15 Rekomendasi Anime Tentang Mafia yang Menarik Buat Ditonton


Mafia merupakan sekelompok kriminal yang sering melakukan kejahatan dan tindak kekerasan. Mereka biasa beraksi dalam bayang-bayang hingga keberadaan mereka ditakuti orang-orang. Selain itu, mereka seringkali mempunyai kode etik yang harus mereka patuhi.

Cerita tentang mafia selalu mempunyai daya tarik tersendiri dan sering diangkat dalam berbagai media, seperti novel, film, hingga cerita anime. Kira-kira, anime apa sajakah yang bercerita tentang mafia? Cek ulasan berikut ini agar kalian tahu jawabannya!

1. Baccano!

Baccano! merupakan salah satu anime menarik tentang kriminal yang berlatar di tahun 1930. Anime tersebut menghadirkan berbagai macam karakter dengan latar belakang yang berbeda-beda, seperti organisasi mafia, pencuri, dan pengguna alkimia.

Selain itu, alur cerita dari anime ini juga sangat unik karena set waktunya berbeda-beda. Penonton disuguhkan adegan-adegan random yang saling berkesinambungan hingga membentuk sebuah plot utama yang penuh kejutan.

2. Bungo Stray Dogs 

Bungo Stray Dogs berfokus pada petualangan Atsushi Nakajima yang bergabung sebagai anggota Detektif Bersenjata. Dia bersama teman-temannya seringkali menyelidiki sebuah kasus kriminal dan terlibat konflik dengan organisasi penjahat, seperti Port Mafia.

Selain menyuguhkan alur cerita detektif, Bungo Stray Dogs juga menghadirkan para karakter yang mempunyai kekuatan supranatural yang unik dan terinspirasi dari penulis-penulis terkenal di dunia nyata beserta karya populer mereka. 

3. JoJo’s Bizarre Adventure: Golden Wind

Golden Wind merupakan bagian kelima dari cerita JoJo’s Bizarre Adventure. Alur cerita dari part tersebut berfokus pada petualangan Giorno Giovanna yang bergabung dalam sebuah geng terkenal bernama Passione yang menguasai wilayah Italia.

Dalam cerita, Giorno bekerja sama dengan seorang pria bernama Bucciarati untuk menguak identitas misterius dari bos Passione. Akan tetapi, perjuangan mereka tidaklah mudah. Mereka harus bertarung melawan para pengguna Stand yang sangat kuat. 

4. 91 Days

91 Days bercerita tentang upaya balas dendam Angelo Lagusa kepada sekelompok mafia. Di masa lalu, keluarganya dibunuh oleh Keluarga Vanetti dengan kejam. Demi membalaskan dendamnya, dia menyusup ke organisasi itu dan menyamar sebagai Avilio Bruno.

Angelo akan melakukan apapun agar keinginan balas dendam itu bisa terwujud. Salah satunya adalah berteman dengan putra tertua Keluarga Vanetti, yakni Nero. Dia berusaha mendapatkan kepercayaan Nero hingga dia kemudian mengkhianatinya.

5. Durarara!!

Durarara!! bercerita tentang seorang anak muda bernama Mikado Ryuugamine yang pindah ke Ikebukuro. Dia berharap menjalani hidup yang menyenangkan di kota itu. Namun, dia harus berhati-hati karena kota itu penuh dengan penjahat yang suka bertindak kriminal.

Ada beberapa geng kuat yang menguasai kota tersebut, seperti Yellow Scarves, Blue Squares, hingga organisasi misterius bernama Dollars. Mereka seringkali terlibat konflik  peperangan yang meresahkan orang-orang.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Martial Arts yang Paling Seru dan Populer

6. Black Lagoon

Black Lagoon bercerita tentang petualangan perompak sekaligus tentara bayaran bernama Lagoon Company. Mereka seringkali melakukan aksi-aksi kriminal sesuai dengan permintaan dari klien mereka.

Cerita dari manga dan anime ini sangat kental dengan aksi kekerasan. Selain itu, para karakter dalam anime ini mempunyai masa lalu yang sangat kelam. Contohnya adalah Revy yang pernah menjalani kehidupan keras dan traumatik di New York.

7. Gangsta

Gangsta mengambil lokasi di sebuah kota bernama Ergastulum yang dipenuhi oleh kejahatan dan kelompok mafia. Ada empat keluarga mafia yang sangat kuat dan punya pengaruh di wilayah kekuasaan mereka masing-masing.

Tokoh utama dari serial tersebut adalah Worick Arcangelo dan Nicolas Brown yang dikenal dengan julukan Handymen. Mereka seringkali melakukan pekerjaan yang diminta klien-klien mereka, entah itu dari kelompok mafia, polisi, atau warga biasa. 

8. La Storia Della Arcana Famiglia

La Storia Della Arcana Famiglia berfokus pada sebuah grup bernaam Arcana Famiglia yang melindungi orang-orang lemah dari kejahatan. Suatu ketika, Mondo yang menjadi pemimpin mereka memutuskan untuk pensiun. 

Mondo membuat sebuah kompetisi bernaa Arcana Duello. Pemenang kompetisi itu berhak menjadi penerusnya dan bisa menikahi putri cantiknya yang bernama Felicita. Tanpa diduga, Felicita turut serta dalam kompetisi itu dengan harapan dia bisa mendapatkan kebebasannya.

9. Phantom ~ Requiem For The Phantom ~

Dalam cerita Phantom ~ Requiem For The Phantom ~, ada sebuah organisasi kriminal bernama Inferno yang seringkali melakukan tindakan kriminal dan pembunuhan di Amerika. Mereka juga punya anggota berkekuatan super yang dikenal dengan sebutan Phantom.

Saat sedang berlibur ke Amerika, Zwei tanpa sengaja melihat Phantom tengah membunuh orang tak bersalah. Insiden itupun membuat dia diculik oleh kelompok Inferno hingga dia dicuci otak dan diubah menjadi pelayan setia mereka.

10. Katekyo Hitman Reborn!

Reborn bercerita tentang petualangan seorang anak muda bernama Tsunayoshi Sawada. Dia awalnya menjalani kehidupan normal seperti siswa biasa pada umumnya. Tanpa diduga, dia ternyata mewarisi darah keluarga mafia Italia.

Tsuna pun mulai mempelajari kehidupan seorang mafia dan sering terlibat konflik dengan kelompok mafia lain. Meskipun dia lemah pada awalnya, Tsuna bisa tumbuh menjadi petarung yang kuat setelah dia berlatih bersama kelompok Reborn.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime tentang Permainan Kartu yang Paling Keren

11. Gungrave

Gungrave adalah salah satu anime yang diadaptasi dari sebuah game populer. Menariknya, balas dendam menjadi premis utama dalam anime ini. Setelah dibunuh dan dikhianati oleh rekannya, Brandon Heat pun dibangkitkan kembali menjadi zombie berkat bantuan Dr. T.

Brandon kemudian menggunakan identitas baru sebagai Beyond The Grave. Ia pun berusaha untuk menghancurkan sindikat mafia beserta rekan yang telah mengkhianatinya agar dia bisa membalaskan dendamnya.

12. Heat Guy J

Heat Guy J mengambil lokasi di sebuah kota fiksi bernama Judoh. Di kota tersebut, ada sebuah organisasi mafia yang dikenal sebagai Vampire. Organisasi itu dipimpin oleh Claire Leonelli yang menjabat setelah kematian ayahnya.

Demi mengawasi pergerakan Claire, Daisuke Aurora dari Bureau of Urban Safety bekerja sama dengan sebuah android yang mempunyai kode nama “J”. Mereka berusaha untuk melindungi warga dan mencegah tindak kriminal organisasi tersebut.

13. Black Cat

Black Cat merupakan salah satu serial manga dan anime menarik karya Kentaro Yabuki. Serial tersebut bercerita tentang seorang mantan pembunuh bernama Train Heartnet yang beralih profesi menjadi Sweeper alias pemburu hadiah.

Train pernah bergabung dengan organisasi kriminal bernama Chronos yang mengendalikan ekonomi di seluruh dunia. Dia seringkali melakukan berbagai misi pembunuhan. Namun, dia memutuskan untuk berhenti membunuh setelah dia bertemu dengan gadis misterius bernama Saya.

14. Nisekoi

Nisekoi merupakan salah satu anime romance comedy yang sangat menghibur. Anime tersebut diadaptasi dari manga karangan Naoshi Komi. Cerita dari anime tersebut berfokus pada kisah anak yakuza Shuei-gumi bernama Raku Ichijo yang terlibat hubungan asmara rumit.

Demi mencegah peperangan antar dua geng besar, Raku terpaksa menjalin hubungan pernikahan politik dengan putri dari pemimpin Bee Hive Gang. Mereka pada awalnya tidak akur satu sama lain, tetapi mereka harus menjalani peran tersebut sebaik mungkin.

15. Gokushufudo

Gokushufudo bercerita tentang seorang mantan yakuza bernama Tatsu yang belajar untuk menjadi suami yang baik bagi keluarganya. Di masa lalu, Tatsu merupakan pria yang ditakuti dan dikenal dengan gelar Legendary Immortal Dragon.

Namun, Tatsu perlahan mulai berubah setelah dia menikah. Ia berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi istrinya, contohnya seperti menyiapkan makanan di meja. Ia juga suka nimbrung dengan ibu-ibu kompleks dan terlibat momen yang lucu dalam kesehariannya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Yokai yang Paling Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form