8 Manfaat Mengelola Sebuah Blog


source: wordcampphilly.com

Hallo, Sobat semua. Apa kabar? Kali ini saya ingin membahas masalah blogging yang mungkin sudah marak di dunia digital ini. Mungkin sobat pernah berpikir bahwa blogging itu kegiatan yang kurang kerjaan dan tidak menguntungkan. Sayangnya, persepsi tersebut tidaklah benar. Karena percaya atau tidak, blogging merupakan sebuah kegiatan yang menarik untuk dicoba.

Alasan bahwa blogging itu menarik untuk dicoba itu sederhana, karena mengelola sebuah blog itu dapat memberikan keuntungan buat kita. Sebagai bukti, sudah ada banyak blogger-blogger profesional di luar sana yang sukses mengelola blog mereka.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat blogging buat kita yang sudah sepatutnya sobat ketahui.

1. Mengasah Skill Menulis Kita.

Ada banyak orang di luar sana yang memiliki hobi dan minat menulis, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana menyalurkan hobi tersebut. Blog merupakan sebuah media yang tepat menyalurkan hobi kita dalam menulis. Bukan masalah apabila skill menulis kita masih rendah dan kurang berpengalaman. Seiring berkembangnya waktu kalian akan tumbuh bersama blog kalian. Di samping itu, kalian juga dapat menerima apresiasi atau kritik dari para pengunjung yang dapat dijadikan acuan sebagai perbaikan tulisan sobat. Dan yang paling penting, blog adalah media untuk menuangkan ide-ide kreatif sobat dan kalian bisa bebas berekspresi melalui tulisan kalian.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan.

Ketika kalian ingin menuli sebuah artikel terutama tentang tema-tema berat, kalian tentu memerlukan observasi dan mencari referensi bacaan yang luas sebagai bahan pertimbangan dalam penulisan artikel. Kalian akan mencari informasi-informasi dari beragam sumber yang secara otomatis akan menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai hal-hal menarik di dunia ini.

3. Memberikan Hal-Hal Positif kepada Dunia.

Salah satu manfaat besar dari mengelola blog adalah kalian bisa membagikan hal-hal positif kepada para pembaca. Kalian dapat memberikan informasi-informasi yang dapat memberikan manfaat bagi mereka atau mungkin kalian bisa memantik perspektif dan inspirasi baru bagi mereka-mereka yang belum tahu. Ketika kita bisa membagikan hal-hal positif kepada orang lain, bukankah itu akan bernilai kebaikan juga bagi kita? So, let’s try it.

4. Belajar Internet Marketing atau Berbisnis.

Mencari pengunjung blog itu memang susah-susah gampang, perlu strategi dan usaha yang ulet. Dengan mengelola blog, otomatis kalian akan berpikir bagaimana cara membuat blog kita ramai pengunjung. Atau mungkin juga kalian ingin memasarkan produk atau jasa kalian melalui blog yang kalian kelola. Kalian pasti mencari beragam cara atau alternatif, mungkin dengan promosi melalui Facebook atau Google, menjalin kerja sama dengan blog-blog yang sudah besar, atau dengan cara rutin membagikan artikel sobat di sosial media. Secara tidak langsung, hal itu akan membangkitkan jiwa berbisnis kalian dan kalian juga mendapatkan pengalaman mengenai internet marketing meskipun sedikit.

5. Menambah Penghasilan.

Salah satu manfaat yang cukup menyenangkan dari mengelola blog adalah kita mendapatkan penghasilan. Memang sekilas terdengar menggiurkan karena kita tidak perlu bekerja keras, cukup hanya dengan duduk lalu menulis sembari ngopi. Namun kenyataannya tidak semudah itu. Agar blog yang kita kelola dapat menghasilkan uang perlu usaha yang cukup keras. Ada blog yang baru bisa menghasilkan uang setelah berumur dua sampai tiga tahun, tapi ada juga yang lebih cepat. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai prioritas utama. Anggap saja, penghasilan itu sebagai bonus dari ketekunan dan keuletan kita dalam mengelola blog selama ini.

6. Menjalin Relasi dengan Pihak Lain.

Blog juga merupakan sarana yang dapat membuat kita menjalin relasi dengan orang banyak khususnya para blogger yang sepemikiran dengan kita. Selain dengan para blogger, kalian juga bisa menjalin relasi dengan seseorang yang ingin memasarkan produk mereka di blog kalian. Dan yang tidak kalah penting, kalian bisa menjalin relasi dengan para pembaca setia blog sobat. Hal ini sangat penting karena tanpa mereka, blog kalian bukanlah apa-apa.

7. Passion yang Menyenangkan.

Dari beragam hal yang telah sobat lalui bersama blog sobat, saya yakin ada kesan dan cerita yang sangat berkesan di dalam hati kalian. Blog bukan hanya sekadar blog lagi buat kalian, melainkan blog sudah menjadi sahabat dan boleh jadi separuh atau sepertiga hidup sobat. Seiring berjalannya waktu, saya yakin blogging akan menjadi passion kalian yang melekat kuat dan bisa dijadikan sebagai identitas kalian. Karena saya yakin, ketika blogging sudah menjadi kebiasaan, kalian akan punya dedikasi dan loyalitas di situ.

8. Membesarkan Nama.

Jika kalian memiliki sebuah karya atau ingin dikenal oleh masyarakat luas, blog bisa menjadi sarana untuk membesarkan nama sobat. Salah satu contoh publik figur yang berawal dari mengelola sebuah blog adalah Raditya Dika. Dia dulu hanyalah mahasiswa biasa yang hobi mencurahkan hati lewat blognya kambingjantan. Dan berkat itulah, Bang Radit bisa menerbitkan novel pertamanya dan sekarang dikenal oleh masyarakat luas.
***
Barangkali itu saja beberapa manfaat dari blogging, semoga memberikan inspirasi dan memotivasi kalian untuk mulai merintis blog juga. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon