Naruto merupakan salah satu sistem kekuatan terbaik dalam cerita Shonen sehingga sistem kekuatan ini cocok berada di posisi kedua. Kekuatan ini merupakan energi fisik sekaligus spiritual yang terdapat pada diri seorang ninja atau shinobi.

Dengan memanfaatkan chakra yang ada pada tubuh mereka, para shinobi mampu menggunakan berbagai macam jutsu dalam pertarungan, seperti taijutsu, genjutsu, dan ninjutsu. Secara umum, chakra terbagi ke dalam lima elemen utama dari alam, yaitu air, api, tanah, angin, dan petir.  

Dengan mengetahui jenis chakra dalam dirinya, seorang shinobi dapat lebih mudah menggunakan jutsu yang cocok dan sesuai dengan dirinya. Selain itu, ada beberapa shinobi yang memiliki chakra dengan dua elemen gabungan sehingga ia memiliki teknik kekkei genkai, seperti Hashirama yang mampu menggunakan elemen kayu atau Mei Terui yang memiliki elemen lava.

Selain itu, chakra juga bisa dialirkan pada senjata seperti kunai atau shuriken untuk memperkuat daya serang senjata tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh Asuma ketika mengajari Naruto. Meskipun demikian, seorang ninja memiliki jumlah chakra yang sangat terbatas dalam dirinya sehingga chakra tidak bisa digunakan secara terus menerus dalam satu waktu.

1. Nen – Hunter x Hunter

Sejauh ini, sistem kekuatan terbaik yang ada dalam cerita anime atau manga Shonen adalah konsep Nen yang diusung dalam cerita Hunter x Hunter. Penjelasan tentang Nen memang sangatlah kompleks, tetapi Nen secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aura yang terdapat dalam diri seseorang.

Konsep dari kekuatan Nen ini mencakup berbagai macam aspek, seperti kreatifitas, kekuatan, sekaligus batas penggunaan. Kekuatan dari Nen ini enggak mudah untuk dipelajari karena seseorang harus mempelajari dasar-dasar Nen sekaliugs melewati serangkaian latihan yang bertahap.

Nen terbagi ke dalam enam tipe, yaitu kyoka, henka, hoshutsu, henka, sosa, gugenka, dan tokushitsu.   Uniknya, kekuatan Nen juga mencerminkan kepribadian dari penggunanya. Karena itulah, setiap pengguna biasanya cenderung menguasai satu tipe Nen.

Selain itu, kekuatan Nen itu dapat dikembangkan berdasarkan kreatifitas penggunanya hingga menghasilkan kekuatan yang menarik, seperti Nen milik Hisoka yang mirip permen karet dsb. Karena itulah, semakin seseorang itu terampil dalam menggunakan Nen, dia akan semakin unggul dalam pertarungan melawa musuhnya.

 

 

Previous Post Next Post

Contact Form