15 Zanpakuto yang Terbaik dalam Cerita Bleach

Zanpakuto merupakan sebuah pedang khusus yang dimiliki oleh Shinigami dalam cerita Bleach. Setiap Shinigami biasanya memiliki Zanpakuto dengan kemampuan yang unik sekaligus beragam. Semakin sering mereka melatih dan mengenal pedangnya, kekuatan Zanpakuto akan lebih kuat dari waktu ke waktu.

Enggak hanya itu, Zanpakuto memiliki dua mode utama yang bisa digunakan, yaitu mode shikai dan mode bankai yang lebih kuat. Sayangnya, tidak semua Shinigami mampu menggunakan bankai secara terus menerus dalam pertarungan karena mereka biasanya memerlukan jeda waktu tertentu.

Nah, beriktu ini MogiMogy sudah merangkum daftar Zanpakuto terbaik yang muncul dalam cerita Bleach. Langsung aja yuk kita ulas satu per satu berikut ini!

15. Sode no Shirayuki

Rukia merupakan salah satu karakter yang pertama kali muncul dalam cerita Bleach. Meskipun demikian, dia tidak pernah menunjukkan kemampuan shikai miliknya di awal cerita. Kemampuan itu baru diperlihatkan pada arc Arrancar.

Zanpakuto miliknya bernama Sode no Shirayuki yang merupakan pedang es dengan beragam kemampuan khusus. Pedang Rukia mampu membekukan atau memberikan kerusakan terhadap lawan.

Enggak hanya itu, Rukia dapat mengganti pedang besi yang rusak dengan es. Contoh lawan yang pernah menghadapi kekuatan pedang ini adalah D.Roy, Rudubon, dan Aaronerio.

14. Wabisuke

Wabisuke adalah Zanpakuto milik Izuru Kira, wakil komandan divisi 3. Wujud shikai dari Zanpakuto ini memiliki bentuk yang sangat unik. Enggak hanya itu, kemampuan Zanpakuto ini juga unik dan mampu membuat lawan kesulitan.

JIka diterjemahkan secara harfiah, Wabisuke memiliki arti permintaan maaf. Dengan Zanpakuto ini Kira dapat menggandakan berat benda apapun yang dia serang. Berkat kemampuan ini, lawan akan kesulitan untuk mengangkat senjata atau tubuh mereka karena efek Zanpakuto tersebut.

Sesuai dengan nama dari Zanpakuto ini, semakin berat beban yang diterima lawan, ia akan berlutut dengan kepala yang menunduk seolah meminta maaf.

13. Suzumushi

Kapten Kaname Tosen merupakan salah satu kapten yang terkuat dalam cerita Bleach. Enggak hanya itu, ia memiliki Zanpakuto yang sangat unik bernama Suzumushi.

Zanpakuto miliki memiliki kemampuan untuk melumpuhkan indera lawan dan mengalahkan lawan dengan cepat. Enggak terbatas di situ, mode shikai dari pedang ini juga mampu menciptakan hujan dari ratusan pedang yang diperlihatkan Kaname pada pertarungannya melawan Kenpachi di Soul Society Arc.

Ketika dalam mode bankai, kekuatan dari Suzumushi akan menjadi lebih mematikan dan sangat sulit untuk dihadapi. Bankai dari Zanpakuto ini mampu menjebak lawan di dalam sebuah area yang menumpulkan seluruh indera mereka.

12. Suzumebachi

Ukuran Zanpakuto ini mungkin memang kecil, tetapi Suzumebachi sangatlah berbahaya. Zanpakuto ini dimiliki oleh kapten Soi Fon dari divisi 2 yang sangat gesit dan mematikan, Ia merupakan pembuhuh yang terlatih dan kekuatannya sangat cocok dengan Suzumebachi.

Shikai dari Zanpakuto miliknya biasa digunakan di jari tengah Soi Fon. Ia akan menyengat musuh dengan Suzumebachi. Apabila musuh terkena sengatan dari Suzumebachi, tanda kupu-kupu akan muncul tepat pada lukanya.

Yang lebih mengerikan, target dipastikan akan mati apabila Soi Fon dapat menyerang pada titik yang sama dengan Suzumebachi. Karena itulah, jangan macam-macam dengan kapten yang satu ini!

11. Hyorinmaru

Kalau kita ngomongin Zanpakuto yang cool dalam cerita Bleach, Hyorinmaru pasti masuk dalam kategori tersebut. Pedang dari kapten Toshiro Hitsugaya tersebut merupakan perwujudan dari naga es dan kekuatannya masih bisa berkembang menjadi lebih kuat mengingat Toshiro masih seorang bocah.

Mode shikai dari Hyorinmaru bisa dibilang cukup menakutkan. Akan tetapi, kekuatannya akan jauh lebih mengerikan ketika mode bankai diaktifkan. Daiguren Hyorinmaru dapat membekukan seluruh air di udara dan menciptakan penjara es.

Di samping itu, Toshiro dapat menciptakan clone dari es yang bisa dia gunakan untuk menyelamatkannya dari serangan musuh yang membahayakan dirinya.

10. Shinso

Zanpakuto milik Gin Ichimaru ini biasa dikenal dengan sebutan Sacred Spear. Dalam bentuk shikai-nya, pedang ini dapat memanjang dengan kecepatan super sehingga pedang ini mampu memberikan serangan mematikan.

Pedang ini dapat memanjang hingga seratus kali lipat dari panjang aslinya. Berkat kemampuan pedang ini, Gin dapat mengalahkan Ichigo berkali-kali. Ketika mode bankai diaktifkan, kekuatan dari pedang ini terasa jauh lebih mengerikan karena kecepatan sekaligus kemampuan destruktifnya meningkat drastis.

Dalam mode bankai, Shinso dapat memanjang hingga 13 km dan bergerak dengan kecepatan 500 kali dari kecepatan suara. Kemampuan pedang ini sangat cocok dengan kepribadian Gin yang cerdik hingga membuat Gin sulit untuk dikalahkan.

9. Ashisogi Jizo

Ashisogi Jizo adalah Zanpakuto yang dimiliki oleh kapten Mayuri Kurotsuchi dari divisi 12. Pedang tersebut sangatlah unik dan memiliki efek mematikan. Siapapun yang bersentuhan dengan pedang ini akan lumpuh, tetapi mereka masih mampu merasakan rasa sakit yang ada dalam tubuh mereka.

Kemampuan dari Zanpakuto ini akan terlihat lebih jelas ketika berubah dalam mode bankai. Pedang ini nantinya akan berubah menjadi makhluk raksasa berkepala bayi dengan tubuh berbentuk ulat yang sangat beracun.

Nafas racun dari Ashisog Jizo sangat mematikan. Setiap orang yang terkena racun tersebut akan mengalami kerusakan pada tubuhnya. Yang lebih mengerikan, nafas racun itu bisa menyebar dalam jangkauan yang luas.

8. Benihime

Kisuke Urahara adalah mantan kapten divisi 12 sekaligus salah satu ilmuwan terbaik yang dimiliki Soul Society. Berkat eksperimen yang dia lakukan, Urahara mampu memaksimalkan kekuatan Zanpakuto hingga melampau batasnya, seperti halnya milik Mayuri.

Dalam mode shikai, Benihime mampu menghasilkan semacam aura merah yang bisa digunakan oleh Urahara sesuka hatinya. Ketika mode bankai diaktifkan, Benihime memungkinkan ia untuk merestrukturisasi apapun yang dipotongnya.

Kemampuan itu sangatlah multifungsi karena bisa digunakan untuk menjahit kembali sesuatu atau menyembuhkan luka. Jika digunakan untuk tujuan menyerang lawan, Benihima dapat memberikan kerusakan yang luar biasa.

7. Nozarashi

Zanpakuto yang satu ini sangatlah simple dan tidak sulit untuk dipahami. Enggak hanya itu, Nozarashi juga cocok banget dengan penggunanya, Zaraki Kenpachi.

Secara sederhana, Nozarashi mampu memberikan kekuatan yang lebih destruktif dibandingkan kekuatan asli Zaraki. Ketika mode shikai dilepaskan, pedang Nozarashi menjadi masif dan cukup kuat untuk menebas lawan melalui udara.

Ketika mode bankai diaktifkan, pedang ini mampu mengubah Zaraki menjadi makhluk mengerikan yang membuat dia jauh lebih kuat sekaligus cepat. Kulitnya kemudian berubah menjadi merah dan dia bergerak sesuai instingnya yang haus darah.

6. Senbonzakura

Pengguna dari Senbonzakura adalah kapten divisi 6 sekaligus pemimpin klan Kuchiki ke-28, yakni Byakuya Kuchiki. Pedang ini memiliki kemampuan untuk memisahkan diri menjadi ribuan pedang kecil yang bentuknya mirip bunga sakura.

Karena ukurannya yang terlalu kecil, pedang ini cukup sulit dilihat. Akan tetapi, pedang itu akan terlihat berkilau berwarna merah muda ketika terkena cahaya. Byakuya dapat mengontrol pedang-pedang tersebut sesuai dengan keinginannya.

Ketika bentuk bankai pedang ini diaktifkan, jumlah pisau kecil dari Senbonzakura akan meningkat drastis hingga membuat lawan akan sangat kesulitan untuk menghadapi teknik bertarung Byakuya.  

5. Zangetsu

Zanpakuto milik Ichigo merupakan salah satu pedang yang sangat unik dan sederhana. Seperti halnya pedang milik Kenpachi, Zangetsu milik Ichigo mampu meningkatkan kecepatan sekaligus kekuatannya.

Ketika digunakan untuk menyerang lawan, Zangetsu akan menyerap energi spiritual, memadatkannya, dan mengeluarkan serangan yang telah terkonsentrasi itu dengan sangat kuat. Ichigo biasa menggunakan itu untuk mengeluarkan teknik andalannya Getsuga Tensho.

Bankai milik Ichigo ialah Tensa Zangetsu yang membuat Ichigo naik level. Ia menjadi lebih cepat, lebih kuat, dan memiliki daya tahan yang luar biasa. Serangan Getsuga Tensho dengan Tensa Zangetsu hampir cukup untuk membunuh Yhwach.

4. Sakanade

Shinji HIrako adalah anggota Visored yang saat ini menjadi kapten dari divisi 5 dari Gotei 13. Ia memiliki Zanpakuto bernama Sakanade yang memiliki kemampuan unik dan mematikan. Ketika Shinji memutar pedang itu, kabut merah muda perlahan akan muncul dan menyebar ke sekelilingnya.

Siapapun yang mencium kabut tersebut akan terkena efek dari Sakanade yang bernama Upside Down World. Kemampuan itu mampu membalikkan persepsi para korbannya. Sebagai contoh, arah kiri berubah menjadi kanan, atas menjadi bawah, mundur menjadi maju, dan sejenisnya.

Selain itu, Shinji dapat membalikkan kata-katanya yang membuat lawan menjadi lebih bingung. Selain itu, kemampuan ini juga dapat membalikkan indera para korban. Artinya, jika korban mengalami luka di kaki kiri, mereka akan mengira kaki kanan mereka yang mengalami cedera.  

3. Katen Kyokotsu

Shunsui Kyoraku sebelumnya merupakan kapten divisi 8 hingga akhirnya dia ditunjuk sebagai pemimpin Gotei 13 setelah kematian Yamamoto. Hal itu tidaklah aneh melihat Kyoraku Shunsui yang memang kuat. Ia memiliki Zanpakuto bernama Katen Kyokotsu.

Pedang tersebut memiliki kemampuan spesial yang membuat siapapun terjebak dalam permainan yang dibuat oleh Kyoraku. Uniknya, permainan tersebut memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh lawan dan Kyoraku.

Kemampuan shikai dari Zanpakuto tersebut sempat diperlihatkan dalam pertarungan melawan Coyote Stark. Sementara itu, Bankai dari Katen Kyokotsu mampu membawa lawan ke dalam suasana yang gelap dan suram sekaligus menghabisi lawan dalam empat tahap yang berbeda.

2. Kyoka Suigetsu

Aizen adalah salah satu antagonis utama dalam cerita Bleach. Ia sempat menjadi kapten divisi kelima hingga akhirnya dia berkhianat dan menentang Soul Society. Enggak hanya itu, dia sempat berpura-pura menjadi dewa hingga dia berhasil dikalahkan dan dipenjara di Muken.

Zanpakuto milik Aizen bernama Kyoka Suigetsu yang memiliki kemampuan Perfect Hypnosis sehingga siapapun yang melihat pedang Aizen akan jatuh ke dalam hipnotis Aizen. Yang lebih mengerikan, efek hipnotis tersebut sangat sulit dipatahkan dan bisa berlangsung bertahun-tahun.

Sebagai contoh, ia bisa mengelabui banyak orang dalam satu waktu bahwa Central 46 masih berfungsi secara normal. Kemampuan hipnotis itulah yang menjadi pondasi dasar dari rencana Aizen untuk menjadi Dewa.

1. Ryujin Jakka

Di posisi pertama, ada Zanpakuto milik Genryusai Yamamoto yang sangat kuat dan memiliki daya hancur yang sangat dahsyat. Ketika Yamamoto melepaskan Ryujin Jakka dan memberinya perintah untuk mengubah seluruhnya menjadi abu, pedang itu akan mengeluarkan yala api yang sangat panas.

Apapun yang bersentuhan dengan pedang itu akan langsung terbakar menjadi abu. Api milik Ryujin Jakka sangatlah panas dan berpotensi menghanguskan lingkungan sekitar medan pertempuran. Selain itu, bentuk bankai dari pedang tersebut malah lebih mengerikan yang bernama Zanka no Tachi.

Bankai tersebut memungkinkan Yamamoto untuk menghancurkan apapun hingga tidak meninggalkan sisa. Saking kuatnya, api dari Zanka no Tachi dikatakan memiliki panas yang melebihi panas dari matahari sehingga Yamamoto tidak bisa menggunakannya terlalu lama karena ia bisa membuat dirinya ikut hangus terbakar.

Previous Post Next Post

Contact Form