8 Alasan Orang Menonton Anime



source: myfortlauderdalebeach.com

Selamat pagi, sobat semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tema yang menurut saya sangat menarik untuk dibahas dan di-share kepada kalian semua. Tema yang akan kita bahas kali ini adalah mengapa banyak orang terutama remaja ke atas masih suka menonton anime.

Banyak dari teman-teman saya yang walaupun udah kuliah tapi mereka masih tetap setia menonton anime. Saya sendiri juga sangat menggemari anime-anime tertentu karena menurut saya sendiri menonton anime adalah hal yang sangat menarik. Meskipun demikian, ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk menonton anime. Baik, langsung saja mari kita ulas bersama-sama.

1. Efek Pengaruh Teman

Salah satu faktor yang membuat orang suka dengan anime adalah pengaruh dari teman sebaya. Mungkin ada beberapa teman kita yang sangat fanatik dengan anime. Dan ia kadang-kadang menceritakan anime dan segala seluk beluknya kepada kita hingga membuat kita penasaran dan ingin menonton anime tersebut. Terlebih jika kita berkumpul dengan teman-teman yang mayoritas pecinta anime, secara tidak langsung kita juga akan tergerak untuk ikut kumpul dan nobar anime bareng mereka.

2. Kenangan Masa Kecil

Ketika kita masih kecil, kita sangat sering menonton kartun dan anime-anime Jepang di televisi. Sayangnya, saat ini anime-anime tersebut sudah tidak diperbolehkan tayang lagi dengan alasan kekerasan. Namun, mengenang masa-masa kecil itu selalu menyenangkan. Dan hal itu membuat kita jadi tergerak untuk tetap menonton anime-anime sebagai bentuk nostalgia akan masa kecil kita. Contoh saja anime seperti One Piece, Naruto dan Dragon Ball yang sungguh melegenda.

3. Beraneka Macam Genre Anime

Sebuah hal yang khas dan menjadi daya tarik dari anime Jepang adalah banyaknya macam genre yang membuat para penggemar bisa memilih genre mana yang mereka sukai. Beragam genre itulah yang membuat orang suka dan pengen terus menonton anime. Contoh-contoh genre yang asik dinikmati adalah romance, adventure, mistery, horror, game dan lain-lain.

4. Alur Cerita yang Menarik dan Menantang

Salah satu alasan yang membuat orang betah menonton anime adalah alur cerita yang sangat menarik dan membuat penasaran. Terutama anime-anime terkenal seperti One Piece, Naruto dan beberapa anime lainnya. Selain itu, anime-anime yang terbagi dari beberapa season seperti Sword Art Online juga sangat asik untuk ditunggu-tunggu.

5. Karakter yang Keren dengan Kekuatan Super

Karakter yang keren baik itu protagonis atau antagonis merupakan hal yang sangat sering ditemui dalam berbagai macam anime. Untuk anime action biasanya kekuatan-kekuatan dari para karakter menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar. Mereka memiliki kekuatan super dengan daya hancur yang tinggi. Tidak hanya anime action, anime-anime romance biasanya juga mengusung karakter yang cool dan berkharisma. Hal itulah yang membuat kita betah menonton anime.

6. Hobi Asik di Waktu Luang

Menurut saya ini salah satu faktor utama orang suka menonton anime yaitu sebagai pengisi waktu luang. Anime bisa menjadi teman akrab sebagai penghibur kekosongan kita terutama buat kalian yang jomblo-jomblo setengah ngenes hehe. Daripada nganggur tidak ada kerjaan, menonton anime bisa jadi hobi alternatif yang dapat kamu lakukan di kala senggang untuk melepas stres juga penat.

7. Pesan Moral

Hampir di setiap anime memiliki pesan moral tentang kehidupan. Kita sebagai penonton seharusnya dapat berpikir, merenung dan mengambil pelajaran setelah menonton anime. Kalau dalam anime action seperti Naruto dan One Piece adalah tentang perjuangan meraih impian. Dan untuk anime romance, pesan moral yang kita dapatkan barangkali tentang menjaga seseorang dengan semampu kita. Dan tentu masih ada banyak pesan moral yang bisa kita ambil.

8. Inspirator dan Pemantik Motivasi Hidup

Percaya atau enggak, anime kadang bisa menjadi inspirator kita dalam berkarya sekaligus menjadi pemantik motivasi ketika kita lelah dengan tekanan dari banyak hal. Kalau saya sendiri sangat termotivasi ketika menonton perjuangan dan tekad Monkey D. Luffy dalam petualangannya di lautan. Secara tidak langsung, terkadang saya terhanyut ke dalam alur cerita dan emosi saya kadang juga campur aduk.

Ketika saya lelah dan kehilangan semangat, kisah Luffy dan kawan-kawan di anime One Piece mampu membangkitkan kembali motivasi dalam diri saya terutama dalam hal mengejar impian. Dan saya yakin, sobat-sobat sekalian pasti memiliki karakter favorit di anime yang juga memotivasi kalian.
*****
Barangkali itu saja sobat beberapa alasan orang menonton anime. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan secercah inspirasi untuk sobat sekalian. Mohon maaf apabila ada kurang lebihnya. Thanks.



EmoticonEmoticon