12 Sosok Ayah Paling Inspiratif di One Piece


Dalam cerita One Piece terdapat berbagai macam karakter yang memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu karakter yang kerap muncul di cerita One Piece adalah sosok ayah yang memiliki jalan hidup masing-masing dan mampu memberikan inspirasi kepada para pembaca.

Nah, kali ini saya ingin mengulas mengenai sosok ayah paling inspiratif di One Piece. Mungkin beberapa dari sobat sudah tahu sosok-sosok ayah tersebut. Baik langsung saja mari kita bahas bareng-bareng.

12. Capone Gang Bege



Supernova yang satu ini juga termasuk salah satu ayah yang dapat ditiru sikapnya. Bege menikah dengan Chiffon yang kemungkinan didasarkan oleh politik Big Mom. Dari pernikahan itu lahirlah anak pertama mereka yang diberi nama Petz. Hal positif yang dapat ditiru dari Bege adalah rasa sayang terhadap anak dan istri yang sangat tinggi.

Ketika rencana pembunuhan Bege dan SHP gagal, Big Mom menyerang mereka habis-habisan. Bege sekuat tenaga mempertahankan diri agar tidak tumbang karena di sana ada anak dan istri serta teman-teman mereka. Meskipun tampang Bege preman dan sangar, ia sangat memiliki rasa tanggung jawab terhadap keselamatan anak dan istrinya.

11. Yasopp



Yasopp adalah salah satu anggota dari bajak laut Shanks. Ia memiliki kemampuan menembak dengan sangat jitu. Demi berpetualang ke lautan, Yasopp rela meninggalkan anak dan istri yang sangat dicintainya. Yasopp sendiri sangat berat meninggalkan keluarganya. Namun keinginan Yasopp sangat didukung oleh Banchina, istrinya.

Banchina sendiri sangat bangga karena Yasopp adalah lelaki yang sangat pemberani. Kebanggaan itu juga dirasakan oleh Usopp yang juga mewarisi kemampuan menembak yang hebat dari ayahnya. Dari kisah Yasopp kita dapat mengambil pelajaran agar selalu menjadi sosok ayah kebanggaan bagi keluarga.

10. Monkey D. Dragon



Monkey D. Dragon adalah ayah kandung dari Luffy. Ia merupakan pemimpin dari pasukan revolusi untuk menggulingkan pemerintah dunia. Kekuatan dari Dragon hingga saat ini masih misterius. Akan tetapi kekuatannya kemungkinan setara dengan Yonkou. Luffy sendiri hingga saat ini belum melihat sosok asli Dragon karena mereka belum pernah bertemu satu sama lain.

Salah satu hal positif dari Dragon adalah ia merupakan karakter yang pemberani karena berani menantang kekuatan besar dunia. Ia juga memberikan kebebasan kepada Luffy untuk mengikuti jalan pikirannya sendiri. Hal ini yang patut ditiru oleh seorang ayah untuk memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memilih jalan hidup.

9. Nefertari Cobra



Cobra adalah raja dari kerajaan Arabasta sekaligus ayah dari Vivi. Meskipun ia seorang raja, Cobra kadang juga berperan sebagai seorang ayah. Ia tahu bagaimana cara memposisikan dengan baik di masyarakat. Ketika Vivi masih kecil, Cobra juga sering memperhatikan Vivi dari kejauhan karena dia takut apabila terjadi apa-apa kepada Vivi.

Setelah pemberontakan di Arabasta selesai, Cobra menundukkan kepalanya sebagai bentuk rasa terimakasih kepada Luffy dan kawan-kawan. Meskipun hal itu sedikit lucu karena terjadi di dalam kamar mandi. Namun kita dapat mengambil teladan dari Cobra bahwa setinggi apapun jabatan harus tetap sederhana dan memperhatikan keluarga.

8. Tom



Tom adalah seorang pembuat kapal yang sangat handal sekaligus guru bagi Franky dan Iceberg. Meskipun demikian, Tom juga dapat dikatakan sebagai seorang ayah bagi Franky karena dia yang merawat Franky hingga remaja. Tom selalu mengajari Franky untuk selalu bangga terhadap kapal yang dia ciptakan meskipun kapal itu berbahaya.

Bagi Franky, Tom adalah pembuat kapal yang hebat karena pernah membuat kapal untuk raja bajak laut. Tom sendiri pernah dijatuhi hukuman mati karena hal tersebut. Akan tetapi hukuman itu dihapuskan karena Tom berhasil membuat kereta laut. Sayangnya, karena suatu insiden Tom difitnah oleh pemerintah dan hukumannya kembali dijatuhkan kepada Tom. Di akhir hayatnya Tom berpesan kepada Franky untuk selalu bangga dan berpegang teguh pada keyakinan seorang pria. Dari Tom kita belajar bahwa seorang ayah harus memiliki keyakinan yang teguh agar mampu ditiru oleh anak-anaknya.

7. Genzo



Genzo merupakan salah satu penduduk desa Kobayashi. Ia bisa dibilang sebagai ayah angkat Nami karena ia sendiri sangat perhatian dengan Nami. Genzo memiliki hubungan yang sangat akrab dengan Bellemere, ibu angkat Nami. Ia juga sebisa mungkin membantu keluarga Bellemere ketika dalam kesulitan.

Dalam serangan bajak laut Arlong, Genzo berusaha menyelamatkan Bellemere yang nasibnya sudah di ujung tanduk karena tidak mampu membayar upeti. Karena perlawanan itu, Genzo mendapatkan luka sayatan yang parah dari salah satu anggota Arlong. Sikap Genzo membuktikan bahwa dia adalah sosok pria yang kuat dan sosok ayah yang pemberani di mata Nami. Genzo juga tidak ingin jika Nami merasakan penderitaan lagi karena sebagai sosok ayah yang baik ia ingin Nami selalu bahagia.


6. Edward Newgate





Edward Newgate atau lebih dikenal Shirohige adalah sosok ayah yang sangat menginspirasi. Ia dikenal sebagai salah satu manusia terkuat sekaligus rival sejati Roger. Shirohige memiliki sebuah impian untuk membentuk sebuah keluarga di lautan. Ia menampung anak-anak yang terbuang dan berlayar bersama mereka.

Salah satu hal yang positif dari Shirohige adalah ia tidak pernah membeda-bedakan anaknya. Ia merasa bahwa mereka adalah satu keluarga meskipun tidak memiliki ikatan darah. Shirohige juga memiliki hati yang sangat besar karena ia mau menampung anak dari rivalnya, Roger. Sayangnya, Shirohige meninggal dalam perang Marineford dan menyisakan luka hati yang sangat mendalam bagi anak-anaknya.

5. Donquixote Homing



Donquixote Homing adalah ayah kandung Doflamingo dan mantan ternyubito.  Ia melepaskan status bangsawan miliknya karena ingin menjadi manusia biasa. Ia ingin mengajarkan arti kesederhanaan kepada  keluarganya. Sayangnya, hal itu berujung pada nasib yang tragis. Mereka dikucilkan dan dimusuhi oleh para penduduk dan akhirnya mereka merasakan penderitaan hidup.

Rumah yang awalnya megah berubah menjadi gubuk kecil di tempat pembuangan sawah. Istri Homing pun meninggal karena terkena penyakit. Sedangkan, Homing meninggal dengan cara yang tragis karena dibunuh oleh anaknya sendiri. Dari Homing, kita belajar untuk menjadi ayah yang sederhana dan mengusahakan yang terbaik untuk anak-anaknya.

4. Pound



Pound adalah salah satu ayah yang sangat menginspirasi para pembaca. Ia merupakan ayah kandung dari Chiffon dan Lola, akan tetapi ia sendiri belum pernah melihat kedua putrinya karena telah direbut paksa oleh Big Mom. Pound akhirnya bisa melihat Chiffon dan cucunya ketika Bege bersama cucunya melarikan diri dari kejaran Oven.

Melihat itu, Pound tidak bisa berdiam diri. Sebagai seorang ayah, Pound ingin menyelamatkan Chiffon dan keluarganya. Ia dengan sekuat tenaga mencoba memukul Oven walau akhirnya ia kalah telah. Meskipun demikian, Pound tidak menyesal karena selama Chiffon bahagia, dia pun turut bahagia. Dari Pound kita bisa belajar bahwa seorang ayah akan selalu menginginkan kebahagiaan untuk anak-anaknya.

3. Zeff



Zeff merupakan mantan bajak laut yang pernah berlayar di Grand Line. Ia memutuskan berhenti berlayar setelah kehilangan kakinya setelah menyelamatkan Sanji dari badai. Sanji memiliki mimpi yang sama dengan Zeff yaitu menemukan All Blue. Mereka berdua juga sempat terdampar berhari-hari di sebuah pulau tanpa makanan. Setelah itu, mereka membuat sebuah restoran mengapung dengan misi memberi makanan orang-orang yang kelaparan di lautan.

Bagi Sanji, Zeff adalah sosok ayah sejati. Berbeda dengan ayah kandungnya yang membuat dia muak. Sanji sangat berhutang budi kepada Zeff karena telah menyelamatkan nyawanya. Zeff juga yang merawat Sanji dan mengajarinya memasak. Selain itu, kemampuan bertarung Sanji juga merupakan warisan dari Zeff. Lelaki tua itu juga yang mendukung Sanji untuk berlayar bersama Luffy dan mengajari Sanji tentang sopan santun terhadap wanita. Oleh sebab itu, Zeff merupakan sosok ayah yang sangat hebat karena telah mendidik Sanji dengan keras.

2. Hiluluk



Hiluluk adalah dokter gadungan dari Drum Kingdom. Meskipun demikian, ia memiliki mimpi yang sangat mulia yaitu menyembuhkan negara Drum yang sedang dilanda krisis kepercayaan antara pihak kerajaan dan rakyat karena negara Drum dipimpin oleh orang-orang bodoh dan otoriter.

Hiluluk juga yang berhasil membuka hati Chopper yang dikucilkan oleh warga dan kawanan rusa. Ia adalah teman sekaligus ayah yang baik bagi Chopper. Hiluluk mengajak Chopper berkeliling ke rumah penduduk dan melakukan aksi-aksi konyol. Hiluluk juga yang pertama kali mengajarkan Chopper tentang simbol keyakinan dan arti menjadi bajak laut.

Sayangnya, umur Hiluluk tidak lama lagi. Salah satu momen yang paling memilukan adalah Hiluluk meminum racun mematikan dari jamur yang telah dicari Chopper dengan susah payah. Hiluluk tidak ingin mengecewakan Chopper. Ia kemudian mati setelah beberapa jam meminum racun. Namun meskipun ia mati, mimpi Hiluluk untuk menumbuhkan sakura di Drum Kingdom telah terwujud. Oleh sebab itu, kisah Hiluluk ini sangat menginspirasi para pembaca untuk selalu memiliki keyakinan dalam mewujudkan mimpi.

1. Kyros



Sosok ayah terbaik jatuh kepada Kyros. Entahlah, sudah berapa banyak pengorbanan yang telah dilalui oleh Kyros. Ia merupakan seorang gladiator tangguh dengan rekor tak terkalahkan. Kemudian ia diangkat jadi panglima kerajaan dan menikah dengan putri Scarlet. Dari pernikahan itu mereka memiliki seorang putri bernama Rebecca.

Dalam invasi Doflamingo ke Dressrosa, pihak keluarga kerajaan difitnah besar-besaran oleh Doflamingo. Raja dituduh membunuh rakyat dan menagih upeti kepada rakyat, padahal itu semua adalah ulah dari Doflamingo. Dalam insiden itu, Kyros dirubah menjadi boneka dan dilupakan oleh orang-orang yang dicintainya. Selain itu, ia juga kehilangan istrinya dalam insiden tersebut.

Meskipun telah dilupakan, Kyros tetap berusaha menjadi ayah yang baik dan selalu melindungi Rebecca. Kyros juga yang mengajari Rebecca tentang dasar-dasar bertarung dan membuat Rebecca menjadi perempuan yang kuat. Perjuangan Kyros bukanlah hal yang mudah. Ia memiliki ketabahan hati yang sangat besar dan kecintaan terhadap keluarga yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, Kyros patut dinobatkan sebagai ayah terbaik di One Piece.

****

Baiklah, mungkin itu saja sobat beberapa ayah terbaik di One Piece versi MogiMogy. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan dalam tulisan ini. Semoga tulisan ini menghibur dan memberikan secercah inspirasi untuk sobat sekalian. Thanks.


EmoticonEmoticon