Cerita Motivasi - Guru Bijak dan Sebuah Toples


Sumber: fiazku.wordpress.com
Pada suatu waktu, terdapat seorang guru yang bijak. Banyak murid yang datang dari tempat jauh untuk mendengarkan petuah bijaknya. Pada suatu hari, seperti biasa para murid berkumpul untuk mendengarkan pelajaran dari sang guru. Banyak murid mulai memenuhi ruang pengajaran. Mereka datang dan duduk dengan tenang dan rapi, memandang ke depan, siap untuk mendengar apa yang akan disampaikan oleh sang guru.

Akhirnya guru itupun datang, kemudian duduk didepan para muridnya. Sang guru membawa sebuah toples besar, disampingnya terdapat setumpuk batu kehitam-hitaman seukuran genggaman tangan. Tanpa bicara sepatah katapun, sang guru mengambil batu-batu tersebut satu persatu kedalam toples tersebut. Ketika toples tersebut sudah penuh dengan batu-batu hitam tadi, sang guru berbalik kepada para murid, lalu bertanya

“Apakah toplesnya sudah penuh?”
“Ya guru. Benar, toplesnya sudah penuh” jawab para murid.

Kemudian tanpa berkata apa-apa, sang guru mulai memasukkan kerikil-kerikil kecil bulat berwarna merah kedalam toples itu. Kerikil-kerikil itu cukup kecil sehingga jatuh disela-sela batu hitam besar tadi. Setelah semua kerikil masuk kedalam toples, sang guru kembali berbalik dan bertanya kepada para muridnya.

“Apakah toplesnya sudah penuh?”
“Ya guru. Benar, sekarang toples itu sudah penuh” jawab para murid.

Masih tanpa kata apa-apa lagi, kini sang guru mengambil satu wadah pasir halus, lalu memasukkannya ke dalam toples. Dengan mudah pasir-pasir tersebut pun memenuhi sela-sela kerikil merah dan batu hitam besar tadi.  Setelah itu, guru tersebut berbalik dan bertanya lagi.

“Apakah toplesnya sudah penuh?”

Sekarang para murid tak terlalu percaya diri menjawab pertanyaan gurunya. Namun terlihat bahwa pasir tersebut sudah jelas memenuhi sela-sela kerikil dan batu didalam toples tersebut, sehingga membuatnya terlihat sudah penuh. Kali ini hanya sedikit mengangguk, lalu menjawab “Ya guru” jawab beberapa murid, “ Sekarang toples ini telah penuh”

Tetap tanpa berkata-kata lagi , sang guru berbalik mengambil sebuah tempayan berisi air, lalu menuangkannya dengan hati-hati ke dalam toples besar tersebut. Ketika air sudah mencapai bibir toples, kini sang guru berbalik kepada para murid, lalu bertanya lagi.

“Apakah toplesnya sudah penuh?”

Kali ini kebanyakan murid memilih diam, namun ada dua hingga tiga yang memberanikan diri menjawab, “Ya guru, sekarang toples itu sudah penuh”

Dan lagi, tanpa berkata apapun, sang guru mengambil satu kantong berisi garam halus. Ditaburkannya sedikit-sedikit dan hati-hati dari atas permukaan air, garam pun larut, lalu ditambahkan lagi sedikit, demikian seterusnya hingga seluruh garam tersebut habis larut dalam air. Kini sang guru menghadap para murid, dan sekali lagi bertanya,

“Apakah toplesnya sekarang sudah penuh?” Kali ini semua murid benar-benar diam. Hingga akhirnya seorang murd yang berani menjawab, “Ya guru, toples itu sekarang sudah penuh.” Sang guru kemudian melanjutkan perkataannya,

“Sebuah cerita selalu memiliki banyak makna, dan setiap dari kalian telah memahami banyak hal dari demonstrasi ini. Diskusikan dengan tenang dengan teman kalian, apa hikmah yang bisa kalian dapatkan. Berapa banyak hikmah berbeda yang dapat kalian ambil darinya.”

Para murid pun memandang sang guru, dan ke arah toples berisi batu hitam, kerikil, pasir, air, dan garam. Lalu dengan tenang mereka mendiskusikan dengan murid lainnya. Setelah beberapa menit kemudian sang guru mengangkat tangannya, seluruh ruangan pun diam. Sang guru lalu berkata,

“Selalu ingatlah bahwa segala sesuatu yang terjadi didepan kita itu bukanlah sebuah KESIMPULAN AKHIR, masih banyak HIKMAH-HIKMAH lain yang belum terdeteksi oleh diri kita terhadap apa-apa yang terjadi yang kita alami”

-Semoga bermanfaat-

(Sumber: Facebook/Cerita-Cerita Motivasi)

Kata-Kata Motivasi Islami

Islam adalah agama yang indah. Keindahannya mampu mempunyai  power untuk
membuat umatnya jatuh hati akan ajarannya. 

Islam pun juga memiliki kata-kata motivasi yang bisa dibaca dan dijadikan motivasi bagi umat muslim.


berikut ada beberapa kata-kata motivasi islami :


















(Sumber: Instagram @muslimorid)

Baca juga:

Istilah-Istilah Lucu Vicky Prasetyo (Trending Topic 2013)

kolorsuperman.blogspot.com

"Di usiaku saat ini, ya twenty nine my age, tapi aku masih merindukan apresiasi, karena basically aku seneng music walau kontroversi hatiku lebih menunjukkankonspirasi kemakmuran yang kita pilih ya.

Ya kita belajar pada harmonisisasi pada hal yang terkecil sampai yang terbesar. Aku pikir kita nggak boleh ego terhadap satu kepentingan dan mengkudeta apa yang menjadi keinginan.

Dengan hubungan ini bukannya untuk mempertakut bukan mempersuram statutisasi kemakmuran keluarga dia tapi menjadi confident. Kita harus bisa mensiasati kecerdasan itu untuk labil ekonomi kita lebih baik dan aku sangat bangga"



(Sumber: http://sotosop-tutorial.blogspot.co.id)

Baca juga cerita menarik lainnya:
Meme Seberapa Tangguh Anda
Meme Herp Kocak

Analogi Remaja dan Manusia Purba

www.youtube.com

Kali ini gue pengen membahas tentang kehidupan seorang remaja. Remaja, masa-masa dimana seseorang menghadapi banyak problematika kehidupan. Masalah hati, cinta, masa depan, cita-cita, semua bercampur jadi satu. Fase ini kadang juga sangat menentukan kelanjutan fase-fase berikutnya, ketika seseorang difase ini memanfaatkannya hanya dengan senang-senang tanpa pikir panjang, mungkin dihari tuanya dia akan menyesal. Berbeda dengan orang yang berhati-hati dan berfikir terencana untuk masa depan.

Manusia purba adalah sekelompok manusia yang hidup beribu-ribu tahun yang lalu. Yang belum mengenal peradaban, yang masih tergantung pada alam, dan juga berpindah-pindah menyesuaikan kondisi dan kebutuhan. Mereka hidup dengan berburu binatang buas, hanya menggunakan alat-alat seadanya sejalan dengan pola pikir mereka. Hingga seiring berjalannya waktu, mereka mulai berkembang dan menemukan cara-cara yang lebih modern dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, seperti bercocok tanam dan berternak atau bisa disebut Homo Sapiens (Manusia Pintar), bukan manusia purba lagi.

Lantas apa kaitannya dengan seorang remaja? Apakah fisiknya, tentu bukan hal itu yang pengen gue sampaikan disini. Nomaden atau sering berpindah-pindah adalah hal yang sering dilakukan oleh manusia purba dimasa lalu dalam masa berburu.       Hal itu mungkin mirip dengan kepribadian seorang remaja yang notabenenya mereka ingin membuat suatu perubahan atas dasar keinginan dari dalam atau faktor dari luar. Untuk membuat suatu perubahan nggak mungkin mereka hanya berdiam diri disatu tempat, mereka akan terus berpindah-pindah untuk suatu tujuan. Mungkin untuk mengenal lingkungan baru, mencari pengalaman baru, mencari teman baru.

Nomaden/tidak menetap punya arti yang sangat luas. Mungkin hati seorang remaja juga seperti itu, mereka cenderung belum bisa menetapkan hati untuk satu pilihan. Mereka punya beribu alasan untuk berpindah dari satu hati ke hati lainnya, yang mungkin hal itu akan menyakiti hati yang berharap padanya saat ini. Berpindah dari satu hati ke hati lain, nggak selamanya konotasi itu buruk. Dengan cara itu, seseorang akan belajar dari hati-hati yang mereka singgahi, mereka suatu saat akan belajar bagaimana menetapkan satu hati kepada pilihan yang tepat.

Memang itu bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sama halnya kayak manusia purba, dia butuh waktu yang cukup lama untuk mengembangkan peradabannya. Manusia purba yang dulu sering berpindah-pindah karena menyesuaikan alam, ketika mereka telah menemukan cara-cara baru yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka seperti bercocok tanam dan berternak, mereka akan punya alasan untuk tinggal dan menetap disuatu tempat.

Maka dari itu, seorang remaja suatu saat nanti akan punya alasan untuk bisa menetap dihati seseorang, tentu dengan melewati berbagai macam tantangan dan keraguan.

Analogi Cinta dan Kurs Dolar

Image: cinta dan kurs dolar

Pada kesempatan kali ini gue pengen membahas tentang cinta. Bagi setiap orang, cinta itu punya beragam makna tapi intinya sama. Cinta bisa kita analogikan kedalam banyak hal, karena cinta itu fleksibel. So, artikel ini akan mengulas kaitan antara hubungan cinta dan kurs dolar yang erat kaitannya dengan perekonomian suatu negara.

Pertama, kita harus tahu apa itu kurs dolar. Secara sederhana itu bisa dikatakan perbandingan mata uang dolar ke dalam mata uang negara lain, contoh $1 = Rp 13.500, 00. Kurang lebih seperti itu gambaran tentang kurs dolar. Fungsinya apa kurs dolar itu, kalau dalam ilmu ekonomi, kurs dolar berguna untuk mempermudah transaksi antar suatu negara. Misal kalau kita ingin pergi ke Amerika, kan nggak mungkin kita belanja disana dengan rupiah, karena mata uang yang berlaku disana adalah dolar. Maka hal yang perlu kita lakukan adalah menukar rupiah kita dengan dolar, tentunya sesuai dengan kurs yang berlaku.

Sekarang anggap cinta itu seperti kurs dolar tersebut. Dalam suatu perekonomian, nggak selamanya akan berjalan normal, karena ada faktor-faktor yang menjadi penyebab naik turunnya gelombang perekonomian, yang juga berimbas pada kurs dolar. Anggap itu sebuah masalah atau kebahagiaan yang datang ke dalam kehidupan cinta kalian.

Gelombang perekonomian itu dapat berpengaruh terhadap menguat atau melemahnya kurs dolar. Ketika kurs rupiah terhadap dolar itu menguat, itu mungkin akan menjadi pertanda baik dalam perekonomian suatu negara. "Seperti halnya cinta ketika ada suatu moment yang membahagiakan dan mampu menguatkan perasaan masing-masing pihak, tentu itu akan menjadi hal yang baik dalam sebuah hubungan". Namun sebaliknya, ketika kurs rupiah terhadap dolar melemah, apabila tidak segera diatasi dengan bijak akan mneyebabkan runtuhnya perekonomian suatu negara. "Cinta juga seperti itu, ketika dilanda masalah dan terjadi ketidaksesuaian diantara kedua belah pihak akan menyebabkan melemahnya komitmen diantara mereka, dan hal itu akan berimbas buruk terhadap hubungan". Bahkan hubungan itu bisa berakhir apabila masalah-masalah tersebut tidak segera diatasi.

Tapi setiap negara pasti punya cara tersendiri dalam menghadapi permasalahan ekonomi tersebut. Agar kurs mata uang mereka melemah tentu ada langkah-langkah yang diupayakan secara terencana seperti membatasi impor, meningkatkan ekspor, dll. Kalau kurs menguat tentu ada cara yang diupayakan untuk mempertahankan kondisi tersebut, atau minimal suatu kurs berada di posisi yang stabil. "Sama halnya kayak cinta, ketika ia mulai melemah jangan diabaikan, cari tahu penyebab dan pikirkan solusinya. Ketika cinta itu menguat, ya pertahankan dengan segenap hati dan rasa yang kita miliki, tentu dengan bantuan dia yang kamu sayangi".

"Cinta nggak akan bisa bertahan lama kalau yang berjuang hanya satu pihak, cinta akan lebih bermakna apabila kedua belah pihak sama-sama memperjuangkan perasaan yang mereka percaya." So, buat temen-temen ini adalah analogi singkat cinta dari gw, semoga bisa menghibur dan bermanfaat! Thanks.





Meme Gokil Nan Romantis Raditya Dika

Komik-Komik Singkat Ini Ngakak Abis












(Sumber: 1CAK & MRCI)


Baca humor yang lain juga:

Tipe-Tipe Temen Sekelas

sumber ilustrasi: www.duniadiksi.id

Setiap orang punya ciri khas masing-masing. Tidak terkecuali temen sekelas kita sendiri. Berikut beberapa tipe temen sekelas yang beraneka ragam:

1.Kutu buku

Kebanyakan pasti ada salah satu temen sekelas kita yang suka banget membaca buku. Berbeda dengan temen kita yang kalau istirahat sering ke kantin, dia lebih suka pergi ke perpustakaan untuk menambah pengetahuannya. Biasanya orang yang kutu buku sulit banget diajak ngapa-ngapain, kesannya serius melulu.

2.Rajin dan Disiplin

Pasti ada salah satu dari temen sekelas kita yang disiplinnya minta ampun. Dateng pagi-pagi sekali atau minimal tepat waktu. Dia nggak pernah telat mengumpulkan tugas, sering mencatat dan juga dia yang paling perhatian terhadap penjelasan guru ketimbang temen yang lain.

3.Pintar

Untuk yang satu ini nggak perlu diperdebatkan lebih panjang. Pintar dalam artian kita tahu memang dia punya itu, dan dia sering dapet juara kelas. Kalau guru bertanya dia bisa menjawab, ulangan dapat nilai bagus. Tipe ini juga disegani banyak guru.

4.Sok Pintar

Hampir mirip-mirip dengan tipe ketiga. Kadangkala ada temen kita yang biasa-biasa aja tapi sok-sok an bergaya seperti anak yang pintar. Orang pintar dan sok pintar bisa dilihat dari sikapnya, kalau anak pintar dia nggak bakal nunjukin terang-terangan kepada orang lain. Kalau sok pintar, dia bakal pamer kepada orang lain.

5.Tukang Tidur/Males Pelajaran

Ada juga temen kita yang kalau dateng ke sekolah bukannya membuka buku pelajaran malah menyandarkan kepalanya ke bangku trus tidur. Yang lebih parah kalau dia tidur dari awal masuk hingga akhir jam pelajaran, hehehe.

6.Vokalis Amatiran

Mungkin ada salah satu diantara temen kalian yang dikelas hobinya nyanyi. Yah kalau suara dia bagus dan enak didengerin, malah ada yang suaranya serak-serak sepet tetep ngotot buat nyanyi. Nah kadang suaranya mengganggu kenyamanan kelas, hehe. Tapi setiap orang punya hak untuk nyanyi, asal tau tempat dan kondisi.

7.Anak Band

Berbeda dengan tipe yang keenam, kalau tipe ini lebih condong ke jalan yang lurus, hehe. Dia memang anak band beneran, kalau drummer ya setiap hari mukul-mukul meja. Kalau gitaris ya dia bawa gitar dari rumah, pas jam kosong dipakai gitaran dan nyanyi bareng.

8.Preman Kelas

Preman disini jangan dikonotasikan dengan preman yang suka malak-malak gitu ya. Meskipun mungkin ada juga temen yang suka malak temen yang lainnya. Preman disini bisa kita artikan nggak taat aturan. Jadi dia sering buat onar dikelas, sering rame kalau dikasih materi, atau sering nggangguin cewek-cewek. Hehe, biasanya tipe ini dikenali banyak guru dan menjadi pusat perhatian.

9.Anak Warnet/Gamer/Pemburu Wifi

Gue jadikan satu aja ya, karena hampir mirip. Intinya buat temen yang punya karakteristik kayak gini, biasanya dia kalau pulang sekolah itu bukannya pulang malah cari wifi disekolah atau ditempat lain. Kalau gamer dia mah mampir ke warnet dulu buat ngegame. Anak tipe ini dikelas cenderung pendiam, biasanya dia lebih asik sama gadgetnya ketimbang kegiatan yang lain.

10.Waifu/Penggemar anime

Sekarang anime adalah hal yang banyak diminati oleh para remaja. Anime punya banyak genre, dan juga nggak sedikit orang yang memiliki obsesi tersendiri terhadap anime. Ciri-cirinya ia suka banget mengoleksi anime-anime terbaru, terlebih yang karakter ceweknya cantik dan ber-o**ai besar, hehe.

11.Komedian

Tipe ini cenderung disukai banyak orang, karena sikap humorisnya yang bisa menjadi obat stress saat suasana dikelas itu membosankan. Tipe ini lucunya cenderung natural nggak dibuat-buat, dia mau ngapain aja cenderung bisa membuat orang ketawa.

12.Jokes Garing

Kadang ada temen kita yang merasa dirinya lucu padahal garing banget. Dan dia masih sering aja ngelawak dengan bahan yang gitu-gitu aja dan terkesan garing. Malah tipe ini kadang-kadang terkesan lucu dengan tingkah konyol yang tanpa disengaja. Misal dia salah nyebut istilah, atau salah nyebut nama guru, atau bahkan dimoment awkward yang lain.

13.Omes/Bok*ploverz

Omes atau otak mesum, kebanyakan para cowok yang punya karakter beginian. Minimal ada satu atau dua dikelas kita yang punya hobi nonton gituan didalam kelas. Ucapanya jorok dan kadang dia sering berfikir jorok, hehe.

14.Anak Dance

Jarang banget untuk tipe yang satu ini, tapi kadang ada juga temen sekelas kita yang punya bakat nge-dance atau mungkin menari. Biasanya pas jamkos dia sering banget latihan dibelakang kelas atau didepan kelas, latihan buat manasin otot kali ya, hehe.

15.Religius (Ustad/Ustadzah)        
   
Tipe yang satu ini cenderung nggak berani neko-neko, bahkan dia sering memberikan petuah-petuah baik demi menyadarkan temen-temen yang sepertnya menyimpang dari jalan lurus, hehe misal menyontek. Biasanya hobinya denger sholawatan, dateng ke pengajian, dan kegiatan-kegiatan positif.

16.Pendongeng/Cerewet

Tipe ini senang banget berbagi cerita kepada orang lain. Kalau dia udah cerita, nggak cukup dua menit, bahkan bisa sampai berjam-jam saking serunya. Wkwkwkwk, sampai-sampai bosen denger ceritanya. Tipe ini biasanya cerewet banget.

17.K-Pop Lovers

Khusus buat temen kita yang cewek, demam K-pop telah menginfeksi segenap hati para cewek-cewek labil, hehe sorry. Kalau dikelas biasanya dia sering banget ngumpul dengan saudaranya yang juga doyan sama K-pop.

18.Penyebar Gosip/Ngebahas Gosip/Ngrumpi

Cewek banget, tiap waktu lebih-lebih jam kosong. Mereka kadang suka menyebar gosip nggak jelas, dan seneng banget membuat gosip itu menjadi bahan diskusi mereka, hehe. Kadang tipe ini juga sering menganggu kenyamanan kelas, karena mereka cenderung berisik kalau udah nge-gosip.

19.Cabe-Cabean/Kekinian

Pedes banget yang satu ini. Yah ciri-cirinya yang paling menonjol adalah dia sering banget berdandan menor, pakaian ketat-ketat dan sedap dipandang (hehehe, fakta bro). Kalau temen sekelas kalian ada yang begini, sabar aja bos, kalau bisa kasih nasihat ke dia. Kalau nggak ada, ya alhamdulillah.

20.Korban Dikriminatif

Terkadang ada salah satu temen sekelas kita yang sukanya menyendiri, bukan karena dia introvert tapi karena nggak banyak temen kita yang mau dekat dengan dia. Entah karena alasan tertentu, dia jadi korban diskriminatif. Biasanya dia sering duduk sendiri dipojok kelas.

21. Anak Organisasi
           
Tipe ini cenderung sibuk, terlebih dia di organisasi mendapat jabatan yang tinggi. Dia jarang banget hadir didalam kelas, karena lebih fokus ke arah kegiatan yang akan menanti didepan.

22. Tipe Biasa

Karena bingung mau dimasukin ke tipe yang mana. Ada aja temen kita yang biasa-biasa aja, nggak ada yang bisa dijadikan ciri khas dari dia. Cirinya, dia kalau kelompok ya kelompok, ada tugas yang dikerjakan, pulang ya pulang, jam kos dia ya diem aja, hehe.

23.Anak TKJ/DKV/olahragawan

Meskipun jarang, tapi kemungkinan ada temen kita yang punya hobi begituan. Kalau temen kita yang suka sama teknologi, biasanya dia sering banget mengotak-atik HP atau mungkin laptop. Dia juga sering update beberapa aplikasi yang menarik. Kalau anak desain, dia sering banget mendesain sesuatu dilaptopnya. Biasanya tipe ini sangat berguna banget dikondisi tertentu. Ada juga anak yang ahli banget dibidang olahraga, misal anak basket, anak sepakbola, dan macem-macem. Hal ini juga bisa menjadi ciri khas yang bisa kita ingat dari teman kita ketika lulus nanti.

24.Pecinta Drama/Film

Kalau yang satu ini, mereka sering banget update film.Setiap hari yang diomongin ya film melulu, kalau ada film baru dia langsung beli tiket buat nonton di bioskop. Terutama film-film luar negeri, atau mungkin film Indonesia yang asik buat ditonton.

25.Fotografer/Travelling

Huff, adakalanya dikelas kita ada anak yang punya hobi fotografi. Biasanya kalau yang hobi fotografi sepaket dengan hobi travelling. Dia sering banget berpetualang mencari tempat-tempat baru yang asik buat dijadikan objek fotografi. Atau minimal dia dikelas hobi selfie dan bawa kamera sendiri buat foto bareng temen-temen sekelasnya.

****

Yah mungkin itu aja yang bisa gue share, tipe-tipe temen sekelas versi gue. Tulisan ini juga terinspirasi dari temen-temen gue yang gokil dan punya ciri khas tersndiri. Meskipun nggak bisa dipungkiri kalau ada salah satu temen atau kita yang memiliki lebih dari satu tipe seperti pintar dan juga vokalis amatiran, atau rajin dan juga pecinta Film. Dan buat temen-temen gue, terimakasih atas waktu yang telah kita jalani selama ini. Semoga tulisan ini menghibur kawan!

Baca artikel lainnya: Tipe-Tipe Jomblo

Cerita Motivasi - Anak Kecil dan Lima Ratus Rupiah

sumber ilustrasi :www.medanbagus.com

Ketika seorang pengusaha sedang memotong rambutnya pada tukang cukur yang berdomisili tak jauh dari kantornya, mereka melihat ada seorang anak kecil berlari-lari dan melompat-lompat didepan mereka.

Tukang cukur berkata, “Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia”

“Apa iya? “ jawab pengusaha. Kemudian tukang cukur memanggil si Bejo,ia lalu merogoh kantongnya dan mengeluarkan lembaran uang Rp 500 dan Rp 1000, lalu ia menyuruh Bejo memilih, “ Bejo kamu boleh pilih dan ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yang mana aja, ayo nih!”

Bejo melihat ke tangan tukang cukur dimana ada uang Rp.1000 dan Rp.500, lalu dengan cepat ia mengambil uang Rp 500. Tukang cukur dengan perasaan benar dan menang lalu berbalik kepada pengusaha dan berkata, “Benar kan yang saya katakan tadi, Bejo itu memang anak terbodoh yang pernah saya temui. Sudah sering kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan ia selalu mengambil uang logam yang nilainya paling kecil.”

Setelah sang pengusaha selesai memotong rambutnya, ditengah perjalanan pulang ia bertemu dengan Bejo. Karena penasaran dengan apa yang dilihat sebelumnya, diapun bertanya kepada Bejo, “Bejo, tadi saya melihat sewaktu tukang cukur menawarkan uang lembaran Rp 1000 dan Rp 500, kenapa tak ambil yang Rp 1000, nilainya kan lebih besar 2 kali lipat dari yang Rp 500 ?”

Bejo pun berkata, “Itu supaya saya bisa dapat uang Rp 500 berkal-kal pak, karena tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tidak ambil yang Rp 1000. Kenapa saya tidak ambil yang Rp 1000, karena kalau saya mengambil yang itu maka permainannya akan selesai..”

Hikmah: Banyak orang yang merasa lebih pandai dan lebih baik dari orang lain. Sehingga banyak yang suka menghina dan menganggap rendah orang lain. Padahal belum tentu orang yang dihina lebih buruk dari orang yang menghina. Alangkah baiknya kalau kita sebagai manusia bersikap rendah hati dan menganggap diri sendiri tidak lebih baik dari orang lain.

-Semoga bermanfaat-

Sumber referensi: Facebook/Cerita-Cerita Motivasi


Artikel menarik lainnya:

Gambar-Gambar Inspiratif Ini Memiliki Arti Tersendiri


Salam semangat, gaes. Kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa gambar yang dapat kita jadikan renungan. Gambar-gambar ini memiliki makna yang sangat inspiratif yang dapat memberikan semangat positif bagi kita. Dengan melihat gambar-gambar ini, semoga kalian akan memiliki perspektif yang baru dan tentunya memotivasi kalian ke depan.


1.

Kebanyakan sekarang orang hidup bukan didunia nyata, tetapi mereka lebih merasa hidup didunia maya. Hingga yang paling parah, mereka terikat dan nggak bisa lepas dari dunia maya sedetikpun.

2.

Dari kecil kreativitas seorang anak kecil sering dibatasi oleh gurunya. Anak sering dituntut untuk bisa melakukan sesuatu sejalan dengan apa yang dikehendaki oleh gurunya dan kurikulum, ketika seorang anak menyimpang dari hal itu terkadang akan mendapat teguran. Faktanya, masa kecil adalah masa yang tepat untuk mengembangkan imajinasi seorang anak, otak kanan yang masih fresh untuk mengimajinasikan sesuatu.

3.

Apapun yang kita lakukan tidak akan pernah benar dimata orang lain, selalu ada celah kelemahan kita yang dijadikan pembicaraan oleh orang lain. Meskipun apa yang kita lakukan udah tepat.

4.

Kebebasan Pers sering disalah artikan. Banyak media yang menyalahi fakta sebenarnya, mereka cenderung memihak oknum-oknum yang bersedia membayar tinggi. Dan dengan mudah mereka merubah fakta yang ada dimasyarakat, penjahat disangka pahlawan sedangkan orang baik-baik diumpat dan dituduh dengan hal-hal negatif.

5.

Orang yang berilmu dikucilkan, sedangkan orang dungu banyak kawan. Hal ini bukan fenomena yang asing lagi dimasyarakat, hal itu banyak kita jumpai. Ketika seseorang mengungkapkan kebenaran namun ditertawakan oleh banyak orang yang tidak memiliki dasar pengetahuan.

6.

Rasisme, kenyataan pahit antara Yin dan Yang yang tidak seimbang. Mereka yang lemah ditindas oleh yang berkuasa. Hak-hak mereka dimakan oleh segelintir penguasa kejam yang tidak peduli dengan orang-orang dibawahnya.

7.

Pendidikan sebagai pelengkap, skill itu yang utama. Banyak orang yang dari kecil dituntut untuk menguasai berbagai macam pelajaran, ia berhasil menjuarai berbagai macam olympiade. Namun ketika didunia kerja, ia belum memiliki skill yang memadai. Itu merupakan hal yang sering diabaikan oleh orang.

8.

Sehebat apapun kamu saat ini, sekaya apapun kamu, dan seberapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk bersenang-senang. Pada dasarnya yang menanti kita didepan adalah kematian, manusia punya batas waktu masing-masing, dan itu merupakan rahasia Tuhan.

9.

Teknologi merubah cara orang berperilaku. Ini hal yang bisa kita lihat saat ini, ketika orang setiap waktu mengumbar apa yang ia lakukan ke sosmed. Ke kafe, pesen makanan lalu difoto trus diunggah, olahraga pun demikian.

10.

Sukses itu dipandang sebelah mata. Masyarakat lebih menilai kesuksesan seseorang itu dari kekayaan dan materi, sedangkan mereka mengabaian faktor-faktor lain yang mungkin tidak bisa mereka lihat. Mereka hanya bisa melihat secara fisik tanpa tahu apa yang ada dibalik itu semua. Seperti orang yang punya mobil banyak dan rumah mewah dianggap sukses, walaupun dia seorang koruptor dibelakang layar.

11.

Kita dikendalikan oleh media dan media dikendalikan oleh oknum-oknum tertentu. Juga tak bisa dipungkiri bahwa kita sering tersugesti dengan tayangan-tayangan yang ada dimedia, tayangan yang kadang memberikan influence negatif untuk banyak orang. Terlebih ketika ada pembodohan publik, yang pada dasarnya nggak terbukti namun dipercaya masyarakat luas.

12.

Nggak ada yang lebih indah dari kebersamaan. Apa ada penjelasan lain?

13.

Segala sesuatu nggak harus diukur dengan uang. Kadangkala uang nggak bisa membeli kebahagiaan, uang nggak bisa membeli kesehatan, uang nggak bisa membeli cinta. Terlebih mungkin kita bisa membeli kursi jabatan dengan milyaran uang, namun kita nggak akan pernah bisa membeli rasa hormat orang lain kepada kita.

14.

Kehilangan customer sama aja kehilangan usaha. Maka dari itu menjaga kepercayaan dari customer itu penting untuk kelangsungan sebuah usaha, ketika kita kehilangan kepercayaan tersebut bisa dipastikan usaha itu terancam bangkrut.

15.

Ketika kita terjatuh namun kita terus-terusan terpuruk hal itu seperti akar yang tertancap ke tanah. Semakin kita terpuruk, semakin akar itu akan tertancap kedalam, hingga akar itu tertanam kuat sampai-sampai kita nggak bisa bangkit lagi.

16.

Manusia itu makhluk sosial, manusia perlu adanya bantuan orang lain. Orang lain yang menopang kita ketika kita kesusahan dan kita yang menopang orang lain ketika orang lain itu susah.

17.

Dalam bekerja sama kita harus saling melepas ego masing-masing, agar apa yang kita kerjakan bisa memperoleh hasil yang lebih maksimal.

18.

Kadangkala hidup itu ringan atau berat tergantung dari jalan yang kamu pilih sendiri.

19.

Mungkin seseorang memiliki banyak daya yang bisa berguna buat dia. Namun kalau dia tidak bisa menggunakan lantas untuk apa ?

20.

Terkadang orang yang mengulurkan tangan kepadamu, belum tentu ia benar-benar ingin menolongmu. Barangkali ia hanya berkamuflase didepan kamu.

21.

Carilah sesuatu yang bisa membahagiakanmu meski sejenak, daripada kamu harus mengeluh dengan kekurangan-kekuranganmu yang aka mengganggu aktivitasmu.

22.

Belajarlah untuk berinovasi. Ketika orang lain melakukan hal yang itu-itu saja, kamu harus berani memberikan yang berbeda dari orang lain.

23.

Mungkin suatu hari, kamu merasa itu hari yang terberat buat kamu, namun mungkin saja hari itu kamu mendapat penghasilan yang besar.

24.


Jangan cepat menyerah untuk menggapai sesuatu, barangkali ketika kalian nanti menyerah, kalian akan menyesal ketika tahu bahwa apa yang ingin kamu capai selangkah lebih dekat dari saat kamu menyerah.

25.

Bonus, barangkali orang yang kita sayangi sepenuh hati kita saat ini bukan menjadi pendamping hidup kita nanti.



*sumber gambar dan referensi: kaskus.co.id, ujunglangit.com