15 Energi yang Paling Menarik dalam Cerita Anime

 

Energi merupakan sebuah aspek yang sangat penting dalam cerita anime, khususnya anime shounen yang berfokus pada pertarungan. Ada banyak jenis energi beserta sistem kekuatan khas yang muncul dalam cerita anime.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy telah merangkum daftar kekuatan energi yang paling menarik dalam cerita anime. Apa sajakah itu? Cek ulasan selengkapnya berikut ini! 

1. Ki – Dragon Ball

Ki merupakan energi kehidupan yang menjadi sumber kekuatan utama dalam cerita Dragon Ball. Semua makhluk hidup mempunyai ki di dalam tubuh mereka. Selain itu, mereka bisa memanipulasi ki tersebut untuk tujuan pertarungan.

Jumlah ki yang mengalir pada tubuh manusia pada dasarnya tergantung dari tingkat kekuatan seseorang. Semakin kuat dirinya, maka semakin besar pula ki yang dia miliki. Contohnya adalah Goku yang  

2. Chakra – Naruto

Chakra mempunyai peran yang sangat esensial dalam cerita Naruto,. Para shinobi bisa mengkombinasikan chakra dan segel tangan untuk mengeluarkan berbagai jutsu dalam pertarungan, seperti berjalan di atas air, menciptakan ilusi, atau menyemburkan api.

Chakra pada umumnya tidak bisa dilihat, kecuali chakra tersebut dipusatkan atau dimanifestasikan dalam jumlah yang besar. Aliran chakra di dalam tubuh manusia dikenal dengan sebutan Chakra Pathway System. Bentuk aliran tersebut mirip seperti sistem cardiovascular.

3. Haki – One Piece 

Haki merupakan sebuah kekuatan misterius yang tersembunyi di dalam diri manusia. Seluruh makhluk hidup di dunia pada dasarnya mampu mempelajari Haki, tetapi sebagian besar dari mereka sama sekali tidak menyadari kekuatan tersebut.

Ada tiga jenis Haki yang mempunyai kegunaan masing-masing, yaitu Kenbunshoku Haki yang berguna untuk merasakan kehadiran orang lain, Busoshoku Haki yang berguna untuk pertahanan, dan Haoshoku Haki yang bisa digunakan untuk mengintimidasi lawan.

4. Nen – Hunter x Hunter

Jika dibandingkan ketiga sistem kekuatan sebelumnya, Nen mempunyai penjabaran yang lebih rumit. Nen memungkinkan seseorang untuk memanipulasi aura mereka. Dengan mempelajari Nen, seseorang bisa menjadi unggul dalam pertarungan.

Nen mempunyai empat teknik dasar yang harus dipelajari oleh seseorang, yaitu Ten, Zetsu, Ren, dan Hatsu. Berdasarkan kemampuan, pengguna Nen terbagi ke dalam enam tipe, yaitu Enhancer, Transmuter, Emitter, Conjurer, Manipulator, dan Specialist.

5. Reiryoku – Bleach

Reiryoku merupakan kekuatan spiritual yang ada dalam diri seseorang. Kekuatan inilah yang biasa digunakan untuk bertarung oleh para Shinigami dan makhluk spiritual lain, seperti Quincy, Fullbringer, dan Arrancar.

Para Shinigami mempunyai Reiryoku yang sangat tinggi karena mereka telah menerima pelatihan khusus dalam pertarungan, seperti menguasai Zanpakutō atau mantra Kidō. Selain itu, mereka bisa memancarkan Reiatsu alias tekanan spiritual dengan memanfaatkan Reiryoku.

Baca juga: 10 Karakter Manusia Harimau yang Paling Keren dalam Cerita Anime

6. Hamon – JoJo’s Bizarre Adventure

Hamon merupakan sebuah energi menarik yang muncul pada awal-awal serial JoJo’s Bizarre Adventure. Energi tersebut mempunyai sifat yang mirip seperti matahari dan bisa digunakan sebagai senjata dalam pertarungan, khususnya melawan vampir.

Pengguna Hamon bisa memproduksi energi tersebut dengan cara mengatur pernapasan mereka. Selain digunakan untuk pertarungan tangan kosong, energi tersebut bisa dialirkan melalui senjata tertentu yang berfungsi sebagai medium.

7. Ethernano – Fairy Tail

Ethernano merupakan partikel sihir yang memegang peran penting dalam cerita Fairy Tail. Partikel tersebut dapat ditemukan di dalam seluruh makhluk hidup, bumi, dan bahkan di atmosfer. Selain itu, partikel tersebut bisa memulihkan kekuatan sihir seseorang.

Meskipun demikian, penggunaan Ethernano bisa menjadi tidak efektif apabila berada dalam pengaruh efek anti sihir, seperti Magic Sealing Stones. Selain itu, energi juga rentan saat berhadapan dengan Magical Barrier Particles alias Anti-Ethernano.

8. Cursed Energy – Jujutsu Kaisen

Cursed Energy alias Energi Kutukan merupakan sumber kekuatan para penyihir jujutsu beserta para spirit kutukan yang jahat. Energi tersebut terlahir dari emosi negatif manusia, seperti dendam dan kemarahan. 

Energi kutukan bisa digunakan oleh para penyihir untuk mengeluarkan teknik kutukan dalam pertarungan, seperti teknik Black Flash. Selain itu, energi tersebut bisa bersemayam dalam sebuah objek atau senjata terkutuk.

9. Mana – Black Clover 

Mirip seperti Ethernano, Mana merupakan sebuah energi yang eksis di alam dan tubuh manusia. Energi itulah yang menjadi sumber kekuatan para ksatria sihir dalam cerita Black Clover. Tanpa mana, seseorang tidak akan bisa mengeluarkan mantra sihir.

Jumlah mana pada diri seorang ksatria sihir juga sangat bervariasi. Rata-rata, mereka yang terlahir dari keturunan bangsawan mempunyai mana dalam jumlah yang sangat besar. Semakin besar jumlah mana seseorang, dia juga akan semakin unggul dalam pertarungan.

10. Yōki – Inuyasha 

Yōki merupakan energi yang menjadi sumber kekuatan para siluman dalam cerita Inuyasha. Para siluman bisa memanipulasi Yōki dan mengubahnya menjadi serangan energi. Selain itu, energi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan fisik siluman.

Yōki terkadang juga berwujud elemen tertentu, seperti api dan petir. Energi tersebut akan bertambah semakin kuat apabila seorang siluman mempunyai sifat yang sangat jahat, contohnya adalah Naraku. 

Baca juga: 10 Karakter Pebisnis yang Paling Menarik dalam Cerita Anime

11. Magoi – Magi

Energi yang paling menarik berikutnya adalah Magoi yang berperan penting dlaam cerita Magi. Energi tersebut merupakan energi murni yang tercipta dari Rukh. Jika dikonsentrasikan dengan fokus, energi tersebut bisa ditembakkan ke arah musuh dalam pertarungan.

Meskipun semua makhluk hidup mempunyai Magoi di tubuh mereka, hanya ada beberapa orang yang bisa mengakses Magoi dengan maksimal. Contohnya adalah para penyihir dan pengguna Wadah yang mendapatkan kekuatan dari Djinn.

12. Spirit Energy – YuYu Hakusho

Dalam cerita YuYu Hakusho, sebenarnya ada beberapa jenis energi yang digunakan oleh para karakter. Meskipun demikian, salah satu tipe energi yang paling dominan adalah Spirit Energy alias energi spiritual.

Energi tersebut dimiliki oleh seluruh manusia, tetapi potensi energi tersebut jadi lebih maksimal saat digunakan oleh manusia yang mempunyai kesadaran spiritual. Contoh pengguna energi spiritual yang paling dominan dalam cerita adalah Yusuke Urameshi dan Kazuma Kuwabara.

13. Cosmo – Saint Seiya

Dalam cerita Saint Seiya, ada sebuah energi mistik di alam semesta yang disebut Cosmo. Jika ditelusuri, eksistensi dari energi tersebut masih berkaitan dengan peristiwa Big Bang yang menjadi awal terciptanya alam semesta.

Cosmo memegang peran yang fundamental dalam kekuatan para Saint. Mereka bisa memanfaatkan Cosmo untuk meningkatkan kekuatan fisik sekaligus kecepatan mereka dalam bertarung. Terlepas dari hal itu, penggunaan energi tersebut sangat dipengaruhi oleh emosi seseorang.

14. Spiral Power – Tengen Toppa Gurren Lagann

Spiral Power merupakan sumber kekuatan utama dari seluruh makhluk Spiral dalam cerita Tengen Toppa Gurren Lagann. Energi tersebut digambarkan sebagai kekuatan evolusi. Selain itu, energi itu merepresentasikan filosofi dari model fisika.

Spiral Power dikatakan mempunyai potensi yang tidak terbatas dalam penggunaannya. Kekuatan itu bisa meningkatkan daya serang sebuah senjata. Selain itu, kekuatan tersebut konon mampu menciptakan lubang pada ruang waktu.

15. Soul Wavelength – Soul Eater 

Sebagai penutup tulisan ini, ada Soul Wavelength yang sangat unik dalam cerita Soul Eater. Kekuatan tersebut merupakan bagian dari jiwa seseorang yang mempunyai peran penting dalam hubungan seorang meister beserta senjatanya.

Ketika jiwa seorang meister terhubung dan beresonansi dengan senjatanya, dia akan mendapatkan tambahan kekuatan yang luar biasa. Meskipun demikian, resonansi tersebut bisa saja gagal apabila meister dan senjatanya tidak selaras dalam pertarungan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Mafia yang Menarik Buat Ditonton

Previous Post Next Post

Contact Form