10 Jabatan atau Posisi Penting dalam Kru Bajak Laut dalam Cerita One Piece


Di dalam sebuah kru bajak laut, terdapat beberapa jabatan atau posisi penting yang mengemban tugas masing-masing. Beberapa jabatan berikut ini harus ada dalam kru dan berperan penting demi keberlangsungan kru bajak laut selama berlayar di lautan.


Kira-kira, jabatan apa sajakah yang harus ada dalam sebuah kelompok bajak laut? Cek ulasan MogiMogy berikut ini agar kalian tahu jawabannya!


1. Kapten



Kapten merupakan sebuah jabatan bagi pemimpin dari kelompok bajak laut. Seorang kapten bajak laut rata-rata adalah orang yang terkuat di kapal dan dihormati oleh seluruh anggotanya. 


Seperti halnya tugas pemimpin, kapten memiliki perintah tertinggi di kapal dan perintah kapten itu umumnya bersifat mutlak. Selain itu, kapten memiliki tanggung jawab untuk melindungi seluruh awak kapal dari ancaman musuh yang berbahaya. Contoh kapten yang ideal adalah Monkey D. Luffy dan Trafalgar Law yang loyal terhadap rekan-rekannya.


2. Wakil Kapten



Meskipun posisi wakil kapten tidaklah wajib, posisi ini memiliki peran penting dalam sebuah kru bajak laut. Posisi ini pun tidak disematkan secara gamblang dalam cerita. Mereka yang dianggap sebagai wakil kapten biasanya adalah tangan kanan atau kru pertama kapten, seperti Rayleigh yang menjadi tangan kanan Roger.


Para wakil kapten biasanya dianggap sebagai orang terkuat kedua dalam kapal. Selain itu, wakil kapten akan mengambil alih komando ketika kapten sedang tidak ada di tempat. Sebagai contoh, Marco sempat mengambil alih komando bajak laut Shirohige setelah Shirohige tewas dalam perang Marineford.


3. Navigator



Navigator merupakan jabatan yang sangat penting dalam sebuah kapal bajak laut. Navigator memiliki tugas utama untuk mengatur navigasi kapal ketika berlayar di lautan. 


Peran navigator sangatlah penting untuk menjaga keamanan para kru selama berlayar di lautan Grand Line yang sangat berbahaya. Navigator yang handal mampu memprediksi pergerakan cuaca dan menjaga kapal agar sesuai arah tujuan. Navigator yang paling terkenal dalam cerita One Piece adalah Nami.


4. Koki



Sama seperti navigator, koki merupakan jabatan penting yang wajib ada dalam kapal bajak laut. Koki bertugas untuk memasak makanan untuk para kru kapal dan mengelola stok makanan selama berlayar.


Koki yang handal mampu menjaga ketersediaan makanan selama berlayar di lautan dan memastikan agar kru tidak kelaparan. Kehabisan stok makanan di tengah lautan adalah hal yang sangat berbahaya. Contoh koki yang sangat handal adalah Sanji.


5. Dokter Kapal



Jabatan penting di kapal bajak laut berikutnya adalah dokter kapal. Sesuai namanya, dokter kapal memiliki tugas untuk mengobati para kru jika ada yang sakit atau terluka dalam pertempuran.


Para dokter kapal pada umumnya memiliki keahlian di bidang medis dan obat-obatan. Dalam situasi darurat, posisi dokter sangat krusial karena keselamatan kru sangat bergantung kepadanya. Contoh dokter kapal yang sangat hebat di One Piece adalah Chopper dan Crocus.


6. Combatant/Petarung



Para bajak laut normalnya memiliki keahlian untuk bertarung melawan musuh dengan gaya bertarung mereka masing-masing. Semakin banyak petarung yang berbakat di dalam kru kapal, hal itu akan semakin bagus dan menguntungkan. 


Posisi ini normalnya diisi oleh para karakter yang murni memiliki skill bertempur dan tidak memiliki kemampuan lain seperti yang disinggung sebelumnya. Beberapa jenis petarung yang paling sering muncul dalam cerita One Piece, adalah pendekar pedang, petarung tangan kosong, atau pengguna senjata lain.


7. Sniper



Sniper mungkin bisa dikategorikan sebagai petarung di kapal. Akan tetapi, sniper memiliki spesialisasi khusus dalam bidang menembak. Selain itu, mereka biasanya berperan sebagai pendukung dalam pertempuran.


Peran sniper sangat berguna ketika musuh menyerang kapal saat di lautan. Sniper yang berbakat mampu menghancurkan kapal musuh dengan meriam dalam satu kali tembakan. Tanpa adanya sniper, keselamatan kapal akan terancam saat berlayar di lautan. Contoh sniper yang hebat di One Piece adalah Usopp.


8. Tukang Kapal



Sesuai namanya, tukang kapal memiliki tugas utama untuk merawat dan menjaga kondisi kapal agar tetap prima dalam berlayar. Selama perjalanan, kapal pasti akan mengalami berbagai kerusakan, entah itu karena pertempuran atau faktor lain.


Kapal yang rusak dan rapuh tentu akan membahayakan keselamatan kru saat berlayar. Karena itulah, posisi tukang kapal pun memegang peran penting dan harus ada dalam kru bajak laut. Contoh tukang kapal bajak laut yang terhebat di One Piece adalah Franky.


9. Helmsman



Jabatan helmsman alias tukang kemudi kapal mulai populer setelah Jinbe memegang posisi tersebut di bajak laut Topi Jerami. Meski awalnya terlihat kurang penting, tukang kemudi kapal nyatanya sangat berguna di dalam kru.


Tukang kemudi yang handal mampu mengemudikan kapal dengan sangat lihai dan menembus berbagai rintangan yang dihadapi. Sebagai contoh, Jinbe sangat ahli mengemudikan kapal Sunny Go dan menyelamatkan kru dari terjangan ombak selama arc WCI.


10. Anak Magang



Posisi magang biasanya bersifat opsional karena posisi ini kurang terlalu penting. Namun, beberapa bajak laut terkenal seperti bajak laut Roger membuka peluang untuk karakter lain yang ingin magan di kapal mereka, contohnya Buggy dan Shanks.


Sesuai namanya, anak magang biasanya belajar dari para senior tentang semua hal yang berkaitan dengan kehidupan bajak laut, khususnya pengalaman pertarungan. Dengan magang di kapal bajak laut, mereka bisa meningkatkan keahlian bertarung mereka.

0 Response to "10 Jabatan atau Posisi Penting dalam Kru Bajak Laut dalam Cerita One Piece"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel